iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkkk… Hingga detik ini kita masih memantau perkembangan dari Yamaha New NMAX 2024. Walau sudah IWB share spill terawangan tentang status Maxy SKUTER andalan Yamaha ini, tetap saja kita merasakan ada rasa penasaran yang sangat kuat dengan dapur pacunya nanti mengingat Honda sebagai lawan terberat kini sudah memiliki mesin yang lebih power full. Tidak heran kita pun bertanya mungkinkah New NMAX 2024 nanti akan memiliki Kubi kasih yang lebih besar? Mungkinkah mesin nya naik menjadi 160 cc dari sebelumnya 155,9cc ??

Seperti yang sampeyan semua tahu….Walaupun pergerakannya sangat tipisss ditahun 2022 namun IWB menemukan indikasi kuat bahwa Yamaha sedang nggarap new NMAX. Keyakinan IWB ini karena project tsb berkaitan dengan kode B6H (kode NMax sekarang) dan kode misterius yang IWB temukan adalah BL*. Kenapa IWB yakin ini indikasinya adalah generasi terbaru NMAx 2024 yang diduga akan menggunakan mesin baru ? sebab banyak ciri komponen yang mirip B6H termasuk komposisi kode project yang juga senyawa. Seruuu kieeee….

Dari terawangan terbaru IWB, ada indikasi kuat mesin New NMax ini bakal ada sentuhan yang cukup berbeda dibandingkan gen sekarang. Mengusung kode project diduga BL* tidak lagi B6H, mesin gen terbaru nanti ada ditawarkan dalam dua varian. Maksude ? jadi cak…jika nggak salah menerawang, ada indikasi Yamaha akan meluncurkan New NMax 2024 dalam 4 varian. Yang pertama adalah versi STD dan ABS (Mesin normal) yang kedua adalah versi STD dan ABS (Model Hybrid). Yahh…memang Jujur rada ragu perihal Hybrid tapi boleh kita tampung. Kenapa ragu ?..

iklan iwb

Sebab saat IWB coba terawang secara seksama disini IWB menemukan indikasi bahwa mesin tidak akan banyak berubah dibandingkan current gen. Maksude ? jadi project BL*, secara basis mesin akan tetap menggunakan NMAX sekarang (B6H) namun dengan sentuhan dan tune up ulang. Makanya kita pun berpikir mungkinkah dengan analisa ini Yamaha bakal menaikkan Kubikasi menjadi 160 cc dari sebelumnya 155,9 cc ?? Ada dua kemungkinan yang muncul dari prediksi sementara. Yang pertama Yamaha tidak akan menaikkan kubikasi namun mereka bakal melakukan beberapa langkah seperti perbaikan kompresi dan juga pembakaran sehingga ledakan tenaga akan meningkat dibandingkan generasi sekarang….

Penyempurnaan pembakaran dan CVT juga akan mampu mengatrol power tanpa harus mengorbankan efisiensi bahan bakar. Yang kedua Yamaha akan meningkatkan kubikasi namun tidak sebesar itu yakni sampai 160cc. Bisa saja mereka bakal menaikkan pada kisaran 158 cc dan hal ini sudah cukup membuat tenaganya mengungguli PCX 160.  Jadi dari prediksi pribadi pabrikan garputala tidak perlu menaikkan kubikasi kalo hanya untuk mengejar power. Sebab beberapa sentuhan di ruang bahan bakar diduga akan mampu membuat performa NMAX 2024 meningkat. Jadi kalau opini pribadi sepertinya tidak mungkin Yamaha menaikkan diplacement hingga 160cc sebab justru dikuatirkan bakal membuat konsumsi BBM justru lebih buruk dibandingkan dengan sekarang…

Last…semua hanyalah hasil terawangan dan prediksi sehingga IWB belum bisa menjabarkan secara detil mengingat semuanya hanyalah hasil terawangan sementara. Yang jelas AHM harus siap-siap karena NMAX akan menjelma menjadi generasi yang lebih advance dan rupawan. Apalagi motor ini juga sudah mulai dites jalanan sehingga prediksi sementara tidak butuh lama bagi Yamaha untuk membuat generasi ini dilempar ke pasar di tahun depan. Tentu saja jika tidak ada perubahan rencana dan dinamika pasar yang memang selalu berubah. New NMAX 2024 ? sampeyan sendiri suka 160cc atau tetap 155cc cak? monggo berikan opininya…(iwb)