iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk….sosok skutik dengan muka sangar muncul di beberapa kanal media luar. Dengan shape muka ban alien……skutik ini mempertontonkan siluet DRL tipis berbentuk V. Yang jadi pertanyaan….skutik apaan nih kok sangar bangetttt ? dan jawabannya adalah….

SYM, betul cak ini adalah skutik terbaru dari merk Taiwan. Pabrikan yang cukup terkenal di di Asia dan Eropa serta Amerika ini baru saja meluncurkan sebuah skutik dengan label SYM ADX300. Yang menarik skutik ini diracik untuk mengganggu pasar ADV350 karena DNA SYM ADX300 disebut sebagai skutik Dual Purposes. Artinya dijalanan biasa gazzz ditempat dengan jalanan rusak juga semangat. Tidak dapat disangkal Tren skutik ADV dipicu oleh Honda yang meluncurkan X-ADV, sebuah skutik berukuran menengah…

Lalu produk Honda ini diperluas ke Skuter kecil seperti ADV 150/160 dan ADV 350 yang menjadi tren saat itu. Hal ini menciptakan fenomena bagi produsen lain termasuk SYM yang akhirnya meluncurkan ADX 300 yang merupakan lini produk terbarunya. FYI, SYM ADX300 merupakan perpanjangan dari ADX 125 yang menghasilkan volume penjualan yang sangat tinggi di Eropa. Skutik yang terkenal tangguh namun terjangkau. Apalagi pada SYM ADX300….mereka berusaha meracik dengan segarang mungkin walau tetap cak….aliran desain dari kacamata IWB masih belum terlalu adventure….

iklan iwb

SYM ADX300 mengusung desain muka yang cukup agresif. Khsusnya DRL-nya cak…dibuat model V dengan potongan dibagian atas. Lampu-lampu semua LED cak. Sedang belakang…sama cak, juga keren walau nggak sesangar area depan. Dari segi engine ADX 300 ditenagai mesin 278,3 cc satu silinder berpendingin cairan. Pengabut bahan bakar sistem injeksi…motor ini mampu memuntahkan tenaga maksimum 25,8 HP dan torsi 26 Newton meter. Cukup baik cak untuk ukuran skutik. Beberapa poin lain adalah …

Roda depan 15 inci dan belakang 14 inci. Dan suspensi depan juga sudah dibalut dengan cover karet….mantep juga cak kayak trail jadinya. Hanya saja nggak tergali panjang stroke suspensi depannya….menilik klan-nya sebagai skutik adventure semi off road. Untuk suspensi belakang menganut model dual suspension…double disk, ABS, ruang penyimpanan yang besar di bawah jok. Dapat menampung dua helm full-face sekaligus dan memiliki tangki bahan bakar besar 16 liter…ediann gede bangetttt….

Last….SYM ADX300 dirilis di Eropa dan distribusi menyeluruh akan dilakukan pada kuartal II-2024. Sayang tidak tergali banderolnya cak. Yang jelas SYM memiliki pasar bagus di Eropa bahkan Amerika. Gimana dengan Asia ? kayaknya Asia Tenggara tetap tenggelam dengan brand Jepang. SYM ADX300 ? piyee cak menurut sampeyan…menggiurkan nggak ? monggo berikan komennya….(iwb)