iklan iwb

wpid-460-x-110.jpg

Yamaha coaching clinic fuel injectionBro dan si sekalian….pada tanggal 19 Februari 2014, kembali pabrikan garputala mengundang segenap media dan Blogger untuk hadir dalam seminar dan praktek langsung untuk lebih mengenal teknologi fuel injection. Sebagai pabrikan yang cukup getol mengkampanyekan keunggulan sistem FI, diakui atau tidak mereka cukup royal membagi ilmu kepada para khalayak umum. Beberapa anggapan yang salah coba diluruskan supaya pengendara merasa nyaman dan aman. Salah satunya adalah ketakutan rusaknya fuel pump atau tidak bisa distarter jika kita kehabisan bensin karena “masuk angin”….uk460x110460x110-ok

Disebut “masuk angin” karena angin masuk kepipa injektor sehingga membuat fuel pump tidak mampu memompa bensin secara normal. Efeknya….motor tetap ngambek walau kita sudah isi bensin. Apakah seperti itu??. Ternyata tidak brosis. Dikawal kepala mekanik Yamaha DDS Cempaka putih, mereka melakukan demonstrasi menguras bensin dengan alat sedot pada salah satu motor praktek. Setelah habis terkuras….dengan indikasi mesin nggak mau dihidupkan, mereka kembali mengisi bensin. Hanya butuh beberapa menit…kunci dinyalakan, engine checking…elektrik starter dipencet dan…hidup normal kangbro. Hhhmm….jebule nggak terbukti. Respon mirip karbu dimana hanya sepersekian detik. Pertanyaannya…apakah nggak merusak ECU??.Yamaha coaching clinic fuel injection Yamaha coaching clinic fuel injection Yamaha coaching clinic fuel injection

iklan iwb

“Nggak….nggak masalah. System FI Yamaha sudah didesain untuk menghadapi hal-hal seperti ini. Jadi tidak ada istilah masuk angin atau bikin rusak ECU. Anggapan tersebut tidak benar” ujar pak Abidin (YIMM) meluruskan salahnya opini disela praktek. Selain itu…mereka juga menunjukkan kelebihan fuel pump Yamaha yang dilengkapi filter terpisah. Dengan desain ini…maka konsumen tidak perlu mengganti satu unit fuel pump jika kotor. Tinggal copot filter dan part bisa dibeli seharga 65ribu. “Konstruksi ini hanya ada pada Yamaha. Lainnya menyatu atau fix terintegrasi dengan body sehingga kalau kotor ya harus beli satu set. Dan biayanya jauh lebih besar..” tukasnya lagi bangga…

Selain beberapa kelebihan diatas, pabrikan garputala juga mengklaim bahwa sistem FI mereka tahan banjir plus debu vulkanik. Beberapa hal umum teknis yang membuatnya mampu menghadapi ekstrimnya cuaca yakni…..

1.?Air Intake System
Konstruksi saluran udara masuk menuju mesin dan CVT yang letaknya tinggi, berfungsi mengurangi resiko dari kotoran tanah dan cipratan air.

2.??Air Filter (Filter Udara)
Wet element penyaring udara tipe basah yang dirancang khusus sanggup menyaring debu dengan ukuran terkecil bahkan abu vulkanik gunung berapi yang halus. Wet Filter jangka penggantiannya hingga 16.000 km dan bebas perawatan, sehingga mesin Yamaha lebih awet.

3.?Muffler Construction
Konstruksi lubang muffler (Knalpot) dengan posisi lebih tinggi mengurangi resiko kemasukan air. Dilengkapi lubang pembuangan air (water drain) yang mencegah air tergenang di dalam muffler dan mencegah karat.

4.?Couplers & Cap
Menggunakan water proof coupler & cap untuk komponen kelistrikan (ECU, spark plug, MAQS) lebih aman dari korsleting.

5. Battery (Accu)
Battery letaknya tinggi dibawah jok (Double seat) dan menggunakan MF Battery (bebas perawatan). Tidak mudah terendam air saat banjir yang dapat menyebabkan hubungan pendek (Korsleting).Yamaha coaching clinic fuel injection

Dari hasil seminar pula….beberapa keunggulan sistem FI yang mereka miliki adalah….

?? FI Part Yamaha bisa di maintenance secara terpisah (module by module) misalnya injector , Throttle Body, Filter Fuel Pump bisa dilepas, dll.

?? Self service FI Maintenance (tanpa harus ke bengkel) menggunakan “YAMALUBE Carbon Cleaner”. Konsumen dapat melakukannya sendiri ke dalam tanki bensin, formula khususnya bekerja membersihkan sistem FI secara otomatis. Cukup lakukan setiap 3.000 km, sangat cocok untuk kondisi di Rural Area (kualitas bensin rendah).

?? Service Cepat FI 10 Menit di Bengkel Resmi dengan 3M Injector Cleaning, Throtle Body & Ruang Bakar mesin (dengan cairan khusus) perawatan lebih cepat dan murah. (Jika sibuk ini solusinya).

?? Perawatan FI yang paling sempurna menggunakan FI Injector Tester & Cleaner (alat ini membersihkan secara sempurna komponen FI, sehingga kondisi seperti baru terus) sehingga tidak perlu sering ganti part.

?? General Check Up yang akurat menggunakan FI Diagnostic Tools :
(alat ini mampu mendeteksi problem teknik sistem FI sangat cepat dan akurat). Mereka mengklaim….seluruh tool ini tidak dimiliki kompetitor.

Last…terlepas dari upaya mengkomunikasikan kelebihan sistem FI mereka, kita sebagai Blogger dan media mendapatkan ilmu berguna dalam mengenal lebih dekat sistem FI. Teknologi yang terus berkembang dari waktu. Dan ketika mindset lawas ketakutan sistem FI rusak atau masuk angin nggak bisa dihidupkan kembali ketika kehabisan bensin…..praktek nyata dilapangan membuktikan…..anggapan tersebut hanya masa lalu. So…kehabisan bensin nunggang motor injeksi??. Yamaha menjamin produk mereka aman brosis. Ora usah kuatir :mrgreen: …….(iwb)? injeksi Yamaha injeksi Yamaha Yamaha coaching clinic fuel injectionYamaha coaching clinic fuel injection

326 COMMENTS

    • bukan kejaring om,,,
      ketentuan dari kang saipul jamil,, kan kagak boleh komen hanya angka saja,,, 😆

      jadi ntar bisa berubah tuh podiumnya,,, 😆

  1. peyek – Februari 21, 2014
    bukan kejaring om,,,
    ketentuan dari kang saipul jamil,, kan kagak boleh komen hanya angka saja,,, 😆

    jadi ntar bisa berubah tuh podiumnya,,, 😆

    ================================================

    Buru peknnggo koyo tuku lotre wae…. 😆

  2. Mantap… Apakah odong-odong ngAHaeM sing PeGaM-FI juga aman pas gek entes diisi bensin langsung distarter..?

    • bisa hidup mas sy sendiri punya vario 125 iss waktu itu tes seberapa jauh di tempuh begitu idikator nyala kedip” maklum rumah di kampung jauh dari pertamina, saya jalan sampai motor mati trus saya isi bensin yg sudah saya bawa pencet stater langsung hidup.

  3. Tp dalam praktek nya justru injeksi yamaha itu paling lemah kang..

    Coba check ke bengkel2 umum deh dan tanya mekanik nya,bnyak penunggang mio j bermasalah kl hbs jatoh atau sering2 ke hbsan bensin

    • Bengkel umum emang belom ada yg bisa benerin injeksi kaleee.. Apalagi yamaha, softwarenya belum dijual umum. Kalo bece jangan kebangetan om,keliatan deh isi otaknya…

      Udah ah. Keterlaluan becenya…

      • Ayo deh gw ajak ke bengkel umum yg peralatan injeksi nya lengkap,dan u tanya deh..
        Gw ini ma keliling bengkel cong lah kerjaan gw..

        Sofware yg kata nya blm tersebar itu ma kata nya doang,tp praktek nya udh mulai bnyak bengkel umum yg beli investasi..
        Ente kl di jkt dateng aja ke bengkel di seberang lotte mall taman surya cengkareng kali deres..

        Itu bengkel alat injeksi yamaha dan honda lengkap sampe alat 3M pembersih injektor yamaha pun tersedia di sana

  4. kang aku nduwe new vixion tahun 2013,onobteknologi ngono kwi gag kang..??
    mohon pemadangane kang 😀

  5. aku sudah mengalami mogok kehabisan pertamax, langsung beli premium di eceran pinggir jalan, tunggu 3 menitan kunci kontak di ON langsung hidup mesin.

  6. Uji cobanya kan di kuras bensinnya bukan kehabisan bensin…????
    Sya punya motor vixion stlah fo coba trnyata harus di bawa ke bengkel yamaha…
    Gimana itu bro???

  7. saya baru pake yamaha soul 4 bln, pemakaian pulang pergi ke kantor 20 menitan dgn kecepatan standar (ga tahu brp km))…kemarin kehabisan bensin, dan mogok!
    dibawa ke servis resmi, katanya aki soak?
    baru 4 bulan aki udah soak ya….kecewa saya. di stroom akinta 3 jam. bisa hidup lagi, tp ngadat…
    eh…mogok pula di tengah jalan.
    teman saya buka2 aki nya, katanya aki kering. aki kering ga bisa di stroom. lah…yg td pagi di stroom aki siapa?

  8. ah..aman aja, Vixionku pnah keabisan bensin sampe asat sat, bgtu isi kontak ON starter lgsung Jrengg!!
    Soal waktu servis, yg lama it Antre nya, tepok jidat nek masalah iku

  9. Force FI dan Jupiter Z1 yg euro 3 sudah ada kok capasitor banknya. Jadi ga perlu khawatir kalau suatu saat aki tekor

  10. Motor xeon rc ane kocak nich..apenye ye nyang rusak, motor sering mati apabila tangki bensin berkurang 1 strip( pd ampere meter) nanti kalau tangki bensin di isi full lg motor akan normal kembali..begitu seterusnya..

  11. maaf brosis, yamaha xeon gt 125 belum lengkap 2 tahun ternyata banyak hal komponennya trutama mesinnya bobrok. ini terjadi pada kendaraan sy. bayangkan, ban depan belakang hanya 1 tahun sdh bergelombang bentuknya. lalu pertengahan desember 2015 mogok total. service dan perawatan oli tiap akhir bulan.
    puncaknya di bulan januari 2016 ini sy totalan biaya hampir 1, 5 juta sejak desember 2015.
    aki soak, ecu rusak, lampu depan dalam1 tahun sdh 5 kali ganti. motor blm genap 2 tahun lho???
    ini pembelajaran buat masyarakat semua. alhasil, mending beli motor non injeksi (segala sesuatu pakai listriklah atau apalah)
    baiknya motor berkarburator sj spy bisa lebih hemat biaya.
    promosinya itu menyesatkan.
    trims

Comments are closed.