iklan iwb

Bro dan sis sekalian…sebuah kesempatan emas bisa bertatap muka dengan pejabat YIMM. Para Blogger bertemu dengan petinggi Yamaha di Excelsior Coffe menjadi ajang share knowledge khususnya Soul GT. Produk yang dinobatkan sebagai pengganti Mio Soul ternyata menyimpan segudang fitur dan teknologi yang tidak ditemui pada produk sebelumnya. Seperti apa??….

Presentasi dibawakan secara langsung oleh pak Abidin (GM Service Divisiom YIMM). Seperti yang pernah kita bahas sebelumya…revolusi yang dilakukan oleh YIMM mencakup dua hal yakni desain dan teknologi. Desain?? sampeyan wis ngerti dewelah, monggo diintip aja gambar-gambarnya :mrgreen: . Teknologi?? nah ini yang perlu kita kupas. Teknologi yang tidak terdapat pada generasi sebelumnya adalah diasil silinder & forged piston serta YMJet FI….

Kelebihan forged piston selain kuat dan ringan….material ini bersifat elastis seperti silikon sehingga pada saat mesin panas, clearance tetap terjaga dengan baik. Begitu pula ketika dingin…kerenggangan piston pada dinding silinder akan menyesuikan. Keunikan ini tidak ditemui pada piston dan silinder reguler yang cenderung rapat ketika mesin dingin serta renggang pada saat mesin memuai akibat panas. Makanya jangan heran forged piston dan diasil silinder mendapatkan garansi pabrikan hingga 5 tahun. Sebuah bukti rasa percaya diri tak terbantahkan. Terus gimana dengan YMJet FI??..

iklan iwb

YMJet FI…..fuel injection tercanggih dari Yamaha mampu memecah partikel lebih kecil lagi untuk melakukan pembakaran. Jika semprotan injeksi lain seperti “hujan” maka YMJet FI cukup menggunakan “kabut”. Keuntungannya….pada saat eco riding (kisaran 0-60km/jam) asupan bahan bakar bisa ditekan hingga 30% lebih irit. Pada dasarnya perbedaan YMJet FI dibanding kompetitor adalah Air Passage serta 2 throttle valve. Dua mekanisme itulah yang membuat YMJet FI menjadi istimewa. Misi milleage tidak akan maksimal tanpa dukungan komponen lain. YMJet FI hanya satu teknologi penting diluar…

1. Advanced low friction technology :

Gabungan low resistance muffler, low loss bearing crankshaft, new CVT System, light weight crankcase, roller rocker arm, low loss bearing camshaft, low friction piston ring, low loss AC/DC generator, dan low loss turbo fan. Semuanya dilebur secara kompak untuk mendapatkan performa dan keiritan maksimal.

2. Diasil Silinder dan Forged piston

Berbahan dasar aluminium mampu melepas panas dengan cepat serta bobot lebih ringan. Tujuannya untuk mengurangi lost power dengan cara menjaga piston clearance serta kompresi secara stabil plus perputaran engine menjadi makin enteng…

3. Small & Brush fuel pump

Berukuran lebih mini dan kompak. Kelebihannya….membutuhkan daya listrik rendah sehingga menjaga performa aki serta keiritan.

Apakah hanya itu?? tidak brosis. Yamaha merombak ulang panjang pipa udara serta ukuran gearbox dengan ukuran yang lebih besar. Accelerasi makin maksimal ketika belt yang dibenamkan pada Soul GT direvisi ulang lebih pendek 15mm. Dalam presentasi santai tersebut…terungkap bahwa injeksi generasi matic Yamaha telah mengadopsi air pressure sensor, air temperatur sensor, throttle position sensor serta O2 sensor. Dua hal pertama sangat berguna ketika kendaraan dipakai pada ketinggian diatas 1000m dari permukaan laut. Sebab ECU secara cerdas akan mendeteksi akan adanya perubahan tekanan dan suhu udara. ” Hati-hati sebab produk kalau hanya sekedar FI tapi tidak dilengkapi keduanya bisa trouble lho..” canda pak Abidin tersenyum. Walah…maksudnya ?produk yang mana nih??…

Sayang untuk menekan cost, fuel injection generasi matic tidak dilengkapi lean angle sensor. Hal ini beda dengan Vixion yang bakal mematikan mesin secara otomatis pada derajat kemiringan tertentu. Namun pak Abidin menjamin keamanan akan tetap terjaga ketika biker jatuh dengan adanya grip gas yang memungkinkan pengendara menutup throttle. Diluar itu??….tidak diragukan, Yamaha Soul GT adalah Revolusi total tak terbantahkan. Accelerasi makin yahud, namun bensin makin irit. Sebuah kerja brilian dari insinyur pabrikan garputala. Last….untuk menambah pengetahuan tentang Soul GT, berikut IWB lampirkan beberapa jepretan presentasi YIMM yang dibeberkan keBlogger. Semoga berguna...(iwb)

156 COMMENTS

  1. YMJet FI….?????,, sdah yakin sama kwalitas BBM di indonesia,,,,yakin fuel pump bakalan awet,,,memang minim perawatan tp sekali rusak,,,bakal tepuk jidat,,wakakakak

  2. dari sekian banyak komentar ternyata banyak yang antipati termasuk gua…
    karena yamaha doyan pake fitur operpress

  3. kita adalah bangsa yang santun dan bermoral … dalam memberi komentar sebaiknya juga demikian, saya turut prihatin, inikah cermin pribadi bangsa kita saat ini ? Jangan heran kalau sekarang kita hiduo di zaman yang amburadul, semua dimuali dari hal kecil diri kita sendiri termasuk dalam menghormati orang lain (aku bukan fans boy) …. mari kita renungkan ….

  4. 4. sinbe – Mei 7, 2012

    Pak Abidin sempet2nya nyindir yg sensornya dikit? Biarpun dikit yg penting kan resiko trouble per komponen kan kecil.
    #Jadi gak respect gara2 ada bumbu BeCe :mrgreen:
    ====================
    kelakuan yamaha emang gitu bro dari dulu.. nyari gara2 melulu.. ngga penggedenya, ngga fan boy nya, sama aja tuh… ntar kalo di bales ngga terima..

  5. Roy Gracie berkata:
    iritan beat*
    *syarat dan ketentuan
    berlaku
    ——————-
    iritan mio j*
    *kecepatan konstan 30km/j

  6. si togos goblox pada Mei
    7, 2012 pada 10:44 AM
    berkata:
    motor keren nih, tapi ko
    banyak yang ga suka ya?
    oh itu mmungkin org2
    yang sudah ke tipu sama
    merk motor tetangga,
    ahahahaa?? mesin
    bandel, irit harga jual
    tinggi (ya motor ojeg
    punya tetangga )
    ahahaaaa.. mang ojeg
    mang, keren ojek nya
    pake NMP euy,
    wkwkwkwkwkwkk
    ——————–
    ane pernah ngojek, ane pilih motor yg terbukti kuat dan awet. ente punya masalah dengan tukang ojek? klo ane punya masalah ame perampok n bandar

  7. @ 63. kerja motor – Mei 7, 2012

    Padahal belum tentu komentar mereka signifikan terhadap penjualan..entah itu pabrikan H atau Y..
    Secara garis besar komentar dikuasai oleh Fans Honda dan Yamaha, kenapa ? karena pabrikan lain seperti Suzuki dan Kawasaki prosentase penjualan nya kecil…
    Secara naluri apabila ada pabrikan yang terusik oleh pabrikan lain, maka orang-orangnya akan berkomentar buruk terhadap pabrikan lain..

  8. @ 9. penonton
    Wihh..teliti sampeyan. Bener bro…langsung dikoreksi
    @ 12. siti_jenar
    Inggih den…lek ketemu maleh nggih :mrgreen:
    @ 16. thole
    maturnuwun sudi dibantu jawab
    @ 26. razor
    Kan disesuaikan target marketnya bro…
    @ 26. razor
    Waduh…lupa nanya hal itu. Sip, kapan2 kalau ketemu saya tanyain…
    @ 40. penggemar ninja
    Kalau saya dulu nanya Byson. Mahal bro bisa sampai 10jutaan

  9. 65. overlap – Mei 7, 2012

    Roy Gracie berkata:
    iritan beat*
    *syarat dan ketentuan
    berlaku
    ??????-
    iritan mio j*
    *kecepatan konstan 30km/j
    ———————————————————————————–
    lebih irit dari pada sipanci helemin…

    :mrgreen:

  10. yang komen disini apalagi yg jelek2in merk kaya bisa ja bengkelnya/tuh orang bikin motor,palingan motor dah bener2 eh0 dioprek mesinnya diganti2 partnya diganti juga biar lebih kenceng X..dibawa seruntulan kaya bocah ALAY buat malam sabtu & mlam minggu ngetrek2kan liar,bilangnya si STANDARAN BOSS!!

    malah ganggu orang malam2 pada kebut2an ga jelas tarohan paling banter cuma ratusan rebuu,klo yg maen jutaan bayar polisi dulu biar aman, klo ada polisi SWEEPING dpet motornye ditanya surat2 eh bodong lngsg angkut!

    ah dah basi kelakuan jaman skg kaya gitu,,sama ma yg komen seperti komennya org2 bodoh disekolahin tapi ga belajar menghargai satu sama lain & ga ikhlas menerima kelebihan & kekurangan!! INDONESIA MAKIN ANCUUURRR..

    W miris kasian ma yg pnya blog dah susah payah nulis..blognya buat ajang adu BACOT yg ga jelas..Byk provokator ga jels yg pecundang!!

    salam damai sesama rider!!

  11. @Arday,,,,”Kupas tuntas Yamaha Soul GT. Revolusi total!!” temanya khan udah jelas kho yang dibahas bali alias balap liar…. tepuk jidat ni org…huffff

  12. ASUS
    NEBULA
    berkaca dulu deh sana…bawa SPACY FI lo…mana yang boros.
    bandingin aja sutekno lo sama SPACY mana yg irit. baru lo bandingin sama si meong. masa cuman 108 cc kalah irit banding 125cc. apa karena gentong nya kegedean ya. 😛

  13. bwakakakak… Dimana ada artikel yamaha, disana ada rombongan fans mahonda gila & stress

  14. honda paling awet? hahaha….
    kalo supra gw gak rajin2 ke bengkel, bisa ambrol bro. Paling rewel nih supra gw di antara motor yg pernah gw punya.
    Gw dulu punya kaze awet banget bro, sayang dah gw kasih ke sepupu

    Tuh bmw touring keliling dunia 220.000 km, awet2 aja. Mesinnya gak ada masalah.

    vespa aja yg lebih tua dari mahondut masih sering ngeliat di jalan gw
    sedangkan legenda butut? waduh, bunyinya dah kayak kentut hahaha, gak ada tenaganya lagi

    temen gw jual legenda 1 juta bro, karena saking parah rusaknya

    Beberapa hari yg lalu gw liat abs revo di diler motor bekas. Waduh, keluaran tahun 2009 kok swingarmnya dah karatan aja 😆
    Bunyinya dah bising gak karuan.

    Bro, semua motor bisa awet, asal gak pakenya bener & rajin dirawat. Gak cuma merk H
    Oke?

  15. O..ternyata iritnya YMjet Fi sebesar 30 % hanya kalau dibawa ECO RIDING to….!!!!!!
    Ketahuan deh kalau lagi belajar irit, baru belajar aja songongnya minta ampun, pake nyindir produk lain lagi. Dasar pak Abidin, buktikan, jualannmu tdk akan laku.

  16. klaim 70 kmpl, eh taunya cuma 42-45 kmpl.
    pembodohan otomotif tingkat tinggi.
    klo ada blogger yg ngungkapin fakta ini langsung diserang habis2an.

  17. @74. Roy Gracie – Mei 7, 2012
    Sorry boss ane bukan sales, penunggang kuda besi juga.. 🙂

    @ 75. han’s – Mei 7, 2012
    jiaah Cuma mengingatkan sorry klo menggurui..bnyk juga yg ga jelas komennya boss…
    oiya klo ga mau rusak parah & tepak jidat klo punya motor harus rajin ngerawat lah cuy meminimalisir biaya kerusakan & Melek teknologi injeksi, Mau pabrikan Y & H kedepannya dah injek, krg tau ah klu pbrikan lain..

  18. 38. EXYBAND – Mei 7, 2012
    kasihan juga sama yamha ya.
    mau awet aja harus pake forged piston dan diasil silinder segala.
    dan buktinya/
    masih nihil?

    Honda tanpa itu mesin udah terbukti awet.
    lihat di jalan, motor Hondaproduksi tahun 80-an aja masih sehat wal afiat.

    coba nyari motor yamaha tahun segitu dijamin suusahnya minta ampun, paling udah diloakin?
    —————————————————–
    yg produksi 80an apaan tuh, paling cuma CB dan c70.
    anehnya yg CB dan pada ganti pake mesin tiger, yg c 70 banyak yg pake blok grand, ya jelas aja masih jalan ampe sekarang walau ada beberapa yg orisinil.
    tapi udahlah masa lalu tuh………
    sekarang sama2 bandingin produk terbaru Y dan H di tahun kelahiran setelah 2005, kira2 awetan mana ya??? hahahahah….tuh lihat honda legenda..gimana nasibnya??masih mau bilang awet???

  19. MAKASIH BANYAK KI,BERKAT BANTUANNYA SAYA DAPAT 65,JUTA DARI ANGKA YG MBAH BERIKAN HASIL RITUAL BENAR BENAR TEMBUS ALHAMDUH LILLAH SAYA SUDAH BERMODAL DAN MENCUKUPI KEBUTUHAN KELUARGA SY SEHARI HARI JIKA ANDA INGIN SEPERTI SY SILAHKAN HUB AJI SOKO DI NMR:0_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4 ATAU KUNJUNGI WEPsite ASLI AJI SOKO DI prediksiajisoko.blogspot.com KALAU ANDA INGIN MENGUBAH NASIB

  20. revolusi total? kayaknya belum deh, bannya masih tipis sama ama mio, model peleknya aja masih sama.

  21. Ini artikel muantaap…dua jempol. Foto2 lengkap dan informatif.

    Salam one heart!

  22. ini bahas motor yamaha napa pada FBH yang nongol. komentarnya menghina pula. apa setiap orang yang pake honda tuh jadi doyan menghina produk lain ya? jadi ga respect kalo ketemu pengguna motor honda. apa karena itu juga ya pengguna honda beat dan honda revo banyak yang ugal – ugalan di jalan? ckckck

Comments are closed.