iklan iwb

Iwanbanaranl.com – Cakkkk…ternyata cukup banyak yang bertanya ke IWB tentang masih susahnya untuk membeli 2 produk Yamaha yakni Aerox dan NMax. Dua maxi skuter yang saat menjadi tulang punggung penjualan Yamaha tsb ternyata masih sangat sulit untuk dimiliki. Konfirmasi ini datang dari para followers yang merasakan betul kendala tsb yakni….inden yang cukup panjang jika ingin membeli. Yang jadi pertanyaan…apa yang terjadi ? dan jika masalahnya adalah chip semi konduktor bukankah AHM sudah mengumumkan mulai normalnya pasokan Chip ? apakah ini juga berlaku pada Yamaha ? simak olah informasi yang IWB dapatkan…

Seperti yang kita semua tahu diawal IWB sudah bocorkan informasi bahwa produksi roda dua tanah air tersendat sejak Akhir 2021. Namun puncaknya adalah bulan Januari hingga Februari yang membuat produksi bener-bener kelimpungan. Saat itu IWB menyebutkan masalah utamanya gara-gara chip semi konduktor yang langka. Dan semua jadi gamblang ketika AHM merilis surat resmi perihal masalah tsb. Isinya sbb..

Terima kasih kepada konsumen sepeda motor Honda yang selalu setia bersama kami.

iklan iwb

Saat ini kami sedang mengalami keterlambatan distribusi sepeda motor Honda karena kelangkaan pasokan chip semikonduktor yang melanda dunia. Semikonduktor merupakan salah satu komponen penting bagi sejumlah industri, termasuk otomotif. Tanpa chip semikonduktor, sepeda motor tidak bisa diproduksi dengan sempurna.

Terima kasih kepada konsumen yang telah memilih sepeda motor Honda sebagai partner berkendara dan telah bersabar menunggu kedatangan sepeda motor impiannya. Kami mohon maaf telah membuat Anda menunggu lebih lama. Saat ini kami sedang berusaha untuk mengatasi masalah tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen setia sepeda motor Honda sebaik-baiknya. Ini komitmen kami, seperti yang selama ini sudah kami lakukan untuk selalu memberikan produk dan layanan terbaik bagi konsumen kami di Indonesia sesuai semangat Satu Hati.

Nahh, benerrr kan…akurat. Itu biang inden terjadi. Masalah tsb cukup lama cak tidak kelar-kelar…..hingga mulai menampakkan titik terang dibulan Agustus atau tepatnya tanggal 2 di mana AHM mengumumkan konfirmasi masalah sudah bisa diatasi. Berikut isi suratnya…

?Terima kasih kepada konsumen Indonesia yang telah memilih sepeda motor Honda sebagai partner berkendara dan telah bersabar menunggu kedatangan sepeda motor impiannya.

Kelangkaan pasokan semikonduktor yang melanda dunia kini mulai berangsur pulih. Kami pun dapat segera memenuhi kebutuhan konsumen untuk beraktivitas sehari-hari. Semoga kondisi ini terus membaik dan kami dapat terus mewujudkan semangat Satu Hati bersama konsumen melalui produk dan layanan terbaik.

Bersama jaringan penjualan, kami siap melayani kebutuhan konsumen akan sepeda motor Honda impian masing-masing yang dapat mendukung segala aktivitas dan juga mulai meningkatkan produktivitas sehari-hari. Kepercayaan konsumen ini akan mendukung pertumbuhan pasar sepeda motor di Tanah Air dan kita bersama dapat berkontribusi dalam terus menggerakkan roda perekonomian negeri ini.

Yesss…kuwi tanggal 2 Agustus 2022. Dan mulailah cak produksi berjalan walau tidak serta merta bisa menyuplai inden yang kadung mengular. Ribuan inden yang membuat antrian juga panjang. Yang menjadi pertanyaan….gimana dengan Yamaha mengingat pabrikan ini begitu tertutup tidak terbuka seperti AHM yang merilis surat resmi ??

Memang tidak seekstrim AHM yang produksinya luar biasa. Yamaha yang hanya mengambil jatah porsi 19-20 % market share nasional membuat mereka cenderung lebih adem. Inden juga banyak tapi tidak sefantastis Honda. Inilah yang membuat mereka terkesan diam dan cukup santai. Namun alhasil ketika Honda mulai recovery produksinya karena suplai chip semi konduktor, ternyata Yamaha isunya justru belum pulih. Itulah kenapa inden sekarang masih terjadi dengan rentang waktu bisa tembus dari 1 – 3 bulan…tergantung unit dan daerah. Yang menjadi pertanyaan…kenapa AHM sudah mulai produksi lancar justru Yamaha belum ?

Ternyata dari isu yang IWB terima, biangnya adalah sama yakni chip semi konduktor. Sayangnya ketika AHM ganti supplier Yamaha tidak. Itulah yang membuat produksi Yamaha masih cenderung seret tidak sekencang AHM walau dalam prakteknya….tetap saja inden Honda masih membludak karena jumlah indenan yang fantastis. Jadi kalau pertanyaan sampeyan….Kenapa beli Aerox dan NMax masih susah ? jawabannya fix tetap sama yakni, gara-gara chip semi konduktor yang masih saja seret bak piston kurang oli :mrgreen: Jadi sabarrrr cakkk….piyee maneh, kiro-kiro ngono pakde. Dari sini wis clearrr yooo hehehe….(iwb)

19 COMMENTS

  1. Honda does strike total world market all the time
    Catet ye cunk…ALL THE TIME…!!!

  2. akibatnya …penyakit dealer yamaha mulai kumat lagi…kalau Cash inden 5 bulan, Credit inden 2 minggu

    • Honda kualitas terjamin. Bandel mesinnya Tahan banting parts body-nya, perawatan murah tidak kuras kantong tuan dan nyonya maupun adek-adek. Teman setia sepanjang masa. Harga jual kembali tetap tinggi. Itung-itung nabung gituh mas

  3. yang begini memang yamaha tertutup, tapi kalo soal recall dia berani bersuara karena demi memanjakan konsumen indo.
    wong skrang juga chip masih sama aja belom kelar kelar nih.

  4. AHM ganti supplier chip semikonduktor, Masalahnya sekarang kualitas Chip semikonduktor yg sekarang apa lebih baik dr yg sekarang atau dibawah standar AHM. Jangan sampai hanya u kejar inden yg Puanjang Qualitas jadi no sekian

  5. Di salahs atu dealler depok kemarin tgl 31 agustus yamaha nggak indent kok… motor lexy doang yang indent

Comments are closed.