iklan iwb

wpid-460-x-110.jpg

Yamaha coaching clinic fuel injectionBro dan si sekalian….pada tanggal 19 Februari 2014, kembali pabrikan garputala mengundang segenap media dan Blogger untuk hadir dalam seminar dan praktek langsung untuk lebih mengenal teknologi fuel injection. Sebagai pabrikan yang cukup getol mengkampanyekan keunggulan sistem FI, diakui atau tidak mereka cukup royal membagi ilmu kepada para khalayak umum. Beberapa anggapan yang salah coba diluruskan supaya pengendara merasa nyaman dan aman. Salah satunya adalah ketakutan rusaknya fuel pump atau tidak bisa distarter jika kita kehabisan bensin karena “masuk angin”….uk460x110460x110-ok

Disebut “masuk angin” karena angin masuk kepipa injektor sehingga membuat fuel pump tidak mampu memompa bensin secara normal. Efeknya….motor tetap ngambek walau kita sudah isi bensin. Apakah seperti itu??. Ternyata tidak brosis. Dikawal kepala mekanik Yamaha DDS Cempaka putih, mereka melakukan demonstrasi menguras bensin dengan alat sedot pada salah satu motor praktek. Setelah habis terkuras….dengan indikasi mesin nggak mau dihidupkan, mereka kembali mengisi bensin. Hanya butuh beberapa menit…kunci dinyalakan, engine checking…elektrik starter dipencet dan…hidup normal kangbro. Hhhmm….jebule nggak terbukti. Respon mirip karbu dimana hanya sepersekian detik. Pertanyaannya…apakah nggak merusak ECU??.Yamaha coaching clinic fuel injection Yamaha coaching clinic fuel injection Yamaha coaching clinic fuel injection

iklan iwb

“Nggak….nggak masalah. System FI Yamaha sudah didesain untuk menghadapi hal-hal seperti ini. Jadi tidak ada istilah masuk angin atau bikin rusak ECU. Anggapan tersebut tidak benar” ujar pak Abidin (YIMM) meluruskan salahnya opini disela praktek. Selain itu…mereka juga menunjukkan kelebihan fuel pump Yamaha yang dilengkapi filter terpisah. Dengan desain ini…maka konsumen tidak perlu mengganti satu unit fuel pump jika kotor. Tinggal copot filter dan part bisa dibeli seharga 65ribu. “Konstruksi ini hanya ada pada Yamaha. Lainnya menyatu atau fix terintegrasi dengan body sehingga kalau kotor ya harus beli satu set. Dan biayanya jauh lebih besar..” tukasnya lagi bangga…

Selain beberapa kelebihan diatas, pabrikan garputala juga mengklaim bahwa sistem FI mereka tahan banjir plus debu vulkanik. Beberapa hal umum teknis yang membuatnya mampu menghadapi ekstrimnya cuaca yakni…..

1.?Air Intake System
Konstruksi saluran udara masuk menuju mesin dan CVT yang letaknya tinggi, berfungsi mengurangi resiko dari kotoran tanah dan cipratan air.

2.??Air Filter (Filter Udara)
Wet element penyaring udara tipe basah yang dirancang khusus sanggup menyaring debu dengan ukuran terkecil bahkan abu vulkanik gunung berapi yang halus. Wet Filter jangka penggantiannya hingga 16.000 km dan bebas perawatan, sehingga mesin Yamaha lebih awet.

3.?Muffler Construction
Konstruksi lubang muffler (Knalpot) dengan posisi lebih tinggi mengurangi resiko kemasukan air. Dilengkapi lubang pembuangan air (water drain) yang mencegah air tergenang di dalam muffler dan mencegah karat.

4.?Couplers & Cap
Menggunakan water proof coupler & cap untuk komponen kelistrikan (ECU, spark plug, MAQS) lebih aman dari korsleting.

5. Battery (Accu)
Battery letaknya tinggi dibawah jok (Double seat) dan menggunakan MF Battery (bebas perawatan). Tidak mudah terendam air saat banjir yang dapat menyebabkan hubungan pendek (Korsleting).Yamaha coaching clinic fuel injection

Dari hasil seminar pula….beberapa keunggulan sistem FI yang mereka miliki adalah….

?? FI Part Yamaha bisa di maintenance secara terpisah (module by module) misalnya injector , Throttle Body, Filter Fuel Pump bisa dilepas, dll.

?? Self service FI Maintenance (tanpa harus ke bengkel) menggunakan “YAMALUBE Carbon Cleaner”. Konsumen dapat melakukannya sendiri ke dalam tanki bensin, formula khususnya bekerja membersihkan sistem FI secara otomatis. Cukup lakukan setiap 3.000 km, sangat cocok untuk kondisi di Rural Area (kualitas bensin rendah).

?? Service Cepat FI 10 Menit di Bengkel Resmi dengan 3M Injector Cleaning, Throtle Body & Ruang Bakar mesin (dengan cairan khusus) perawatan lebih cepat dan murah. (Jika sibuk ini solusinya).

?? Perawatan FI yang paling sempurna menggunakan FI Injector Tester & Cleaner (alat ini membersihkan secara sempurna komponen FI, sehingga kondisi seperti baru terus) sehingga tidak perlu sering ganti part.

?? General Check Up yang akurat menggunakan FI Diagnostic Tools :
(alat ini mampu mendeteksi problem teknik sistem FI sangat cepat dan akurat). Mereka mengklaim….seluruh tool ini tidak dimiliki kompetitor.

Last…terlepas dari upaya mengkomunikasikan kelebihan sistem FI mereka, kita sebagai Blogger dan media mendapatkan ilmu berguna dalam mengenal lebih dekat sistem FI. Teknologi yang terus berkembang dari waktu. Dan ketika mindset lawas ketakutan sistem FI rusak atau masuk angin nggak bisa dihidupkan kembali ketika kehabisan bensin…..praktek nyata dilapangan membuktikan…..anggapan tersebut hanya masa lalu. So…kehabisan bensin nunggang motor injeksi??. Yamaha menjamin produk mereka aman brosis. Ora usah kuatir :mrgreen: …….(iwb)? injeksi Yamaha injeksi Yamaha Yamaha coaching clinic fuel injectionYamaha coaching clinic fuel injection

326 COMMENTS

  1. Saya pake cb150r, baru turun dari deler, dibuat jalan” langsung kentean bensin. . . . Sidane nyurung sampek pom. . . Udah nyampe langsung isi bensin. . . Stater ternyata juga langsung nyala. . . .

  2. KEREENN! MANTAAP!

    Soal design fuel pump yg terpisah dgn fuel filter itu BAGUS banget….itu penghematan bagi konsumen. Sy gak tau ya kalo sistem di r2 kompetitor…..tp yg saya tau…rata2 di mobil itu barang pd nyatu…jd kalo macet ya ganti semuanya yg rata2 berharga 4 jutaan.

  3. Wah sangat berguna sekali buat kita yg emang pake mtr injeksi Yamaha.. keep up the good job Yamaha..

  4. sharing dari yakampret yang joos,,, ngilmune sih udah lama tau,,,,

    di tunggu sharing ngelmu dari ahmpret,,,
    jangan konsumen di jadiken kelinci percobaan terus,,,

  5. Kalau ada di desa jauh dari penjual aki sama tukang cas aki bikin repot injeksi Yamaha yang baru seperti Mio J, Xeon injeksi, Soul GT, NVL biarpun ada engkol gak ada fungsinya beda sama injeksi Honda biar tanpa aki di engkol langsung nyala.

    • makanya,,, punya motor,,, harus pinter miaranya,,,
      mosok aki soak ora di ganti,,, 😆
      nek ora ono sing dodolan aki,,, tuku wae power rengjes,,, eh,,, power bank,,, 😆

      *ngeles,,, tapi bener,,, 😆

      • kapasitor bank maksudnya?
        Iya,tinggal beli kapasitor bank ntar kalo soak masih bisa jalan. Toh harganya murah,ga nyampe 100rb.

  6. Lek IWB kerjanya apaa tho?pa gkk repot kerja sambil ngurus blog?trs pndapatan dari bloger kii lumayan ora kang?hehe

  7. Kalau skutik series nya aki habis tetap bisa di kick starter kan kang? Soalnya yang Vixi series gak bisa. Thanks, buat siapapun yang bisa jawab.
    Kalau di Scoopy FI sudah buktiin sendiri memang bisa di kick starter (maksudnya jadi gak nysusahin rider)
    ================

    kobayogas.com/2014/02/19/pojok-sharing-honda-scoopy-fi-ganti-aki/

  8. Berarti Injeksi
    Yamaha ga ada
    Capasitor Bank
    nya? Waduh..
    Klo tiba2 aki
    soak di jalan,
    bisa2 dorong
    motor dunk?

    —————-

    kl aki soak pas jalan trus motor mati kyknya sangat amat jarang terjadi om,
    dan gak ngefek sama engine…
    kl aki soak pas berhnti pas perjalanan jauh biasanya masih ada sisa tegangan yg masih bisa untuk menyalakan injector,
    jadi pake kick masih bisa nyala…
    dgn catatan saat dinamo starter ada indikasi gk kuat nyala, jangan pernah dipaksakan, langsung pake kick starter…

    kl sudah terlanjur dan terpaksa gk mau nyala ya pinjem aja aki tetangga buat nyalain doang, kl dh nyala balikin dah…

    kl gk ada pinjeman, baru dah dorong…

    wkwkwkwkwk

  9. itu masih ada sisa sedikit bensin jd ya iya lah bisa langsung hidup.. harusnya setelah di kuras di hidupkan dulu sampai benar – benar mati engine nya.. setelah itu coba isi bensinnya lg dan coba hidupkan di jamin muogoook.

    • coba sendiri,, trus bikin blog sendiri,, sharing deh di sono,,,
      ntar kita2 numpang e e k di sono,,, 😆

      mudah2an blog ente terkenal,,, 😆

    • Sudah bro. Lha kita tahunya bensin habis saat dikuras gimana kalau engine nggak distarter :mrgreen: . Setelah nggak mau hidup, barulah bensin diisi lagi. Dan terbukti hanya butuh beberapa detik distarter langsung hidup tanda pompa langsung merespon secara normal

  10. 45. Sego Jotos – Februari 21, 2014

    Lha Kuwi yamoho?.lha nek mongtor hondut kepriye?. 😆
    =======================================
    gampang om,,,
    tinggal di buakar wae,,, 😆

  11. Dlu old vixi kakak ane, kiprok jebol bru 2 thun pake, ud ganti aki 2x, alhasil tekor mlu,mesin bisa idup,cuma berebet,padahal aki ud di ganti baru,mekanik yamaha nya juga bego.. Masa cuma disuruh ganti aki,kiprok jebol ?????? kedeteksi,bolak balik beres yamaha 3x bru ketahuan aki ?????? ngisi,sparepart nya jelek bgt sih….ud gt mahal lg kiprok vixi 360rebu

    • wah bro jangan buka aib soal motor yancheu dimari dong…
      tar ente dicap 7 turunan sebagai fb bl0’0n ama geng pantat merah lho…

      😀

    • @hondal n yamahal
      kiprok vxion thun brpa itu om yg 360rb ?? soale setahu saya kiprok old vixion hrganya skitar 255rbuan om.. silahkan cek katalog online yamaha deh 😀

  12. 60. hondal n yamahal – Februari 21, 2014

    Dlu old vixi kakak ane, kiprok jebol bru 2 thun pake, ud ganti aki 2x, alhasil tekor mlu,mesin bisa idup,cuma berebet,padahal aki ud di ganti baru,mekanik yamaha nya juga bego.. Masa cuma disuruh ganti aki,kiprok jebol ?????? kedeteksi,bolak balik beres yamaha 3x bru ketahuan aki ?????? ngisi,sparepart nya jelek bgt sih?.ud gt mahal lg kiprok vixi 360rebu
    Balas
    ============================================
    biasa itu om,,,
    itu penyakit paling umum di piksion keluaran taon 2005,,, 😆

    coba deh tanya bro ry4n kalo kagak percaya,,, 😆

  13. yudha79.wordpress.com/2014/02/20/ketika-motor-wanita-menjajah-pria/

    ?Nggak?.nggak masalah. System FI Yamaha sudah didesain untuk menghadapi hal-hal seperti ini. Jadi tidak ada istilah masuk angin atau bikin rusak ECU. Anggapan tersebut tidak benar?

    ~ aman hanya untuk mesin Injeksi yamaha terbaru
    untuk mesin injeksi keluaran pertama, bagamana????

  14. Itu motor berteknologi motogp injectionnya ko dikorek-korek pake obeng???…

    😀

    walah….
    apa kata geng pantat merah tuh…
    motor injeksi ko pake obeng????

    😀

    wakakakakak….

  15. ? General Check Up yang akurat menggunakan FI Diagnostic Tools :
    (alat ini mampu mendeteksi problem teknik sistem FI sangat cepat dan akurat). Mereka mengklaim?.seluruh tool ini tidak dimiliki kompetitor.

    ================================================

    yimm sama gerombolanya gak jauh beda sama-sama songong….

    😀

  16. enakan karbu lah kagak usah kebengkel bongkar dewe bisa, kalo injeksi sudah beda generasi, jaman ane sekolah dulu kagak ada namanya injeksi wkwkwkwkw

  17. padahal ada metik y yg pernah ngalamin kehabisan bensin trus diisi bensin tetep distater nggak mau nyala..tapi emang nggak ada pict nya..percaya monggo nggak percaya monggo dibuktikan.. wkwkwkw.. :mrgreen:

  18. yamaha aki tekor mesin g bisa nyala dg kick starter
    honda aki tekor mesin masih bisa nyala dg kick starter
    kalau habis bensin trus diisi lagi keduanya sama bisa nyala
    kesimpulan honda masih lebih unggul dari yamaha
    cuma honda g mau gembar gembor kayak yamaha,konsumen dah pada pintar mana motor yg kualitas bagus.terbukti penjualan motor injeksi masih dikuasai honda.dan honda lebih dulu memakai injeksi pada supra x 125 daripada yamaha

    • tp ane pernah punya supra 125 yg injeksi…kok lebih boros drpd yg supra 125 karbu ya? jd ya akhirnya dilego

  19. wekekekek kalo epbeyek mah percaya wae kan sesembahannya …

    ya kalo 1-2 kali keabisan bensin sih gak apa2 tapi kalo keterusan serasa kayak pnya motor karbu pasti fuel pump rusak ( berlaku buat injeksi merk apapun)

  20. masih bagus injeksi hondut udah step 4, gak perlu pake laptop dan diagnostic tool, cukup disetel pake obeng min teknologi robot ngoasimoh, plus kalo naik gunung dapat fitur tenaga ngempos

  21. walau injeksi hondut itu minim sensor, lebih boros dan suka ngempos di tanjakan, yg penting ada kapasitor bank 😆

  22. pingin liat pigson injeksi si raja sport teknologi moto gp yg dibangga banggakan FBY ditabokin mesin dohc 6 speed di kejurnas,komuter sohc 5 speed overstroke vs dohc 6 speed.kalau yg diturunin balap r15 terbukti NVL cuma motor lemot yg g disukai speed lover.speed lover pilih ninja,fu,cb150r

    • bukti nvl lemot kan sdh dr dulu,
      * yimm bilang nvl motor komuter
      * ditest tabloid r2 drag dg cebong hasilnya ……. (ah, jd tak enak jelasin) pdhl ban gambot vs cungkring, throtle body 28 vs 30, sohc vs dohc

  23. mulai deh FBH yg mukanya kayak BH mbah mbah kebakaran jenggot kagak terima, sante aje breh… Yamaha juga sekarang lbh oke dan image boros bensin udah bisa ditepis, eh sekarang malah hondut yg jadi boros,… Cuma nenek nenek jadul kuno yg ngomong kalo “motor yg paling irit yah hondut ndok”… haha

  24. Apapun Motornya, Menjaga tangki tetap terisi bahan bakar adalah bagian dari merawat kendaraan. Meskipun Bensin habis dan diisi bisa langsung nyala harusnya bukan itu yang disharingkan ke Konsumen. melainkan konsumen diedukasi untuk selalu menjaga Kondisi tangki tetap terisi bensin dan jangan sampai Kosong/Habis.

    1. Karena saat tangki kosong meski sudah dilengkapi filter ada kemungkinan endapan kotoran dalam tangki ikut tersedot oleh fuel pump artinya juga akan mempercepat penggantian filter bensin dan kemungkinan endapan kotoran tersedot akan lebih kecil jika bahan bakar dalam tangki masih banyak/penuh.

    2. Tangki motor di Indonesia kebanyakan terbuat dari plat besi atau sejenisnya, bagian tangki yang bersentuhan dengan BBM tidak akan mengalami oksidasi sedang bagian yang bersentuhan dengan udara akan mengalami oksidasi yang akan dapat mempercepat timbulnya karat di dalam tangki. sehingga saat bensin terisi penuh maka permukaan tangki yang bersentuhan dengan udara akan lebih sedikit sehingga luas permukaan oksidasi juga dapat direduksi sehingga memperpanjang usia tangki.

      • Bro pugman…bagus sharing infonya. Tapi yang ingin kita garis bawahi dari artikel adalah anggapan mesin injeksi berbahaya jika kehabisan bensin. Dan itu terjawab dengan artikel diatas. Untuk masalah karat…hampir seluruh tanki motor injeksi sekarang sudah dilapisi zink plate anti rust pada dinding dalam. Walau kemungkinan karat masih ada tapi sangat kecil. Biasanya karena umur atau oksidasi dari luar…cat mengelupas misalnya. Namun betul kata sampeyan, kotoran bensin saat habis total lebih rentan menyerang filter fuel pump. So…lebih bagus hindari menunggu motor kehabisan bensin

    • Nambahin gan…
      Biasanya bensin kan terasa lebih dingin kalo abis melewati malam, kalau ada udara didalam tengki maka bisa terjadi pengembunan uap air yang dikandung udara menjadi butiran air. Jika terjadi terus menerus air akan makin banyak didalam tengki. Karena densitas air yang lebih besar daripada bensin/minyak, air pasti akan berada didasar tengki (membentuk lapisan air) yang terpisah dengan bensin yang lebih ringan. Pelat baja + air –> timbul karat yang akhirnya menjadi penyebab kebocoran tengki gan. CMIIW

    • 1. Bukannya kotoran itu dibawah ya? Dan fuel pump pasti dibawah juga kan? Berarti sama aja dong mau full atau enggak..
      Cmiiw

      2. Ooo,baru tau. Berarti para pemilik motor batangan honda pada ga full ngisi tankinya ya?
      Nyatanya pada bocor…

  25. org ina th msh doyan wayang,

    makanya teknologi fi hondut yg msh jadul lebih laris.

    ngak semua org ngerti teknologi canggih

Comments are closed.