iklan iwb

Iwanbanaran.com – Kangbro…..banyak sekali pertanyaan dilemparkan ke IWB perihal keputusan Honda menghilangkan kick starter pada new Vario 150 dan 125. Salah satu hal yang dianggap penting bagi para bikers ini justru malah hilang dan tidak kita temui lagi pada generasi terbaru Vario. Pertanyaannya…..Kenapa Honda menghilangkan kick starter pada new Vario facelift dan gimana jika aki soak ?

Beberapa pertanyaan mampir ke warung dengan pertanyaan cukup mirip…kenapa Honda menghilangkan kick starter pada new Vario kang IWB ? terus piye kalau akinya soak alias pada situasi emergency ? gimana juga ketika kita ingin menasin motor dipagi hari yang biasanya mengandalkan kick starter ? jiannn mantappp ki pertanyaannya. Oke…ketimbang berspekulasi IWB langsung tanyakan perihal ini ke AHM. Jawabannya….

” Bisa dibilang trennya sekarang memang kesana. Tapi nggak usah kuatir karena sensor akan memberitahukan ke kita sebelum itu terjadi. Pada new Vario kita sudah bekali sensor aki yang senantiasi melakukan monitoring aki. Jadi ketika arus mulai melemah (dibawah 12V), display speedometer akan ada warning supaya kita segera melakukan pengecekan aki atau penggantian aki. Warning sejak awal sehingga pengendara masih tetap bisa menggunakan motornya tapi sudah tahu bahwa akinya melemah. Jadi mesin mogok nggak bisa distarter tidak akan pernah terjadi” seru pak Endro selaku tim teknis PT AHM….

iklan iwb

Nahh..jadi ngono yo cak. Wis dipikir semuanya. Btw…..perihal memanasi motor dipagi hari memang betul disarankan pakai kick starter untuk mengurangi piston aus. Maklum cak, ketika diam, dinding silinder dan piston cenderung miskin oli. Oleh karena itu sebelum ignition, ada baiknya kita mainkan kick starter supaya oli naik. Tapi kuwi buat karburator yang RPMnya cenderung tidak stabil naik turun. Sedang injeksi, karena lebih presisi…disaat sampeyan mencet starter, disaat itu pula oli langsung ditembakkan kesilinder head sehingga aus bisa diminimize. Kira-kira demikian….

Last….sebenarnya hampir seluruh skutik disegmen tersebut kini sudah tidak dibekali dengan kick starter. Pioner penghilangan engkol ini datang dari Yamaha lewat NMax 155. Setelah itu menyusul turunannya seperti Aerox 155 serta yang terbaru Lexi 125. Dan sejauh ini produk Yamaha tersebut tidak pernah ada keluhan masalah aki ataupun mesin. Sedang Honda, mungkin baru PCX yang menjadi pembuka hilangnya kick starter. Lalu disusullah dengan gen Vario terbaru. Jadi ngono yo cak..semoga nggak membuat sampeyan puyeng. Aki takut soak ? wis ada sensor aki rekkkk, amannnn :mrgreen: …..(iwb)

206 COMMENTS

  1. inti ya bukan treen tapi bisnis… semua tau astra puya pabrik aki..? pikirkan sendiri.. ingat ini mtr harian y bkan moge sekian km aki pasti droop

  2. Yang pada protes ga ada KS dijamin motornya kredit pake oli murah alias bawaan diler
    Pake oli yang bagus biar meminimalisir keausan, macem macem merknya rata rata diatas 100k itupun ada yang sampe 10rb KM
    Yang bilang aki soak karna motornya cuman buat pajangan jarang dipanasin,yang bilang staternya ngadat karna jarang service,jarang dibersihin alias miskin pelit medit
    bogo,bacot jangan dipiara, otak dipake, jangan maun kalah sama tekhnology.

    • yg goblok to elo…pake ganti oli,brrti oli pabrikan jlk ya. pke blg malas..emang lo py motor satu aj dpke itu” aja. gmn yg koleksi moge byk. lo yg mulai ya ngmg kasar..plg fansboy micin.

    • Ente termasuk konsumen yang ciri cirinya ane sebutin diatas
      Pake merk oli bawaan diler
      Motor jarang dipanasin
      Bahkan jarang diservice

    • hri gni msih panasin mtr kyk jmn doeloe aj.mesin terbaru g prlu shrusnya.lo tumben py mtr. prnh pke moge?

    • ngoahahaha hari gini manasin motor, goblox dasar orang tolol ni si BO5. trus elu bangga gtuh pake oli mahal, buat beli pulsa aj lo masih minta ma ortu ngoahahahaha sok sok an taiii

  3. Vario gak pake kickstarter?!?udah kyk maxi skuter aj nih motor pdhal buat bawa galon air (kata FBH). udah gtuh gak ad colokan buat Charger gadget. bener2 overprice, yang beli fix goblox orang nya ngoahahahaha udah gituh kridit 3 tahun makin goblox maksimal.

  4. Ini yang ngomong aki soak kagak bisa distater…
    Trus Nmax sma Aerox kan gitu juga.. tnpa KS…
    Trus bedanya dimna ?
    Sma2 kagak bisa dstater klo mogok…
    Malahan vario 150 udah ada indikatornya…
    Nmax sma Aerox ada ?
    So mana yg lbih buruk ?
    Bego dipelihara…
    Kambing dipelihara biar gemuk trus jual…

    • bedanya dulu nmax, aerox gak pk kick starter diblow up buat jatuhin image, skr dibalik dibela2in ama kambing.

    • Dari lahir nmax dan aerox sudah pake indicator accu cuuk!! Sensor di speedo nya lebih komplit malah dibanding sesembahan lu cuk!

    • Ekekekek

      Aerox dan NMAX Sudah Ada dr dulu…

      msalahnya Aki Motor merk H gampang Soak

      hayayayayayay

  5. Kebiasaan orang jadul pagi pagi di kick stater baru di idupin, keblingerrr pinternya ngalahin jepang
    KEBLINGERRR

  6. Ngoahahahahaha ngomong aje hemat cost, pake alesan niru yamaha, udah tau honda aki paling cepet tekor dri pabrik lain apalagi matik

    • Sipp kan,,
      Malah 150cc bisa lebih murah dari 125cc

      Gila aja 125 cc harga 23 juta, gak ada kick starternya juga

    • 23 juta dapet VVA mesin 4klep shock tabung ( walaupun peredam tambahannya isinya cairan oli bukan gas nitrogen ) LED, Full fitur keyless, socket charge hp, Hazard ….

    • Emang ngapain juga bangga”in indikator aki, kan sama aja kayak indikator injeksi kalau rusak, aneh” aja, mau aja dikibulin duo jepun biar mereka laris jualan aki ngoahahahahaha, lexi ergonomi maxi matik meskipun bentuk wagu dri pada new vario, vario menang desain tpi ergonomi ga jauh beda sama bawa beat, lexi unggul ergonomi meskipun overprice dg mesin cuma 125cc, entah disini yamaha males bore up/emang bermaksud utk nyaingin irit honda karna seirit apapun yamaha masih irit honda, buat yg laki mending duit 22jt buat beli verza/beli byson, think smart, jg mau dikibulin pabrikan, matik ga bagus masa tua, jajan banyak, masa metik seharga motor sport!

  7. memangnya ada pompa oli elektrik di motor injeksi yang bisa langsung semprot oli ke head begitu starter ?

    • di Jupiter Z1 mengadopsi teknologi dari mesin R1 injector oli yg langsung disemprotkan di bagian badan piston buat pendinginan dan pelumasan lebih baik lagi …

      eaaak pencetus Oil Injector di moped ?????

  8. Otw Review Yamalube RS4GP buat NVL …. xixixixi

    salam aspal gronjal …

    ???? ayo2 beli oli yg berkualitas jangan asal beli oli sembarangan ….

  9. Yg saya tau lampu indikator aki akan berkedip jk voltase aki ad di range 11-11,8 disini wktunya user u/ bersiap dana u/ bli aki,jika voltase sudah dibawah 11 mka indikator akan menyala terus alias manteng dan disitulah waktunya beli aki baru dan segera diganti
    jika masih bandel ya siap2 sewaktu2 aki mati
    saatnya jd user yg lbh peduli dngn kuda besinya sudah saatnya prinsip yg penting jalan dihilangkan

  10. untuk mengatasi Aki ngondah yg cepet soak… gw saranin jangan di isi pake air aki… tp isi pake susu kambing… muehehehehekkk

  11. Utk kali ini gw setuju sama temen2 yg bc. Vario itu terkenal dgn fungsionalitasx.. kok malah di hilangin.. Vario 125 ane pernah lupa matiin kontakx, alhasil aki tekor ga bisa di starter, digital indicator bensin pun ga hidup.. untung ada kick starter.. walaupun hampir 15x ane engkol baru hidup, tapi kick starter sangat membantu. Semoga di dengar AHM.

  12. Jepang itu bangsa yg cerdas dulu mereka datang menjajah kita secara langsung dan sekarang semakin terlihat mereka menjajah kita dengan produknya. Produk sekarang dibuat agar kita habis pakai beli lagi ,rusak kudu ganti…padahal masyarakat indonesia itu maunya awet klo rusak bisa diakali..karna duit tak selalu ada dikantong waktu kerusakan terjadi..titip cak buat Bos Suzuki untuk tidak mengikuti hal seperti ini..harusnya Suzuki dah pengalaman dalam hal ini dengan nasip Suzuki thunder 125nya..

  13. yamaha pantas tanpa kick starter karna mesin sudah canggih sohc 4 kl3p + vva bluecore, lah honda mesin jadul dihilangkan kick starter dibilang trend bilang aja hemat ongkos produksi dasar pabrikan motor mesin jadul dan pelit cat

  14. Ada lagi pertanyaan bang Iwan, kadang kita lupa kontak di matikan sampai lama trus buat motor gak bisa di nyalakan , saat kita nyalakan mesin gak bisa lewat electrical starter, alhasil mau gak mau harus mancing pake kick starter nahhh gmn untuk gen baru ini tanpa kick starter klo pas kita lupa manjer kontak lama(lupa gak di matiin)???

  15. MAU GA ADA KICK STATER KEK MAU GA ADA BAN NYA KEK PASTI MEREK HONDA BANYAK YANG BELI. Sudah terlanjur merek sayap digemari di indonesia.

  16. Wadoh….gimana ini, jarang2 motorku turun sebulan paling dua kali, kadang tidak. Keburu soak aki, ngak ada solusi.

  17. Yang jelek dari Yamaha koq malah ditiru. Udah gtu ga berani mulai duluan lagi. Ga Sekalian aja standar tengah & behel belakang buang semua.

    Yg namanya ngebuang fungsi mah bukan inovasi, tapi ngirit cost demi profit lebih gede pakek dalih ‘trend’.

  18. Teknologi & inovasi itu harusnya memberi kebebasan, justru ngasih lebih banyak pilihan & cara orang melakukan sesuatu, bukannya malah mengekang & membatasi orang.

    Kayak gini mah namanya membatasi, yg tadinya orang mau nyalain mesin punya 2 cara sesuai kepentingan dia, sekarang dipaksa cuma 1 cara aja.

    Case yg mirip di Apple yg banyak dihujat caci maki gara2 buang lobang Jack earphone normal 3,5mm tapi tetep dibela abis2an fansboynya. Dalihnya Inovasi pke bluetooth aja supaya ga kabel lagi. Lha koq malah maksa & ngekang orang harus pke 1 cara dia doang utk ngelakuin sesuatu. Lha di Android mo pke kabel bisa mau pke wireless bisa, bebas, semua cara bisa, bukannya DIPILIHIN caranya.

    • Setuju banged. Inovasi teknologi mestinya memang memanjakan sekaligus memperbanyak pilihan….

    • HADEEW mental tukang dagang pikulan & kaki lima disamain sama korporat.

      Jangankan tanya2, wong udah repot2 bikinin proposal aja ga jadi beli mah woles aja, gendeng emang

  19. vario wtf ane tahun 2013 udah lama gak pake kick stater (alias di lepas) soalnya hampir gak pernah ke pakai. dulu waktu usia masuk tahun ke 3 aki sempet tekor, nah dipasang lg kick staternya dan diengkol2 juga tetep gak mau hidup itu jd apa memang typical mesin injeksi dan metic lagi jd kalau aki udah soak ya engkolan kurang bermanfaat juga kali ya. aki soak jd fuel pumpnya gak bisa berfungsi mungkin ya.cmiiw

  20. Saya memakai yamaha full injeksi
    Jadi kalau batrey tekor juga gk bisa di kick start.
    Didorong sampai putus nafas juga gk bakalan bunyi.
    Pernah kejadian saya lupa nutup kontak otomatis lampu kota hidup
    Sampai petang pas mo pulang kerja motor dah tdk mau hidup
    Akhirnya ndorong motor beli batrey baru.?

    • Kaki ente sekurus betis cewek kali gak kuat kick starter, gw pake vixion gada aki aja bs idup di kick starter, boong pinter dikit, ketauan ngibulnya.

  21. Kang kekuatan aki tanpa kick stater itu berapa lama? Pernah pengalaman gk? Soalnya klo dgn kick pengalaman sampai 5 th ini gk ganti aki…. pakai aki kering….

  22. yg bilang kita harus ikuti jaman main sensor Aki hilangkan kick starter.
    brooo uda pernah rasain loss kompress? bagaimana lo mau engkol mesin supaya bisa colok oli dalam busi?
    modal starter terus? kebakar bro yang ada

    lets be smart people
    gausah bilang kita “harus ikuti jaman ini itu”
    jalanin aja kalau gasuka ya ga usa beli ga usa make
    kalo suka ya beli ya make aja
    dijaga mesinnya dijaga motornya
    jadi kalau ada masalah bisa di bawa ke bengkel resmi
    nukan koar koar disini.
    kadang aku liat FB FB ni bukan fans boy lagi
    FANATIK BOY
    ilmunya mrasa lebi tinggi dari orang jepang yg merakit dan prediksikan sektor mesin
    padahal yang dia tau Gada

    salam silent reader dari tahun 2012an

  23. Kalau dinamo staternya rusak mampus dah atau kabel saklar staternya kotor mampus dorong tuh motor

Comments are closed.