iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkkk…..tertegun cak, IWB sampai mengerutkan alis saat membaca berbagai komen dan analisa perihal hasil balap Motogp Australia kemarin. Hasil buruk sekaligus bagus buat Yamaha karena kendati gagal juara performa Vinales yang dominan dari awal hingga akhir menjadi pertanda kebangkitan pabrikan garputala. Sulitnya Marc nyalip dan hanya attacking pada last lap seakan memberikan gambaran betapa superiornya Yamaha M1 di Phillips Island. Namun opini tersebut berubah setelah pengamat sekaligus jurnalis senior Motogp David Emmet memberikan komentarnya atas jalannya balapan. Menurut doi, dari pengamatan video onboard Marc selama 10 lap terakhir ternyata disinyalir Marc sengaja permainkan Vinales dengan menahan gas…..whatttttt ???

Marc terlihat kesulitan untuk menyalip Vinales dari awal hingga akhir dibalap Phillip Island. Doi berusaha overtake dilintasan lurus namun setelah itu Marc seperti kalah braking karena Vinales melakukan late braking dengan sangat baik. Marquez melakukan itu berkali-kali namun gagal. Dari sini IWB sebenarnya sudah cukup heran mengingat reaksi RCV213V juga masih sangat tenang. Goncangan saat masuk tikungan lebih minim dibandingkan Vinales tanda Marc nggak ngoyo. Dan dilalah masuk last lap, barulah Marc bikin kejutan karena dengan sangat mudah doi overtake Vinales dilintasan lurus….

Setelah itu doi mulai ngepush dan memaksa Vinales sekuat tenaga mengikuti RC213V. Vinales tidak sadar bahwa tindakannya tersebut melebihi limit kemampuan motor. Dan hasil akhir bisa ditebak…Marc juara. Sedang Vinales, sebenarnya doi hanya perlu kontrol untuk juara dua dan tidak usah bernafsu juara pertama karena disinyalir Marc memang sedang mempermainkan Vinales. Ahhhhh…..mosokkk ?? kemeruhhh kiiiii. Sotoy benerrr euyyy. Yeeeesss…jika IWB yang mengatakan dan beropini seperti diatas boleh saja sampeyan bantah. Apalagi IWB juga nonton dari TV jadi berpotensi memberikan analisa mentah. Namun jika yang mengatakan dan beropini adalah sosok jurnalis profesional dari Motomatters yakni David Emmet yang berada dilokasi….jelas opini ini bukanlah tanpa alasan…

iklan iwb

Menurut Emmet, Marc sejak awal tidak membuka gas secara penuh setiap lintasan lurus ataupun masuk tikungan. Marc seperti hanya menjaga ritme dan mempermainkan Vinales agar terus ngepush. Opini ini datang ketika doi mengamati video onboard Marc selama 10 lap kebelakang…..mendengarkan dan mengamati raungan RPM. Bisa dipastikan Marc tidak membuka gas tunggangannya secara penuh. Berikut opini doi yang dilontarkan via Twitter…

” Juga, patut diperhatikan saat melihat video onboard Marquez selama 10 lap terakhir. Bandingkan raungan mesinnya ketika dia mengejar Vi?ales, atau ketika dia menyalipnya, kalian akan mendengar teriakan mesin yang sengaja tidak dibiarkan keluar (tahan gas)

Yamaha butuh tambahan horse power

-David Emmet- “

Yup…Marquez sengaja permainkan Vinales di Australia cak, jiannn ngeri kalau bener. Ngerihhh karena Marquez ternyata berada dalam level berbeda. Kombinasi Marc-Honda jelas bukan hal bagus bagi tontonan Motogp karena dominasi yang begitu luar biasa. Bahkan ditahun ini Ducati yang galak dimusim 2018 lalu tidak berdaya menghadapi ketangguhan Marc. Sementara Yamaha walau mengalami kemajuan ternyata belum cukup untuk menghentikan Marc…

Last….tidak bisa dipungkiri engine inline 4 masih cukup lemah untuk menghadapi karakter V4 yang lebih meledak. HP ini terlihat saat adu kecepatan dilintasan lurus. Keputusan menambah horse power juga tidak mudah sebab salah mengatur balancing justru motor akan sulit dikendalikan. “ Kesulitan Yamaha untuk menambah horse power adalah mempertahankan kehalusan power delivery. Jika itu mudah mereka akan melakukan hal itu sejak dulu…” tutup David Emmet. Nah…apakah sampeyan percaya dengan analisa David Emmet bahwa Marc menahan gas saat menghadapi Vinales diPhillips Island ? monggo berikan opininya cak, ora usah cakar-cakaran lho yo…santai wae..gazzzzzz….(iwb)

137 COMMENTS

  1. Ngerihhh karena Marquez ternyata berada dalam level berbeda. Kombinasi Marc-Honda jelas bukan hal bagus bagi tontonan Motogp karena dominasi yang begitu luar biasa

    Balikin ke softwate inhouse pabrikan aja biar kelihatan aslinya YFR,

    • Ga ingat apa ya tahun 2014 waktu smua pake ecu inhouse.marqes menang beruntun 10 balapan.emang mau yg kaya gitu terulang lagi.yg ada mlh tmbh nyungsep lebih parah dari sekarang yamaha.

  2. more power more CC…1055cc for M1 2020…
    padahal jarvis terlihat bahagia dan tepuk tangan ketika vinales berhasil leading…”nih yamaha gue udah kompak ma elektronik dan ban”…ternyata cuma!

  3. Motor MM memang lbh kenceng….jadi memang akan lbh enak lah tuk ngejar di straight saat sebelum sebelumnya di beberapa tikungan ketinggalan….tapi itu paduan yg pas antara motor dan pebalap juga sich. hrs diakui saat ini sedang era keemasannya MM….ya yg lain hrs kerja keras untuk ngalahin MM

  4. 2019 nikmati aja Motogp karena ane fans Motogp bukan fans tertentu..
    .
    Lebih seneng klo Suzuki menang ada biru langitnya gtu hhhh

    • Ini dia …. Ga boring kan …

      Toh tetap ada yg bisa kalahin mm93 ya slain dgn bakat nya … rins jg dgn strategi .. ini baru fair

      Smoga suzuki 2020 bisa meningkat, konsisten dan ulangi lagi sperti di silverstone kmarin

  5. Wak sebenernya level motogp sekarangan itu berada dibawah era ecu inhouse dan ban bridgestone atau justru diatasnya? Secara laptime di semua sirkuit

  6. sekarang kan jamannya gitu. vinales , dovi juga melakukan hal yg sama sebelumnya ke marc. dan marc betul2 dendam soal itu. akhirnya melakukan strategi yg sama ke semua lawannya.

    tapi ttp aja marc tukang seruduk di taun lalu. wkwkw.. never forget

  7. Sampean bener2 fumiyem akut lek..
    Mosok sampe nulis klo marc terus dominan motogp membosankan…
    Bahaya bagi motogp ????

    Intinya basis FBR dan FBY disini
    Basis FBH dan FBM, warung sebelah
    Salah satu salah nimbrung
    Ya PERANG KOMENT ???

  8. Dan saya yang wong wedok gak ngerti per-motogp-an secara mendetail yang cuma suka nonton aja bisa mudeng kalo marc main2 sama mentalnya mv, dan mv masuk!

  9. klo menurut ane yg awam, MM93 bisa jadi memang menahan diri…
    power motor yg buas nan liat bukan berarti tanpa kelemahan dan resiko… motor mungkin bisa di pacu secepat2nya ato kasar nya di geber pol2an dari awal race, tapi BISA JADI endurance nya gag akan sekuat itu untuk bisa survive di depan terus2an, bisa jadi ban akan jauh lbh cepat habis (jelas bukan kabar baik), bisa jadi BBM nya juga resiko terlalu cepat habis (bukan ga mgkn karna kdang kita lihat beberapa pembalap kehabisan bensin saat race usai toh), bisa juga endurance mesin yg di pertaruhkan klo di geber terlalu pol.. apalagi MM93 bisa lihat klo MV12 performa nya bagus saat FP dan qualification.. MM93 mgkn ‘takut’ klo dia harus geber terlalu pol (dengan segala resiko diatas) klo dia yg mimpin race dari awal karna mgkn bisa di pastikan MV12 akan beri perlawanan ngotot klo itu terjadi..

    maka dari itu, sekenceng2 nya performa motor, strategi balap tetap menjadi faktor penting dlm menentukan hasil akhir race.. karena hal paling ptg adalah bisa menyelesaikan balap (yg mana itu juga bukan hal mudah sbnr nya), biar ga mimpin sepanjang race, tp yg plg ptg adalah lap trakhir ada di posisi terdepan.. management power, ban dan emosi jadi kunci menyelesaikan race dgn baik.. MM93 punya itu semua kmrn, sdg kan MV12 ga bs manage emosi nya..

    hipotesis lain adalah: MM93 sengaja memberikan tontonan bagus buat MotoGP, ketimbang mimpin dr awal dan ngacir sendirian yg jelas bikin balapan bakal lbh membosankan hahaha..

  10. Bukan soal Motornya om Iwan, krn Cal Crutclow jg ga mampu kejar Vinales kok, dah pembalap Honda yg laen jg ga kompetitif, mesin Inline & V4 beda tipis, nyatakan Dov04 jg ga berdaya pk mesin V, memang MM93 punya kemampuan berbeda dr yg lain. seandainya MM93 pake mesin Yamaha/Suzuki yakin tetep Juara dia. Skil nya beda banget.

  11. jgn dikira pembalap Yamaha itu belum pernah nyicipi mesin V, VR46 dan JL99 itu sdh merasakan mesin V tp tetep Zonk, Zarco di Y pake mesin Inline mantap, di KTM mesin V zonk, kmrn di Honda mesin V jg jauh dr ekspetasi, bukan soal mesin V or Inline, memang MM93 jago balapnya. selain MM93 yg sepertinya punya skill mirip justru saya lebih melihat Alex Rins, sikit saja Suzuki tambah HP ngeri tuh boah. dgn segala kekurangannya tuh si Rins sepertinya mampu mengamankan perungu deh thn ini. Tim dan Pembalap sebesar VR46, Vinales, Cal, JL99 dikacangin jg sama tu anak (Alex Rins)

  12. Klo 2020 sepertinya akan berbeda….Yamaha msh sulit, tp Ducati dan Suzuki cuma butuh sedikit sentuhan saja. Ducati cuma butuh Speed Corner dan Suzuki cuma butuh HP…
    Untuk Speed Corner Ducati mungkin gampang2 susah, tp HP Suzuki sepertinya David Brio tdk akan kesulitan setelah kompetisi usai dan boleh oprek mesin GSX-RR, cukup naikan pengapian dan tambah sak crit spray injection power langsung up. Klo GSX-RR power sdh up MM93 tentu ga bisa santai santai lg.

  13. @ soundwafe, loe bicara masalah mesin Inline dan V- engine… loe ngerti ga cara kerja mesin dan hasil power dan putarannya? Kalau belum cukup, loe dateng dan belajar ke caterpilar, komatsu yg perisahan gede, loe bisa nanya dan belajar disana. Kalo ngomong dipikir dulu…guoblokkk

  14. Rame juga pengamat disini cak. Baguslah untuk latih otak.

    Asal jgn cakar2an.

    Di philips yamaha memang terlihat kencang juga karena type flow sircuit. Tapi honda juga sama kencang terutama karena ada trek lurus yg panjang dan juga ada joki yg hebat yg bisa memainkan kedua rodanya seperti yg diperlukan pada setiap tikungan.

    Ya…buktinya hanya marc dan vinales yg bertarung untuk podium 1.

    Gitu cak.

Comments are closed.