iklan iwb

Kesempatan yang diberikan AHM kepada Blogger guna jajal motor anyar Honda SupraX125 helm-in tidak disia-siakan. Mendapatkan kloter pertama, IWB akhirnya bisa puas mengekplorasi bebek berbagasi 19,6 liter tersebut….

Dari sisi ergonomi…SupraX125 helm-in tidak jauh beda dibanding saudaranya. Nyaman dan santai serta stang bisa dipegang secara rileks. Yang membedakan hanya bagian jok dimana helm-in lebih lebar menyesuaikan kontur bagasi dalam. Kendati secara visual terkesan kurang manis, namun tidak ketika kita nyemplak diatasnya. Jok lebar memberi kenyamanan lebih pada bokong. Apalagi kombinasi busa dan kulit jok serasa empuk dan lentur mengikuti gerak duduk kita….

Boleh aja commuter bike…tapi tidak ada salahnya dong ya kita tahu performa engine. Itulah yang ada dibenak IWB. Dan IWB yakin mzbro diluar sana banyak yang sependapat dengan masalah satu ini. Aba-aba dimulai mesin dihidupkan. Suara halus khas SupraX series menggema.? Gear satu masuk dan IWb beserta tiga blogger lain, Bro Didi dan Giri mengikuti sweeper yang dikomandani bro Andri serta Teddy (HC3)…..

iklan iwb

Handling sibebek identik dengan SupraX125 reguler. Cuma entah kenapa…IWB merasa sihelm-in agak lebih baik khususnya sisi kestabilan. Bisa jadi wheelbase yang lebih panjang ketimbang saudaranya. Kemudian accelerasi….juga sami mawon. Yah…intinya susah dibedakan kalau kita hanya mengandalkan feeling belaka. Pengereman juga tidak banyak berubah. Kendati kaliper depan mengaplikasi satu piston, respon braking sama pakemnya….

Rute padat membuat IWB gelisah. Selama beberapa kilometer kita hanya bisa memakai gigi 1, 2, 3 dengan low rpm. Tapi alhamdullilah..akhirnya tiba dijalan buncit raya. Jalan besar satu jalur layaknya jalan tol. Seperti kuda lepas dari kandang, motor IWB betot habis-habisan. Puntir gas mentok…pergigi digantung hingga nafas habis. Konsentrasi kedepan? sambil sesekali ngelirik speedometer…..

Gear satu tembus sekitar 42km/jam….gear dua 80km/jam….serta gear tiga meraih 100km/jam….baru masuk gigi empat (speed sekitar 102km) rute sudah masuk tikungan sehingga gas dikurangi. Wihh…ngacir juga nih motor. Dalam pandangan IWB, untuk ukuran bebek 125cc…accelerasi dari 0-100km/jam termasuk cepat. Namun power serasa agak ngedrop ketika masuk gigi 4. Indikator utama adalah kenaikan speed yang mulai lambat. Namun IWB yakin….motor bebek bertanki bahan bakar 5,6liter mungkin bakal bisa tembus 120km/jam jika joki sudi nunduk. Kemudian vibrasi engine juga lumayan halus. Sayang di bagian stang getaran masih cukup terasa ketika sibebek digeber pada rpm tinggi….

Last...sebagai motor komuter kita harus kembalikan kehabitatnya. Seperti yang AHM bilang, motor diracik mengedepankan fungsionalitas bukan performa. Apalagi engine memang terbilang irit yakni 1 liter sekitar 56 km. Kesimpulannya..secara keseluruhan motor ini memang patut untuk dipertimbangkan. Bagasi…tanki besar, irit, handling mantap serta fitur mumpuni. Ada pertanyaan mzbro??….(iwb)

113 COMMENTS

  1. gigi 3 tembus 100 km/jam???… udah gitu helm in….makin mantap aja niih… kita tunggu inovasi apalagi ya dari AHM….

    • @ K’oto
      Kudu ditest dulu mzbro…
      @ bendol
      Bukan bermaksud Lebay. Kan saya blng mungkin mzbro….

  2. AH LEBAY!!!, GIGI 3 100, GIGI 4 105, KOK TAU-TAU KALO MAU NUNDUK-NUNDUK DAPAT 120. JALAN CERITA NYA DARI MANA COBA.

  3. “Sayang di bagian stang getaran masih cukup terasa ketika sibebek digeber pada rpm tinggi?.”… ternyata masih tetep Honda 😀 tp lucunya, di vario gejala itu bisa diminimalkan lho, knapa di bebek selalu ada yah ?

  4. ane pake 125 juga, cuman karisma, :P… emang paling enak kalo narik tuh di gigi 3… dah, ga usah oper2 lagi ke gigi 4.. cos mang kalo dah ke gigi 4 agak lemot..

  5. wah kyknya ada yg mau beli nih setelah kesengsem ngetes 😀
    asmarantaka.wordpress.com/2011/10/10/sedikit-bocoran-tampang-depan-kawasaki-new-zx14-2012/

  6. hmmm…ane kutip ya om iwan jawaban nya…
    #@ AX125
    Tergantung kalibrasi speedonya mzbro. Sebab secara feeling 100km/jam Supra sensasinya berbeda dibanding sikebo….#
    hohohohoho…dr jawaban om iwan sepertinya speedometer ny supriX125 karburator ini balik ke zaman baheulak…selisih ny ama GPS sangat lebayzzz…sepertinya efek penurunan dr speedo terdahulu yg memakai sensor pd gear depan (kyk satriaFU) balik lg ke sensor gear roda depan…berakibat pembacaan speed ny LEBAY…gigi 3 ampe 100kpj wkwkwkwkwkwkwkwkwk…

  7. emng bener tu mas bro
    malah gue bawa hsg kponakn gw
    gigi2 90kpj
    gigi 3 105 kpj lbih
    tapi di gigi 4
    tenaga drop abis
    mngkin harus d trek yg bgus baru tmbus 120 kpj versi spido
    mx lawas juga gigi 3 110kpj gigi 4 tmbus 130kpj
    gas mntok tp tnaga belum habis
    tapi da jaln lurus kira2 2kman la
    lagi2 itu camn versi spido
    tapi mx anyar ngedrop
    di jarak 1 km trek lurus tenaga abis gas habis uda nunduk lagi
    cman tembus 120 kpj doang

  8. kayaknya masi sama aja ni dengan yang versi sebelumnya.Geber sampe gigi 3 emang enak naiknya, tapi gigi 4 itu speed ga nambah lagi malah cenderung drop. gigi 4.nya overdrive banget 🙄

    Punya saya cuma tembus 110kpj, Punya teman yang PGM-FI juga 110kpj. itupun kalau percaya ama speedo supra yang menurut saya lebaynya bisa 15%. 😆

  9. mungkin krn helm in, jadi body lebih besar, otomatis lebih stabil…ngomong2 kenceng banget gigi 3 bisa 100 kmpj..

    nitip mas iwan..
    boerhunt.wordpress.com/2011/10/10/menjual-rute-kereta-api-itukah-wujud-usaha-peningkatan-profesionalisme/

  10. Mas iwan, test ridenya di Rolling Stone Ampera ya?! Wah deket rumah Nazaruddin sama Sekolahku itu mas. Hehehehehe…

  11. Wow mantap…iya sudah liat juga iklannya di televisi. Test ride nya nampaknya klo saya jadi produsen pabrikan motor lainnya…pasti panas. Helm in ya…oke juga.

  12. bisa jadi pilihan nie honda supra x helm in, selain kaya akan fitur jga ada tempat penyimpanan helm di jok dalamnya.

  13. 23. M4ZM4N – Oktober 10, 2011

    kl 120kpj ane gak yakin deh kecuali jalan menurun terus ?supax125 lama standar max 110-115kpj on spidometer
    ==============================================

    knp nggk yakin…???? saya sdh membuktikan hsx 125 th 2006 kondisi standar tanpa ganti part racing apapun… bbm premium masih tembus 120 km….

    any question…?

  14. gigi 2 dan 3 bisa 80kpj, 100kpj sama kayak ninin 250 ane dong.. hihihi

    ninin standar ane (on speedo, kita tau ninin 250 juga sama2 ada penyimpangan di speedo, namun kayaknya gak parah :p) begini nih:
    gigi 1: 60
    gigi 2: 80
    gigi 3: 100
    gigi 4: 120
    gigi 5 dan 6 nyaris tak terpakai *kurang nyali*

    memang speed per gigi boleh jadi sama, cuman kan yang jadi patokan akselerasinya ke kecepatan tersebut berapa detik..jadi boleh jadi si supri ini bisa segitu gigi 3nya, namun kalau ninin 0-100kpj butuh waktu 7-8 detik, dia >10 detik misalnya

  15. Diatas ada yang bilang YZF R125 top speed 120 xixixixi… ente liat dg mata kpala ente sediri om itu xixixixi… ane kasih tau om top speed YZF R125 ” on speedo 132 / on gps 127 ” kalo g’ tau dgn mata kpala ente sendiri jgn komen om malu maluin ngakak ane kwkwkwkwk kliatan koplak nya. peace…

  16. waktu test ride New Blade…speedo-nya dimati-in…
    ehhhh yg skrng si-Supra di labay-in….

    xixixixixixixi…..

  17. 74. yahonsuwakanja – Oktober 10, 2011

    waktu test ride New Blade?speedo-nya dimati-in?
    ehhhh yg skrng si-Supra di labay-in?.

    xixixixixixixi?..
    ===========
    ciri fanboi… ckckck

  18. top speed itu bukan masalah cc, tapi masalah transmisi dan rasionya…
    bisa kok revo ato vega lari 130 km/h, gear depan diperbesar 16T, gear belakang dikecilin jadi 35T…tapi treknya harus panjaaang…karena power mereka pas-pasan…

    supri 125 gear 3 memang bisa 100, karena rasio gear nya memungkinkan gitu… lain dengan rasio motor sport pada umumnya, gearnya rapat-rapat…tapi akselerasi cepet…

  19. Hmm… saya berfikir antara rasio gear ama speed limiter, Supra saya gear 3 udah 100 pas naik ke 4 ga nambah … Feeling saya kayaknya ada limiter…

    rasio motor saya :
    gear 1 0-65 km/h
    gear 2 65-85 km/h
    gear 3 65-100 km/h
    gear 4 max 120 😛

  20. Gw percaya bgt gear 2 bisa 80km/h, di kharisma aja bisa ko sambil boncengan.. Asal oli mesinnya mumpuni kaya motul 5100..
    Sayang body kharisma cepet getar.. Moga yg ini ngga getar jg dah..

  21. wuih….
    klo saya gak tega maksa segitu.
    MX 135 gigi 3 paling hanya 70an. ntah kalo nanti kmnya udah banyak.

    tp sekali-kali perlu dicoba dg MX ku

  22. supra x 125 saya yg tahun 2007 bs nembus 130 km/jam kok, gigi 3 bs tembus 100km/jam jg (versi speedo). tp ga perlu diperdebatkan. karna beda dgn motor sport kan akselerasinya. or waktu yg dicapai untk mencapai kecepatan demikian.

  23. buat yang pake yamaha alai banget klo katanya kenceng… wong speedometernya ngawur… bukti ane make jupiter z bini n mx punya mertua cuma tembus 80 kpj si jupi dan 100 si mx itu aja ma spacy ane speedo jalan 60 kpj dan si supri x 125 speedo 100 kpj kalah cepet… hahaha trus buat kondisi macet jalan gigi 1 dan 2 yamaha emang menang panasnya doang mpe kayak d kompor masih mending honda grand punyaku….

  24. Bagasi dan tanki besar, irit, handling mantap ..
    Benar2 motor yang recommended banget niey ..

    Bungkuuuuusss … 🙂

  25. @87
    ahhh dblogsphere udah paham kok,dari FBH,Sales,bahkan Dealer (bahkan iklan Revo dengan motor dtutupin kardus,terlihat banget kalo ZX130) udah terkenal BC

    jadi paham lha dengan tabiat FBH,kan rajanya BC

    ohh iya,FBH kan MUNAFIK,jadinya yaa gitu deh

  26. Waah,SupraX helm in tidak diragukan lagi nih. Fungsional,irit,handling mantap,buanter lg. Beli ah… 🙂

  27. bebek ergonomi yang ngancir kencang wiidiiiiih NGERI! artinya supraX helm in ini memang didesain untuk memenuhi mobilitas penggunanya plus melibas sang kompetitor yg ngerasa sok didepan ? hehehe marsogud AHM ! jempol!

  28. knp yg hrs pda bangga bisa dpt top speed sekian atau pada gigi sekian dapat kecepatan sekian?

    yg penting itu seberapa cepat(butuh wkt brp) tuk dpt kecepatan yang diinginkan

    contoh : motor A bisa tembus 120kpj tp butuh waktu 25 detik dgn jarak 1,5km lebih

    motor B tembus 120kpj tp butuh waktu 20 detik dgn jarak 1km.

    nah loh….pada pilih motor apa??

Comments are closed.