iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…..kabar mengejutkan datang dari Yamaha yang memastikan bahwa produk mereka akan dipercaya dirakit oleh pabrikan Cina. Catat cak…bukan dirakit di Cina tapi dirakit oleh pabrikan Cina. Sik-sik maksude piyee ikii ? simak detilnya dibawah ini….

Informasi buat sampeyan….baru-baru ini Yamaha dan CFMoto memutuskan melakukan kerjasama. Pada bulan September 2023, Yamaha telah mengumumkan usaha patungan manufaktur strategis dengan CFMoto di Tiongkok. Pengumuman ini memicu spekulasi bahwa beberapa model Yamaha yang ditujukan untuk pasar Eropa mungkin diproduksi oleh CFMoto, mengingat CFMoto sudah berkolaborasi dengan merk Austria, KTM. Khususnya, CFMoto bertanggung jawab atas produksi  KTM 790 Adventure dan Duke KTM di Tiongkok. Itu dengan KTM…terus gimana dengan Yamaha ??

Beda cak…kerjasama mereka tidak sedalam dengan KTM. Yamaha Jepang mengeluarkan pernyataan yang secara eksplisit menguraikan bahwa kolaborasi tersebut hanya difokuskan pada kerja sama industri untuk pembuatan motor di Tiongkok, yang khusus melayani pasar Tiongkok. Menurut Presiden Yamaha Eropa, Eric de Seynes….usaha patungan dengan CFMoto dirancang untuk mendukung pasar Cina yang sangat besar dengan memproduksi model Yamaha tertentu. Jadi catat cak…hanya pasar Cina….

iklan iwb

Ia menegaskan, kesepakatan dengan CFMoto tidak sebanding dengan tingkat integrasi yang terlihat dalam kolaborasi CFMoto-KTM. Seynes menilai kesepakatan tersebut bersifat oportunistik, didorong oleh keinginan untuk secara efektif melayani pasar Tiongkok yang sedang berkembang. Lebih lanjut, ia menggarisbawahi perbedaan skala, struktur organisasi, dan praktik komunikasi antara CFMoto dan Yamaha. Doi menegaskan bahwa kolaborasi ini tidak menjadi tantangan terhadap posisi KTM di pasar….

Intinya, kolaborasi Yamaha dengan CFMoto digambarkan sebagai langkah strategis yang dirancang untuk memenuhi permintaan motor di pasar Tiongkok. Dengan segala penjabaran tadi cak maka khusus untuk pasar CIna, seluruh motor Yamaha di Cina nanti dirakit oleh CFMoto…sebuah brand Tiongkok yang sudah terkenal dan cukup disegani. Sedang diluar Cina tentu saja motor Yamaha tetap dirakit Yamaha sendiri…kira-kira demikian..

Last…keputusan diatas sepertinya untuk memangkas cost produksi Yamaha di negeri berpenduduk lebih dari 1 Milyar tersebut. Rencana perakitan baru akan dilakukan tahun depan yang artinya Motor Yamaha akan dirakit Pabrikan Cina khusus untuk pasar disana. Luar biasa ki CFMoto…..Tiongkok memang luar biasa !! (iwb)