iklan iwb

Iwanbanaran.com – Heran nggak ketulungan cak, IWB sebagai Blogger yang sering dijalanan IWB belum pernah sekalipun melihat New R25 ataupun New MT25 dijalanan. Nggak hanya Jakarta pakde, tapi sudah mencakup Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang dan Bekasi…..zero…bener-bener belum pernah sekalipun. Kenapa gerangan ??

Yamaha resmi meluncurkan New R25 di bulan Oktober tahun 2018. Motor yang ternyata masih menggunakan mesin lama. Bisa kita lihat spesifikasi yang diumbar oleh mereka di mana untuk power New R25 2019 masih berada di Kisaran 26,5 KW atau setara dengan 36 PS. Dari data sementara diatas, Yamaha hanya melakukan sentuhan kosmetik serta fitur yang semakin lengkap dibandingkan dengan gen lawas. Sentuhan pada area muka tepatnya cak….

Beberapa sentuhan tersebut yakni suspensi yang sudah menggunakan suspensi USD, hadirnya tuas lampu hazzard, speedometer full digital, tuas engine starter sistem geser seperti MT family series serta lampu Full LED. Selain itu desain fairing yang baru diklaim mampu membantu aerodinamika sehingga top speed meningkat 8 km per jam. Ukuran suspensi sendiri mencapai 37mm. Oh ya?satu lagi cak, gen baru juga tetap mempertahankan monoshock tanpa link alias belum monocross?

iklan iwb

Sementara sport 250cc lain adalah New MT25. Satu tahun setelah kemunculan New R25 atau tepatnya Oktober 2019…. Yamaha Indonesia resmi meluncurkan varian terbaru naked 250cc MT25. Klop dengan bocoran sebelumnya motor ini mendapatkan beberapa ubahan dan sentuhan di bagian depan. Moncong Yamaha MT 25 terbaru rubah layaknya adiknya MT 15 dengan lampu projector. Namun sekali lagi cukup disayangkan berupa depan yang sudah gahar sedikit terjadi di bagian belakang yang masih mempertahankan bentuk lama. So…sekali lagi pula perombakan hanya dibagian depan…

Waktu terus berjalan. Tapi yang unik, 2 tahun tidak membuat New R25 mampu menampakkan batang hidungnya dijalanan. Asli cak….sejak tahun itu hingga sekarang IWB belum pernah menemukan satu R25 baru sekalipun melaju dijalanan Jabodetabek. Kondisi ini beda dengan Kawasaki New Ninja ataupun CBR250RR. Begitu pula New MT25. Kalau New MT15 IWB udah pernah mergokin sekali. Apakah saking jarangnya ? atau memang IWB belum rejeki? atau ada faktor lain ?

Nah, menggali informasi dari dealer Yamaha yang IWB kenal ternyata biangnya ada dua, permintaan emang nggak banyak. Yang paling kencang pabrikan garputala hingga saat ini hanya maxi skuter yakni NMax. Sementara untuk sportnya memang sulit sehingga dealer juga enggan. Yang kedua, supply dari pabrikan juga nggak banyak. Sepertinya mereka paham kondisi market sehingga produksi sport 250cc juga direm. ” Supply hanya 5 unit kadang sampai 2 bulan, makanya kalau mau beli kadang harus inden. Itupun hanya dikirim kedealer besar..…”seru narasumber IWB. Waaah pantesss…

Last…dari kondisi tersebut bisa disimpulkan Yamaha nggak terlalu serius garap kelas 250cc. Mungkin karena persaingan yang sangat berat dan tekanan para rival yang memiliki senjata lebih superior. Praktis strategi mereka mencoba all out pada market empuk seperti Maxi skuter solusinya. Yahhh inilah sulitnya tanpa data AISI. Kita jadi tidak tahu perkembangan real dan tren yang berkembang. Apakah sport 250cc benar-benar sudah menciut jauh atau hanya satu pabrikan yang kesulitan ? nggak bisa dipastikan dan hanya berdasarkan pemandangan didepan mata. So…. Yamaha New R25 dan MT25 ? sampeyan pernah lihat dijalanan nggak cak, monggo share dikolom komentar…..(iwb)

165 COMMENTS

  1. sama cak di sby juga…
    saya gak pernah lihat mereka berdua…
    malah yg sering lihat itu royal enfield akhir2 ini di sby…

  2. Maennya kurang jauh Kali bre… Bbrapa Kali liat new r25 daerah jaksel… Yg sering MT25 Suka liat di Jakarta…
    BTW bahasannya ga penting bgd ?

  3. Yamalu Junjungannya SiAlan Numpuk digudang bin ora payu berdebu.. makannya g ada/jarang ada seliweran dijalan.. tapi didata penjualan abal2 sales SiAlan laris manis katanya.. wkwkwk

  4. – Efek Recall berjilid2,
    – Power terlemot
    – Jebloknya Yamaha di MotoGP
    – Desain kurang garang
    – Harga jual kembali ambles
    – Sinting Delman to Xmax

  5. Hoax nih, saya pernah liat kok di jakarta….. tapi didalem showroom wkwkwkwkwkw

  6. Alhamdulillah aku punya cak new R25 baru warna biru dirumah ,tapi sayangnya cak lum bisa buat dijalan ,karena stnk’a lum turun cak hehe
    #stayathome #covid19 #priok

  7. Semua itu hanya masalah desain cak,r25 gen pertama nyata’a lumayan banyak owner’a,desain motor yamaha makin kesinih makin anchur,contoh vixion,byson,xabre,desain’a ala2 india ga cocok jualan di indo

  8. yamaha r25 itu motor sport 250cc bergenre santuy, ga pernah liat dijalan pada bawa ngebut,gede suara daripada larinya cuy

  9. Di semarang new r25 liat 2 kali
    Pertama biru malem2, kedua merah sore2…

    New mt25 udah liat 8 kali
    Semuanya warna hitam (gak tau ane ngeliat motor new mt25 yg sama kali ya secara berkali kali wakakkaka)

  10. Ada tuh di ktr satu yg Pake
    Tp makenya sminggu Skali pas week end
    Klo Hr biasa ttp Pk matic
    Jd klo mo liat sminggu Skali Wak
    Itu jg disunmory
    Nah disana kdg ktmu bareng ninja atau CBR pd akur aj
    Lah disini yg komen pya kaga ribut mele
    aplg bahas minusnya atau MS nya
    Kopdar donk yg PD komen ribut merk
    Tar diliput Wak hahaha

  11. Dadi uwong ojo gumunan lek, kuwi motor saking cepete, angel di delok mripat, kudu nganggo kamera koyo motogp

    Jadi orang jangan mudah heran, motor itu terlalu cepat, sukar dilihat mata, harus pake kamera seperti kamera motogp

  12. Udah liat beberapa kali, msh di daerah ane di bekasi. Memang agak jarang 2 motor tsb, tp bukan gak ada cak. Sampeyan yg blm pernah ketemu aja cakk ?
    Btw, untuk R25 kemungkinan bakal lebih dikit drpd mt25. Kenapa? Krna r25 kalah telak sm kompetitor, sementara mt25 walaupun dr dulu penjualannya dikit, tp selalu ada aja, dan doi gak punya lawan di kelasnya (abaikan Z250).

  13. Sama kayak esemka….katanya udeh dipesan 6000 unit…tahun kmrn juga katanye udeh resmiin pabriknya n siap rakit…eh produksi di jateng….ane hampir tiap bulan jelajah pulau jawa dari barat sampai timur bahkan sampai bali….belum pernah lihat sekalipun itu mobil esemka siluman…!!

  14. Gimana mo keliatan di jalan raya, fansboy nya aja ngomong MOTOR SANTUY BUAT JALAN SORE..?????? KUTAN BLOON APA COBA…
    BANGGA LAGI..WKWKWKWKWKW….

    R25….R = RACING..!
    TAU RACING NGGA ..BUKAN SANTUY JALAN SORE BONCENG AWEWE..Itu mah MBEAT paling santuy ???

  15. R25 & mt25 memang langka di jalanan tanah air… beda sama r15 & mt15 yg sering terlihat d.jalanan

  16. sama kaya forza dong, kaga pernah kelihatan d jalan, tp selalu nangkring dipojokan rumah temen.

  17. Sama jarang juga ketemu CBR250 , ehh taunya di pada di jual di Olx . seriusan skrng lebih menarik pasar matic

  18. Next update mesti ganti buritan nya r15, udah.. soal riding position udah paling pas kayaknya, tengah2nya ninja sm 250rr.. power dinaikin bisa jg kali, toh di arrc konfigurasi mesin begitu bisa di lifting bejaban sm ninja-cbr..

  19. Wah, kalo new R25 emang susah, di Jakarta aja baru ketemu 2x di jalan, tapi kalo di konter hape deket kosan ada tu nongkrong tiap hari, haha.

    Nah, laen hal sama MT25, baru rilis seminggu dah ketemuan di Cilandak, saya kejar lah waktu itu tapi ga kekejar. Sebulan kemudian ketemu lagi dari Pasar Minggu sampe Ciputat jalan bareng. Sisanya dah sering ketemu di jalan 5x mungkin.

  20. Dah 2x lihat mas Iwan tuk r25 baru, diperumahan alam sutera dan sekitar ice bsd pas pada kopdar cuma 1 ja. Hihi… Kalo mt25 baru belum lihat.

  21. Hi Mas Iwan,

    Saya pernah sesekali meihat new R25 dipakai. Memang jarang sekali unit ini di jalanan. Penyebab nya bisa beragam namun yang pasti tidak populer. Jika populer dan disukai pasti walau mahal tetap dibeli. Beberapa alasan sbb :
    1. Itu cuma facelift look setengah hati, model belakangnya old gen bahkan R15 saja lebih ngejual looknya.
    2. Tidak ada yang special di motor ini di tengah 250cc honda n kawasaki lebih memberikan value psikologis kepada customer. Jika barang mahal hanya fitur standard maka tidak akan ngejual. Make it more prestigious dan membedakan dgn competitor serta lengkapi dengan fitur high end maka anda bisa jual produk mahal dgn full package prestige.

  22. Saya sih udah cak dikantor, kesan pertama kok biasa aja cakepan KTM Duke ane… Kalo suruh pilih new mt 25 sama xabre atau Mr 15 kok LBH enakan dilihat mt 15 or xabre Yo… Selera sih..

  23. Karena pribadi saya pakai motor R25 saya bukan untuk motor harian, bukan untuk motor capek dan variasi serta komponen dimotor saya bukan sekelas motor harian.. Walau yg lain lebih kencang, mahal, model lebih memikat dll tetap saja motor saya punya cerita yg lebih berkesan dan berharga tidak seperti motor mimpi serta ghaib hanya mampu koment tanpa mempunyai…

  24. di solo ane ga pernah liat wak
    jangankan yg new R25/MT25, yang old aja udah jarang banget liat

    bener sih klo misal yimm mengalihkan resources mereka dari 250cc sport, mereka udah kalah total disini
    mending coba kuatin matic seri max nya aja, mungkin masi ada harapan menahan dr gempuran honda
    klo ngeliat ymki 2008-2010 sama yimm4 taun terakhir ini ngenes wakk, seandainya data aisi dibuka, mungkin orang baru pada tau bagaiamana yamaha udah kepayahan berdarah darah disini

  25. Mayan sering cak, soalnya di komplek sebelah ad yg pny mt25 baru, sama dkt sklh pas smp, ad yg pny r25 baru, jd ya jalan. Mayan sering sih ktm r25 baru, tp emg aga aneh bentuknya?

  26. Sama cak disini mataram lombok belum pernah nemu se ekor pun, klo yg ninja terbaru liat satu cbrrr juga sekali doank, pling bnyak ninja karbu dan FI generasi pertama.

  27. Ni motor emng gagal produk, cocoknya dijual 25jt aja barunya. Hdup segan mati tk mau ya Er selawe

  28. Saya pake MT25 baru karena sy suka naked bike cak. Dan merk lain blm Ada model naked 250 cc yg guanteng cak baru Yamaha.
    Salam satu aspal cak.
    Gak perlu diributin sm yg lain kenapa ga bnyk beredar R25/MT25 di jalan. Ini selera masing”. Mari saling hargai pilihan orang tanpa perlu mengatakan dg bahasa yg ga pantas.
    Mhn maaf bila komen sy tdk berkenan cak Dan teman” yg lain ?

  29. New R25 aku pernah liat cuma sekali-kalinya pas lagi di jalan luar kota warna merah doff, kalau CBR250RR ketemu kalau malem weekend selebihnya cuma ketemu kalau lewat dealer motor bekas, yang belum pernah ketemu dijalan malah All New Ninja ketemunya cuma di dealer Kawasaki selebihnya dijalan NinFi semua

  30. Tetangga depan saya pakai new R25, di kantor ada yang pakai juga. kalau new MT25 pernah ketemu di lampu merah kalimalang beberapa kali (sepertinya orang yang sama). sama pom bensin daerah pasar minggu.

    MT-15 cukup sering walaupun nggak sesering lihat lexi atau nmax. Yamaha Tricity aja ada kalau lewat jalur kalimalang.

    Pokoknya kalau mau lihat motor baru jalan pagi-pagi di jalur utama menuju pusat kota. kalimalang, lenteng agung, pasar minggu, ciledug, jalan raya bogor. pasti ada aja yang pakai atau beli motor tersebut.

  31. Tak kira aku doang cak, ternyata kangbro juga…
    Di Cikarang aku baru lihat sekali untuk R25, pas lagi sunmori, auto ngakak karena gak banget untuk pesaing baby rr ku kangbro

    • semakin sedikit semakin baik motor lu ga motor sejuta umat haha miskin sombong pler

  32. Market semakin pintar, tau mana pengembangan ga serius (cuma ngejar deadline facelift) dan mana yang benar-benar serius dalam mengembangkan motor.

    Fanatisme merk sudah pudar sekarang, konsumen lebih selektif dan open minded.

Comments are closed.