Siang akan makin benderang brother….

22

Merujuk informasi yang beredar tentang persiapan para pabrikan dalam membekali kuda besi dengan Automatic headlight ON (AHO) kedepan, maka disinyalir sedikit demi sedikit ATPM akan melakukan pada semua varian produknya tidak terkecuali motorsport…..

Dipelopori oleh Suzuki lewat Shogun Axelo, kini yang terbaru kubu YMKI ternyata juga melakukannya. Pioner pertama adalah Jupiter-Z facelift  yaitu dihilangkannya panel on/off lampu diganti AHO serta new striping. Kemudian secara bertahap bakal menyusul varian sport….seperti Scorpio serta Byson. Terus gimana dengan Honda ataupun Kawasaki??…biasanya tidak lama lagi juga mengikuti. Hal ini mau tidak mau kudu dilakukan dalam rangka mendukung peraturan pemerintah UU No 22 tahun 2009. Tujuannya sih positif…safety purposes. Yah….kalau saya pribadi sih mendukung saja walaupun dalam hati kecil kurang setuju :mrgreen: . Lho kenapa..??. Sebab keselamatan berkendara bukan melulu masalah lampu. Complicated kalau dijabarkan satu persatu. Yang paling utama adalah kedisiplinan, toleransi serta etika berkendara. Selain itu rasanya koq selalu biker yang dijadikan tumbal  atas semuanya. Sebab apapun alasannya bakal memperpendek usia bohlam serta aki. Lawong semua komponen tersebut menyala berdasarkan “lifetime” alias ada periode bakunya. Tanya saja para engineering yang membuat dipabrik aki atau bohlam kalau nggak percaya. Semakin sering menyala akan mengurangi usia pakai komponen. Otomatis….cost atau pengeluaran  bakal lebih sering dilakukan.

Memang untuk keselamatan bersama……kudu legowo dan nrimo. Asal dibarengi edukasi terarah terhadap semua pemakai jalan. Akan percuma jika siang makin benderang lewat lampu-lampu kendaraan bermotor namun pengemudi mobil matanya “meleng” melihat kelayar handphone asyik main sms/BBM. Dan ironisnya diJabodetabek masih sangat sering saya temui kebiasaan buruk tersebut. Jadi semoga siang yang makin terang mampu memberikan kecerahan lewat minimnya angka kecelakaan. Untuk itu mari kita dukung suksesnya peraturan pemerintah bagaimanapun pahitnya. Menurut mzbro sendiri gimana. Monggo urun-rembug biar tidak mengganjal dalam hati…..(iwb)

Advertisements
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
  • pertamax..

  • pertamax

  • dicky

    keep safety riding bro…..

  • ketiag mawon…

  • Hwuahahaha,, “mendukung walopun hati kecil kurang setuju”….??

    Yang jelas usia pake bolham lebih pendek/cepet putus, kaca lampu cepet kuning, reflektor cepet pudar..oia sekering juga cepet putus karena panas..
    Keknya bengsin juga lebih boros deh..

  • lho,titan udah AOH atau belum?? Kok axelo

  • arif rakhman

    emang pake Clos*-Up aja gak cukup ya :mrgreen:

  • Olipz

    Tepatnya “terpaksa hrs kita dukung”
    bukan mengurangi kecelakaan, malah dikhawatirkan menambah krn msh bnyk yg lampunya nyorot bikin mata silau…
    Nih aturan menurut sy malah merugikan…

    “pengemudi mobil matanya “meleng” melihat kelayar handphone…”
    nah ini yg paling krusial untuk dibasmi !

  • Skips

    @Hourex & Olips
    setuju bro malah bnyk mudharatnya drpada manfaatnya, sy aj klo luar kota malam 3-4 jam pernah nge-chek mika lampu depan dipegang aj udah terasa panas , apalagi klo siang2 yg temperaturnya lbh tinggi bsa cpt rusak . Yg paling enak itu motor yg ada saklar lampunya mau light On/Light Off bsa semua, jd kita bsa memilih sesuai keperluan. Mau Manasin motor/Keliling kompleks aj kok lampunya nyala trus, diitung2 gak efisien als pemborosan. 😀

  • akan semakin menambah pemanasan global krn panas lampu 😥 polisi kita memang TO*OL sok idealis pengen niru2 negara lain padahal ga ada gunanya juga cuma pemborosan energi listrik & bbm.. 😡

  • iwanbanaran

    @ Hourex
    Nah tuh dia mzbro. Dalam hati ora setuju wkwkwkwk…
    @ Alipz
    Yup…sering saya kena pepet mobil. Eee…setelah disalip dilalah sipengemudi lagi senyum-senyum liat HP. Opo ora geregetannn!!!..
    @ Skips & Willykk
    Jadi bisa dibilang ntar biaya makin membengkak nih mzbro. Nasib-nasib….pemborosan segalanya

  • Setuju aja, soale dah biasa lampu Motor ON terus

  • paling ga ada tindakan untuk mengurangi kecelakaan 🙂

    nitip oom
    http://varioputiih.wordpress.com/2011/02/10/cek-kampas-kopling-mobilmu/#more-76

  • lekdjie

    Lampune ra tau mati bos..mbuh tekan kapan..masalahe mungsuhe truk+bis sing rodane wae duwure sakpitmontor je..

  • Cicakmerah

    klo pake angel-eye.. bakal putus juga ga tu angel-eyenya? usia bohlam yg paling kuat apa ya? HID kah?

  • motor ane aja udah dari 1tahun yang lalu on, tanfa dihimbau polisi loh… alasannya simpel… pasang gas spontan ga isi saklar, terpaksa on teyus…
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/02/10/motor-250cc-4-silindernya-yamaha/

  • jaka

    Pertamaaaxxxxxx!!!!!!

  • anton_ks

    sudahlah …. sabar dulu gaaann

    peraturan dibuat tentunya dng berbagai pertimbangan, utk mengurangi angka kecelakaan (buat kita jg, sebagai biker)

    tinggal kita lihat dulu hasilnya, apakah mengurangi angka kecelakaan atau tidak

  • Suzuki Mania

    Bukannya Titan udah lebih dulu dibanding Axelo?

  • Top

    Lebih enak yg ada saklar on-of nya, mau nyalahin lampu siang hari, tinggal geser ke arah On, gmpang khn?
    Kalau mtor yg sdh mengaplikasikan AHO, siang/mlm hr masuk ke gang, trus bikin silau anak gang yg lg nongkrong, wah bisa2 kita dihabisi & dibilang gk sopan. Bukanya safety malah disakiti…

  • Semar

    Saya setuju aja wong demi kebaikan..:p

    Perubahan memang berat tetapi harus terjadi..xixixi