iklan iwb

IP addressMenjadi Blogger tuh memang kudu mempunyai kesabaran tingkat dewa. Lek ora sampeyan iso nyokoti kursi dewe saking mangkelnya. Tidak heran…ada beberapa kasus Blogger melakukan boikot atau antipati membahas satu produk tertentu. Karena memang kadangkala harga diri terasa diinjak-injak. Emosi yang diakibatkan serangan pedas komentator yang memang sering kelewatan. Kalau tidak disikapi dengan hati dingin….wis dijamin ogah megang keyboard atau ngetik artikel untuk dishare kepembaca lain. Apalagi….tuduhan-tuduhan miring dilontarkan tanpa memikirkan perasaan penulis. Pemaksaan untuk nge-banned IP komentator yang dianggap perusuh….. AHM PartYamaha#1

Mendapatkan komentar bro EL…doi sedikit memberikan ancaman bahwa Blog IWB bisa di-hack jika tidak mengindahkan masukan para komentator untuk nge-banned IP address beberapa nick name. Sebuah ungkapan yang kudu dicerna secara jernih. Sebab jika tidak…dijamin sampeyan cenut-cenut emosi. Tapi…jika melihat dari sisi yang lain, tidak ada yang salah disana. Hal ini dikarenakan ketidak tahuan resiko atau impact nge-banned IP address. So….karena itulah IWB mau mencoba sharing dan memberi contoh resiko nge-banned IP address secara sembarangan…..

IP Address adalah sederetan angka alamat dari sebuah komputer atau server hosting. Tiap internet protocol akan ditandai dengan angka yang dipisahkan titik. Biasanya kita bisa mengetahui asal serta lokasi pengakses internet hanya melihat dari IP Address. Namun seiring dengan menjamurnya operator telekomunikasi yang menawarkan koneksi data lewat modem maka….IP address tidak bisa dijadikan patokan baku sebab angka unik sang internet protocol biasanya dipakai secara bersama-sama untuk jutaan pelanggan mereka. Belum lagi aplikasi yang bertebaran untuk mengubah IP adrees menjadi dinamis atau berpindah-pindah. Bisa juga ketika mereka menggunakan aplikasi Chrome atau opera mini….maka IP address juga akan mengikuti IP mapping sang developer…..IP address1-copy

iklan iwb

IP addressContohnya mbah Darmo berikut ini. Dalam sekali komen….doi bisa memakai 3 IP address yakni 141.0.8.47…..141.0.10.135 dan 141.0.8.161. Ketika dicek, IP address merupakan IP hosting Opera Software ASA Amerika. Alamat internet protokol tersebut juga digunakan ribuan pengunjung dan komentator (tidak bisa IWB lampirkan semua, contoh terlampir). Monggo intip aja bro Gandul, Amad, Font Disk, serta Wayney Rondo? yang menggunakan alamat IP sama. Itu hanya segelintir contoh dari ribuan pengunjung lain yang mengakses WordPress IWB via Opera. So…bisa ditebak, jika IWB banned nomer IP address yang disebutkan diatas….dipastikan ribuan pengunjung yang tidak ada korelasi debat tidak sehat menjadi korban. Dijamin kalau mzbro memakai Opera mini atau alamat internet protocol identik….akses akan terbentur dan langsung diblock karena banned status!. Sedang ID?. Oalah…dibanned jeneng mari ngono yo pasti menjelma jadi nama lain. Opsi pertama tidak efektif maka IWB mengandalkan cara kedua yaitu moderasi….

Dalam moderasi….kita mengandalkan Akismet sebagai fitur plug-in security WordPress. Disini kita wajib memasukkan kata-kata yang termasuk kategori “dirty word”. Satu persatu IWB kudu memasukkan kata kunci biang kuping panas. Sayang dalam perjalanannya…sistem moderasi banyak kelemahan sebab beda satu huruf saja maka komentar dipastikan lolos. Dan yang lebih parah….sistem ini kadangkala tidak mampu memilih secara presisi. Alhasil komentar yang lempeng tidak perlu dikarungin….malah terjaring. Semua bekerja secara “Auto” tanpa disetir Blogger sebagai pihak admin. Yang memprihatinkan….tidak jarang komentator yang terjaring karena ulahnya sendiri (akibat memasukkan dirty word) langsung memaki dan menuduh Blogger sengaja menjaring dengan memprovokasi pro kesatu merk. Jiannn tepuk jidat tenan….IP address

Cara terakhir dan cukup menyita tenaga adalah sortir manual. Dan bukan hal yang mudah untuk mengatur komentar ratusan tiap harinya. (saat ini yang terjerat moderasi mencapai 2,095 komentar dan 2,020 terjaring spam). Mata IWB sering berair hanya untuk menyortir? dan memilih mana yang kudu dikarungi dan diloloskan. Tidak bisa dipungkiri, IWB keteteran bukan main hanya untuk mengurusi komentar. Hal inilah yang tidak? diketahui mzbro semua dengan menganggap IWB melakukan pembiaran. Tuduhan mencari hits tinggilah….pilih kasihlah…ogah melakukan bannedlah…embohlah :mrgreen: .

So, saran IWB…..bagi yang merasa tidak? nyaman dengan para komentator….monggo jangan dibaca kolom komentar. Biar ati adem…..intip aja artikel yang IWB buat. Kalau nggak…monggo jangan ditanggapin komentar yang rada nyleneh. Sebab semakin sampeyan respon maka mereka bakal makin menjadi. Namun sebagai pemilik warung…IWB akan terus berupaya membersihkan isi komentar agar tetap sehat dan nyaman sebagai ajang sharing. Begitu juga dari sampeyan semua….IWB tidak menuntut lebih…hanya tolong pengertiannya agar tidak melakukan justifikasi berlebihan. Buat bro El….kalau mau, monggo IWB undang kekediaman IWB. Dengan senang hati akan IWB tunjukkan dashboard komentar Blog IWB. Syukur-syukut mau bantuin :mrgreen: .? So…Masih menuntut nge-banned satu IP???. Itulah alasan kenapa tidak bisa segampang yang dikira…..(iwb)IP address

Noted : Klik untuk memperbesar gambar

372 COMMENTS

  1. dibiarkan saja to mas bro.

    nulis begituan kalo dibiarkan nanti juga bosen sendiri. jangan kasih tanggapan apapun.

  2. @eL

    Saya sih bisa ngelihat intensi orang dari nada tulisan, dan saya yakiiiin Mas IWB itu intensi nya gak pernah melenceng neko-neko.

    Saya sendiri emosi ngelihat ancemannya mas El, yang rasanya ketika pengen dihargai kok malah gak bisa belajar ngehargai orang lain.

    Dan ngancem-ngancem ngehack kok ya gak tahu masalah teknis yang orang-orang cukup paham IT pasti tahu kendalanya….

    Maap ya mas kalo agak emosi

  3. sekedar saran kang iwb.
    jatah komen di batasi, misalnya hanya untuk 100 orang pertama saja yg d tampilkan, jadi kang iwb g trlalu d pusingkan dengan menyortir ribuan komen yg masuk

  4. tigur mana tigur, eyang tigur26,,,??
    DEMI TUHANNN, BERTOBATLAH TIGUR26, PASUKANMU SUDAH HABIS, DEMI TUHANN..
    HAAAAAAAAAAHHGKK [GEBRAK MEJA+INJEK2 TANAH]

  5. kalo dianalisa bahasanya seperti tidak asing yg komentar diatas.
    itu tuh, yang dulu pernah bilang udah pernah test jupiter z1. padahal belum launching. siapaaaaaa…..?

    tenang saja toh mas iwan. itu cuma ungkapan frustasi dari pihak yg punya kepentingan jualan.
    kalo memqng dia mampu ngehack, pasti udah dilakukan.
    kalo sampe di hack. mudah saja to. tinggal hubungi WordPress minta di restore datanya. gitu ganti……

  6. ehm… memang untuk menghadapi orang2 seperti itu harus kudu sabar sabar dan sabar…… !!! dan inilah senjata paling ampuh.

  7. koment ikut berpartisipasi jadi manusia yg lebih cerdas dan santun….
    yg lainnya kl sek mbanggel yo pancen ra ngerti supan santun. cuman ngaku pinter doang masbro 🙂

    sabar…. biar disayang terus sama penggemar nya

  8. Cuek bebek aja kang,ada pepatah mengatakan,itu si el(tanpa AL dan dul) sirik tanda tak mampu)
    Saran ane kang iwan buka loker buat mantengin blog commenter,biar si EL ngelamar,ntar gajinya ane sing bayar,kwkwkkwkw (pake daun)
    Oia kang,ane mw tanya,ada yg mw masang iklan di blog ecek ecek ane hehhehe cara ngasih hargane piye ya kang?? Suwun klw mw di balas ke email ane aja ya,makash atas tanggapane suwun kang hehehhe

  9. kwokwokowkowk lucu lah pokoke rame. heboh. siiip. top markotop, joss en gandozzzzz….
    gak usah protes lah, komen dan kritik membangun its okay… asal jangan keluar hewan piaraannya aja.

    beres

  10. O…gitu ya mas?
    #karo mantuk2.

    Maaf ya mas IWAN kadang komentar ane bikin kuping sampean panas.

  11. debat sehat sbnarx bagus untuk nambah pngetahuan R2…tp saling hujat itulah yg mmbuat para pembaca jd malas liat komentar…padahl yg saling hujat orangx itu2 sj….*pengguna merk H dan Y…

  12. komentator ember mmg jadi alasan ane skip blognya mas iwan saat buka indomotoblog.why?mungkin alasannya serupa dgn eL yg komennya dimuat mas iwan itu.ruang komen penuh dengan debat ga sehat yg ga jelas ujung pangkalnya,penuh dengan saling ejek antar merek,sesekali ya masih bisa ditolerir,tapi terus2an ya lama2 eneg jg,jd bertanya2…itu orang2 kerjaannya di real life apaan ya?hahaha…satu lg,buka blog mas iwan lwt browsing di hp udah nggak bisa multipage lg saking gedenya halaman yg harus diload di webnya mas iwan,ya penyebabnya komen yg buanyakkk bener itu.akhirnya sekarang pindah tongkrongan deh…ke warungnya mas bons…adeemm….

  13. @EL…. eL…eL…

    ente punya hacker brp??

    ane emosi sama Ente….
    Win mana seeh…Ente..

    sabar Kang IWB….

    pokoknya nikmatilah artikel demmi artikel.. klo emang ada komen yg g enak g usah dihiraukan….

  14. tenang mas IWB, engine wordpress.com sekuritinya cukup kuat dan belum pernah denger blog gratis di WP.com kena hack, so itu hanya ancaman kosong (abaikan)

  15. 63. ikan asin peda – Mei 3, 2013
    DEAR IWB,
    DEAR IWB,
    DEAR IWB,
    demi kemaslahatan bersama & demi menciptakan suasana yg kondusif, sebaiknya kolom komentar dihilangkan saja!!! jd pengunjung cuma baca artikel beritanya tok. gitu aja kok repoooott amat????? simpel kan????? pengunjung lain pd ikutan gerah, kok yg punya warung ngatasin yg beginian aja sulitnya minta ampiun.. ckckck..
    ===============================
    kalo kolom komentar dihilangkan, bagaimana dengan user yang ingin bertanya?Bisa sih lewat email tapi lebih simpel lewat kolom komentar.

  16. Santai aja masbro. Tetap tenang walau Memang serba salah selaku juragan warung. Ibarat orang tawuran warungnya juga kena epek juga.
    Buat yang komen dan juga para pembaca tersembunyi juga harus fair, bahwa anda juga sebenarnya terhibur ketika baca tiap komen malahan sampai ngakak sendiri xixiii..
    Dan buat komentator yg demen perang, silakan perang komen. Boleh kasar tapi isinya cerdas berbobot.

  17. ================
    ================
    Mas iwan… mas iwan…mmgghhh…

    Maz…kalo pihak pabrikan gak terima produknya dijelek2in di blog sampeyan, trs ambil jalur hukum… tar maz iwan sangat mungkin tersangkut lho.
    Delik aduannya “membiarkan & menyediakan media utk mencemarkan nama baik produk perusahaan tertentu”. Ini serius maz… Walo maz iwan menyangkal, tp dimuka hukum dah terbukti media maz iwan digunakan utk menjelek2an produk perusahaan lain.

    Saran saya, sementara blog maz iwan rehat dl pd kolom komentar. 1-2 minggu tanpa kolom komentar. Toh rating blog maz iwan tetep jempolan. Yg penting suasana jadi adem dl. maz iwan jg bisa istirahat, ga stress, sambil nyiapin artikel yg lebih informatif lg.

    Salam

    Ernawati Pujiastuti Setia Hati

    ================
    ================

  18. Keep semangat lah pak de iwb, biasa orang begitu ma pengen cari cari perhatian ga liat secara fakta dan objektif alias L48!L

  19. sabar ya kang IWB.. memang kadang kerja keras kita dipandang sebelah mata.. tapi moga2 kang IWB tetap semangat share informasi buat kita2..

  20. saya dari dulu selalu menjadi penggemar blog mas iwan , sejak tahun 2010 hingga skrg …. walaupun saya hanya menjadi silent reader ,dan baru beberapa hari ini saya tumben komentar, itupun karena mendinginkan suasana warung iwb yg selalu kebakaran ,,,,,,,,,,,,,,,,,,, jgn menyerah mz iwan

  21. pembaca netral sebut peyek perusuh 😛

    mas peyek sadar lah anda tidak di inginkan pembaca lain untuk berkomentar

  22. Ayo dunk para komengtator…
    debat boleh tapi jangan bawa2 bahasa bon bin apalagi kata2 jorok.
    kalo kayak gitu sih apa bedanya kalian sama bocah sd?

    103. ahli_jalanan – Mei 3, 2013
    Alah om IWB orang baru melek IT d ladenin !!

    #Cape dech
    ===============================
    hehehe…kayaknya mas iwan sekalian jawab para komentator yang resah pada para oknum FB dan meminta tuk melenyapkan para oknum FB yang pakai bahasa keluarganya di bonbin.

    tapi lucu juga ya EL, disangkanya IP komengtator itu ga berubah2. ibaratnya dia nyangka kayak alamat rumah di dunia nyata

  23. ribet amat pake ngancem2 segala, kalo gak suka, gak usah dibaca komentator2nya. pakyu lah…

  24. So, saran IWB?..bagi yang merasa tidak nyaman
    dengan para komentator?.monggo jangan dibaca
    kolom komentar.
    ##################
    LHA IYA,MULUT MULUT ANE KOK DLARANG,WONG PRESIDEN AE GA BRANI MELARANG ANE….GN SJ MAS IWB,BG YG GA SUKA ANE MA GROMBOLAN KREMI DEBAT…GA USA DBACA!KYK ORANG PEREMPUAN AE NGURUSI KERJAAN ORANG,….AYO,GA TERIMA MAEN K JEMBER,JL.MAWAR GANG 8 NO.13,PATRANG,JEMBER TEMUI ANE HENDRO ABADI,MAU NABOK MULUT ANE TAK PERSILAHKAN…ANE YA JG GEREM MA ORANG YG TUKANG NGURUSI PEKERJAAN ORANG…GA SENENG WES GA USA DIWOCO….JIANGKRIK TENAN!

  25. Tulis aja artikel kang, komentar bagus ambil, komentar jelek cuekin,, kerajinan amat sampe di masukin ati,, kaya di bayar sama komentator aja

  26. Mau rumah murah bwt investasi yg ????? bakalan turun harganya?
    investasirumahbandung.blogdetik.com/2013/05/03/rumah-asri-cinunuk/

  27. adem nih adem

    oprekmotore.blogspot.com/2013/05/rumor-sport-250-full-fairing-yamaha-apa.html

  28. sabar mas mas bray…

    Kadang saya juga rada males coment..krna para komentator yg saling menghina dan mem’bodoh” kan bangsa sendiri..

    Semangat mas bro iwb.

  29. gak setuju mas kalo kolom komentar di hilangkan..
    karna kolom komentar sedikit bnyaknya merupakn tmpat saling berbagi info,,jujur saja saya bnyak dapt info dari kolom komentar…
    jadi kalw dihilangkan merupakan suatu kerugian besar bagi saya sebagai pembaca,,,

    tolong dipikirkan dengan baik ya mas

  30. Apa gak kasian tuh ma pemilik warung smpe mata berair cuman buat bersihin kata-kata yg g pantas didenger. Apa susahnya sih ngetik kata2 yg sopan. Debat boleh aja tp ya selayaknya manusia dong debatnya.
    Jgn pernah berhenti berkarya Mas IWB kami mendukungmu…

Comments are closed.