iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…ediann tenan emang bebek andalan Yamaha ini. Desainnya tak tenggelam oleh waktu walau sudah berumur lebih dari 1 dekade. Dirilis pertama tahun 2012…IWB masih ingat bagaimana bebek ini mengguncang dunia persilatan. Dan ternyata setelah berusia hampir 11 tahun jalan….Yamaha Indonesia kembali merilis Generasi terbarunya yakni New Jupiter Z1 versi 2024. Dan saat IWB intip….ediann ini baru legend tulen cak !! emang apa bedanya dibanding sebelumnya ? simak detilnya dibawah ini….

Siapa yang tidak mengenal Yamaha Jupiter. Bebek yang pertama kali dirilis pada kisaran 2000 namun kurang Cemerlang tersebut mulai booming ketika Yamaha melakukan sentuhan pada striping kisaran 2003. Peluncuran striping baru ditambahkan huruf Z di belakang Jupiter membuat motor ini langsung laris manis. Namun sayang motor yang mengandalkan Komeng pada setiap iklannya tersebut seperti di anak tirikan….

Sebelum market roda dua tanah air booming dengan kehadiran motor matic, bebek Yamaha Jupiter Z merupakan senjata andalan YIMM.?Bebek ini menjadi idola para Kawula muda yang mencari motor dengan desain futuristik Serta sporty plus performa cukup baik. Bahkan IWB sendiri pernah memiliki Yamaha Jupiter Z buat ibu negara generasi kedua cak

iklan iwb

Masa puncak keemasan Jupiter Z adalah pada kisaran 2003 hingga 2007. Mengusung mesin 110 cc Yamaha memutuskan untuk menaikkan kubikasi menjadi 115 cc pada tahun 2009. Desain pun sedikit berubah bentuk atau moncong lebih lebar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Yang paling keren adalah posisi lampu sein yang berada di depan tebing dengan aksen tipis…..asli mantap cak…

Generasi ini disebut sebagai lahirnya sistem injeksi meninggalkan karburator ini menjadi era terakhir Yamaha Jupiter mendapatkan sentuhan. Generasi yang di klaim sudah menggunakan YZ Crank Technology seperti pada special engine (SE) YZ450F. Diameter klep juga lebih besar dibandingkan dengan karburator sehingga tenaga meningkat 20% dari sebelumnya. Dan IWB menjadi saksi sejarah kiprah Yamaha Jupiter Z di tanah air….

Untuk urusan mesin generasi ketiga ini Yamaha memberikan kubikasi lebih besar dari sebelumnya 110cc menjadi 113cc. Mesin baru mampu memuntahkan tenaga hingga 6.6KW/7500 dan torsi 9.0Nm@6000RPM. Generasi ketiga ini Yamaha masih mengandalkan pengabut bahan bakar karburator (Mikuni VM17SH). Dan selang 3 tahun setelah kemunculan generasi ketiga Yamaha meluncurkan generasi keempat pada tahun 2012….

Sayang Bebek sporty yang dulu menjadi idola kini sudah mulai tidak dilirik. Pasar menggerus kedigdayaannya. Sepak terjang selama hampir 2 dekade tidak menjadi jaminan Jupiter Z mendapatkan sentuhan. Motor ini seperti di anak tirikan karena kalau melihat kalkulasi facelift produk jelas periode di atas 10 tahun sudah masuk kategori tidak wajar. Artinya motor ini memang dipandang tidak memiliki potensi oleh pabrikan. Yamaha sendiri sekarang terus sibuk memperkuat Lini skutik dan enggan bermain bebek. Tapi bukan berarti refreshment berakhir karena perkemarin Yamaha Indonesia kembali menggebrak pasar bebek….

Yup….perkemarin YIMM merilis Facelift Warna Warna baru Yamaha Jupiter Z1 resmi dirilis YIMM. Warna baru tersebut adalah Metallic Black, Metallic Red, dan Metallic Cyan dikombinasikan dengan grafis berkarakter Jupiter Z1 yang sporty, agresif dan modern. Perpaduan grafis cyan dan merah tampak menonjol pada warna Metallic Black, sedangkan Metallic Red mendapatkan sentuhan gold dan Metallic Cyan dibubuhi grafis putih bercampur merah. Yamaha memasarkan Update Facelift Jupiter Z1 warna baru seharga Rp 19.790.000 on the road Jakarta…

Last…new Bebek Jupiter Z versi 2024 tidak ada sentuhan apapun soal desain dan fitur karena masih sama plek dengan gen sebelumnya. Sebuah record tersendiri sebuah produk sejak 2012 hingga 2023 tetap eksis tanpa ada perombakan dan masih dipasarkan. Ini luar biasaaa. So….seperti apa sosok New Jupiter Z1 versi 2024 ? intip detilnya dibawah ini….(iwb)

10 COMMENTS

  1. Di bikinin mongtor juga percuma
    Fby hobinya mborong ngesaf di wahana
    MuuuuUUUuuuuehehehe….

  2. Semakin susah aja kalo pas dapet pasien service shockbreaker depan Jupiter Z1 ini, karena harus bongkar sayap. Nggak kayak Supra x yang cuma bongkar spakbor depan (kebetulan kerja di bengkel service specialized shockbreaker motor di pondok bambu Jakarta Timur)

Comments are closed.