iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk….Honda memang kenthir dikelas 250cc. Wisss IWB speechless cak dengan performa New CBR250RR SP yang kini sudah menembus 42PS.? Walaupun pasarnya kecil namun soal inovasi seakan mereka enggan berleha-leha. Inilah yang harus kita berikan acungan jempol buat AHM. Dan semua klaim inipun dibuktikan mereka lewat tantangan resmi AHM pada kita semua guna jajal New CBR250RR SP 42PS disirkuit. Dan fix, setelah IWB ngetes ledakan tenaga pergigi….Honda kayak kesurupan dalam mengembangkan New CBR250RR ini. Lhoo…maksude piyeee ?

Gilaaa cak….kesurupan disini adalah ungkapan positif dimana AHM betul-betul all out guna nggarap mesin 250cc mereka. Dan jujur sejak awal ketika mereka mampu mendongkrak mesin sebelumnya yang bertenaga 38,6PS melejit hingga 41PS pada versi SP…ini sudah merupakan sebuah raihan luar biasa. Dilalah pada gen terbaru sekarang malah terkatrol lagi menjadi 42PS dan torsi juga meningkat dari 23,3NM menjadi 25NM. Jelas ini adalah gebrakan tidak main-main. Tanda mesin ini sudah dipersiapkan Honda agar tidak ketinggalan hingga 10 tahun kedepan sejak pengembangan awal. Nah…kenapa IWB bisa katakan Honda kesurupan ? yuk kita bedah langsung saja dari test ride IWB berikut ini…

Ergonomi riding

iklan iwb

Soal ini sebenarnya nggak perlu kita bahas lagi karena Honda sudah meninggalkan prinsip awal yang terlalu mendewakan kenyamanan pada new CBR250RR. Mereka merubah DNA yang nanggung menjadi DNA serius sebagai sport fairing. Bisa dilihat dari keputusan mereka membuang posisi riding yang terlalu tegak dengan model Supersport lewat underyoke stang. Alhasil?.yang kita rasakan saat diatas motor ini adalah?.

Racy. Yup?sampeyan akan merasakan badan sedikit ditarik kedepan seperti halnya nunggang motor supersport. Bahkan saat IWB resapi, impressi diatas sang kuda besi terasa lebih sporty dibanding CBR500R sekalipun. Label RR seperti ingin dihadirkan secara murni pada new CBR250RR. Nunduknya kalau IWB bandingkan dengan kompetitor merekapun CBR lebih berani. Untungnya Honda meletakkan foot peg dengan posisi yang pas sehingga badan terasa menyatu. Efeknya???

Superb cak. Sampeyan akan merasakan seluruh gerakan begitu terkontrol. Tanki dipaha yang slim dikempit secara sempurna tanpa ada kikuk. Ergonomi ini juga membuat kita pede saat melakukan hard braking ataupun cornering. Feelnya?.mantappppp!!

Engine

Nahh iki sing istimiwirrr cakkk. New CBR250RR dipersenjatai mesin 249,7cc DOHC 2 silinder 8 katup dengan pengembangan stage 3. Banyak yang dirombak meliputi piston sampai dengan ringnya, gear ratio hingga ECU. Kompresi juga naik membuat ledakan tenaganya lebih padat. Bahkan jalur intake diperlebar dengan fokus pada pengoptimalan ruang bahan bakar. Dan hasilnya ? yesss….Ini adalah mesin paling powerfull dikelasnya. Sampeyan bayangin wae..42PS, iki ora main-main. Apalagi torsi juga meningkat…jadi makin serem pakde. Tapi kuwi kan klaimnya. Gimana saat ditest ??

Sukses membuat IWB tersenyum. Ledakan tenaga tiap rentang RPM bener-bener mengalami peningkatan. Bahkan quick shifternya juga halus dan rapet. Dikombinasikan dengan bukaan khas electronic atau disebut sebagai?throttle by wire (TBW)….jabang bajul bener-bener enteng dan menyenangkan. IWB merasakan Responnya akurat tanpa ada jedah atau lag (Padahal baru menggunakan mode Sport biasa belum +). Kopling juga masuk kategori enteng berkat ASC. Dan feel tarikan ?? segerrr cakkk…

Dorongannya kini jauh lebih kuat bahkan pada high RPM sekalipun. Ediann Honda bener-bener kesurupan ki kalau ngracik CBR250RR. Mereka seakan ingin menunjukkan kelasnya. Terbukti untuk meraih 170km hanya menggunakan gear 5 dan betul-betul less effort. Fix…..ini adalah motor terbaik dikelasnya. Tidak diragukan !!

Handling

Nahhhhh?dari sekian kelebihan all new CBR250RR, bagi IWB handling menjadi poin tertinggi buat sang fairing. Kenapa?. Jiannn istimewa tenan kangbro. Awal nunggang pada kecepatan tinggi dan melakukan zig zag ataupun cornering?..IWB sampai bengong. Lha koq motor enteng dan anteng benerrrrrr. Mau ditekuk kayak apa, motor seperti tersenyum. Menjelajah pada kecepatan tinggi ban seperti nancap diaspal. Bukti Honda sukses mengatur downforce serta distribution weight dengan sangat baik??

Bahkan IWB sendiri hampir lupa bahwa ban yang digunakan masih standart OEM pabrikan yakni IRC Road Winner. Lha piye pakde?.ban seperti lengket diaspal. Lha iki kalau diganti ban bagus macam Battlax atau Pirelli opo ora makin nggilani handlingnya. Yang mengagumkan lagi?dengan suspensi USD SFF BP…front end jadi terasa lebih terukur dan anteng. Showa meracik suspensi ini dengan sangat baik sehingga slogan total kontrol pada CBR250RR bener-bener terbukti..

Material dan finishing

Ternyata Honda memberikan sesuai dengan yang sampeyan bayar. Kualitas dari New CBR250RR sangat baik. New CBR250RR memiliki material lebih tebal dan solid termasuk cat-catnya. Lalu panel perpanel juga tersambung sangat rapi. Yesss…terasa premiumnya. Ibarat boso londone “You get what You Pay”…..juozzzz !!

Kelemahan

Namun tidak ada gading yang tak retak. Walau kita sulit mengkomplain performa dan built quality sang kuda besi, keputusan AHM tetap mempertahankan shape reflektor lampu terkesan nanggung. Kok ora sekalian beda total mengingat umur bentuk lampu ini sudah hampir 6 tahun. Jadi sekilas desainnya kayak mirip wae dengan sebelumnya kendati detil casing beda total. Diluar hasil survei AHM mengatakan lampu ini masih disukai tapi dari sisi pribadi kurang all out aja. Selebihnya…juozz gandozz ! Nah seperti apa detilnya ? intip review IWB di video terlampir dibawah. New CBR250RR SP 42PS ? fix…ini standart baru mesin 250cc 2 silinder 4 Tak iki cak….sadizzz !! (iwb)

15 COMMENTS

  1. Terus terang kepincut dng yg RWB nya. Hmmm kayaknya cocok buat nemenin si ZX-25R dirumah. Tapi ntaran aj lah nunggu new xmax seperti apa dulu.

  2. Mau ngebut dimana mas bro? Mau nabrak anak orang sampai mati? Hehe..aneh pabrikan sekarang, sudah tau jalan tambah padat malah bikin motor buat ngebut.

Comments are closed.