iklan iwb

Bro dan sis sekalian…..banyak pertanyaan dilontarkan ke IWB akan gejala tidak wajar pada CB150R. Bunyi yang menurut mereka sangat mengganggu keluar disekitar engine. Tentu saja sebagai Blogger yang pernah nunggang serta mereview langsung….IWB rada susah menganalisa kecuali mendengarkan dengan telinga sendiri. Lawong unit yang IWB jajal tidak ada keanehan yang dikeluhkan...lakyo mumet jal. Namun….IWB tidak berdiam diri. Segala keluhan tersebut IWB catat dalam memori….mencari kesempatan tepat agar unek-unek mzbro bisa IWB sampaikan ke orang yang berkompeten. Dan masa itu akhirnya tiba…….iwanbanaran_newfino460x170-2

Sharing langsung dengan pak Sarwono Edhi serta pak Endro yang bernaung dibawah senior analyst, technical training department serta service division AHM tentang bunyi klotok-klotok yang dikeluhkan beberapa penunggang CB150R, pak Edhi mempertanyakan…asal bunyi dari mana?. Apakah dari crankcase, atau silinder head?. Bunyi tersebut keluar pada saat dingin atau panas?. Karena IWB tidak mampu menjawab secara lugas……Pak Endro kemudian mencoba memberikan analisanya…

Klotok atau ngelitik tentu berbeda. Kalau ngelitik biasanya akibat detonasi karena nilai oktan bensin terlalu rendah. Nah…untuk CB150R, kendati berkompresi tinggi…..seluruh kesatuan mekanisme dipastikan telah didesain bersahabat nenggak Premium. Lho koq bisa?. Menurut pria ramah tersebut….tingginya kompresi bisa diakalin dengan sistem pendinginan yang baik (radiator), adjust ulang timing klep, remapping idle dan advance serta beberapa ubahan teknis yang membuat CBSF disebut Premium ready. Tapi semua bisa mubazir jika kita dihadapkan pada satu fakta mengejutkan yakni? basinya oktan 88 ketika diendapin….

iklan iwb

Menurut pak Edi….oktan bisa turun tidak utuh diangka tersebut. Proses kimiawi ini terjadi jika kualitas BBM kurang bagus. So….berdasarkan beberapa kasus…..oktan yang sejatinya nongkrong di88 jadi melorot ke 86/87 setelah beberapa hari ngendap didalam tanki. Praktis knocking akan terjadi. Karena itu selalu disarankan mengisi bensin diSPBU terpercaya. Jika hal itu sudah dilakukan….kecurigaan pertama dicoret. Artinya….bukan membahas ngelitik lagi melainkan dalam porsi yang lebih berat yakni klotok-klotok (emboh ki….suaranya kayak apa IWB juga belum ngeh :mrgreen: ). Lanjutt kangbro…..

Jika terjadi bunyi yang disebutkan pada paragraf terakhir…..Pak Endro mengatakan….suara tersebut bisa saja timbul karena kerenggangan klep melebihi ambang batas. Nah, untuk memastikan….mekanik kudu melepas head silinder. Seandainya analisa pertama benar, berarti shim kudu diganti dan karena masih garansi, konsumen tidak akan dipungut biaya alias gratis. Suspect kedua….bisa saja asal bunyi dari chamsaft atau noken as. Yang menarik, bro Tri via member? FP FB IWB memberikan tambahan informasi berguna….TVSMotor

“Mas iwan katanya shim-nya atau bantalan yang ditekan noken as. Banyak yang udah klaim dan diganti. Motor dikleim tapi harus nginep soalnya pergantian ada prosesnya. Unit part yang mau diganti dikirim keAHM pusat setelah itu AHM ngirim unit backup. Selama masa proses motor nginep pihak AHASS-nya ngasih motor pengganti selama proses pergantian tapi bukan CB. Jika AHASS yang sudah siap unit backup ya proses cepat..”

Sebuah info yang sangat berguna bagi para penunggang CB. At least...petunjuk dan analisa sudah mengarah kearah yang benar. Yang menggembirakan….pihak produsen tidak berpangku tangan terhadap keluhan. Terbukti secara sigap….unit bermasalah segera difollow up hingga tuntas. IWB harapkan….aksi ini konsisten diterapkan keseluruh jaringan Honda agar tidak berbelit-belit atau mempersulit konsumen. Ingat….ketidak sempurnaan produk bisa tertutupi dengan pelayanan yang jempolan. Anyway…..secara teknis, pak Endro serta pak Edhi tidak berani memberikan statement detil sebab kudu dicek langsung untuk memastikan. So….monggo bawa aja tunggangan kesayangan ke dealer terdekat. Terus piye kesimpulane??…..

Tidak usah kuatir mzbro. Selama masalah datang dari pabrikan, sampeyan tidak dipungut biaya sepeserpun. Apalagi berdasarkan info yang IWB kumpulkan dari salah satu kenalan dikomunitas CB Bandung, sepertinya pihak AHM sudah tahu beberapa keluhan ini. Karena masalah hanya menyerang segelintir produk……maka mereka menyarankan untuk membawa tunggangan kesayangan ke AHASS terdekat guna pengecekan menyeluruh. Bunyi klotok-klotok??. Kalau nggak klep, shim mungkin chamsaft mzbro. Monggo dicek 3 items tersebut. Ada yang mau nambahin??……..(iwb)

567 COMMENTS

  1. Wow.. kok bisa.. kan motor baru.. sebelum rilis kurang lama kali ngetesnya..

    yamaha aja 1.5 th seruntulan ngetes pake plat putih..

    Sent from my TembelekBerry? Hp lelet fitur jam pasir via
    Smartdog EVDO Network

  2. 95. VR46Loverss…. – Maret 4, 2013

    93. n3w4ndy ? Maret 4, 2013
    90. peyek ? Maret 4, 2013

    tok,,, tok,, tok,,,
    ane : silahkan masuk,,,
    lho,, kok nggak ada orangnya,, kirain ada tamu,,,
    jebule si cebong tho,,,,
    ======================================================
    Kirain yg jual Bakwan Malang brow?.. Tok?tok?tok?

    ======================================================

    BRUAKAKAKakakakaka????.
    ======================================================
    Suara Honpret yg mana lagi tuh brow???? Jangan 2 suaranya starter nya yach yg bunyi “BRUAKAKAKakakakaka????.” 😆

  3. 35. Gondrong – Maret 4, 2013
    Seharusnya ditest dl di jalanan umum sebelum dipasarkan. Kalo udah ada kasus begono skg atpm pusat yg repot analisa ini itu. Lebih mangap repot uji coba drpd repot setelah jualan?
    ==========================================
    klotok2 sebenernya udah ada di CBR150R…
    maklum kan mesin CB150R itu katanya turunan dari CBR150R, jadi penyakit yang ada di CBR150R ikut diwariskan ke CB150R.

    tapi memang sudah seharusnya produk yang akan dijual massal itu harusnya ditest dijalanan umum seperti produk tetangga yang bahkan spyshootnya mpe betebaran di dunia maya. Padahal sudah ada produk lamanya yang tentunya sebelum dipasarkan sudah ditest dulu serta sudah ketahuan sekali penyakitnya selama 5 tahun tapi untuk upgradenya, tetangga tetap test dijalanan umum.

    Nah anehnya si CB150R ini benar2 sudah ditest dijalan umum tidak?kalo sudah, kenapa suara helikopternya masih ada?apalagi suara helikopternya sudah ada di CBR150R tapi kenapa tak ada perbaikan di CB150R?
    kalo memang belum ya wajar penyakit yang ada di CBR150R masih ada di CB150R. maybe biar konsumen yang menguji dan ketika nanti ada masalah, AHM akan menanganinya dengan segera sehingga akan muncul tanggapan bahwa reaksi AHM itu cepat. Propaganda kah?

  4. vario ngorok…cb klotok klotok…besok besok makbyar tuh mesin pas lagi dipake..ko bisa???kemana aja tuh kerjaan QC nya?

  5. Wah gawat neh, belum teruji sih, ntar ada lagi yang masalah ga ya?

  6. 83. ivan – Maret 4, 2013
    Pak
    Endro mengatakan?.suara
    tersebut bisa saja timbul karena
    kerenggangan klep melebihi
    ambang batas.

    _____
    lah CB kn dohc gag ada rock arm

    *tepuk jidat
    ===================================================

    Whahahaha…. betul-betul…..

  7. paduan suara honda ahm
    alat musiknya yamaha
    mirip fanboy-nya
    fby komennya selalu cool suka mancing
    fbh komennya seriusa
    wkwkwkwkwk

  8. apakah dengan ini bisa dikatakan kasus Vario jilid 2?
    Vartech 125nya ngorok,nyendat2, busi cepat mati.
    CB150Rnya klotok2.
    apakah karena dipasangi mesin helikopter? 😀

  9. 108. VR46Loverss…. – Maret 4, 2013

    83. ivan ? Maret 4, 2013
    Pak
    Endro mengatakan?.suara
    tersebut bisa saja timbul karena
    kerenggangan klep melebihi
    ambang batas.

    _____
    lah CB kn dohc gag ada rock arm

    *tepuk jidat
    ===================================================

    Whahahaha?. betul-betul?..
    ======================================================Orang technical training nya aja gak nguasai mesin…. Gimana mau beres tuh masalah…..palingan ya ikut ngorok bin klotok2 kalo tidur….

  10. produk yg tdk pernah diuji dijalanan minimal utk 50000km
    ahonda ahm kaya pabrikan yg baru bisa bikin motor
    konsumen yg yg jd kelinci percobaan
    tapi fbh mau menerima
    ckckckck

  11. Makanya ga usah premium redy deh bos menurut ane sama aja mau nganjurin orang lain ngambil uang APBN

  12. 83. ivan ? Maret 4, 2013
    Pak
    Endro mengatakan?.suara
    tersebut bisa saja timbul karena
    kerenggangan klep melebihi
    ambang batas.

    _____
    lah CB kn dohc gag ada rock arm

    *tepuk jidat
    ===================================================

    Whahahaha?. betul-betul?..

    ****’

    kentara nih ente kagak pernah punya motor DOHC..

    kerenggangan klep di mesin DOHC disetel oleh shim,bentuknya seperti koin kecil,makanya di mesin DOHC setelan klep gak akan berubah kecuali bongkar mesin total, tidak seperti mesin SOHC yang setelan klep bisa berubah karena pemakaian

    La cara nyetel klep piye?
    ya pake shim,ada ukurannya bro..

    La tau ukuran shim yang pas?
    ya tetep pake filler gauge,cari ukuran yang pas baru masukin shim

    mudeng ra koe..??

  13. Menipu uang APBN kah ? ATPM besar kok suka anjurin yang salah, ane minta pikir ulang lah buat premium ready harga diatas 22 jt

  14. widiiih.. divisi BC udah seliweran… lanjut gan BC nya….
    ampe bibir ente memble…

  15. Uang APBN lebih baik digunakan untuk yang lebih bermanfaat walaupun sekecil apapun bukan buat subsidi premium ready bro

  16. d taruh di musium aja,,,
    ariblogmotor.wordpress.com/2013/03/04/menghilangkan-suara-nembak-di-knalpot/

  17. 117. mercury79 – Maret 4, 2013
    widiiih.. divisi BC udah seliweran? lanjut gan BC nya?.
    ampe bibir ente memble?
    ==========================================
    kenapa dek mercurry,,, 😆
    adek nggak bisa komen sesuai judul artikel ya,,, 😆
    sekarang ini lagi membahas klotok – klotok lho,,, 😆

  18. mudah mudahan bisa beli moge wae…. moga aja gak terlambat sebelum BBM udah sirna di dunia ini….

  19. 111. cuap2x – Maret 4, 2013
    MS ga ngaruh um mas ber0 ama klotokan, ngorokan, bletakan???. :D:D:D:D
    =========================================
    waaahh…ada yang kurang bro…ane tambahkan ya

    MS ga ngaruh um mas ber0 ama klotokan, ngorokan, karatan, nyendat2an, bletakan???. :D:D:D:D
    Honda gitu loohhh…ah salah…
    AHM gitu looohhh…kalo cacatnya dimaklumin tapi kalo merek lain, langsung di buli2 😀

  20. Apakah para bloger berfikir sampai ke sana? upaya penggembosan uang APBN dengan Premium ready ? mana suara para bloger yang katanya independen?

  21. 119. ari – Maret 4, 2013
    d taruh di musium aja,,,
    ariblogmotor.wordpress.com/2013/03/04/menghilangkan-suara-nembak-di-knalpot/
    ============================================
    ah,,, sayang lah om,,, jadi kurang berguna,,,
    mending di jadiin mesin pompa air saja,,, lebih berguna,,, seperti yang dulu saya pernah komen,,, 😆

  22. oto.detik.com/read/2013/03/04/084611/2184568/1208/jual-bubur-pakai-v-ixion-biar-nggak-pegel?991101mainnews

  23. dah diulas ipan,bedane klo yg bahas iwb pada bilang SIP,info bagus

    tp klo ipan yg bahas dihujat ama tukang BC ,blog ecek2 isoe ngorek koreng produk..pdhl ipan bicara fakta apa adanya..kasihan kau pan..
    wakil konsumen malah dihina dina..semangat pan!!

  24. 126. peyek – Maret 4, 2013

    119. ari ? Maret 4, 2013
    d taruh di musium aja,,,
    ariblogmotor.wordpress.com/2013/03/04/menghilangkan-suara-nembak-di-knalpot/
    ============================================
    ah,,, sayang lah om,,, jadi kurang berguna,,,
    mending di jadiin mesin pompa air saja,,, lebih berguna,,, seperti yang dulu saya pernah komen,,, 😆

    ======================================================

    Lebih cucok kalo di pake sama kapal nelayan… biar klotok2 tapi kan uiriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiittttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt.
    Lagian kalo di laut suara klotok2 nya juga gak balakan kedengeran kok… kalah sama suara “Putri duyung”….. 😆

  25. DOHC di atas 20 juta, tentunya yang beli dari golongan MAMPU, seharusnya bisa beli BBM Non Subsidi aka PERTAMAX, sehingga membuat mesin baru tidak tercampur Pb (yg tidak tahu Pb tidak pernah sekolah)
    Siapa yang menyarankan pakai Premium tidak masalah ?
    Mesin modern pakai Premium, apa kata dunia

  26. WAH KALO KEPINGIN BELI N NAIK HELIKOPTER, CUKUP BELI N NAIK CB150 AJA… PEKET HEMAT…

    SYUKURLAH AHM PENEGERTIAN SM KONSUMEN, FITUR HELIKOPTERPUN DIBERIKAN KE PRODUKNYA….

  27. hati2 permainan deiler .
    W jg d pungut biaya,pdhal msh garansi..
    Katanya biaya ini la,biaya itu lah..
    Yo dah w bayar aja,biari dia yg makan duit haram.

  28. cb ane dr km pertama pake pertamax jg bunyi klotok2….kayaknya gak ngaruh deh klo soal bahan bakar.

  29. 141. zeuz – Maret 4, 2013

    fby2 tolol keluar semua?

    =============================
    Berarti ente termasuk yg mana? Fby Tolol atau FBH Gobl0k??

  30. @n3w4ndi
    wkwk
    baru aja baca artikelnya bro…., ohh gitu toh gara2 premium ready…., ane baru mudeng nih !

    😀

    *sebaiknya itu premium disiramin ke si c3b0ng, terus dibuakkaarr!

Comments are closed.