Bro dan sis sekalian…..banyak pertanyaan dilontarkan ke IWB akan gejala tidak wajar pada CB150R. Bunyi yang menurut mereka sangat mengganggu keluar disekitar engine. Tentu saja sebagai Blogger yang pernah nunggang serta mereview langsung….IWB rada susah menganalisa kecuali mendengarkan dengan telinga sendiri. Lawong unit yang IWB jajal tidak ada keanehan yang dikeluhkan...lakyo mumet jal. Namun….IWB tidak berdiam diri. Segala keluhan tersebut IWB catat dalam memori….mencari kesempatan tepat agar unek-unek mzbro bisa IWB sampaikan ke orang yang berkompeten. Dan masa itu akhirnya tiba…….iwanbanaran_newfino460x170-2

Sharing langsung dengan pak Sarwono Edhi serta pak Endro yang bernaung dibawah senior analyst, technical training department serta service division AHM tentang bunyi klotok-klotok yang dikeluhkan beberapa penunggang CB150R, pak Edhi mempertanyakan…asal bunyi dari mana?. Apakah dari crankcase, atau silinder head?. Bunyi tersebut keluar pada saat dingin atau panas?. Karena IWB tidak mampu menjawab secara lugas……Pak Endro kemudian mencoba memberikan analisanya…

Klotok atau ngelitik tentu berbeda. Kalau ngelitik biasanya akibat detonasi karena nilai oktan bensin terlalu rendah. Nah…untuk CB150R, kendati berkompresi tinggi…..seluruh kesatuan mekanisme dipastikan telah didesain bersahabat nenggak Premium. Lho koq bisa?. Menurut pria ramah tersebut….tingginya kompresi bisa diakalin dengan sistem pendinginan yang baik (radiator), adjust ulang timing klep, remapping idle dan advance serta beberapa ubahan teknis yang membuat CBSF disebut Premium ready. Tapi semua bisa mubazir jika kita dihadapkan pada satu fakta mengejutkan yakni? basinya oktan 88 ketika diendapin….

iklan iwb

Menurut pak Edi….oktan bisa turun tidak utuh diangka tersebut. Proses kimiawi ini terjadi jika kualitas BBM kurang bagus. So….berdasarkan beberapa kasus…..oktan yang sejatinya nongkrong di88 jadi melorot ke 86/87 setelah beberapa hari ngendap didalam tanki. Praktis knocking akan terjadi. Karena itu selalu disarankan mengisi bensin diSPBU terpercaya. Jika hal itu sudah dilakukan….kecurigaan pertama dicoret. Artinya….bukan membahas ngelitik lagi melainkan dalam porsi yang lebih berat yakni klotok-klotok (emboh ki….suaranya kayak apa IWB juga belum ngeh :mrgreen: ). Lanjutt kangbro…..

Jika terjadi bunyi yang disebutkan pada paragraf terakhir…..Pak Endro mengatakan….suara tersebut bisa saja timbul karena kerenggangan klep melebihi ambang batas. Nah, untuk memastikan….mekanik kudu melepas head silinder. Seandainya analisa pertama benar, berarti shim kudu diganti dan karena masih garansi, konsumen tidak akan dipungut biaya alias gratis. Suspect kedua….bisa saja asal bunyi dari chamsaft atau noken as. Yang menarik, bro Tri via member? FP FB IWB memberikan tambahan informasi berguna….TVSMotor

“Mas iwan katanya shim-nya atau bantalan yang ditekan noken as. Banyak yang udah klaim dan diganti. Motor dikleim tapi harus nginep soalnya pergantian ada prosesnya. Unit part yang mau diganti dikirim keAHM pusat setelah itu AHM ngirim unit backup. Selama masa proses motor nginep pihak AHASS-nya ngasih motor pengganti selama proses pergantian tapi bukan CB. Jika AHASS yang sudah siap unit backup ya proses cepat..”

Sebuah info yang sangat berguna bagi para penunggang CB. At least...petunjuk dan analisa sudah mengarah kearah yang benar. Yang menggembirakan….pihak produsen tidak berpangku tangan terhadap keluhan. Terbukti secara sigap….unit bermasalah segera difollow up hingga tuntas. IWB harapkan….aksi ini konsisten diterapkan keseluruh jaringan Honda agar tidak berbelit-belit atau mempersulit konsumen. Ingat….ketidak sempurnaan produk bisa tertutupi dengan pelayanan yang jempolan. Anyway…..secara teknis, pak Endro serta pak Edhi tidak berani memberikan statement detil sebab kudu dicek langsung untuk memastikan. So….monggo bawa aja tunggangan kesayangan ke dealer terdekat. Terus piye kesimpulane??…..

Tidak usah kuatir mzbro. Selama masalah datang dari pabrikan, sampeyan tidak dipungut biaya sepeserpun. Apalagi berdasarkan info yang IWB kumpulkan dari salah satu kenalan dikomunitas CB Bandung, sepertinya pihak AHM sudah tahu beberapa keluhan ini. Karena masalah hanya menyerang segelintir produk……maka mereka menyarankan untuk membawa tunggangan kesayangan ke AHASS terdekat guna pengecekan menyeluruh. Bunyi klotok-klotok??. Kalau nggak klep, shim mungkin chamsaft mzbro. Monggo dicek 3 items tersebut. Ada yang mau nambahin??……..(iwb)

567 COMMENTS

  1. onda onda qcnya tambah parah tiap bulan, pegawainya kebanyakan makan susah gerak, makan gaji buta sih, mbok ya pegawainya sadar kalo bikin motor tuh yang bagus, salah sedikit bisa melayang tuh nyawa, kayak rem vario cw ku dulu tiba2 ngelock dijalan. ini mesin bunyi klotok2 ancur dah, kita beli motor gak murah, berharap efisien, malah disuruh kebengkel mulu, nginep lagi motornya. kita juga kerja tauk gak ada waktu buat kebengkel tiap hari. ahm jangan sampai kwalitas dibawah india yah, atau saya akan beralih ke pabrik sebelah, motor pertama saya supra th2000 knalpot lubang2 bonus ebek2 getar semua , motor kedua mega pro th 2005 tangki bocor + mesin kasar,motor ke 3 2010 vario cw rem pernah ngelock tiba2 sampai hampir jatuh, th2011 new mega pro (ini baru motor) gak ada problem sampai sekarang (buatan india).

  2. tuku motor pingin e penak, kok malah repot, mumet, stress.. misuh2.
    coba pikir? ini uang 23 jutaan lo..
    sing boros, klothok2, ganti oli lebih sering, motor kudu nginep, dikasih unit ganti paling2 honda grand jadul, kalo nggak suruh pulang naek becek, eh becak.

  3. Ayo segera di klaim bagi yng punya CB150R yg bunyi nya Klotok-Klotok

    m.detik.com/oto/read/2013/03/04/102749/2184667/1208/yamaha-tukang-bubur-naik-v-ixion-gaya-dan-usaha

  4. 163. n3w4ndy – Maret 4, 2013
    140. lovemybike ? Maret 4, 2013

    cuma kasih info mas iwb, kek gini lowh kira2 suaranya, dah ada 3 orang yang upload di youtube
    =====================================================
    Ente pasti salah tuh?. Gambar emang si SF? Tapi suara yg di rekam tuh suaranya mesin jahit yg ada di belakangnya si SF? Kalo gak percaya, ente liat lagi dah film nya

    =========================================

    ente pasti ngawur, itu bukan suara mesin jahit x..
    itu CB lg shooting di perahu tempel dohc abal2 😆

  5. weh si peyek koar2….

    giliran metic ma bebek pada ngumpet…

    o ya lu ga selera ma matic ma bebek ya!
    wkwkwk….. aya2 wae alesan lu….

    monggo di lanjut mumpung masih bisa…
    takutnya nanti kalo sprot kalah juga lu bisa ngilang selamanya….

    rip peyek….

    lanjut masbray…. ga usah nyolot2 ke ane…

  6. MOTOR KATROK…. RIBET, CULUN….. LEMOT.. BUANG KE LAUT AJA !!! … HANYA FBH DONGO YANG BELI… WKWKWKWKWKWK….. 🙂

  7. Ha ha seru. Ayo terusin om tante, biasanya klo bece nya kenceng kek gini penjualan langsung moncer dah …

  8. @ All
    Artikel ini tidak bermaksud memojokkan pabrikan tertentu. Namun lebih kepada petunjuk agar bro-bro yang mengalami bisa langsung tahu kemana harus melangkah. Sekali lagi…tidak ada produk yang sempurna….apapun merknya. Justru masalah adalah awal untuk menjadi lebih baik. So…nyuwun sewu mzbro, kalau bisa stop Black Campaign. Monggo diskusi secara sehat serta terpelajar. Keep brotherhood. Maturnuwun…

  9. @tello

    coba perhatiin lagi om,, memang bengkok kok,, bukan selang pipa radiator,, beda dong selang radiator ama pipa ledeng,,

  10. Salah satu tujuan Beli motor baru itu supaya nyaman kalo dipakai tidak repot karna rusak sana-sini.

  11. 209. ?? Mb@h D@rmo ?? – Maret 4, 2013

    TU KAN BANYAK FBH TOLAH TOLEH?. DONGO SIHH?.
    🙂
    ===================================================
    KOYOK KEBO KOPOKEN… 😆

  12. kang iwan

    iya kang,,, semua juga tau kalo suatu produk itu nggak ada yang sempurna,,,
    kecuali produk sesembahan kutang yang paling sempurna dunia akherat,,, 😆

    *hanya membuka kenagan lama,,, 😆

  13. yang penting target ms 70% tercapai. sesuai intruksi atasan. dikejar deadline. setahun harus kluar 12model. akhirnya semua dikerjakan terburu2, hasilnya tentu kurang bagus. yg dirugikan pasti konsumen.

  14. 213. iwanbanaran – Maret 4, 2013

    @ All
    Artikel ini tidak bermaksud memojokkan pabrikan tertentu. Namun lebih kepada petunjuk agar bro-bro yang mengalami bisa langsung tahu kemana harus melangkah. Sekali lagi?tidak ada produk yang sempurna?.apapun merknya. Justru masalah adalah awal untuk menjadi lebih baik. So?nyuwun sewu mzbro, kalau bisa stop Black Campaign. Monggo diskusi secara sehat serta terpelajar. Keep brotherhood. Maturnuwun?

    =====================================================
    Ikut prihatin, dari awal ga ada yg jawab pertanyaan bro.
    Klo dari warung tetangga kemungkinan camshaft holder .

    pertamax7.com/2013/03/04/camshaft-holder-honda-cb150r-yang-katanya-bikin-klotok-klotok/

  15. 220. duokribonerakajahanam – Maret 4, 2013

    yang penting target ms 70% tercapai. sesuai intruksi atasan. dikejar deadline. setahun harus kluar 12model. akhirnya semua dikerjakan terburu2, hasilnya tentu kurang bagus. yg dirugikan pasti konsumen.

    =====================================================
    Tercapai 70%??? Hooooiiiiii Banguuuuunnnnnnn!!!!

  16. PANTESAN GAK LAKU.. 🙂 *ADA TERUMBU KARANG BARU NI.

  17. 214. iwanbanaran – Maret 4, 2013

    @ All
    Artikel ini tidak bermaksud memojokkan pabrikan tertentu. Namun lebih kepada petunjuk agar bro-bro yang mengalami bisa langsung tahu kemana harus melangkah. Sekali lagi?tidak ada produk yang sempurna?.apapun merknya. Justru masalah adalah awal untuk menjadi lebih baik. So?nyuwun sewu mzbro, kalau bisa stop Black Campaign. Monggo diskusi secara sehat serta terpelajar. Keep brotherhood. Maturnuwun?
    ====================================================
    Beres kang… Pokoke seng paling sempurna sampe dunia akherat yo Gambar Suwiwi kae toh kang??? Hahahaha… guyon kang… cek rame warunge kang…. 😆

  18. saya kira petinggi ahm pasti sering berkunjung ke blog ini dan dan mendengarkan kritik,hujatan,dan ketidak puasan konsumen,tapi anehnya seperti tutup telingga dan budeq trhdp hal2 tsb,apalagi masalah disaign motor,budeg nya gak ketulungan…
    semoga di masa depan ahm lebih mendengarkan kata konsumen

  19. Fbh goblog: yimm jg budeg, komstir oblag gak diganti,shock ambles gak bisa di klaim

    Emang tangki loe yg bocor jg diganti kah??
    Trus teman loe yg rame2 ganti busi tiap bulan,apakah dpt gratis dr ngahaem??
    Ngorok gmana ngorok,apa sdh di betulin sama bengkel resmi??

    Mesin diesel di sawah aja gak klothok2 bro, harga 3jt

  20. KENAFA SIH PADA PROTES SEMUA ???!!!…. FBH DONGO AJA PADA DIEM KOK….!….. 🙂

  21. @ peyek

    tenang om ane suka lu koar2 kok…

    sedih gw liat lu di matik ma bebek cuma numpang absen doank abis itu ngumpet… 😉

  22. Sya dh 4 thun krja d’ahm jd kryawan kontrak dsunter n cikarang..
    Liat krja orng QC’a enk bgd krja’a duduk santai smbil ngopi n ngerokok yg dpaksa krja nak kontrak’a,hadeeuuh
    pntesan qualitas’a makin lama makin buruk..
    Orng QC’a kerja makan gaji buta duduk n ngopi doank klo dtmpat krja.
    Parrrraaaahhhh..

  23. Fbh ngumpet,diam seribu bahasa sambil komat kamit baca doa mdh2an artikel susulan cepat ditulis….
    Silahkan beralasan sejuta alasan,
    Saya hanya nunggu hasil balap omr… Siap2 bawa headset besar kalau nnton langsung atau volume tv dikecilin klo lihat di tv

    Glodag… Glodag… Byaarrrrr….

  24. Lebih baik tidak koar2 tentang premium ready, anjurin aja pake pertamax kayak warung sebelah

  25. kata2 premium ready menurut ane profokatif terhadap pemakaian bensin subsidi dan pengambilan uang negara oleh yg tidak berhak

  26. waah…inimah wajib di RECALL… sblm distribusi berikutnya… kasihan setiap konsumen hrs komplen…

    sprtinya mz IWB…jgn buat artikel dulu..biar komen nyampai 1000an… ntar pihak AHM biar tau

  27. 228. tukang jait – Maret 4, 2013
    @ peyek

    tenang om ane suka lu koar2 kok?

    sedih gw liat lu di matik ma bebek cuma numpang absen doank abis itu ngumpet?
    =============================================
    itu lah bedanya konsumen om ama sales om,,
    kalo ane suka,,, ane komen,, gampang kan,,
    kalo ane nggak suka ane leyeh-leyeh aja,,, gampang kan,, 😆

    beda kalo mayoritas kutang,, yang komen ngejar setoran,,, 😆
    suka nggak suka yang penting nyolooot,,, 😆

  28. woi,, kutangers,, cepetan dong metting nya,, 😆
    masak gara klotok – klotok aja warung kang iwan jadi sunyi bacotan kutang,,, 😆

  29. alhamdulillah,
    AHM sekarang mau tanggung jawab.
    kalo dari dulu gini kan konsumen gak ada yg kecewa

    sambil inget kasus tangki bocor saia dulu, malah saia yg disalahin beli bensin sembarangan, padahal selalu di pom bensin euy

  30. seng penting merekE Honda.

    harga jual kembali tinggi
    spare part murah dan mudah didapat.
    klo merek Suzuki harga jual kembali Jatoh,spare part mahal dan sulit didapat.

    ITULAH MINDSET KONSUMEN ERDUA INDONESIA

  31. setelah saya dengerkan,, saya amati,, saya rasakan,,
    gara2 ini nih,,,

    1.bp.blogspot.com/_8Garn5-bJ_I/S6mA1BhFKDI/AAAAAAAAAAw/eHZQsAswcMo/s320/p1010002.jpg

  32. Behahaha…amburadul bgt nih motor,udah culun,cacingan,bengek,lemot,boros,karatan pula….mudah2?n tangkinya ga latah dan ikut2an buocor..wkwkwk

  33. 239. aruna hayata nikimura – Maret 4, 2013

    Setuju Bro! Org2 Indonesia DOYAN MKN MERK ! klo merk hondprett no.1 SPAREPART MURAHAN PLUS REMUKKKK. HPMERK NOKIA NO.1 HEHEHEHEHE… 🙂 MKN TUH MERK HONDPRETTT

  34. TOP dech honda. Semua pabrikan sekarang lebih antusias terhadap keluhan konsumen. Seneng dengarnya.

Comments are closed.