iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…akhirnya rumor tersebut terbukti. Yup….Liberty Media, pemilik F1, telah mengonfirmasi akuisisi MotoGP senilai €4,2 miliar atau setara dengan 68Triliun rupiah. Kesepakatan ini akan tuntas pada akhir tahun 2024 dan masih harus menunggu izin dan persetujuan dari otoritas hukum persaingan usaha dan penanaman modal asing di berbagai yurisdiksi.Yang menjadi pertanyaan…setelah Motogp Resmi dijual ke Libery media, gimana nasib Dorna Sport ??

Akhirnya Langkah mengejutkan menyatukan seri motorsport roda dua terkemuka dunia dengan seri roda empat terbaik dunia resmi dan sukses dilakukan. Liberty Media, pemilik F1, telah mengonfirmasi akuisisi MotoGP senilai €4,2 miliar atau setara dengan 68Triliun rupiah kemarin. Berdasarkan ketentuan akuisisi MotoGP oleh Liberty Media, Dorna (yang sebelumnya merupakan pemegang hak MotoGP), akan tetap menjadi perusahaan yang dijalankan secara independen. Dorna akan menjadi bagian dari tracking stock Grup Formula Satu Liberty Media….

Carmelo Ezpeleta akan tetap menjadi CEO Dorna. Ezpeleta dan timnya akan terus menjalankan bisnisnya. Bisnis ini akan terus berbasis di Madrid. Liberty Media sendiri telah mengakuisisi 86% saham Dorna. Sedang Manajemen Dorna mempertahankan 14% bisnisnya. Artinya Dorna masih tetap memiliki Motogp namun dengan porsi yang jauhhhh lebih kecil. Dengan kata lain nahkoda dan otoritas utama kemana Motogp akan bergerak sepenuhnya dikontrol Liberty media. Wahhh….

iklan iwb

 “Kami sangat senang dapat memperluas portofolio aset olahraga dan hiburan terkemuka kami dengan mengakuisisi MotoGP. MotoGP adalah liga global dengan basis penggemar setia dan antusias, balapan menawan, dan profil finansial yang menghasilkan arus kas tinggi. Carmelo dan tim manajemennya telah membangun tontonan olahraga hebat yang dapat kami kembangkan ke khalayak global yang lebih luas….

“Bisnis ini memiliki keuntungan yang signifikan, dan kami bermaksud mengembangkan olahraga ini untuk para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan pemegang saham kami.”…seru Greg Maffei, Presiden dan CEO Liberty Media. Disisi lain Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, mengatakan…

“Ini adalah langkah sempurna berikutnya dalam evolusi MotoGP, dan kami sangat antusias dengan pencapaian ini bagi Dorna, paddock MotoGP, dan penggemar balap. Kami bangga dengan olahraga global yang telah kami kembangkan, dan transaksi ini merupakan bukti nilai olahraga saat ini dan potensi pertumbuhannya. Liberty memiliki rekam jejak yang luar biasa dalam mengembangkan aset olahraga dan kami sangat mengharapkan mitra yang lebih baik untuk memperluas basis penggemar MotoGP di seluruh dunia.”…seru Ezpeleta…

” John Mallone pemiliki Liberty media…”

MotoGP kembali dalam dua minggu, untuk putaran ketiga musim 2024, di Sirkuit Amerika di Texas – waktu yang tepat bagi Liberty Media yang berbasis di AS untuk membuat kehadiran mereka terasa. Liberty Media sendiri dimiliki billionare Amerika berbasis di Colorado USA yakni John Malone. Liberty Media yang mengambil alih F1 pada tahun 2016, telah menerima pujian besar karena meningkatkan popularitas olahraga tersebut. F1 juga telah berkembang ke Amerika selama beberapa tahun terakhir. Las Vegas dan Miami adalah tambahan yang menarik dalam kalender…

Last…Liberty Media mengalahkan para pesaingnya untuk mengakuisisi MotoGP dari Qatar Sports Investments dan dari TKO, perusahaan pemilik UFC dan WWE. So…fix ya cak, Dorna bukan pemilik utama lagi namun mereka masih akan tetap bercokol sebagai ekskutor bukan lagi pengontrol penuh. Semoga Motogp makin juozzz !! (iwb)

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here