iklan iwb

460x110 (1)460x110_ok

Bro dan sis sekalian…seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini kita hangat membicarakan geliat Kawasaki yang diam-diam diisukan sedang mengembangkan mesin 4 silinder engine sebagai successor Ninja sekarang. Seperti ingin menghindari pertaruangan head to head dengan sang rival….project bisa dikatakan serius dan bukan hanya wacana (menilik artikel wak haji). Beberapa vendor digandeng untuk ngegolkan rencana tersebut. Masuk klasifikasi “confidential” IMHO tantangan sesungguhnya Kawasaki bukan itu……..

iklan iwb

440x110(1)

Yup….perkara mudah bagi pabrikan besar roda dua meracik mesin 4 silinder 250cc. Begitu pula Kawasaki. Pengalaman masa lalu menjadi modal tak terbantahkan. Siapa yang nggak kenal ZXR250, Ballius 250 dan beberapa produk 4 silinder Kawi. Nama keduanya menjadi produk legendaris yang selalu dikenang karena tenaganya yang liar. Dijejali mesin 249cc 4 silinder 16 katup….muntahan tenaga ZXR tembus 44,1HP. Itu belum termasuk kitiran RPM yang bisa menjerit hingga 19,000RPM. Monggo intip gambar terlampir….ngeri to. Tidak heran…dengan ukuran seher 62,5cc sebanyak empat buah akan membuat mesin teriak dengan ringan. Perputaran mesin halus pada low RPM tapi galak dihigh RPM. Gerak seher bergantian saling mengisi akan membuat power padat berisi tanpa jeda. Performa beringas tapi dibutuhkan komponen yang lebih banyak dan rumit. Itu jelas….

Untuk meracik sebuah mesin 4 silinder tentu lebih banyak komponen dibanding 2 silinder. So…dari sisi efisiensi dan cost, 4 silinder kurang mendukung dibanding 2 silinder. Namun soal performa…jangan ditanya. Pada era 1990an….kubikasi 250cc masih dipandang sebagai motor besar sehingga nyaris seluruh pabrikan berlomba-lomba meracik masing-masing jagoan 4 silinder mereka yakni Suzuki dengan GSX-R250, Yamaha dengan FZR250, Honda dengan CBR250 dan Kawasaki lewat ZXR250. Seiring perjalanan waktu…..berubahnya tren dan makin besarnya kubikasi roda dua (250cc dianggap kecil setelahnya) plus banderol yang terlalu tinggi untuk ukuran mesin 250cc….ZXR250 dihentikan produksinya pada tahun 2004. Begitu pula pabrikan lain yang menyetop suplai mesin 4 silinder 250cc direntang periode yang saling berdekatan. Tidak kompetitifnya banderol serta regulasi pembatasan mesin 250cc hanya 40HP diJepang diduga menjadi biang pemicu para pabrikan tidak kembali meracik mesin 250cc 4 silinder. Hingga rumor dari Kawasaki mencuat didunia Blogsphere . Artinya apa??….

Tantangan terberat Kawasaki bukanlah soal pengembangan mesin 4 silinder. Yang menjadi tantangan terbesar adalah bagaimana meracik mesin dengan harga terjangkau tanpa mengurangi kualitas. Ingat….tidak ada kompromi untuk kualitas. Jangan sampai ilmu sunat dilakukan demi mengejar gengsi atau strategi pabrikan. Mungkin mereka bisa memproduksi secara lokal namun pengalaman RR Mono dan R25 memberikan gambaran betapa lokalisasi tidak banyak membantu. Karena kenapa??. Tanpa banderol yang kompetitif….mustahil next Ninja250 4 silinder bisa dipasang direntang 60jutaan. Versi twin saja sekarang sudah nongkrong di61jutaan. Lha kalau ditaruh diharga 85-90juta misalnya…..nambah dikit lak yo mending moge sekalian. Sebagai informasi ZXR250 dulu tidaklah murah dijamannya. Jangan heran harga bekas sang 4 silinder saat ini masih mampu tembus USD 7500 diEropa (terlampir dibawah contoh iklannya). Itu keluaran 1999 mzbro. Karena itu akan menarik bagi kita terus mengikuti rumor ini. Akan seperti apa konsep yang ditawarkan Kawasaki dengan engine 250cc 4 silinder yang sedang hot saat ini…..(iwb)

?

zx14

Screenshot_57

Kawasaki ZX2R/ZXR-250/ZZR250

Engine : 4-Tak, DOHC 16 Valve, Parallel Inline 4 Silinder, Liquid Cooled
Kapasitas Silinder : 249cc
Bore x Stroke : 48 x 34,5 mm

Sistem Penyuplai BBM : 4x Karburator Keihin CVK D30
Rasio Kompresi : 12,2 : 1
Max Power : 44,1 HP @ 15.000 Rpm
Max Torsi : 25 N.m @ 11.500 Rpm

Transmisi : 6 Percepatan

Panjang : 2,020 m
Lebar : 0,695 m
Tinggi : 1,105 m
Jarak Sumbu Roda : 1,370 m
Tinggi Jok : 0,74 m
Berat Kosong : 144 Kg

Rangka : Alumunium Twinspar Perimeter Frame
Suspensi Depan : Teleskopik Inverted-Fork (Upside Down)
Suspensi Belakang : Swing Arm Uni-Trak, Single Shock
Rem Depan : Dual 300mm Cakram Hidrolik dengan Kaliper 2 Piston
Rem Depan : Single 230mm Cakram Hidrolik dengan Kaliper 1 Piston
Ban Depan : 110/70 -17
Ban Belakang : 140/60 -18
Kapasitas Tangki BBM : 16 Liter
Kapasitas Oli Mesin : 2,6 Liter

105 COMMENTS

  1. Intine 4 silinder cc 250 terlalu mahal untuk diproduksi dan tidak efisien. Konsumen Indonesia juga belum tentu siap menerima banderolnya nanti.

    • Ah, mosok…….. hahaha….. yg jelas bkn konsumennya AHM yg ngincer motor ginian, krn bakal bertolak belakang dr kriteria yg dicari. Motor replika tim Ducati MotoGP yg seharga 1,7M aja ada yg beli, apalagi cuman motor ginian bro?

      • Iyo to mas, soale kapasitase menurutku nanggung nggo mesin 4 silinder. Pasare dadi ora jelas. Arep didol ning kalangan ekonomi menengah? Urung jelas ono sing tuku opo ora nek regane nganti 100 jutaan. Mending tuku mobkas (kemungkinan pertimbangan kalangan ekonomi menengah).
        Terus nek didol ning kalangan ekonomi atas? Ngopo aku tuku motor 4 silinder kapasitas 250 cc? Wong motor V6 kapasitas gede (umpamane ono) wae aku iso tuku (kemungkinan pertimbangan kalangan ekonomi atas alias wong sugih). Hehehehe. Iki mung opiniku lho ya.

  2. Coba dikomparasi lg kang iwan utk spek 250 cc 4 silinder dr the big four…siapa yg plng dahsyat. Setidaknya bwt pncerahan dan pngtahuan utk kita.

  3. kalo 80 90 juta mending beli ninja 650 sekalian.. cc jauuuuh lebih gede harga selisih sekian puluh juta..
    lagian buat apa 250 4 silinder? cari mati?
    macet dimana” infrastruktur juga ah sudahlah…

    KAWASAKI.. MIKKIIIIIIIRR.. MIIKKIIIIRR..

    • Kata Kawasaki: “Udah dipikirin mateng2 bray… noh… udah pada ngiler ngeces2 tuh yg nungguin nih mongtor semprot 4 inline 250sese.” hahahaha… just kidding bro…

  4. Aseekk, Tulisan Speknya kayak kenal uyy ….. wkwkwk 😀

    enoanderson.com/2014/06/24/viar-vsr-200-kloningan-cbr150r-tawarkan-gratis-nonton-motogp-sepang/

  5. Tetep bakal ada yang beli kok tp bener2 niche market bgt, selisih rentang harga ke cc moge yang sama2 4 silinder kejauhan kalo beneran kawak 250 4 cyl jd muncul, anggap aja keluar mentok 80 juta sama moge 4 silinder fairing paling murah full paper di ranah 200 jutaan kan kerasa banget selisihnya hampir 120 jutaan… jalan2 deh ke youtube dengerin lengkingan motor 250 cc 4 cyl nya smpe 19 ribu rpm, bikin ga bisa tidur… saya sih setuju kalo motor ini jadi muncul…

  6. klo bisa ksh harga dibawah 70jt prediksi sy masih laris om. org Indonesia haus motor sport. apalagi 4 silinder. sensasinya ga bisa dibohongi…
    liat aja d bsk 😉

  7. wkwkwk kawasaki mau bikin gebrakan,tapi gk wow sih,mending dari pada 4 silinder 250 cc harganya 70-80 jt mending beli rondo er6,performa jauh diatas si 4 silinder

      • bener Bro, ane udah denger dijalan versi standar sama knalpot racingnya suaranya bep…bep…gak sangar2 acan..yah maklum 600cc cuma 2 cylinder

      • paling sedeng kasih harga 69 jt…tetep larisss, kalo diatas itu..orang pikir-pikir dulu…yah hanya berkocek tebal langsung indent…

  8. Knp gk ngmbil jln tgh nya aja ya,, pke msin 3 cyl ke dr cost lbih rndah suara nya jga gk klah sangar,, mngkin klo kwak jdi ngluarin 4 cyl ymha bles pke 3 cyl crossplane 250cc ,, who knows??? 😀

  9. 4 cylinder deru suaranya tak tertandingi, dibandinkgan ER6 atau 650 2 cylinder sekalipun…

  10. kasih harga 69jt, bakal larisss manis kayak R25, tapi kalo 70jt an…orang pikir-pikir dulu…paling yg hanya berkantong tebal langsung minang indent…

  11. Beberapa pertanyaan yang mengganjal mengenai 4 silinder adalah :
    1. Mengapa mesin zombie 4 silinder, dihidupkan lagi?Memang strategi break through, tetapi mematikan mesin 4 silinder 250 CC 10 tahun yang lalu pasti ada alasan logisnya, karena pastimya membutuhkan perhitungan yg matang untuk mematikan life cycle suatu produk, jika ini reborn pasti harus dihitung berapa lama produk ini akan berada di pasaran (product life cycle )
    2. Pastinya bukan produk yang murah, keterangan di atas sudah jelas. (price)
    3.karena tenaga di atas rata-rata pastinya membutuhkan keahlian dari user-nya (skilled), dan secara langsung dan tidak langsung produsen harus memfasilitasi hal yang berhubungan dengan safety riding.
    4.Orientasi produsen lain ke arah silinder yg lebih sedikit, bukan keputusan yang bijak juga dan juga bukan keputusan yang salah juga Honda keukeh sama CBR250R single, karena perhitungan dari segi ekonomis dan daily usage sudah dapet, tapi pasar Indonesia yg unik, CC besar silinder harus banyak dan mesin canggih, contohnya Inazuma dan Ninja…mesin sama2 dual tapi yang satu DOHC, tetep ada yg laku yg DOHC meski harganya lebih mahal.

  12. tuh kan tuh kan….

    r25 mbeledos sesuai prediksiku…

    4 silinder?
    asal putaran bwh nya jgn lemot2 amat..
    lemot n smooth sih boleh…
    tapi at lesat harus sekencang verza putaran bwh nya…
    bisa??? sanggup???

    yg penting zing2 nya…
    top speed ga begitu penting…
    lari 150kmh sudah cukup utk buat kalian2 masuk liang kubur…

    realitis aja

  13. 65. maculmania – June 25, 2014

    Beberapa pertanyaan yang mengganjal mengenai 4 silinder adalah :
    1. Mengapa mesin zombie 4 silinder, dihidupkan lagi?Memang strategi break through, tetapi mematikan mesin 4 silinder 250 CC 10 tahun yang lalu pasti ada alasan logisnya, karena pastimya membutuhkan perhitungan yg matang untuk mematikan life cycle suatu produk, jika ini reborn pasti harus dihitung berapa lama produk ini akan berada di pasaran (product life cycle )
    2. Pastinya bukan produk yang murah, keterangan di atas sudah jelas. (price)
    3.karena tenaga di atas rata-rata pastinya membutuhkan keahlian dari user-nya (skilled), dan secara langsung dan tidak langsung produsen harus memfasilitasi hal yang berhubungan dengan safety riding.
    4.Orientasi produsen lain ke arah silinder yg lebih sedikit, bukan keputusan yang bijak juga dan juga bukan keputusan yang salah juga Honda keukeh sama CBR250R single, karena perhitungan dari segi ekonomis dan daily usage sudah dapet, tapi pasar Indonesia yg unik, CC besar silinder harus banyak dan mesin canggih, contohnya Inazuma dan Ninja?mesin sama2 dual tapi yang satu DOHC, tetep ada yg laku yg DOHC meski harganya lebih mahal.
    ———
    tapi aku mau nya 4silinder dgn harga 80jt an….
    dan zing22…

    ada yg bisa beri solusi ??
    selain langkah kesatria seorang kawasaki…

  14. perSEtan dgn efiisiensi…
    perkutut dgn lifecycle

    yg penting
    zing2…
    80 jt an

    titik

  15. 59. ladiesman – June 24, 2014

    wkwkwk kawasaki mau bikin gebrakan,tapi gk wow sih,mending dari pada 4 silinder 250 cc harganya 70-80 jt mending beli rondo er6,performa jauh diatas si 4 silinder

    er6n ga isa zing2….

    bahkan dentuman knalpot inferior ketimbang ninja 250 fi..

    hmmm

  16. 17. huha – June 24, 2014

    ah kawasaki banci, masa menghindar rival pake mesin 4 silinder, lawan pake 2 silinder yg baru dong. lagian 4 silinder berat, kasusnya bakalan kaya lawan cbr lg kalah gara? bobot. malah bikin malu lg tar udah 4 silinder tp tetep kalah gara? bobot.
    Reply

    —————
    kalo di lwn 2 silinder baru

    yg beli ninja 250 fi bisa gigit jari dunk….

    sudah motor nya kalah cpt
    torsi lemot
    overheat
    shock ambrol
    fairing leleh
    lengkingan rpm kalah tinggi..

  17. bro2 sekalian sebelum kalian semua mencaci maki kawasaki dgn 4 silindernya…

    ada baiknya bro2 buka youtube..

    trus cari video zx250r 4 silinder yg lagi melaju pake knalpot custom…

    rasaaiinnn tuh … dentuman dan lengkingannya….

    bahkan seorang cewek tanpa busana pun tak mampu mengalahkan sensasi dentuman 4 silinder….

  18. pingin efisiensi??
    ya vario…

    1:53

    bagasi luas

    mesin halus

    suspensi ala sedan

    harga murah, harga jual terjaga…

    perfect commuter

    apalagi kalo ring ban nya besar… tambah aman aja jln luar kota

  19. 3 Th lalu sempet contact yg jual ZXR 250 negara tetangga Malaysia yg msh excist disana, tapi gak dpt jln keluarnya. Ingin nemplokin mesinnya di ninin kesayangan……eh skrg malah bakalan masuk resmi kayaknya….bakal antri pertama nih.
    Emang kudu di pepet pesaing dolo baru dengerin kasak-kusuk nya pecinta ninja nih KMI……

  20. Kawasaki kenapa berpikir terlalu rumit? Gunakan strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).
    Lihat apa yang ngga ada di R25? Frame Deltabox! Pasang!
    Lihat bobot R25? pangkas bobot Ninja!
    Lihat mesin R25? DOHC 2 silinder 8 katup direct drive. samakan!
    Monoshock tetap Link, ya!

Comments are closed.