iklan iwb

Iwanbanaran.com – Cakkk…mumet tenan. IWB sampai buka-buka buku primbon karena bingung dengan sebuah kode Yamaha yang IWB temukan lengkap dengan harga NJKB. Bingung karena kode ini sudah pernah hadir kisaran 2017 namun baru sekarang nongol. Dan yang membuat IWB heran, posisi banderol berada diangka 37,7 juta NJKB yang artinya harga nett terbuka diangka 45 jutaan. Pertanyaannya…iki motor apaaa ???

Ditahun 2017 akhir atau tepatnya sekitar 1,5 tahun lalu IWB menemukan project Yamaha B9T. Saat itu sangat sulit mendapatkan titik terang karena status project memang masih mentah banget. Dan dari analisa beberapa bisikan kala itu, B9T sementara arahnya menjurus pada sport naked. IWB nggak bisa menjabarkan detil kenapa prediksi mengarah kesana?tapi untuk sementara demikian….

Dilalah waktu terus berjalan. Ditahun 2018 tidak ada progress dan sekarang ditahun 2019 baru IWB menemukan kembali kode ini sudah terekam dalam daftar NJKB produk roda dua. Asli…dari sini IWB garuk-garuk alis cak. Kenapa ? karena NJKB produk yang terekam arahnya berstatus CBU. Dari sini IWB coba telusuri beberapa sport yang didatangkan secara CBU namun hasilnya nihil. Kenapa IWB yakin motorsport ?

iklan iwb

Intip saja spek yang tertera dalam dokumen NJKB terlampir. Di sana jelas tertulis M/T yang berarti manual transmission. Artinya bisa dipastikan Yamaha B9T Bukanlah motor matic. Menggunakan nomor coding 714212 2949….IWB langsung melakukan kroscek atau cek silang pada beberapa produk Yamaha yang sudah eksis. Ternyata tidak satupun menggunakan kode produk di atas. Contohnya Yamaha Xabre 150? yang menggunakan kode Project BG72. Kemudian Yamaha MT 15 yang mengusung kode Project B8D. Apakah kemungkinan merupakan varian motor terbaru 250cc?

Cukup sulit untuk menyimpulkan mengingat seperti yang kita tahu Yamaha MT 25 merupakan racikan Indonesia. Termasuk versi fairing Yamaha R25. MT 25 sendiri menggunakan kode produksi B04. Sedang Yamaha R25 terbaru menggunakan kode produksi BS7….jadi emang nggak ada yang nyantol cak. Terus pertanyaannya Yamaha B9T ki opooo? Mungkinkah ini adalah varian motor trail yang bakal memanaskan Blantika roda dua segmen penggaruk tanah di tanah air? Masih menjadi misteri yang belum terpecahkan….

Last….Yamaha B9T memang misterius. Apalagi jika kita melihat data di sana secara jelas termuat tahun pembuatan 2019 dengan nilai NJKB sekitar 37,7 juta. Mungkinkah ini adalah Yamaha XSR155? Arahnya kecil sebab dari investigasi sebelumnya motor sport Retro modern Yamaha ini merupakan buatan lokal. So…. kita pantau dan pantengin saja sama-sama. Yamaha B9T? Dari sampeyan ada yang bisa bantu? (Iwb)

50 COMMENTS

  1. Kemungkinannya menurut saya ada 2 kang, Fazer 250 atau XTZ Lander 250, dua2nya pake mesin 1 silinder 250 cc pendingin udara, harganya di Brasil sekitar 54-59 jutaan, harusnya lebih murah kalau diimport dengan sistem CKD

  2. Tricity, kebiasaan yamaha dri dlu klo produk di yg paling laku udh mulai goyah dia akan bikin segmen baru.

  3. Itu New Yamaha MT25 mas Iwan. Udah proses di Pulo gadung kata ordal YIMM
    Tapi jangan berharap banyak samamodelnya nanti yah

  4. 45 juta hmmmn….. Mt25 versi lokal murah ? bener kata diatas..ngabisin mesin2 lama yang masih numpuk

  5. Jangan Beli Yamaha, Suzuki & Kawasaki segimanapun dia membuat Product Baru.

    Beli motor itu Ya HONDA…Jelas motor kasta nomor 1. 3s terjamin.

  6. Jangan Beli HONDA, segimanapun dia membuat Product Baru. tdk terjamin kwalitasnya

    Beli motor itu Ya Yamaha, Suzuki & Kawasaki?Jelas motor kasta nomor 1…………

    @bloondy, cuman iseng mengembalikan kata lo doang bro

  7. M/T itu bukan “Manual Transmission” lek
    M/T itu singkatan dari “Matic Transmission”
    bisa jadi itu kode untuk mio gear.

    Ojo ngguyu

  8. Td lihat test drive d daerang karang ampel arah cirebon motor retro yamaha bareng MT25 sm NMax baru

  9. ninja 250 4 silinder kok skrg sunyi senyap ya, dihajar gegap gempita nya honda adv 150 dan xsr 155, launching bakalan diundur nih ke taun duepuan hehe

  10. Yaaa mungkin wr25 lek…
    Buat nemenin klx230.
    Kalo wr155 kayaknya juga enggak, doi kan di kisaran 35jt otr.

Comments are closed.