Iwanbanaran.com – Cakkk…..Livio Suppo menegaskan betapa pentingnya pekerjaan Ken Kawauchi di Suzuki. Sebagai juru kunci dan menjadi penerjemah keinginan tim dilapangan Kawauchi dianggap piawai melakukannya. Dibongkar gamblang oleh Livio Suppo, menurutnya jangan ada yang menentang Ken karena justru itu yang akan menghalangi kerjaannya. Emang opo sih kerjaan Ken Kawauchi ? simak penjabaran Suppo berikut ini….

“Ken adalah Direktur Teknis Suzuki,” kata Suppo. Artinya semua teknisi tim harus mengirimkan laporan mereka kepadanya setelah setiap latihan dan setiap balapan. Dia akan memimpin semua pertemuan teknis, jadi Ken sangat pandai mengumpulkan informasi dan menterjemahkan kembali ke pabrik….

“Khusus untuk pabrikan Jepang, tidak mudah mendapatkan informasi dari trek ke pabrik dan dari pabrik ke trek. Ini adalah bagian pekerjaan yang sangat penting. Karena mereka kudu memiliki visi yang sama dan orang-orang di trek kudu memercayai orang-orang di pabrik dan sebaliknya. Jika mereka tidak berbagi ide yang sama, itu akan menjadi bencana bagi perkembangan motor…..

iklan iwb

” Dari situ Ken memiliki dua kelebihan besar. Pertama, dia terbukti sangat baik dalam pekerjaannya. Kedua, dia memiliki karakter yang sangat kuat. Aku rasa empati dalam pekerjaan semacam ini sangat penting karena tidak mungkin para insinyur di trek dan mereka yang di pabrik memiliki visi yang sama sepanjang waktu. Mereka yang berada di trek bisa beda pemahaman dengan mereka yang ada di pabrik dan sebaliknya. Jadi, empati dan kemampuan untuk bekerja dengan kedua kelompok sangat penting dan itulah kelebihan Ken…..

“ Aku membayangkan….di HRC dia akan lakukan seperti yang dia lakukan di Suzuki. Dia akan membantu semua orang di HRC untuk menuju ke arah yang sama dan ini sangat penting. Aku katakan arah yang sama bukan arah yang benar karena ada perbedaan besar. Sebab Jika semua orang bekerja ke arah yang sama, kamu akan mengerti apakah itu cara yang benar atau tidak. Jika semua bekerja ke arah yang berlawanan, maka tidak ada yang tahu apakah bakal benar atau salah. Motornya bisa jadi sampah dan tidak ada yang tahu itu salah siapa itu!..” seru Suppo. Menurutnya sangat penting untuk tidak menentang Ken agar semua berjalan baik….

“Sangat penting untuk tidak memiliki perang internal antara orang-orang yang mungkin percaya ide mereka lebih baik. Jadi jangan menentangnya. Dalam jangka pendek, akan sangat penting untuk melihat bagaimana awal musim berjalan. Aku yakin jika hasil segera membaik maka atmosfer, motivasi, feelinbg pembalap semua akan meningkat dan kemudian jauh lebih mudah….” tutup Suppo. So…Ken Kawauchi ?? tantangan didepannya…apakah berhasil membawa HRC menjadi lebih baik ? kita tunggu saja cak….(iwb)

2 COMMENTS

Comments are closed.