iklan iwb

Bro dan sis sekalian…..banyak pertanyaan dilontarkan ke IWB akan gejala tidak wajar pada CB150R. Bunyi yang menurut mereka sangat mengganggu keluar disekitar engine. Tentu saja sebagai Blogger yang pernah nunggang serta mereview langsung….IWB rada susah menganalisa kecuali mendengarkan dengan telinga sendiri. Lawong unit yang IWB jajal tidak ada keanehan yang dikeluhkan...lakyo mumet jal. Namun….IWB tidak berdiam diri. Segala keluhan tersebut IWB catat dalam memori….mencari kesempatan tepat agar unek-unek mzbro bisa IWB sampaikan ke orang yang berkompeten. Dan masa itu akhirnya tiba…….iwanbanaran_newfino460x170-2

Sharing langsung dengan pak Sarwono Edhi serta pak Endro yang bernaung dibawah senior analyst, technical training department serta service division AHM tentang bunyi klotok-klotok yang dikeluhkan beberapa penunggang CB150R, pak Edhi mempertanyakan…asal bunyi dari mana?. Apakah dari crankcase, atau silinder head?. Bunyi tersebut keluar pada saat dingin atau panas?. Karena IWB tidak mampu menjawab secara lugas……Pak Endro kemudian mencoba memberikan analisanya…

Klotok atau ngelitik tentu berbeda. Kalau ngelitik biasanya akibat detonasi karena nilai oktan bensin terlalu rendah. Nah…untuk CB150R, kendati berkompresi tinggi…..seluruh kesatuan mekanisme dipastikan telah didesain bersahabat nenggak Premium. Lho koq bisa?. Menurut pria ramah tersebut….tingginya kompresi bisa diakalin dengan sistem pendinginan yang baik (radiator), adjust ulang timing klep, remapping idle dan advance serta beberapa ubahan teknis yang membuat CBSF disebut Premium ready. Tapi semua bisa mubazir jika kita dihadapkan pada satu fakta mengejutkan yakni? basinya oktan 88 ketika diendapin….

iklan iwb

Menurut pak Edi….oktan bisa turun tidak utuh diangka tersebut. Proses kimiawi ini terjadi jika kualitas BBM kurang bagus. So….berdasarkan beberapa kasus…..oktan yang sejatinya nongkrong di88 jadi melorot ke 86/87 setelah beberapa hari ngendap didalam tanki. Praktis knocking akan terjadi. Karena itu selalu disarankan mengisi bensin diSPBU terpercaya. Jika hal itu sudah dilakukan….kecurigaan pertama dicoret. Artinya….bukan membahas ngelitik lagi melainkan dalam porsi yang lebih berat yakni klotok-klotok (emboh ki….suaranya kayak apa IWB juga belum ngeh :mrgreen: ). Lanjutt kangbro…..

Jika terjadi bunyi yang disebutkan pada paragraf terakhir…..Pak Endro mengatakan….suara tersebut bisa saja timbul karena kerenggangan klep melebihi ambang batas. Nah, untuk memastikan….mekanik kudu melepas head silinder. Seandainya analisa pertama benar, berarti shim kudu diganti dan karena masih garansi, konsumen tidak akan dipungut biaya alias gratis. Suspect kedua….bisa saja asal bunyi dari chamsaft atau noken as. Yang menarik, bro Tri via member? FP FB IWB memberikan tambahan informasi berguna….TVSMotor

“Mas iwan katanya shim-nya atau bantalan yang ditekan noken as. Banyak yang udah klaim dan diganti. Motor dikleim tapi harus nginep soalnya pergantian ada prosesnya. Unit part yang mau diganti dikirim keAHM pusat setelah itu AHM ngirim unit backup. Selama masa proses motor nginep pihak AHASS-nya ngasih motor pengganti selama proses pergantian tapi bukan CB. Jika AHASS yang sudah siap unit backup ya proses cepat..”

Sebuah info yang sangat berguna bagi para penunggang CB. At least...petunjuk dan analisa sudah mengarah kearah yang benar. Yang menggembirakan….pihak produsen tidak berpangku tangan terhadap keluhan. Terbukti secara sigap….unit bermasalah segera difollow up hingga tuntas. IWB harapkan….aksi ini konsisten diterapkan keseluruh jaringan Honda agar tidak berbelit-belit atau mempersulit konsumen. Ingat….ketidak sempurnaan produk bisa tertutupi dengan pelayanan yang jempolan. Anyway…..secara teknis, pak Endro serta pak Edhi tidak berani memberikan statement detil sebab kudu dicek langsung untuk memastikan. So….monggo bawa aja tunggangan kesayangan ke dealer terdekat. Terus piye kesimpulane??…..

Tidak usah kuatir mzbro. Selama masalah datang dari pabrikan, sampeyan tidak dipungut biaya sepeserpun. Apalagi berdasarkan info yang IWB kumpulkan dari salah satu kenalan dikomunitas CB Bandung, sepertinya pihak AHM sudah tahu beberapa keluhan ini. Karena masalah hanya menyerang segelintir produk……maka mereka menyarankan untuk membawa tunggangan kesayangan ke AHASS terdekat guna pengecekan menyeluruh. Bunyi klotok-klotok??. Kalau nggak klep, shim mungkin chamsaft mzbro. Monggo dicek 3 items tersebut. Ada yang mau nambahin??……..(iwb)

567 COMMENTS

  1. yg pasti klo CB mu keluar gejala yg aneh, berarti ?ANDA KURANG BERUNTUNG? sob?
    =======================
    Setuju wkwkwkwk

    Kredit motor honda bintangmotor.com

  2. kyk nya pabrikan sayap mengepak masih terlalu terburu-buru. seperti tidak menyadari kualitas bbm di tanah air yang semakin jauh dari kota tentu kualitas bbm semakin tidak baik.

  3. sepertinya cb produk gagal…
    cm orang begok aja yg cari seribu alasan ngebelain penyakitnya bletak bletak…pake nyalain bahan bakar pula…

    yah dari dulu ga ada benernya..
    masih mending dulu cuma tanki yg pada bocor…

    sekarang mesin..bletak… bletak…

  4. Bener? tidak sesuai ekspektasi

    Sambil lempar LPG 12kg
    ????=))=D????=))=D
    Pis ??????????””

  5. Ahm.. Ohhhh ahm … !!

    Nasibmu skrang ?
    Supra : kemrotok
    vario : ngorok
    cb : klotok”

    emang produk honda akhir” ni pada gk bermutu.
    Slaen astrea prima kualitasnya pada abal”.

  6. 140. lovemybike – Maret 4, 2013

    cuma kasih info mas iwb, kek gini lowh kira2 suaranya, dah ada 3 orang yang upload di youtube
    =====================================================
    Ente pasti salah tuh…. Gambar emang si SF… Tapi suara yg di rekam tuh suaranya mesin jahit yg ada di belakangnya si SF… Kalo gak percaya, ente liat lagi dah film nya….

  7. parah lagi yim,sudah tau sok ambles kog gak ada penggantian gratis ya?AHM lebih bagus dong
    Kasihan tu para maho makin dikibulin.wkwkekek

  8. rata rata motor sport cc besar pake mesin DOHC.. kalo untuk suara klontangan itu memang wajar.. karna masih inline four cylinder..
    nah yg kita bahas adalah single silinder tegak cc LUMAYAN kecil…
    apa wajar kalo bunyi klotok klotok???

    EH TAPI 4 silinder yamaha R1 udah pake crossplane cranksaft suaranya malah jadi kyk V-Twin… aneh semua emg ya..

  9. 164. M4GP – Maret 4, 2013

    rata rata motor sport cc besar pake mesin DOHC.. kalo untuk suara klontangan itu memang wajar.. karna masih inline four cylinder..
    nah yg kita bahas adalah single silinder tegak cc LUMAYAN kecil?
    apa wajar kalo bunyi klotok klotok???
    ———————————————————————————
    jelas tidak wajar masbro itu namanya PENYAKIT AKUT, perlu turun mesin tuh…tp ga menjaamin bisa sembuh…

    ya nasibmu malang bener cb hidup lum 1 tahun udah penyakitan..

  10. Pengen tau pendapat Lek IWB antara premium ready (harga 22 jt lebih) dengan subsidi BBM (dalam APBN) ?

  11. punya motor bagus tuh ya.. masih dielus jgn smp ada debu nempel..lha klo kasus ini kok mesin harus dibongkar pdhl motor baru lho,apa ga kuciwa tuh?
    meski ” Seandainya analisa pertama benar,
    berarti shim kudu diganti dan karena masih
    garansi, konsumen tidak akan dipungut biaya
    alias gratis.”
    secara psikis konsumen udah terluka kang,kita beli dg kepercayaan tinggi,produk h bagus awet..tp kok baru beli dah belah mesin??? dulu pny vixi ganti fuel pump aja masih membekas dihati lha ini malah mesinnya…jgn ngeles “ga ada produk yg sempurna”..klo yg ga sempurna di bagian keamanan misal rem,apa musti nunggu korban & bilang “ga ada produk yg sempurna”..taik!! kita beli,kita bayar pake uang,imbal baliknya spt ini kah??mmg cbsf produk yg terkesan tergesa2 buat jegal kelahiran nvl, mknya bnyk sekali keluhan.. smp kpn konsumen didikte produsen??smp kpn konsumen kudu nrimo?”apkh klo pingin motor bagus harus beli yg ratusan juta?

  12. ahm ni sombong ya
    ngeluarin barang dengan qc yang standard ala ahm krn ngerasa bakal laku! . . . .
    hati2 ahm, konsumen skrg melek informasi, apalagi segmen midle end keatas!
    klo kualitas dan qc per produknya gak ketat dan terkesal asal2an
    lama2, market share bisa tumbang sama merk lain lho

  13. fitur komstir oblak kok gak ada penggantian gratis ya?yim budeg sih
    kasian maho smakin sirik

  14. 103. Gentho – Maret 4, 2013

    Demi neptunus !
    Ini produk cacat demi hukum
    ========================================

    Saos tartar, komentarmu bikin ngakak guling-guling 😆

  15. 168. VR46Loverss…. – Maret 4, 2013

    yang penting berstiker SAYAP

    #xixixixixixixixixi?????
    ====================================
    SAYAP nya siapa???

  16. terlepas maslah klotok – klotok yang membuat fbh pekok pekok pada gondok gondok,,,,

    kalo ada yang memperhatikan gambar no 1,,
    kok si cebong pipa ledeng nya agak bengkok sebelah,,,??
    soalnya pipa ledeng cebong yang sebelah lurus kok,, 🙄

  17. 175. n3w4ndy – Maret 4, 2013
    168. VR46Loverss?. ? Maret 4, 2013

    yang penting berstiker SAYAP

    #xixixixixixixixixi?????
    ====================================
    SAYAP nya siapa???

    ====================================

    SAYAp klepak-klepak, duarrr….. aka AHaMpret

  18. mgkn kemasukan kelereng mas, atau ada FB yg sengaja maupun tdk sengaja kemasukan brg2 aneh bin ajaib, hehe
    Moga2 CB nya cepet sembuh, enak nih sdh dapet solusi lsg dr kang IWB

  19. sayang bner…
    klaim garansi mesin d buang bwt bnerin klotok2…
    ntr klo da krusakan mesin yg laen gmn tuh…???
    apa bisa klaim lg…???

    #klotok = fitur trendcenter terbaru nih

  20. kang iwb masalah ini belym terpecahkan ya?pdhl udah dibahas ipan cukup lama..& kang iwb pun masih dikasih “analisa” klo ga bahan bakar,klo ga shim,klo ga rocker penonjok,klo ga noken as..
    pdhl beres honda ga semua ready injeksi & dohc,servis dohc injeksi cm ganti oli doang!! harus cari ahass yg berstiker kusus!! trs bgmn jika mekanik salah analisa atau diagnosa??
    * motor nginep lebih 1 mggu
    * bongkar pasang lagi jika salah analisa..( klo dokter malpraktek,klo mekanik apa ya 😀 )
    trs klo mampir SPBU tanya ma operator..oktannya turun ga .. 😀

  21. yim masih budeg gak tuh,sudah tahunan tuh fitur sok ambles dan komstir oblag gak ada penggantian.
    Fitur andalan maho tuh.wkewkewke

  22. IWB tak usah main2 moderasi lah kau…
    ada ilmu n pengetahuan buat bnyak orang kau sembunyikan pula. biar orang2 makan mentah2 sampah kepalsuan dan kebodohan AHM apa hah ! banyak dosa kau IWB.

  23. wah,,, lama bener nih para kutanger rapat luar biasa untuk mengkonter komen non kutanger tentang tok tok wow,,, 😆

    *kok jadi nama kuis di tipi sctv jaman dulu ya,,, 😆

  24. YANG NGERIBUTIN HONDA DAN YAMAHA, ORANG KAMPUNGAN! KORBAN PERSAINGAN ORANG KAYA!! PEKOK KOWE SU…….!!!

  25. kalo ada yang memperhatikan gambar no 1,,
    kok si cebong pipa ledeng nya agak bengkok sebelah,,,??
    soalnya pipa ledeng cebong yang sebelah lurus kok,, 🙄
    ————————————————————————
    itu mungkin asli cetakannya gitu masbro, kaya kasus delta box vixion yang berlubang pas ditekukan…

    itu analisa gw sih..

  26. ternyata saya salah menilai IWB selama ini, bloger yang tadinya saya kira adalah bloger independent dan netral, ternyata hanya bloger pecundang peliharaan AHM.

  27. YANG TUKANG NGEJEK, NGERIBUTIN HONDA DAN YAMAHA ORANG KAMPUNGAN!! KORBAN PERSAINGAN ORANG KAYA!! PEKOK KOWE SU???.!!

  28. info yang mantapp..

    ijin nitip mas, [share]Studi terbaru, yang dilakukan oleh seorang profesor Stanford University, menunjukkan bahwa mutasi otak membuat manusia semakin bodoh. apa hubungannya dengan sholat ?

    temonsoejadi.com/2013/03/04/tahukah-kamu-rahasia-sholat/

    suwun.

  29. 187. HIRO – Maret 4, 2013
    ternyata saya salah menilai IWB selama ini, bloger yang tadinya saya kira adalah bloger independent dan netral, ternyata hanya bloger pecundang peliharaan AHM.
    ===============================================
    wah… jaga etika bro kalo mau komen di blog orang.. !

  30. 182. hallo le..jik penak jaman ku to – Maret 4, 2013

    kang iwb masalah ini belym terpecahkan ya?pdhl udah dibahas ipan cukup lama..& kang iwb pun masih dikasih ?analisa? klo ga bahan bakar,klo ga shim,klo ga rocker penonjok,klo ga noken as..
    pdhl beres honda ga semua ready injeksi & dohc,servis dohc injeksi cm ganti oli doang!! harus cari ahass yg berstiker kusus!! trs bgmn jika mekanik salah analisa atau diagnosa??
    * motor nginep lebih 1 mggu
    * bongkar pasang lagi jika salah analisa..( klo dokter malpraktek,klo mekanik apa ya 😀 )
    trs klo mampir SPBU tanya ma operator..oktannya turun ga .. 😀

    ======================================================

    Mau naek motor aja kok ribet ya?????? Bahan bakar irit (Katanya)… tapi perasaan yg terlanjur beli malah di orot orot…. Udah gitu FB nya fanatik (Tapi t0l0l)…. Salesnya tukang Buly + BC (tapi nuduhnya ke orang laen), Mekaniknya handal (Katanya), sampai “gak mau” (atau Gak bisa Ya???) terima perawatan injection yg sebetulnya lebih mudah dari pada carburator…. Salam One Heart (Hatinya cuman buat produsen doang, yg laen kagak di bagi soalnya cuman ada 1 hati nya).

  31. mungkin d dlm msinx ada teknologi trselubung yg sgt bgus, jadi bisa kotekan klotok2,,,jarang2 lho mongstor bisa kotekan…enak neh buat ronda malam 😀

  32. cbr ane juga begitu om…tapi untung nya saat mesin dingin aje bunyi nya,begitu panas klotok klotok ilang…

    kalo mz iwan penasaran,bunyi nya kaya ada koin dalem knalpot..
    tp alhamdulilah pelayanan AHASS di tempat ane memuaskan,begitu dateng tuh CBR nginep sekitar 6 hari…selama 6 hari ane di kasih vario sebagai motor pengganti,
    begitu selesai di jelasin panjang lebar penyebab bunyi klotok klotok nya,kata nya noken as nya emang di ganti…dan gk di pungut biaya sepeser pun…
    dan udah hampir setaun tuh bunyi klotok klotok kaga mampir lg ke tunggangan ane…

  33. 186. adit – Maret 4, 2013
    kalo ada yang memperhatikan gambar no 1,,
    kok si cebong pipa ledeng nya agak bengkok sebelah,,,??
    soalnya pipa ledeng cebong yang sebelah lurus kok,,
    ????????????????????????
    itu mungkin asli cetakannya gitu masbro, kaya kasus delta box vixion yang berlubang pas ditekukan?

    itu analisa gw sih..
    ===============================================
    hhm,, bener juga sih,, mudah2an aja bengkok semua,,
    jadi bisa kita ambil kesimpulan,, bengkok itu bukan produk cacat,, melainkan memang di sengaja pabrikan,,

    tapi kalo untuk deltabok pikson yang berlubang di tekukan,, kayaknya memang di sengaja parikan,, ane juga nggak tau pungsinya untuk apa,,, atau para komengtator ada yg tau,,,?? tapi dari pabrikan udah di kasih semacam tutup dari karet untuk lubang tersebut,,,

  34. yg bengkok bukan pipa ledengnya , kalo gak salah selang dari radiator. gaya promosi ahm yg baru nich dg banyak masalah maka produk akan terus dibahas. gw prediksi cb bakal makin laris. joosss….

  35. Pencontek Pembual Nan Suka
    Menipu pada Maret 4, 2013
    pada 9:58 AM
    Uang APBN lebih baik
    digunakan untuk yang lebih
    bermanfaat walaupun sekecil
    apapun bukan buat subsidi
    premium ready bro
    ================================
    WAH SETUJU BRO GUA MA PENDAPAT ENTE. TAPI GUA MAU NANYA MA ENTE KOMPRESI NVL TUH BERAPA YA? TRUS STANDART PEMAKAIAN BBMNYA APAAN YAG/OKTAN BERAPA?

Comments are closed.