iklan iwb

wpid-460-x-110.jpg

Yamaha coaching clinic fuel injectionBro dan si sekalian….pada tanggal 19 Februari 2014, kembali pabrikan garputala mengundang segenap media dan Blogger untuk hadir dalam seminar dan praktek langsung untuk lebih mengenal teknologi fuel injection. Sebagai pabrikan yang cukup getol mengkampanyekan keunggulan sistem FI, diakui atau tidak mereka cukup royal membagi ilmu kepada para khalayak umum. Beberapa anggapan yang salah coba diluruskan supaya pengendara merasa nyaman dan aman. Salah satunya adalah ketakutan rusaknya fuel pump atau tidak bisa distarter jika kita kehabisan bensin karena “masuk angin”….uk460x110460x110-ok

Disebut “masuk angin” karena angin masuk kepipa injektor sehingga membuat fuel pump tidak mampu memompa bensin secara normal. Efeknya….motor tetap ngambek walau kita sudah isi bensin. Apakah seperti itu??. Ternyata tidak brosis. Dikawal kepala mekanik Yamaha DDS Cempaka putih, mereka melakukan demonstrasi menguras bensin dengan alat sedot pada salah satu motor praktek. Setelah habis terkuras….dengan indikasi mesin nggak mau dihidupkan, mereka kembali mengisi bensin. Hanya butuh beberapa menit…kunci dinyalakan, engine checking…elektrik starter dipencet dan…hidup normal kangbro. Hhhmm….jebule nggak terbukti. Respon mirip karbu dimana hanya sepersekian detik. Pertanyaannya…apakah nggak merusak ECU??.Yamaha coaching clinic fuel injection Yamaha coaching clinic fuel injection Yamaha coaching clinic fuel injection

iklan iwb

“Nggak….nggak masalah. System FI Yamaha sudah didesain untuk menghadapi hal-hal seperti ini. Jadi tidak ada istilah masuk angin atau bikin rusak ECU. Anggapan tersebut tidak benar” ujar pak Abidin (YIMM) meluruskan salahnya opini disela praktek. Selain itu…mereka juga menunjukkan kelebihan fuel pump Yamaha yang dilengkapi filter terpisah. Dengan desain ini…maka konsumen tidak perlu mengganti satu unit fuel pump jika kotor. Tinggal copot filter dan part bisa dibeli seharga 65ribu. “Konstruksi ini hanya ada pada Yamaha. Lainnya menyatu atau fix terintegrasi dengan body sehingga kalau kotor ya harus beli satu set. Dan biayanya jauh lebih besar..” tukasnya lagi bangga…

Selain beberapa kelebihan diatas, pabrikan garputala juga mengklaim bahwa sistem FI mereka tahan banjir plus debu vulkanik. Beberapa hal umum teknis yang membuatnya mampu menghadapi ekstrimnya cuaca yakni…..

1.?Air Intake System
Konstruksi saluran udara masuk menuju mesin dan CVT yang letaknya tinggi, berfungsi mengurangi resiko dari kotoran tanah dan cipratan air.

2.??Air Filter (Filter Udara)
Wet element penyaring udara tipe basah yang dirancang khusus sanggup menyaring debu dengan ukuran terkecil bahkan abu vulkanik gunung berapi yang halus. Wet Filter jangka penggantiannya hingga 16.000 km dan bebas perawatan, sehingga mesin Yamaha lebih awet.

3.?Muffler Construction
Konstruksi lubang muffler (Knalpot) dengan posisi lebih tinggi mengurangi resiko kemasukan air. Dilengkapi lubang pembuangan air (water drain) yang mencegah air tergenang di dalam muffler dan mencegah karat.

4.?Couplers & Cap
Menggunakan water proof coupler & cap untuk komponen kelistrikan (ECU, spark plug, MAQS) lebih aman dari korsleting.

5. Battery (Accu)
Battery letaknya tinggi dibawah jok (Double seat) dan menggunakan MF Battery (bebas perawatan). Tidak mudah terendam air saat banjir yang dapat menyebabkan hubungan pendek (Korsleting).Yamaha coaching clinic fuel injection

Dari hasil seminar pula….beberapa keunggulan sistem FI yang mereka miliki adalah….

?? FI Part Yamaha bisa di maintenance secara terpisah (module by module) misalnya injector , Throttle Body, Filter Fuel Pump bisa dilepas, dll.

?? Self service FI Maintenance (tanpa harus ke bengkel) menggunakan “YAMALUBE Carbon Cleaner”. Konsumen dapat melakukannya sendiri ke dalam tanki bensin, formula khususnya bekerja membersihkan sistem FI secara otomatis. Cukup lakukan setiap 3.000 km, sangat cocok untuk kondisi di Rural Area (kualitas bensin rendah).

?? Service Cepat FI 10 Menit di Bengkel Resmi dengan 3M Injector Cleaning, Throtle Body & Ruang Bakar mesin (dengan cairan khusus) perawatan lebih cepat dan murah. (Jika sibuk ini solusinya).

?? Perawatan FI yang paling sempurna menggunakan FI Injector Tester & Cleaner (alat ini membersihkan secara sempurna komponen FI, sehingga kondisi seperti baru terus) sehingga tidak perlu sering ganti part.

?? General Check Up yang akurat menggunakan FI Diagnostic Tools :
(alat ini mampu mendeteksi problem teknik sistem FI sangat cepat dan akurat). Mereka mengklaim….seluruh tool ini tidak dimiliki kompetitor.

Last…terlepas dari upaya mengkomunikasikan kelebihan sistem FI mereka, kita sebagai Blogger dan media mendapatkan ilmu berguna dalam mengenal lebih dekat sistem FI. Teknologi yang terus berkembang dari waktu. Dan ketika mindset lawas ketakutan sistem FI rusak atau masuk angin nggak bisa dihidupkan kembali ketika kehabisan bensin…..praktek nyata dilapangan membuktikan…..anggapan tersebut hanya masa lalu. So…kehabisan bensin nunggang motor injeksi??. Yamaha menjamin produk mereka aman brosis. Ora usah kuatir :mrgreen: …….(iwb)? injeksi Yamaha injeksi Yamaha Yamaha coaching clinic fuel injectionYamaha coaching clinic fuel injection

326 COMMENTS

  1. Kayaknya itu komponene standar injeksi kang.. semua pabrikan yg injeksi sama part2nya.. kalo fitur sama peletakan komponen tergantung desain masing2. Harga bawa rupa. Makin cnggih sistem makin mahal harganya..

  2. wow filternya….
    pertamax7.com/2014/02/20/produk-baru-suzuki-motor-indonesia-digodog-maret-2014-suzuki-gixxer-mesin-satria-f-dohc-150-bisa-asal/

  3. Kalo fbh lebih sering mengalami aki soak makanya ada apa namanya itu…kapasitor ya?

    Nah…kalo artikel diatas tuh soal menepis anggapan bila bensin abis maka mtr injeksinya masuk angin dan tetep mogok bila diisi kmbl.

    Itu kesimpulan yg sy baca scr cepat hari ini. Knp scr cepat? Krn banyak suampah dr fbh yg tiap hari gak henti2nya di buang ke blog2 r2.

  4. hare gene msh ribut kehabisan bensin?
    * indikator bensin ada (apa tak pernah lihat)
    * pompa bensin banyak
    * penjual bensin eceran banyak.
    mungkin cuma uang didompet yg tak banyak. Mampu beli motor kok tak mampu beli bbm.Ekekekeke

  5. biar tak kehabisan bbm, makanya kl ke pompa bensin sekalian beli bbm, jangan hanya nebeng nambah angin saja. Ekekeke

  6. sebenarnya teknologi FI itu terlalu di wah kan di sini. FI kan teknologi 80 an, jadi gak ada yg baru, cm penyempurnaanya saja
    ECU itu hanyalah controler, gak ada yg spesial juga. pabrik mendesain ECU itu bukan karena pengen motor kenceng2an atau gmana, tapi ke arah reability saja.
    misal dalam software ecu ada variable
    x=10ms if pressure = 200kpa misal
    dimana x adalah lama injector menyemprotkan bensin.
    itu sangat mudah diganti dg x=20 atau 30 atau 40. tp kenapa memilih 10?
    alasanya ya karena reablitinya, misal bensin oktan 88, sehingga maksimum tekanan kompresi sekian supaya tidak detonasi, maka debit bensinya sekian supaya campuranya 1:14 misal. hanya itu saja, gak ada yg canggih2 kalo kita ngerti ilmu dibaliknya,
    sebenarnya pabrik gampang banget bikin vixion tenaga 30hp tanpa rubah volume silinder, yaitu dgn mempertinggi perbandingan kompresi 1:18 misal, kemudian varibel ecu diganti x=30 misal, tapi konsekuensinya bbm harus oktan 110. kan gak mungkin?

  7. Makasih Banyak Infonya Berguna banget nih Bang IWB,..
    Tapi aku boleh nanya bang, apa sistem Konstruksi “FI” Yamaha yang terpisah ini sudah diAplikasikan pada semua jenis motor FI-nya (Termasuk Gen Pertama Sport FI-nya a.k.a Old Vix*on) Sekali lagi makasih Infonya Bang IWB. Salam kenal dari MEDAN.

  8. fbh secara diam2 juga telah melakukan coaching klinik,,,

    coaching klinik tong pang,,,, 😆
    untuk kayak gini,,, ferboesrichardson.wordpress.com/2014/01/23/oot-saat-malu-dikalahkan-oleh-nafsu/

    :mrgreen:

  9. wis jiann.. kalau artikelnya tentang keunggulan yamaha/honda kolom komentar jadi kaya arena adu jotoss..
    hmm… Indonesia itu,,,,, konsumtif banget, manja banget, fanatik banget,kelewat ngirit, apa males banget??

  10. Bawa ke sinih motornya om…. Ane isep dah tuh asep…oli sampingnya yg merk bagus ya,biar agak wangi dikit…# jangan2 mtrnya ga pake olsam nih wong 4 tak..metik apa bebek om?

  11. 121. bad=boy – Februari 21, 2014

    121?., ATTENTION?.nyang lg butuh pulsa ndang komen dimarih?
    Balas
    =============================================
    ane butuh banget om,,,

    biar bisa sodakoh ke kaum pakir k!sm!n FBH,,, 😆

  12. wong ngonoh toh… tapi yo isin isini lek mosok mongtor wes injeksi kentekan bensin… 😀

    nivikoko.wordpress.com/2014/02/21/bocor-alus-yamaha-byson-injeksi-kemungkinan-besar-berojol-tahun-depan/

  13. 123. Sukhoi-47 Berkut – Februari 21, 2014

    Yo ngene ada pencerahan. . . Info yg berkembang,FI gk boleh kehabisan bensin. .
    Balas
    ============================================
    wkwkwk,, komen sampeyan bias om,,, 😆

    secara tidak langsung,,, mongtor yang belum injeksi boleh kehabisan bengsin dong,,, 😆

    intine,, mongtor sing isek perlu ngombe bengsin,, nek iso yo ojo ke entek an bengsin,,, 😆

    IYO po IYO,,,?? 😆

  14. 128. Ferboes Richardson – Februari 21, 2014

    aku gak punya motor injeksi
    Balas
    =============================================
    asli,, sumfah mati,,,,
    ora ono sing takon om,,, 😆

    wkwkwkwk,,,

  15. 136. Ferboes Richardson – Februari 21, 2014

    menunggu saat yag tepat

    ==============================================

    lagi podo nginceng2an…. awas…disinyalir para penjaga warnet siap2 sruntulan…nyodok2…. :mrgreen:

  16. tadaaa,, waktunya peyek kkomen pake nomer aja,,, 😆

    agar persainga podium 150 makin seru,,, 😆
    dan makin panas,,, 😆

Comments are closed.