iklan iwb

Bro dan sis sekalian….10 hari adalah periode yang cukup lama bagi kita untuk bisa mengetahui secara detil kelebihan dan kekurangan sebuah motor. Begitu pula bebek injeksi Jupiter-Z1 yang sempet IWB gunakan harian pulang pergi Jakarta-Depok. Dan pada jenjang itulah, maka dapat IWB tarik beberapa kesimpulan. Seperti apa??….

Sisi Design

Mungkin IWB tidak akan banyak khutbah tentang ini sebab sampeyan semua pasti sudah tahu bentuk aslinya didealer terdekat. Pada dasarnya tidak banyak revisi yang dilakukan YIMM kecuali bagian fairing (berlapis), lampu sein (makin sipit), tuas high beam (model geser), muffler, stop lamp serta beberapa detil lain. Kekuatan desain yang disandang Z1 adalah agresif….

iklan iwb

Ergonomi riding

Kalau brosis sudah pernah mencicipi Jupiter-Z lawas, dijamin ergonomi begitu identik. Seat height sangat bersahabat sehingga kaki bisa menapak dengan sempurna kendati sampeyan hanya bertinggi 160cm sekalipun. Walau demikian….ground clearance sibebek diatas rata-rata (135mm). Kelebihannya ketika IWB coba tes melewati polisi tidur yang menjulang, kolong tidak pernah gasruk ujung poldur. Begitu pula ketika kendaraan membonceng beban….engine guard tetap? aman. Semua semakin sempurna lewat pengaturan beberapa komponen yang mendongkrak kenyamanan. Seperti jok yang lebar dan empuk, display speedometer luas? serta jelas, plus sudut stang sedikit ditekuk kedalam membuat handling terasa mantap memegang handle bar. Shifting perseneling untuk versi Z1 juga lebih ringan dibanding generasasi lawas……

Performa engine

Berganti menjadi sistem fuel injeksi jelas membuat motor ini makin beringas. Perombakan sisi engine lewat forged piston (lighter), YZF crankshaft, peningkatan ukuran klep dan banyak lagi lainnya (sudah kita bahas diartikel sebelumnya) ternyata berhasil mendongkrak power (10,06ps) dan torque (9,9NM@6500RPM). Hasilnya pergerakan power dari mid hingga high diatas rata-rata (untuk? tes accelerasi serta top speed, klik?disini). Praktis passing serta climbing ability makin superior. Tidak heran….ditangan Doni Tata sibebek kayak mainan, enteng aja dibuat jumping atau standing berkali-kali. Komsumsi bahan bakar ketika IWB tes non economy riding….1 liter Premium pada kisaran 50,8 km (klik disini)

Pengereman dan Handling

Seperti biasa….sasis steel tube underbone JupiterZ1 ringan dan mantap. Penghitungan geometri Yamaha memang jempolan. Mau ditekuk kiri kanan siitik melayani dengan santai. Tidak heran sijaran wesi jawara diajang road race. Full standart aja manuver cornering ataupun braking cukup mumpuni. Sayang…ban standart pabrikan kurang mendukung…..kekecilan mzbro. Lumayan terasa? ampang kala kendaraan melaju diatas 90km/jam. Selain itu kekuatan braking juga sedikit terjadi penurunan. Penggantian kaliper dari dua menjadi satu piston membuat daya cengkram rem depan tidak? sepakem generasi lawas. Untung rem pabrikan garputala diatas rata-rata sehingga tidak mempengaruhi signifikan dalam penggunaan normal. Namun jika sampeyan terbiasa nunggang JupiterZ karbu, secara feeling akan merasakan penurunan khususnya kala panic brake. Uniknya tromol belakang jebule pakem amir. Kalau dibejek…kinerja tidak kalah dibanding rem cakram sekalipun. Hhmm….Byson koq nggak bisa seperti ini yak. Jadi ngiri euy….

Kesimpulan

Dengan bobot 10-102kg, tenaga 10,06ps/7,750rpm torque 9,9nm/6,500….JupiterZ1 FI memang cukup menggiurkan. Teknologi yang ditawarkan jelas akan memanjakan kita. Dipagi hari, tidak perlu main choke seperti versi karbu….engine checking, pencet tombol starter langsung nyala. Belum lagi sampeyan tidak perlu repot-repot sering kebengkel untuk bersihin mangkuk karburator :mrgreen: ….

Last.…dalam catatan IWB, kelemahan motor ini hanya pada down shift. Kadangkala cukup susah untuk mengurangi gigi perseneling sehingga kita dipaksa mengulang kembali. Artinya ketika kaki sudah menendang tuas belakang….jebule gear belum nyantol.? Karena terbiasa nunggang motorsport kali ya. Entahlah. Diluar itu…..untuk motor sekelasnya, New Jupiter-Z1 sulit dicari tandingannya. Ragu dengan performa yang ditawarkan? monggo dites drag aja dengan motor sekelasnya brosis. Agar rasa penasaran sampeyan terjawab dengan sendirinya. Semoga berguna…….(iwb)

230 COMMENTS

  1. WAH, MAS IWB BALAPAN KARO TUKANG ELPIJI 3KG….ATI2x MAS..DISENGGOL NTAR NYOLOT MELEDUK WEKEKEKE

  2. saya juga baru beli 😀 . . . . . akselerasi the best yet lah(walau akselerasi awal masih kalah galak sama shogun SP 2005)

    sampeyan merasakan mesin kena gejala Chattering (getar) saat high speed mas?kalo saya nda babar blas 😀

  3. tulisan IWB ne gede banget mas 😀

    alfido.wordpress.com/2012/08/28/kalau-next-new-honda-tiger-menggunakan-mesin-cbr250-rakitan-lokal-gimana-menurut-sampeyan-bro/

  4. @andri dmas putra!
    Itu karena kamu seorang fanboy maho..

    Gerobak sampah di tempel merk yamaho aja pasti bakalan kamu bilang bagus..

  5. itu kan kondisi pabrikan m?????? ****
    gmn klo ?? acak ? dikit daleman nye pake CDI BRT BUSI RACE …. Knalpot Racing ……
    akan ???? perubahan terhadap engine JZ1…

  6. wahh sempet juga z1 ne jadi pertimbangan gw,tapi berhubung karena sudah capek bawa manual,yowis dehhh pilihan ke mio j mzbro iwb..
    cuman curhatt dikittt 😀

  7. ya bnr bgt mas iwan, nyemplak mtr ymh rata2 lbh user friendly (kaki bisa napak smpurna buat cewek atau yg tingginya kurang).
    gue aja tinggi 170 naik nyu belet atau waria 125, kaki rada jinjit, ini akibat body mtr honda kek gentong.

  8. yg seperti ginian kurasa mau nambah performa cuman di ganti exhaust sm sparkplug iridium za dehhh…trus kasi minum pertamax ato di atas nya pasti ngacirrrrr…..dr abang nya njmx std..secara bobot juga mempengaruhi

  9. wah…..cepat2 ini motor….goe pikir dua kali..bro broooos gapain cepat jalan kita dikota aza…..mending HONDA YANG DIPILIH, bolehlah diadu soal suku cadang aza mana yng gampang dan awet ….bro pikirin sndiri …ok dech

  10. wal….jagan termakan iklan yYAMAHA …..YAMAHA ITU MAHAL….Karena yng mahal bukan berati yang baikKAN……

  11. intinya saya sih nda dirugikan beli NZ1,walau overprice. . .itu karena saya nda dipusingkan dengan setting FI manual di beress tiap pergi ke daerah yang beda ketinggian. . . . .

    jadi mau kedataran tinggi,rendah,AFR pun tetap baik,nda terlalu basah maupun kering,so performa tetap stabil,resiko mesin/piston baret bla bla bla karena AFR bisa dihindari Cmiiw 🙂

    oh ya,dan bebas suara “itu” :Mrgreen:

  12. @andrie
    jadi gimana utk soal suara snalpot ny najiz1??
    apakah ada prbhn d banding yg lama…secara walau byk yg dah upload di youtube pasti terdapat perbedaan,,*sambil ngelirik speaker pc butut ane :embarrased:

  13. 73. edy – Agustus 28, 2012

    wah?..cepat2 ini motor?.goe pikir dua kali..bro broooos gapain cepat jalan kita dikota aza?..mending HONDA YANG DIPILIH, bolehlah diadu soal suku cadang aza mana yng gampang dan awet ?.bro pikirin sndiri ?ok dech

    …………………………………………………………………………………………….

    silahkan ente bandingkan mengenai suku cadangnya,,,

    body tifis, cat luntur, body getar, part inden sana-sini,,

    #mancing mania……………. mantaaf

  14. tetep canggihan nyai belet karburator tekno terkini, plus Rear-Disckaleng-Biskuit nissin.

    *cuaca lg bgs buat mancing mania.

    ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  15. kalo begitu ane merasa terpuruk baru ambe mio j baru tapi konsumsi nya yg di artikel2 itu cuma 61,5kmpl sdgkan najiz dgn power yg gede nampol di 50an pdhl non economy style…wahhhhhhhhhh gaswatttt

  16. ^suaranya nda cempreng lagi,sudah “ngebas” dikit. .

    saya nda bilang “bagus”,kalo boleh milih,suara knalpot favorit saya ya punya shogun 125 SP(2005),berasa naik FU

  17. sebenar nya kalo ane dengerin suara njz karb bukan kyk cempreng,tapi identik dgn suara yg tertahan a.k.a ga bisa keluar smuaa..kalo cempreng itu kan ninin 2tak???
    correct me if false

  18. kalo mau lebih cempreng di bobok aja knalpot ninin ampe perut CatCon,precatcon tuh copot jg..dijaminnn…….borosss
    oke lah thx lahh eniwei sisttt…

  19. mas iwan lagi balapan ama penjual LPG 3kg tuh, hehehe…. :mrgreen: tp koq racing linenya beda mas 😀 apa karena ngindarin polisi tidur ya, wkwkwk

  20. 87. ubikukus – Agustus 28, 2012

    kalo begitu ane merasa terpuruk baru ambe mio j baru tapi konsumsi nya yg di artikel2 itu cuma 61,5kmpl sdgkan najiz dgn power yg gede nampol di 50an pdhl non economy style?wahhhhhhhhhh gaswatttt

    =================================

    mio J gw bulan April datangnya. FCnya kagak seperti di blog2 yang seperti ente sebut. 1 ltr cuma bisa tuk 25km. Sudah diset ulang ama DDS Cempaka Putih selama 3 jam penuh dikeroyok 4 mekanik senior, tetap aje FCnya segitu. Pemakaian trek pendek sekitar lingkungan rumah doang.

  21. aye mau bantu fbh dulu ach!!! tapi susah banget nemuin mongtor sekelas nyang bisa nandingin di honda!!! yach udah aye bandingin ama NMP aja dech!!! apaan nich Z1 lemot cuman 120kpj!!! lihat nich NMP bisa 125kpj!!! kalah jauh khan!!! 😆

  22. @bolanhok
    saya percaya aja deh,tapi cuman Mio J sampeyan sama om MIO JOMPLANG aja yang boros. . .mesti belinya barengan satu “tempat” :mrgreen:

    soalnya mio J yang lain irit semua 🙂

  23. “New Jupiter-Z1 sulit dicari tandingannya” bau lpg ne,

    klo fizr sy pernah dpt 120 kpj mas yg thn 97 yg thn 2003 cm 110 kpj

Comments are closed.