iklan iwb

Bro dan sis sekalian, brojolnya peraturan pemerintah yang mengatur uang muka (DP) menjadi 25-30% dari harga kendaraan ternyata membuat para leasing lumayan kalang kabut. Selain mengurangi potensial customer yang menggunakan jasa mereka, langkah ini disinyalir juga akan memicu menurunnya pendapatan dari sisi bunga….

Rencana peraturan baru akan diberlakukan pada bulan Juni 2012. Namun kegelisahan nampaknya dirasakan oleh para perusahaan leasing yang dipastikan menerima dampak langsung kebijakan tersebut. Makanya segala cara digunakan untuk menjaring konsumen sebelum ketuk palu dikumandangkan. Salah satunya iming-iming uang muka super gila rendahnya. Seperti yang IWB lihat didealer Honda kawasan Depok Jawa Barat….

Hanya dengan DP 600ribu rupiah sampeyan sudah bisa membawa pulang satu Honda Spacy, Scoopy 800ribu serta Beat 850ribu. Mulai dari tipe bebek hingga skutik saingan tidak ada perbedaan. Revo Fit DP paling rendah 750ribu. Gendengnya…sales mengatakan, UM 2,5juta Vario 125 PGM FI satu hari langsung dikirim tanpa survei. Sebuah bentuk kekalutan leasing atas peraturan yang digelontorkan pemerintah?. Jelas brosis, mereka ingin menjaring sebanyak mungkin konsumen. Hal ini diakui oleh sales dealer…. ” Iya mz, digenjot sebelum Juni”…serunya. Kenapa??

iklan iwb

Dengan tingginya DP praktis cicilan lebih rendah. Ujung-ujungnya pendapatan leasing dari bunga perbulan juga berkurang. Selain itu kemampuan konsumen untuk meminang kuda besi juga dipastikan turun. Lawong minimal 2,5juta….opo ora mumet. So, sebelum Juni…geber habis-habisan agar dana yang ngendap dikas perusahaan digelontorkan. Makin banyak yang kena perangkap profit-pun terdongkrak. Tapi uang muka 600ribu?? Jiann ora umum lek iki, tuku motor koq koyok tuku HP :mrgreen: !!!…(iwb)

161 COMMENTS

  1. loooh jo kageet tho mazz…
    woong nang madiun waee enek sing dp cuma 250ribu took kok…
    motor dianter langsuung…

  2. ane tahun kemaren aja masih sempet tebus vario dengan dp cuma Rp 300 rb jan edan tenan treus cicilan cuma 8ratusan. tapi menurut leasingnya dengan dp yang rendah akhirnya banyak konsumen yang melarikan motornya. untung pemerintah mengeluarkan undang-undang yang melindungi dari hal-hal yang kaya gini..

  3. semua dealer kayaknya seperti itu. ya anggap aja sewa motor 🙂
    kl mau ditarik kucing-kucingan ma penagih..

  4. Sebenernya melindungi konsumen dengan cara pencegahan… kalo gak siap bayar cicilan ya mending tunda dulu kredit motornya. Gak kuat bayar DP ya indikasi kesulitan bayar cicilan 🙂

  5. ada dp ninin 250 di tempat 500rb langsung bisa bawa pulang klo stock ada

    eit tunggu dulu tp bayarnya sisanya cash ya wokwokwok :mrgreen:

  6. biasa aja kalo honda seperti itu …semua itu belajar dari yamaho lha si RAJA KRIDIT ….semua juga mengalami yang namanya mau beli motor yamaha pasti di paksa KRIDIT kan ???? kalo ngak KRIDIT ngak dapet motor kan ??? iklannya aja di TV sudah jelas RAJA KRIDIT ” dengan mas kawin yamaho mio di bayar KRIDIT :mrgreen:

    nah sekarang untuk menegaskan si yamaho RAJA KRIDIT berikut rengekan petingginya ke mass media , katanya kalo ngak ada KRIDIT karyawannya mau di phk 😀 :

    DP Kredit Naik, Penjualan Motor Anjlok 2 Juta Unit Lebih
    Berdasarkan catatan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), target 8,6 juta unit tahun ini tidak akan tercapai bahkan bakal merosot tajam ke angka 6,3 juta unit atau turun sekitar 30 persen.

    Hal itu diungkapkan oleh GM Promotion and Motorsport YMKI, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Eko Prabowo di Yamaha DDS Jakarta, Sabtu (5/5/2012).

    ?Kemarin AISI mengadakan rapat, kenaikan DP motor mengkoreksi target penjualan motor nasional. Kita memprediksi dari 8 juta unit lebih turun ke 6,3 juta unit atau turun sekitar 30 persen,? kata Eko.

    Yamaha pun menyesalkan kebijakan tersebut dan meminta pemerintah meninjau kembali kebijakan tersebut sebelum diterapkan di Indonesia. Ia menilai angka penjualan motor nasional tahun ini akan mengalami penurunan drastis bahkan kurang dari torehan penjualan motor tahun lalu.

    AISI sendiri seperti yang dijelaskan Eko sudah melayangkan surat kepada pihak pemerintah sekitar 1 bulan yang lalu untuk mengurungkan niat tersebut, namun hingga saat ini belum ada jawaban dari pemerintah.

    ?Ini kemunduran dari tahun lalu. Tindakan AISI sudah kirim surat peninjauan kembali. Surat 1 bulan yang lalu tapi belum ada tanggapan sampai sekarang,? papar Eko.

    Saat ini lanjut Eko, produsen motor nasional pun ketar-ketir akibat kebijakan tersebut. Dampak terparah adalah karyawan yang bekerja di pabrik bisa menganggur akibat aktivitas pabrik yang tidak maksimal.

    ?Dampaknya cukup besar. Bisa mengurangi aktivitas karyawan, fendor komponen juga tidak tersuplai dan hal lainnya. Maka dari itu seharusnya kenaikan DP ini tidak harus terjadi,? tegas Eko

  7. tambahan lagi buat entong2 FBY :

    ?Lebih dari separuh pembelian sepeda motor dilakukan dengan uang muka kurang dari 20 persen,? kata General Manager Pemasaran dan Komunikasi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Eko Prabowo, kepada Beritasatu.com, hari ini.

    Dia mengatakan, penjualan motor Yamaha tahun ini akan tergerus lebih dari 30 persen dari target awal sebesar 3,6 juta unit. Selain terpangkasnya penjualan, kebijakan tersebut juga akan mematikan industri pendukungnya termasuk industri komponan.

    Dampak lebih lanjut, lebih dari 300.000 pekerja Yamaha terancam pemutusan hubungan kerja (PHK). ?Ini kan industri daru hulu ke hilir, tidak bisa dilihat hanya penjualannya saja yang terkena dampaknya,? kata Eko.

    Kelihatan banget si yamaho sangat tergantung pada Kridit DP Rendah …..karyawannya sampe mau di PHK segala :mrgreen: …. mang Kridit DP Rendah jadi tulang punggung Yamaho 😀 …. ANY QUESTIONG ??

  8. Lebih baik DP nya tinggi deh biar cicilannya kecil gk memberatkan, drpd DP kecil cicilan tinggi, GK Y gk H gk S dah pnh ditawarin dgn DP murah. bahkan diantara 3 pabrikan itu ada yg no DP. ada tmn kerja di leasing ternama, DP itu permainan marketing aja untuk mencari fee diluar salary yg mereka dptin, sbnrnya pun harga DP yg tertera “masih bisa di nego” loh, dulu masih jamannya mio sporty masih ajdi primadona skutik, DP nya minimal tuh 1,2, tapi setelah diksh tau bahwa klo dari leasing itu marketing pny minimum price tuk setiap varian mio cw DPnya 500rb berarti ada selisih 700rb, nah itulah yg akan jadi keuntungan si marketing dan teamnya, dan Vega R dlu ditawarin 750-900rb(minimum pricenya 300rb) ya pinter2 konsumen juga klo mau ambil motor cara kredit, sebisa mungkin nego algi harga Dpnya dari patokan brosur..apalagi klo mmg bnr juni byk marketing yg bakal ngejar2 konsumen.IMHO

  9. Wow…biar ai kasi jelas yah.
    Kalo apapun ???? yamaka juelek atau sampah, maka berdasarkan logika ala fbhongkong, hendi dua kali lipatnya. That’? why the true sampah is hendi. Please, don’t ask any questions nah. But think for yourself.

    Salam one heart

  10. biasa aja kalo honda seperti itu ?semua itu belajar dari yamaho lha si RAJA KRIDIT ?.semua juga mengalami yang namanya mau beli motor yamaha pasti di paksa KRIDIT kan ???? kalo ngak KRIDIT ngak dapet motor kan ??? iklannya aja di TV sudah jelas RAJA KRIDIT ? dengan mas kawin yamaho mio di bayar KRIDIT :mrgreen: ?
    ======================================================

    bukannya itu iklan TVC nya BAF selaku leasing resmi Yamaha…CMIIW

    Kelihatan banget si yamaho sangat tergantung pada Kridit DP Rendah ?..karyawannya sampe mau di PHK segala :mrgreen: ?. mang Kridit DP Rendah jadi tulang punggung Yamaho 😀 ?. ANY QUESTIONG ??

    =====================================================

    kayanya gk Yamaha aja gan yg memberi sistem DP rendah…pabrikan H, S dan Y juga semua sama,

  11. 11. bysoner
    ………..masyarakat nya konsumtif, akhir nya kita ga berfikir efisiensi fungsi dari kendaraan yg kita miliki…….
    ==================================
    Setuju bro, ane nge kos di daerah kumuh di jakarta, orang2 yang tinggal di situ motornya bagus2 n masi kinclong (Tiger, Vixie, FU dll) motor ane (smash jyadul) jadi kelihatan cupu…

  12. wow…kejar target mungkin kang…sebentar lagi kan DP minimum 20%

    mariodevan.wordpress.com/2012/05/21/anggel-with-yamaha-soul-gt/

  13. Hanya dengan DP 600ribu rupiah sampeyan sudah bisa membawa pulang satu Honda Spacy, Scoopy 800ribu serta Beat 850ribu. Mulai dari tipe bebek hingga skutik saingan tidak ada perbedaan. Revo Fit DP paling rendah 750ribu. Gendengnya?sales mengatakan, UM 2,5juta Vario 125 PGM FI satu hari langsung dikirim tanpa survei. Sebuah bentuk kekalutan leasing atas peraturan yang digelontorkan pemerintah?. Jelas brosis, mereka ingin menjaring sebanyak mungkin konsumen. Hal ini diakui oleh sales dealer?. ? Iya mz, digenjot sebelum Juni??serunya. Kenapa???
    ===
    Wow, sangat jelas dan vulgar…Any questions? No questions? Good, u pintar krn tau ini g?? perlu dibantah lg.

    Salam one heart

  14. wakakakaka 600 rebu ini yang bikin jalanan maceet 😀
    otak bisnis : andai kata gaji gw kira2 3-4jtaan yang 2.4jt gw jadiin dp buat ngambil tuh motor dapet 4 biji, gw sewain buat ngojek setoran sehari 20-30an rebu buat ngangsur tuh motor kurang lebih 2 tahunan lunas tuh motor :D, itu baru bulan pertama bulan berikutnya nambah lagi 4 biji motor dalam 1th jika berjalan terus bisa ngebeli 48 biji motor………………………..kayak ternak 😀

  15. di kunciran srpong,ada jupi mX dp600ribu bisa “nego”..
    masi tuh di pajang mpe sekarang di depan indomaret..
    segitunya perjuangan penjualnya..

  16. 70. sugiedane – Mei 22, 2012

    wakakakaka 600 rebu ini yang bikin jalanan maceet 😀
    otak bisnis : andai kata gaji gw kira2 3-4jtaan yang 2.4jt gw jadiin dp buat ngambil tuh motor dapet 4 biji, gw sewain buat ngojek setoran sehari 20-30an rebu buat ngangsur tuh motor kurang lebih 2 tahunan lunas tuh motor 😀 , itu baru bulan pertama bulan berikutnya nambah lagi 4 biji motor dalam 1th jika berjalan terus bisa ngebeli 48 biji motor?????????..kayak ternak 😀
    ————————————————————————
    pajak progresipe bonyok kang..

  17. jongos..yamaho juga sampah berarti..tuh liat yamaho sama sales2nya jualan panasan di emperan2 supermarket…tawar aja dpnya juga bisa

    ga percaya..tanya aja thole

  18. Bukan cuma DP yang bisa ditawar, cicilan per bulan pun juga bisa ditawar, bisa turun 50rbuan , lumayan kalikan berapa tahun angsuran.

  19. waahhh.. gpp 600ribu, angsurannya gimana? trus bln angsurannya brp lama? ntar bisa dpnya, eh angsurannya malah nunggak. ngambil motor dp murah bisa bayar awal nah giliran perbulannya stop.. nambah banyak motor secon di Indonesia. Finance mesti ngambil motor yang nunggak pembayarannya.

  20. Nantinya ada skema kayak gini….

    uang muka 2,5 juta tapi kemudian 6 bulan gratis cicilan…… Kwkekeke….

    Ato uang muka 2,5 juta tapi juga boleh dicicil……. Hohohoho…..

  21. lihat si yamaho saking sangat tergantungnya sama DP rendah sampe2 merengek demikian :

    Dampak lebih lanjut, lebih dari 300.000 pekerja Yamaha terancam pemutusan hubungan kerja (PHK). ?Ini kan industri daru hulu ke hilir, tidak bisa dilihat hanya penjualannya saja yang terkena dampaknya,? kata Eko.

    wkwkwk … si Raja KRIDIT …. udah jadi rahasia umum dari dulu kalo orang mau beli yamaho di paksa kridit :mrgreen:

    kasihan si yamaho even DP minimum belum di berlakukan jualannya retail ke konsumennya udah merosot jauh paling mentok 175.000 /bulan …apalagi DP minimum di berlakukan makin kelelep :mrgreen:

  22. 74. briptu – Mei 22, 2012

    jongos..yamaho juga sampah berarti..tuh liat yamaho sama sales2nya jualan panasan di emperan2 supermarket?tawar aja dpnya juga bisa
    ============================
    sama aja om,, Honda juga kayak gitu,,, ntar deh tak potoin kalo om pengen bukti,,,,, 😉

  23. jangan bilang kalo yang bayar dp rendah trus dikatakan kere…noway, pengalaman hidupku; aku selalu kredit dengan dp paling murah; dan kulunasi dalam 1 tahun…. daripada dp 5juta dicicil 3 taon…kayak beli vixson contohnya…

  24. Dampak lebih lanjut, lebih dari 300.000 pekerja Yamaha terancam pemutusan hubungan kerja (PHK). ?Ini kan industri daru hulu ke hilir, tidak bisa dilihat hanya penjualannya saja yang terkena dampaknya,? kata Eko.

    ===============================

    nobitol deg deg an banget nih

  25. didaerah ane dg modal 1jt+KTP+KK buat motor yg ready stock bisa langsung di gondol pulang kagax pke d anter sama survey..

  26. klo mau yang agak adem..coba deh kredit syariah..jauh lebih kecil…ane dah kalkulasi antara leasing cekek kantong dengan leasing syariah..jauh bro bedanya.. klo ane bilang leasing itu kaya lintah darat bukan sih?????habis bunganya bisa setinggi gunung salak…

  27. kalo mau cicilan yang ringan, sebaiknya mengambil uang muka yang besar. Ingat!!!!, semakin besar uang muka, semakin kecil cicilannya saya pikir ini lebih bagus…semakin lama ngambil bulanan semakin untung leasingnya..contoh supra x 125 dengan harga 15,6juta bisa kelar jadi 20 jutaan itu yang 23 bulan…edaaaaan…bener2 gila….apa lagi yang 3 thn..

  28. yaaaa klo gini kelihatan yang bodoh sapa?? xixixixixixii konsumen banyak produsen juga banyak rata-rata tiap perusahaan juga menerapakan rumusan seperti itu. hitung-hitungan udah dikalkulasi..;

    nikmatin aja..

  29. kredit will kill you, mending cari seken kalo duitnya kurang, atau nabung duluan, gw dulu biasa riwa riwi dg motor umur 10th an.
    sebenernya kenaikan kredit ini menguntungkan pedege motor seken.

  30. mungkin penjualan montor2 bulan april-mei akan mengalami trend kenaikan yg lumayan signifikan akibat obral2 dari dealer2, bulan selanjutnya akan meluncur lumayan tajam penurunannya.. CMIIW

  31. uhm, meski DP dinaikin, tetep dah Honda yang jadi Juara Motor…secara dilihat dari kualitas yang ok banget dan harga purna jual yang memuaskan, konsumen juga akan terpuaskan….
    🙂
    Honda forever

  32. Ga kaget kang iwb
    Di t4 gue DP nya mlh Rp. 0 jg bnyk..tuh brosur penawarannya mpe numpuk drumah..

  33. saya aja cuma ngasi 200rb pada 28 feb 2008 motor langsng keluar pas besok harinya mas iwan… tapi alhamdulillah tahun 2010 sdh lunas (motornya revo 100cc CW) bahkan tanpa dp pun masih ada jika mau ngubek2 setiap dealer or pameran2 kecil

  34. mas IWB maaf oot! saya baca di vivanews.com honda sukses membuat pesawat dan telah mengujinya!! Tolong buatkan artikelnya ya trims mas…

  35. @yeloww

    yakin klo honda tanpa kredit bisa banyak jualan?

    coba saja survei, berapa persen antara kredit dan kontan,
    gw yakin 10% kontan, 90% kredit.

    jika 1juta jualan honda dari perbandingan diatas,
    berarti jika honda ga ada kredit berarti jualan cuma 100rebu unit..

    lah wong rata rata pembeli motor di mari itu kredit..

    yakin honda laku klo kredit dihapuskan/dihilangkan..?

    tanya saja dari 10 temanmu pemilik motor honda, yakin ane bilang semua kredit, wong tetangga ane yg kaya saja juga kredit..(beli kontan ga dilayani)

    xixixi

  36. ditunggu brosurnya yamaha ya kang..
    xixixiii…
    pengen denger komennya jaos, thole, cs.
    xixiiiii

  37. ^^^ jangan lha , kasihan ….udah jualanya makin mengkerut …di tambah lagi dibuka aib DP ( lihat di iklan TV aja mio J yang baru udah ada subsidi DP :D) … biarlah honda di jelek2an toh honda walaupun turun tapi ngak sehancur yamaho 😀

    tapi tenang aja honda vario125 yang masuk segement kelas atas jualan bisa sampe 80 ribu/bulan ……. yang beli menggunakan dp 20% sangat kecil sekali …. di dominasi cash …. sisanya DP 40-60%…… dan yang pastinya profitnya gemuk.

  38. fakta tentang kredit…..
    Yang ngasih kredit adalah perusahaan leasing yg gag ada sangkut pautnya scr langsung dgn atpm….. itu artinya kita beli maka atpm telah menerima lunas…. So… Bila ada di delear tertentu gag boleh kontan maka leasing menghitung ni motor laku banget tapi barang dikit… So turun dealer langsung diduitin sama dia….
    Kalo dp murah… Leasing menghitung ni motor stoknya banyak ato estimasi laku di daerah tsb kurang….
    Jadi kalo masih tengkar masalah merk dihubungkan kredit… Sama aja bodoh… La yg pegang strategi kredit kan leasing (dgn strategi pemasaran yg bisa beda di dua dealer satu kota)… Bahkan ada leasing yg sebar sales di dua merk…. Atpm cma ketawa barang laku… Gag usah bayar sales…..

  39. cara paling mudah mengetahui banyak yang terkena Kredit Macet lihat harga jual kembali dari motor2 terutama motor yang tahunnya masih2 baru ….nah motor merk apa tuh yang harganya paling jatuh ??? :mrgreen:

Comments are closed.