iklan iwb

IP addressMenjadi Blogger tuh memang kudu mempunyai kesabaran tingkat dewa. Lek ora sampeyan iso nyokoti kursi dewe saking mangkelnya. Tidak heran…ada beberapa kasus Blogger melakukan boikot atau antipati membahas satu produk tertentu. Karena memang kadangkala harga diri terasa diinjak-injak. Emosi yang diakibatkan serangan pedas komentator yang memang sering kelewatan. Kalau tidak disikapi dengan hati dingin….wis dijamin ogah megang keyboard atau ngetik artikel untuk dishare kepembaca lain. Apalagi….tuduhan-tuduhan miring dilontarkan tanpa memikirkan perasaan penulis. Pemaksaan untuk nge-banned IP komentator yang dianggap perusuh….. AHM PartYamaha#1

Mendapatkan komentar bro EL…doi sedikit memberikan ancaman bahwa Blog IWB bisa di-hack jika tidak mengindahkan masukan para komentator untuk nge-banned IP address beberapa nick name. Sebuah ungkapan yang kudu dicerna secara jernih. Sebab jika tidak…dijamin sampeyan cenut-cenut emosi. Tapi…jika melihat dari sisi yang lain, tidak ada yang salah disana. Hal ini dikarenakan ketidak tahuan resiko atau impact nge-banned IP address. So….karena itulah IWB mau mencoba sharing dan memberi contoh resiko nge-banned IP address secara sembarangan…..

IP Address adalah sederetan angka alamat dari sebuah komputer atau server hosting. Tiap internet protocol akan ditandai dengan angka yang dipisahkan titik. Biasanya kita bisa mengetahui asal serta lokasi pengakses internet hanya melihat dari IP Address. Namun seiring dengan menjamurnya operator telekomunikasi yang menawarkan koneksi data lewat modem maka….IP address tidak bisa dijadikan patokan baku sebab angka unik sang internet protocol biasanya dipakai secara bersama-sama untuk jutaan pelanggan mereka. Belum lagi aplikasi yang bertebaran untuk mengubah IP adrees menjadi dinamis atau berpindah-pindah. Bisa juga ketika mereka menggunakan aplikasi Chrome atau opera mini….maka IP address juga akan mengikuti IP mapping sang developer…..IP address1-copy

iklan iwb

IP addressContohnya mbah Darmo berikut ini. Dalam sekali komen….doi bisa memakai 3 IP address yakni 141.0.8.47…..141.0.10.135 dan 141.0.8.161. Ketika dicek, IP address merupakan IP hosting Opera Software ASA Amerika. Alamat internet protokol tersebut juga digunakan ribuan pengunjung dan komentator (tidak bisa IWB lampirkan semua, contoh terlampir). Monggo intip aja bro Gandul, Amad, Font Disk, serta Wayney Rondo? yang menggunakan alamat IP sama. Itu hanya segelintir contoh dari ribuan pengunjung lain yang mengakses WordPress IWB via Opera. So…bisa ditebak, jika IWB banned nomer IP address yang disebutkan diatas….dipastikan ribuan pengunjung yang tidak ada korelasi debat tidak sehat menjadi korban. Dijamin kalau mzbro memakai Opera mini atau alamat internet protocol identik….akses akan terbentur dan langsung diblock karena banned status!. Sedang ID?. Oalah…dibanned jeneng mari ngono yo pasti menjelma jadi nama lain. Opsi pertama tidak efektif maka IWB mengandalkan cara kedua yaitu moderasi….

Dalam moderasi….kita mengandalkan Akismet sebagai fitur plug-in security WordPress. Disini kita wajib memasukkan kata-kata yang termasuk kategori “dirty word”. Satu persatu IWB kudu memasukkan kata kunci biang kuping panas. Sayang dalam perjalanannya…sistem moderasi banyak kelemahan sebab beda satu huruf saja maka komentar dipastikan lolos. Dan yang lebih parah….sistem ini kadangkala tidak mampu memilih secara presisi. Alhasil komentar yang lempeng tidak perlu dikarungin….malah terjaring. Semua bekerja secara “Auto” tanpa disetir Blogger sebagai pihak admin. Yang memprihatinkan….tidak jarang komentator yang terjaring karena ulahnya sendiri (akibat memasukkan dirty word) langsung memaki dan menuduh Blogger sengaja menjaring dengan memprovokasi pro kesatu merk. Jiannn tepuk jidat tenan….IP address

Cara terakhir dan cukup menyita tenaga adalah sortir manual. Dan bukan hal yang mudah untuk mengatur komentar ratusan tiap harinya. (saat ini yang terjerat moderasi mencapai 2,095 komentar dan 2,020 terjaring spam). Mata IWB sering berair hanya untuk menyortir? dan memilih mana yang kudu dikarungi dan diloloskan. Tidak bisa dipungkiri, IWB keteteran bukan main hanya untuk mengurusi komentar. Hal inilah yang tidak? diketahui mzbro semua dengan menganggap IWB melakukan pembiaran. Tuduhan mencari hits tinggilah….pilih kasihlah…ogah melakukan bannedlah…embohlah :mrgreen: .

So, saran IWB…..bagi yang merasa tidak? nyaman dengan para komentator….monggo jangan dibaca kolom komentar. Biar ati adem…..intip aja artikel yang IWB buat. Kalau nggak…monggo jangan ditanggapin komentar yang rada nyleneh. Sebab semakin sampeyan respon maka mereka bakal makin menjadi. Namun sebagai pemilik warung…IWB akan terus berupaya membersihkan isi komentar agar tetap sehat dan nyaman sebagai ajang sharing. Begitu juga dari sampeyan semua….IWB tidak menuntut lebih…hanya tolong pengertiannya agar tidak melakukan justifikasi berlebihan. Buat bro El….kalau mau, monggo IWB undang kekediaman IWB. Dengan senang hati akan IWB tunjukkan dashboard komentar Blog IWB. Syukur-syukut mau bantuin :mrgreen: .? So…Masih menuntut nge-banned satu IP???. Itulah alasan kenapa tidak bisa segampang yang dikira…..(iwb)IP address

Noted : Klik untuk memperbesar gambar

372 COMMENTS

  1. Wew ini bocah tigong sok bgt , penasaran org nya kek apa

    tak buat kismin mendadak gila ente

  2. gpp klo komentar tentang produk yg pedes2 tapi klo udah pake kata2 yg berbau porno baru di hapus.

  3. Monggo intip aja bro Gandul, Amad, Font Disk, serta Wayney Rondo yang menggunakan alamat IP sama.
    ===================================
    id-ku disebut mas iwan.xixixi.

    Btw, lucu juga kalo ada orang yg ngancam ngehack, lha wong ini kan blog, jadi apapun isi dan peraturannya terserah yg punya blog.
    Kalo gak suka, gak usah dibaca. Gitu aja koq repot.
    Sangat disesalkan jika seorang hacker tidak bisa membedakan blog dg website, kecuali baru taraf lamer ato pencarian jati diri.
    Jadi orang itu mbok yg sabar, lapang dada, anggap saja hiburan.

    *ngemeng ngemeng yg disebutin koq yg cenderung anti honda ya?

  4. intinya kalo koment yg sehat bro..jgn nge bc molo..kalo mau kasih kritik pake bahasa yg cerdas..jgn nyinyir aja..diskusi yg bener..kayak orang ga sekolah aja..

    • Andai saja tidak ada comenter penghasut,mungkin kejadian seperti ini tidak akan ada,seandainya mash ada,niscahya seperti lingkaran setan,akan kembali ke titik awal ya gitu,bakar bakaran lg,yg jd pikiran menggelitik kok yg gak suka commenter rusuh bisa tau??? Berarti dya baca jg kan???
      Sent from my BlackBerry?
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  5. cuekin aja mas iwb… ane silent reader disini, jarang banget baca komen, lebih tertarik ke tulisan mas iwb… terus nulis yang rajin yah, salam.

  6. @ahli jalanan
    wes….wes….alamat itu ane brikan bg orang yg usil tukang ngurus,kyk perempuan…..klo maen2 ckp d internet ae,cong….ane ga prnh marah dlm hal komentator yg nyerang ane,tp ane plng ga suka orang ngurus urusan orang lain….khdpan nyata,ane orang yg santai,tp ane benci sm orang tukang ngurus aplg kyk cak iwb ini,ga tau apa2 jd sasaran…ga suka ga usa dbaca komentator.

  7. Yg gue tau kl hacker asli mau ngjalanin aksi hack gag bakalan koar” dch… Ngehack ya ngehack… Gag cuam” gitu… Iwb panasan juga ych… Bagus lah berarti masih normal… He… Ngopi dulu brooo iwan….. SRuputtttt… Czzz :aghhh… Mantap..

  8. tukang rusuh yg gak mutu itu sebagian FBH dan sebagian kecil fb lain.
    liat aja tuh sample nick yg komennya kena jaring.
    yakni peyek palsu a.k.a klonengan yg FBH tulen itu.
    makane FBH rada pinter dikit.
    komen boleh silakan ny3la pabrikan lain tp tetep bermutu.
    jgn bisanya cuma komen sp4m.
    dingapunten mas iwan ane bicara kenyataan.
    kalau panjenengan cermati komen satu2 pasti mangertos siapa biang kerok komentar tak membangun dan gak bermutu.
    setidaknya bahan cel4an bisa jd masukan buat pabrikan.
    bukan sp4mming ala FBH.

  9. Gimana kalo di pisahkan scr auto 3 bagian ; kolom komentar konstruktif edukatif, kolom dagelan, kolom dagangan… Mau Baca? Sesuai’n ma keinginan & kebutuhan

  10. saya dukung mas iwb…
    pokok e nya…… denger ini bung… ell………
    saya tdk mau tau…….. pokoknya sampeyan tdk boleh ancam2 iwb…
    subur………. waktumu sudah abis… maksud gue ellll…. waktu mu sudah habis…….. justru kamu yg hrs dienyahkan dari blog ini…….
    knp? krn org2 macam peyek bikin ini blog jadi tambah ramai……
    dan kamu el… cuma bisa ngancam doank ke iwb… itu tdk bener…
    DEMI TUHAN ! (BRAK BRAK)
    kamu akan hancur bila menghack iwb…

  11. Betul itu kang iwan…
    IP address sama, belum tentu orangnya sama…
    nah misalnya pada saat saya berkunjung ke warungnya kang iwan, saya pake opera mini dengan protokol socket,, dan misalnya ada 20 orang pengunjung lain yang juga pake opera mini dan pakai protokol socket juga.. maka nomor internet proxy kami akan sama, dan lokasi kami pun akan sama yaitu kalau gak amerika ya kanada,, karena data sebelum masuk di opera mini yang ada di hp, sebelumnya akan di kirim dulu ke server opera software ASA di kanada untuk di kompresi yang selanjutnya barulah di kirim ke HP anda masing2 dengan perantara transmiter operator yg anda gunakan, dengan data yang telah terkompresi hingga 90%..
    jadi kalau misalnya saya nyampah keterlaluan dan kang iwan membanned IP address saya, maka org lain yg pake opera mini dengan protokol yang sama juga akan menjadi korban..
    kasihan dooong,, satu orang yg salah,, yg gak tau apa2 jga ikut kena banned n ndak bsa comment.. kan mesakno nak nyampe galau gara2 ndak bisa comment n ndak ada hiburan..

    Lagian kalau di fikir2 tuh orang asli gak masuk akal sehat banget, meminta si pemilik warung untuk membanned IP address comentator..
    dia beralibi comment sangat mengganggu, tapi dia membaca koment..
    padahal di blog dan di link apa aja lah, yang itu membahas suatu produk, baik itu motor, mobil, handphone dll, pasti lah ada yg namanya perdebatan, persaingan, atau bahkan yg klonengan dan nyampah itu pasti ada…

    jadi kesimpulannya… mungkin si ” EL ” itu orang yang kebetulan lagi ada masalah,, jadi dia gak bisa melihat ada tulisan yang beraoma pertengkaran yg mana akan membuat kepalanya cenat cenut,, tapi mungkin tanpa sepengatuannya dan tanpa sengaja, dia malah nyasar di tengah peperangan bom tabung melon 3 kg. 😀 😀 😀 😀 😀 😀 😀

    (Mungkin lho yaaa)
    (mencoba berbaik sangka).

    walaupun di dalam pemikiran saya ada lah mungkin 30% nya berfikir bahwa kemungkinan si doi itu pemilik warung lain, yg iri karena warungnya kang iwan rame,, (menilik dari fakta dan berdasarkan logika, bahwa alesan si doi itu sangat gak msuk akal dan seolah2 hanya menginginkan warungnya kang iwan sepi).. Uupppz… (tak seharusnya ku katakan) kan aku ingin berbaik sangkaaaa…. 😀
    mangaaap yaa…
    jangan maraaaah yaaaa ” EL ”
    Eli susilawati X tuh nama panjangnya..
    😀 😀 😀 😀

  12. ————iwb denger ini………..————
    saya sbg blogger midle nor (tenggah junior senior hehe)
    akan mendukung iwb sampai titik darah penghabisan….
    subur….. eh maksud gue ell…..
    jgn macam2 el…. kita sudah se sabar2 nya….
    kita masih mematuhi hukum….makanya pasukan kita ketika hendak menyerang kita tahan.. okee…..
    kita masih menghargai hukum di negri ini…….
    bila tidak kita tahan sudah hancur kau el…. dari dulu…
    suburr…………………..eh maksud gue el…
    eyang EL,, apakah anda merasa tdk dihargai gara2 si peyek tdk di band???
    anda salah mbah el…………
    iwb tau benar resiko nge band komentator… .. terlalu luas…. imbasnya…
    jadi elll… tolongg…. jAGAA KATa 2 mu,,, DAN DIAMMMM!!!!
    KAMU DIAMM!!! DIAMMM!!! DIAM!
    DEMI TUHAN!!!! (BRAK BRAK)
    aku akan hapus kau dari jagat bila masih berbuat begitu…..

  13. jan-jane do sekolah y ms wong podo ngerti internet ehehehe,,tp podo ra genep,,sekilo kurang se-ons!

  14. tetep semangat nulis artikel kang iwb.. satu-dua orang yg ngerusuh, tp ada ribuan orang menjadi pembaca setia blog ini.. kritik memang perlu utk perkembangan/kemajuan utk menjadi lebih baik lagi, tapi perlu memperhatikan etika.

    selain tmcblog.com , ini salah satu website yg setiap hari saya kunjungi

  15. 134. tiger26 (the power of dream) – Mei 3,2013
    So, saran IWB?..bagi yang merasa tidak nyaman
    dengan para komentator?.monggo jangan dibaca
    kolom komentar.
    ##################
    LHA IYA,MULUT MULUT ANE KOK DLARANG,WONG PRESIDEN AE GA BRANI MELARANG ANE?.GN SJ MAS IWB,BG YG GA SUKA ANE MA GROMBOLAN KREMI DEBAT?GAUSA DBACA!KYK ORANG PEREMPUAN AE NGURUSI KERJAAN ORANG,?.AYO,GA TERIMA MAEN K JEMBER,JL.MAWAR GANG 8 NO.13,PATRANG,JEMBER TEMUI ANE HENDRO ABADI,MAU NABOK MULUT ANE TAK PERSILAHKAN?ANE YA JG GEREM MA ORANG YG TUKANG NGURUSI PEKERJAAN ORANG?GASENENG WES GA USA DIWOCO?.JIANGKRIK TENAN!
    __________________________________________
    Ya gag bisa gitu jg kali bro… Sebagai orang laki yg sama” punya b*ji pasti gag ada takutnya dch… Di jamin…!!! Dan tugas kita sbagai komentator adalah menjegal ketidak benaran.. Menangkis kebohongan lawan.. Memukul mundur lawan dengan fakta yg ada… Dan satu lagi… Menjaga harga diri dengan berkomentar yg pantas… Jika kita buruk maka buruk juga merk yg kita bela…. btw.. Semangat bro teruslah berkomentar… Karna satu komentar kita adalah poin penting buat kelanjutan blog ini… Ayo bro… Kita ngopi dulu…

  16. Arya wiguna @

    😀 😀 😀 😀 😀 😀 😀

    sangat menghibur sekali mas bro..

  17. Muke gileeee… komen pending + spam segitu banyaknya. . .
    lanjutkan mas , yg penting ikhlas , dan smoga barokah nyortirnya 😀

    ganzimaru.wordpress.com/2013/05/03/sosial-responsibility-of-jatimotoblog-kantor-sekretariatnya-dimana-ya-part-2-end/

    ganzimaru.wordpress.com/2013/05/03/sosial-responsibility-of-jatimotoblog-kantor-sekretariatnya-dimana-ya-part-1/

  18. Ya pada dasarnya kembali ke individual masing-masing sih…
    kalau memang orang yang beradab, taat beragama, ilmu agamanya bagus, pastinya ga akan menjelek-jelekkan orang lain, sesama ciptaan Tuhan,

    Debat boleh, tapi yang bagus.

    Ingat dosa bro…
    “Menjadi orang jahat itu susah, menjadi orang yang baik lebih mudah.”

    Wassalam,

    Maturnuwun mas IWB,

    hgt

  19. woi yamaho mana yamaho maw gua bakar fanboy yamaho mulut kaya panci itu mana fby bakarrrrr….

  20. ghahaha.. ngakak baca komen arya wiguna.. comment of the day nih kayanya.. hahaha..

  21. kopi item bos, sekalian gorengannya. ga banyak komen enakan ngopi sambil makan gorengan.

    pinjem koreknya bos….bukan…..bukan buat ngebc tapi buat ngerokok. lupa bawa korek.

    • @ El
      Nggak apa2 mzbro….namanya jg nggak tahu. Semoga dengan klarifikasi via artikel ini bisa menjawab kendala dilapangan…
      @ all
      Ngebanned via email juga percuma di WP mzbro sebab komentator hanya merubah email dan semua selesai. Di WordPress email hanya akan merubah avatar sebab tidak ada verifikasi keotentikan email tsb
      Btw…..maturnuwun dukungan sampeyan yg luar biasa. Ini baru adem baca kolom komentar hehehehe….

  22. Buat arya wiguna ngomong apa tho le kamu itu udah kamu makan sana tuh ada mie ayam jiangkrik

  23. emang yg paling cepet marah tu fbh. . .
    nama nama di atas itu kan smua fby. . .

  24. 134. tiger26 (the power of dream) – Mei 3, 2013

    So, saran IWB?..bagi yang merasa tidak nyaman
    dengan para komentator?.monggo jangan dibaca
    kolom komentar.
    ##################
    LHA IYA,MULUT MULUT ANE KOK DLARANG,WONG PRESIDEN AE GA BRANI MELARANG ANE?.GN SJ MAS IWB,BG YG GA SUKA ANE MA GROMBOLAN KREMI DEBAT?GA USA DBACA!KYK ORANG PEREMPUAN AE NGURUSI KERJAAN ORANG,?.AYO,GA TERIMA MAEN K JEMBER,JL.MAWAR GANG 8 NO.13,PATRANG,JEMBER TEMUI ANE HENDRO ABADI,MAU NABOK MULUT ANE TAK PERSILAHKAN?ANE YA JG GEREM MA ORANG YG TUKANG NGURUSI PEKERJAAN ORANG?GA SENENG WES GA USA DIWOCO?.JIANGKRIK TENAN!
    =============

    ya jangan anarkis gitu lah ndroooooooooo….
    ente itu dibilangin ama IWB suruh jangan ribut, termasuk kita-kita semua.
    kok ya malah kaya jagoan,
    9il@ lu ndrooooooooooooo….

    tapi gapapa lah, alamat ente udah tersebar 😀
    *kasino mode ON

  25. 186. wong ndeso – Mei 3, 2013

    emang yg paling cepet marah tu fbh. . .
    nama nama di atas itu kan smua fby. . .
    ==============

    ya itu lah, nama-nama yg disebut kan banyakan FBYnya, lha kok FBHnya malah ribut sendiri, pingin disebut juga kali ya 😮

  26. aku ngerti ko mas iwan,aku aja yg notabene cuma pembaca ikut mangkel kalo lihat komentator yg komennya g ngerti tatakrama.
    buat IWB yg sabar aja,maafkan mereka,mereka g tahu dapur warung IWB yg sebenarnya.

    😀

  27. buat bro el. ,
    kalo marah ma kmentator ko mau ngehack blog iwb. . . dosa kw lo, jika memang bloge ke hack ya akeh sing kelangan rek. . .
    hacker ko ga paham internet? ? ?

  28. ya kalau risih dngan kolom komentar,emang gak perlu dbaca..atau kalau perlu pgen komentar,tinggal scroll secepat kilat,baru nulis komentar..trus kalau sudah muncul,close aja artikelnya,atau d pahami lage artikelnya..

  29. smoga blognya tmbah maju , blog lek iwb sngat brmanfaat buat qta semua. .
    qita smua sodara, setanah air. . .
    keep brotherhood

Comments are closed.