iklan iwb

Hari ini berkesempatan ngobrol-ngobrol dengan orang Jepang salah satu Presdir perusahaan heavy industri. Banyak topik kita bicarakan hingga akhirnya mengarah kemotor….

Kita membahas Honda, Yamaha, Kawasaki serta Suzuki. Dalam pandangan beliau…..Honda adalah motor terlaris diseluruh dunia. Kemudian Yamaha…merupakan pabrikan yang konsisten sebagai peracik motor cc kecil antara 100 – 170cc. Sedang Suzuki….tidak ada komentar khusus yang diungkapkan. Sementara Kawasaki??…ini nih yang membikin IWB mengerutkan dahi……

Dalam kacamata orang Jepang…nyaris mayoritas mengatakan bahwa untuk motor besar produksi masal yang terbaik adalah Kawasaki. Begitu pula yang diungkapkan oleh Mr. Nakamura. Beliau mengatakan…..“? Kawasaki bagus. Engine dan sasis is number one..” ujarnya memakai bahasa Indonesia campur Inggris. Karena penasaran IWb tanya…” apa alasan bagus dimata beliau??”. Jawabannya….” DiJepang…big bike always Kawasaki..!!” fast dan good quality!!…tegasnya….

iklan iwb

Hhhmm…menarik atas? fakta yang kita temui dari statement diatas. Patut diketahui…Mr. Nakamura bekerja diperusahaan yang tidak ada hubungannya dengan hingar-bingar industri otomotif. Jadi bisa dijamin opini tidak ada distorsi kepentingan. Praktis…sudah dua kali IWB menemui dua orang besar warga Jepang memberikan nilai plus kepada Kawasaki. Yang pertama Mr. Ito (Artikel lalu klik disini) dan sekarang Mr. Nakamura. Tapi pertanyaannya…..kenapa prestasi genk ijo dikancah balap dunia tidak secemerlang Honda dan Yamaha???…..(iwb)

82 COMMENTS

  1. satu hal yg perlu direnungkan pihak Suzuki
    biar motornya laku,,buatlah desain yg bagus
    sehingga masyarakt suka
    selama ini desain bebek kawasaki jelek amat…sumpah …!!!

  2. kawasaki tidak ikut serta di moto gp dikarenakan dana yg terbatas, sedangkan untuk menjadi peserta di moto gp di butuhkan dana yg tidak sedikit,
    klo masalah kawasaki motor kencang emang di akui di indonesia, siapa sih yg ga kenal ketangguhan kawasaki ninja nya…….

  3. Sekarang tahta Hayabusa sudah diambil alih ZX-14R… menjadi yg tercepat.
    Sdh dari jaman abg saya kenal Kawasaki, yaitu AR125, motor terganteng dan tercanggih di jaman itu. Sejak saat itu merk ini selalu melekat di hati, sampe hari ini. Kawasaki emang selalu spesial, lain dari yg lain. Nyemplak di atas motor Kawasaki memberikan ‘feel’ yg bener2 beda dan ada satu kebanggaan, karena di mana begitu sangat amat banyak org yg mencibir merk ini, justru saya merasa bangga dgn merk yg ‘dibuang’.
    So… let the good times roll 😉

  4. emang bener mas,tante saya yg tinggal di.jepang juga bilang gitu kalo mobil nissan yg di segani bukan toyota.

  5. Dan yg bikin Ane heran soal salah satu produk Kawasaki yaitu Ninja 150 SuperKips klo gak buat kenceng malah gak enak larinya alias Skipsnya cepet macet kata seorang mekanik waktu servis. Jadi harus teruss digeberr (brarti durabilitynya tahan banting), batin Ane tuh motor bikin ciut nyali aja lewat >8000rpm. Kawasaki bsa dikatakan produk yg bandel cz dr cerita diatas bsa Ane simpulkan sendiri.

  6. klo ane demen bgt ama namanya, K.A.W.A.S.A.K.I….keren euy. moga ga kaya h&y, dah byk yg pake produk mrk, biar kawasaki jd merk minoritas & jd exlusive. ane pake scorpio ga ada yg nglirik, bgt pake ninin meskipun th 02..anak sd,smp,sma,bpk2,ibu2,bahkan bulikku yg jualan nasi blg mtrnya keren, setiap kali lwt ada aja yg nglirik mtrnya, bkn orgnya, hiks..hiks…

  7. jarang numpak Kawak, bagi ane kok sama saja, mungkin karena belom pernah mbetot, soalnya punya temen, takut kenapa2,, hehe
    tapi menurut ane emang top dah kawasaki, diliat dari finishing en detilnya bagus,
    kawak ga ikut MotoGP karena masalah finansial, Suzuki en Yamaha aja udah ketar ketir, maklum masih suasana krisis nih,,

  8. kawasaki itu punya heavy industries jadi lebih hebat lah. Motor2 kawasaki rata2 berat, tapi lebih kuat framenya & awet. Gw dulu punya kawaks kaze, berat banget kalo dibandingin motor bebek lain. Gak kayak sekarang motor2 sasisnya pada kopong.
    Mungkin maksud si Mr Nakamura adalah orang Jepang lebih respek ke Kawasaki karena kawaks punya heavy industry yg udah bikin kereta, mesin bor, jet, satelit jadi lebih hebat lah. Bandingkan dengan honda heavy industry yg gak terlalu sukses dibandingin KHI.

  9. kawasaki kuat diproduksi motor besar tapi melempem di balap dunia. abis, klo pengembangan di balap mahal. dan masuknya ga seberapa. cuma image doank. jadi, ya pengembangannya di lini yg bisa dijual aja deh. hehehehe

  10. pertama punya motor kaze,ridingnya enak stabil pernah bawa dr malang-surabaya dpt top speed 130km/h ga goyang. Klo pakai bebek laen dpt 100km/h ngeri bawa serasa oling.skrg mau cari zx130 susah bgt nyari 2ndnya.dah ga kluar lg barunya.ga tau kenapa terasa beda klo naik kawasaki walaupun minoritas tp kesannya exklusif.

  11. ada bnrny jg seh..tmen ane pake blit joy dah 5 thn msh oke2 ja tuh mtr..klw merk laen ga tau deh..ktya spare part mahal.tp hrg ga bhng..buktinya ane pake ninja 150R dr taon 2003 smpe skrng. .n ga ingin brpaling k merk laen.

  12. gmn mau pindah motor coba…saya pakai ninja rr 2008..seumpama nya pengen ganti motor..susah banget cari motor kencang dan bandel seperti ninja ini di indonesia…toop speed dengan mudah kita dapat…dari denger nama nya saja sudah seram…kawasaki ninja rr 150 2TAK bro.

  13. wkwkw,.iy bgt,. ak pke ninja L, mantap gt est,, mau kecepatan brp tep stabil,, itu lah yg tidak dimiliki merk laen,. jadi mengendarai kawasaki dengan laen akan terasa bda,. boros y emang lbi boros dr yg laen, lha motor eksklusif kok mkir bensin,. mikir performance ta,.wkwk

  14. ane pengguna kawasaki zx 130. best handling utk naik turun daerah pegunungan. ujung footstep ampek abis gara” keseringan cium aspal coz libas tikungan sambil rebahan abizzz…

  15. walau ga turun di motoGP, kawasaki sering juara di MX, WSBK?? scott russel, juara dunia pake kawasaki & tahun2 ini juga mula berprestasi.

  16. Ya iyalah,kawasaki belum punya rider top di motogp,coba aja kawasaki kawasaki kontrak pemain ternama,abis dah yamaha ama honda

  17. ya bener banget, saya sendiri pengguna CBR yang beralih ke N250Fi, terkesan banget naik ninja 250 fi, stabil dan gak goyang-goyang walau kecepatan tinggi, honda CBR saya 100km/h aja uda oling-oling.

    kawasaki di MotoGP gak menang itu karena belum ada rider/pengendara motor yang TOP. contoh kasaran aja 2 unit Honda CBR dengan rider beda balapan -> gak mungkin finish bersamaan! coba Rosi pakek motor kawasaki di ajang MotoGP. pasti beda hasilnya.

    terus tambahan : honda memiliki selogan “selalu sehati” terus harga motornya/mobilnya overprice. servis atau mekanik bengkel aja gak berkualitas, masak jago saya dalam service motor mereknya sendiri (saya belajar service motor dari kakak saya pengusaha bengkel mulai kelas 6 SD dan tanpa sekolah atau pendidikan).

    terus tambahan : yamaha memiliki selogan “selalu di depan” ngeluarin motor 250 cc aja ketinggalan, yang namanya motor sport ya fairing, motor touring di bilang motor sport (kalo yamaha di negara eropa mungkin bisa terdepan barang-kali, soalnya ada R125,R6,R1,dll yang dijual masal)

    tambahan buat kawasaki : salesnya yang agak menyebalkan, sebenarnya stok ada tapi di bilang gak ada (khusus N250Fi aja mungkin), kalo mau cepet pakek sogokan atau uang percepatan barang! buat service dan mekanik bengkel kawasaki sejauh ini saya nilai 7.0!

  18. gak cuma di jepang bro…. di dunia kawasaki itu emang dinilai lebih baik ketimbang honda yamaha… orang disuruh beli ZX-10R sama CBR, pasti milih ZX-10R… kalau penggila kecepatan.
    dunia balap tuh banyak faktor… gak cuma pembalap. kerja sama dengan team dll. bahkan part yg digunakan selaku sponsor mau gk mau pakai itu.
    liat penggemar ninja di dunia sama cbr banyakan mana?
    kaya ducati, di motogp lagi tenggelam krn blm dpt yg cocok pembalapnya. karakter ducati susah ditaklukkan. top speed tahun lalu aja rossi nyentuh 354 km/h di misano.
    intinya…. bagi penggila kecepatan kawasaki itu memang lebih baik ketimbang pabrikan jepang lain.

  19. Awal perjodohanku dengan ninja. dulu sempat naksir sama nsr 150, pas tanya2 ke dealer hondanya ternyata tidak produksi lagi, akhirnya dengan terpaksa membeli kawasaki ninja 150, sempat sinis juga sih dengan nama kawasaki yang dulu jarang terdengar dan belum banyak yang pakai, tapi pas pakai UAAAAJRENKKKKKKK MUANTAPPPP TIDAK KECEWA 🙂

  20. ahh honda sekarang mah harga unitnya overprice, sparepartnya juga, kualitase memble hargane mahal…..gimana nggak untung gede

  21. honde nmr 1penjualan,,yamaha lbh fokus jualan gitar,,sijuki maen mbl aj lah prestiseny lbh dpt,,kawasaki dsegani y krn biasa bikin alat berat mkny mtrny berat2

  22. Kalau soal kwalitas mesin dan sasis Kawasaki jagonya,baru Yamaha,Suzuki,Honda……lihat aja di Eropa dan Amerika moge terlaris itu Kawasaki dan Yamaha …Honda ????kurang laku krn kwalitasnya masih dibawah kawazaki dan Yamaha …..Honda itu cuma laris Matik dan bebeknya aja di seluruh dunia……motor sportnya amburadul ……

Comments are closed.