iklan iwb

Bro dan sis sekalian….10 hari adalah periode yang cukup lama bagi kita untuk bisa mengetahui secara detil kelebihan dan kekurangan sebuah motor. Begitu pula bebek injeksi Jupiter-Z1 yang sempet IWB gunakan harian pulang pergi Jakarta-Depok. Dan pada jenjang itulah, maka dapat IWB tarik beberapa kesimpulan. Seperti apa??….

Sisi Design

Mungkin IWB tidak akan banyak khutbah tentang ini sebab sampeyan semua pasti sudah tahu bentuk aslinya didealer terdekat. Pada dasarnya tidak banyak revisi yang dilakukan YIMM kecuali bagian fairing (berlapis), lampu sein (makin sipit), tuas high beam (model geser), muffler, stop lamp serta beberapa detil lain. Kekuatan desain yang disandang Z1 adalah agresif….

iklan iwb

Ergonomi riding

Kalau brosis sudah pernah mencicipi Jupiter-Z lawas, dijamin ergonomi begitu identik. Seat height sangat bersahabat sehingga kaki bisa menapak dengan sempurna kendati sampeyan hanya bertinggi 160cm sekalipun. Walau demikian….ground clearance sibebek diatas rata-rata (135mm). Kelebihannya ketika IWB coba tes melewati polisi tidur yang menjulang, kolong tidak pernah gasruk ujung poldur. Begitu pula ketika kendaraan membonceng beban….engine guard tetap? aman. Semua semakin sempurna lewat pengaturan beberapa komponen yang mendongkrak kenyamanan. Seperti jok yang lebar dan empuk, display speedometer luas? serta jelas, plus sudut stang sedikit ditekuk kedalam membuat handling terasa mantap memegang handle bar. Shifting perseneling untuk versi Z1 juga lebih ringan dibanding generasasi lawas……

Performa engine

Berganti menjadi sistem fuel injeksi jelas membuat motor ini makin beringas. Perombakan sisi engine lewat forged piston (lighter), YZF crankshaft, peningkatan ukuran klep dan banyak lagi lainnya (sudah kita bahas diartikel sebelumnya) ternyata berhasil mendongkrak power (10,06ps) dan torque (9,9NM@6500RPM). Hasilnya pergerakan power dari mid hingga high diatas rata-rata (untuk? tes accelerasi serta top speed, klik?disini). Praktis passing serta climbing ability makin superior. Tidak heran….ditangan Doni Tata sibebek kayak mainan, enteng aja dibuat jumping atau standing berkali-kali. Komsumsi bahan bakar ketika IWB tes non economy riding….1 liter Premium pada kisaran 50,8 km (klik disini)

Pengereman dan Handling

Seperti biasa….sasis steel tube underbone JupiterZ1 ringan dan mantap. Penghitungan geometri Yamaha memang jempolan. Mau ditekuk kiri kanan siitik melayani dengan santai. Tidak heran sijaran wesi jawara diajang road race. Full standart aja manuver cornering ataupun braking cukup mumpuni. Sayang…ban standart pabrikan kurang mendukung…..kekecilan mzbro. Lumayan terasa? ampang kala kendaraan melaju diatas 90km/jam. Selain itu kekuatan braking juga sedikit terjadi penurunan. Penggantian kaliper dari dua menjadi satu piston membuat daya cengkram rem depan tidak? sepakem generasi lawas. Untung rem pabrikan garputala diatas rata-rata sehingga tidak mempengaruhi signifikan dalam penggunaan normal. Namun jika sampeyan terbiasa nunggang JupiterZ karbu, secara feeling akan merasakan penurunan khususnya kala panic brake. Uniknya tromol belakang jebule pakem amir. Kalau dibejek…kinerja tidak kalah dibanding rem cakram sekalipun. Hhmm….Byson koq nggak bisa seperti ini yak. Jadi ngiri euy….

Kesimpulan

Dengan bobot 10-102kg, tenaga 10,06ps/7,750rpm torque 9,9nm/6,500….JupiterZ1 FI memang cukup menggiurkan. Teknologi yang ditawarkan jelas akan memanjakan kita. Dipagi hari, tidak perlu main choke seperti versi karbu….engine checking, pencet tombol starter langsung nyala. Belum lagi sampeyan tidak perlu repot-repot sering kebengkel untuk bersihin mangkuk karburator :mrgreen: ….

Last.…dalam catatan IWB, kelemahan motor ini hanya pada down shift. Kadangkala cukup susah untuk mengurangi gigi perseneling sehingga kita dipaksa mengulang kembali. Artinya ketika kaki sudah menendang tuas belakang….jebule gear belum nyantol.? Karena terbiasa nunggang motorsport kali ya. Entahlah. Diluar itu…..untuk motor sekelasnya, New Jupiter-Z1 sulit dicari tandingannya. Ragu dengan performa yang ditawarkan? monggo dites drag aja dengan motor sekelasnya brosis. Agar rasa penasaran sampeyan terjawab dengan sendirinya. Semoga berguna…….(iwb)

230 COMMENTS

  1. aye mau bantu fbh tapi mongtor nyang bisa nyaingin Z1 di honda susah dicari!!! bebeknya 125 aja belum sanggup!!! jadi aye ajukan kandidat untuk melawan CS1, NMP, tigong, n CBR!!! tapi untuk urusan di dalem keramaian ntuh semua bukan lawan Z1 nyang notabene bebek lincah!!! jadi bingung gimana bantuin fbh!!! 🙁

  2. 101. bukan FB – Agustus 28, 2012

    aye mau bantu fbh tapi mongtor nyang bisa nyaingin Z1 di honda susah dicari!!! bebeknya 125 aja belum sanggup!!! jadi aye ajukan kandidat untuk melawan CS1, NMP, tigong, n CBR!!! tapi untuk urusan di dalem keramaian ntuh semua bukan lawan Z1 nyang notabene bebek lincah!!! jadi bingung gimana bantuin fbh!!! 🙁

    ……………………………………………………………………………………………..

    dijalan keramaian dan macet,cbr series aja ngga bisa nyalip mio j,,,
    xixixixixixixixixi

  3. @ciaaaaa

    sedih rasanya!!! pingin bantu para fbh nyang sudah kehabisan amunisi ech ternyata memang ga punya amunisi lagi honda buat melawan!!! jadi aye angkat tangan dech buat urusan NJZ1 ini!!! yach paling nyang bisa menang cuman MS nya!!! perform susah dicari tandingannya!!! 🙁

  4. och aye tau sekarang!!! teralis ntuh dibikin honda untuk melawan NJZ1!!! sudah terbaca kini maksud honda!!! mungkin dengan adanya teralis dapat menahan laju NJZ1!!! semoga saja!!! jadi NJZ1 punya lawan sepantar gitu!!! :mrgreen:

  5. tenang fbh!!! aye bakal bantu sebisanya buat menjatuhkan NJZ1!!! teralis adalah lawan nyang mungkin akan menjatuhkan NJZ1!!! percaya dech ama aye!!! 😉

  6. Seperti biasa?.sasis steel tube underbone JupiterZ1 ringan dan mantap. Penghitungan geometri Yamaha memang jempolan. Mau ditekuk kiri kanan siitik melayani dengan santai.
    —————————————————————–
    hal inilah yg sampe skrg Honpret gak bisa bikin…
    boro2 bikin, njiplak iya, tapi udah njiplak tetep geter aja…ck ck ck

    ente ente kutangerz mau komplain, baca aja motorplus..noh disono banyak testimoni mekanik Honpret terang2an niru sasis Jupie Z!

  7. 98. Andrie D MzPoetra – Agustus 28, 2012

    @bolanhok
    saya percaya aja deh,tapi cuman Mio J sampeyan sama om MIO JOMPLANG aja yang boros. . .mesti belinya barengan satu ?tempat? :mrgreen:

    soalnya mio J yang lain irit semua 🙂
    ================================================

    IYE..PALING2x honpret BIT JADUL DITEMPELIN STIKER MIA J :mrgreen:

  8. memang bukan isapan jempol, teromol pun sanggup ngalahin RDB yang ngeloyor kalo ga malah ngunci.
    ntar pasti ada yang bilang septi riding, ngunci berbahaya, atau malah mirip ABS (tolol banget) :mrgreen:

    #bakar menyan

  9. 66. ciaaaaa – Agustus 28, 2012

    waaah kakap mana kakap,

    ini malah teri nasi ma udang rebon yg lelumpatan,, :mrgreen:
    ============================================
    hahahahah…. :mrgreen:
    keep poping!

    mancing mania…..MANTAP!!

  10. yamaha ini keterlaluan yach!!! seharusnya NJZ1 khan membunuh NHB doank!!! lach ini dia membunuh seluruh mongtor honda!!! NHB HSX CS1 NMP Tigong CBR semua dibabat ama si mungil Z1!!! bingung gimana bantuin fbh menjatuhkan NJZ1!!! ayo semangat fbh!!! 🙁

  11. confirmed!! Mio pikson bertransmisi 7 speed!

    1-n-2-3-4-5-mundurr..

    Fbh: ett dah itu motorsport apa motor gerobak? :mrgreen:

  12. fenomena aneh…pembalap underbone yamaha yg dulunya di yamaha begitu merajalela n juara, begitu masuk team honpret jadi gurem…hahahaha!

    mau tau?
    Harlan (udah insyaf skrg pake suzuki)
    hokky
    irwan (udah insyaf balik lagi ke team juara yamaha)
    n etc…

    mancing mania mantaaap!!

  13. BAGAIMANAPUN JUGA NEW ALL JUPITER Z1 YANG LAIN MAKIN KETINGGALAN LAGI.yamaha semakin didepan.bravo…yamaha sumber baru motor purworejo.dealer pertama dan terbesar DIY-KEDU.

  14. confirmed lagi!!

    Eko parrbowo: mau ngebut dimana sih?????

    Fbh: ett dah kalo geto bakalan nyungsep ne kalo ketemu motor gw si pager betis.. :mrgreen:

  15. aduh!!! susah banget sich cari lawan NJZ1 di honda!!! aye bener2 serius mau bantu fbh nich!!! NHB HSX kalah di speed!!! lach CS1 NMP tigong CBR kalah di lincah!!! terus mesti keluarin ilmu apa nich??? apa mesti ke MS lagi??? please fbh bantu aye menghadang NJZ1 dan fby!!! 🙁

  16. nach khan ayumi juga berpendapat NJZ1 cuman raptor aka teralis nyang bisa tandingin!!! berarti kita sehati!!! :mrgreen:

  17. urgent call untuk jaos_one heart sang fbh paling cerdas agar membantu fbh di sini nyang sudah tidak bisa melawan!!! NJZ1 susah dicari tandingannya di honda!!! mungkin dengan adanya om jaos dapat menenangkan hati para fbh!!! aye juga mau bantu fbh tapi aye ga sanggup!!! belum ada nyang mampu!!! 🙁

  18. baca komengtator blog ini pada jualan gas semua, tdnya pngen lbih tau malah jadi bego. sales sales..

  19. aye sebagai bukan FB akan senantiasa membantu fb manapun nyang tertindas!!! di sini fbh sedang tertindas karena tidak punya lawan untuk NJZ1!!! seluruh mongtor sudah aye review dan tidak ada nyang unggul mutlak dari NJZ1!!! please fbh smart bantu aye menangkal NJZ1 n fby!!! 🙁

  20. @ayumi

    duh… kasian fbh yang satu ini… mau beli motor idamannya aja sampe nunggu belas kasihan orang…..

    *nambah satu lagi fbh kere…

    *mancing mania… mantap…!!

  21. confirmed lagi2!!!

    Wartawan: pak eko itu motorsport new pikson berapa transmisinya, sudah 6 speed kah??

    Eko parrbowo+dion: sambil mesam-mesem seraya berkata tunggu tanggal mainnya ya!

    fbh: ett dah tinggal terus terang kalo masih sohoc 5 speed aje pk nunggu tanggal maen segale! Pentolan yimmi aje koplak gene bijimane panboy nye!? :mrgreen:

  22. butuh bantuan rio juga nich!!! dia pasti udah bisa kasi review teralis!!! khan bisa buat bahan menahan laju NJZ1!!! n fby tentu ga koar2 lagi soalnya NJZ1 nya kalah ama teralis!!! :mrgreen:

    cuman teralis kayaknya kandidat nyang mampu melawan NJZ1!!! bahkan gacoan honda CBR aja ga berkutik!!! 🙁

  23. sory ya fbh…

    ente dah susah payah komen…
    langsung ane getok palanya….

    :mrgreen:

    *mancing mania… mantap…!!

  24. nice review mas IMB, sama persis sperti kata mas IWB apa yg saya rasakan pake Z1 (kurang lebih 3 minggu). utk rem depan emang ga sepakem yg pake 2 kaliper 😀 utk rem belakang emang pakem. utk ergonomi sama dengan NJZ, cukup nyaman tapi ga senyaman bebek tetangga yg 125 😀 tapi utk handling di kecepatan tinggi emang lebih enak diajak rebahan
    utk performa justru saya ngerasa di putaran bawah Z1 cukup galak (bisa nyaingin bebek 125 tetangga) tapi utk nyampe topspeed masih kalah (yaiyalah beda kubikasi)
    untuk downshifting sama berarti mas, saya juga suka susah n harus diulang (pas awal pake) tapi klo udah terbiasa n tau caranya jadi gampang juga 😀

    masalah selama pake Z1 sih ada rembesan oli dari blok mesin & seal kick starter tapi langsung ditangani sama beres yamaha n masalahnya udah sembuh

    oh iya mas IWB mau taya nih, apa klo starter pas mesin lagi dingin rada susah ga apalagi kalo pagi, kadang ga mau nyala klo pake electric starter, jadinya yah pake kick starter sampe berkali2, udah sempet komplain juga ke beres yamaha tapi masalahnya masih tetep sampe sekarang

  25. 126. ayumi ting ting – Agustus 28, 2012

    mau saya motornya

    tapi kalo diberi hehehehe, terus tak jokul lagi buat dp raptor :mrgreen:
    ================================================
    ciri-ciri FB kurang mampu sedang bermimpi :mrgreen:

Comments are closed.