iklan iwb

?Iwanbanaran.com – Kangbro……sepertinya terjadi pergeseran market roda dua tanah air dibulan November 2016. Dari laporan data AISI yang direkap dibulan tersebut market share Yamaha ditanah air makin tergerus Honda. Pabrikan yang kini mengusung satu atap YIMM dari sebelumnya YMKI yang ngurusi marketing kini hanya mengisi porsi kue 18,9 % dari sebelumnya masih diatas 19 %. Waduh…kenapa ya?….

Dari informasi terbaru yang dirilis AISI, market share Honda bulan November terus menanjak tak?terbendung Yamaha. Pada penjualan motor yang mencapai?570.923 unit….pabrikan sayap mengepak sukses mendistribusikan?450.331 unit. Sedang Yamaha nangkring kedua dengan gap sangat jauh yakni?107.501…disusul Kawasaki ketiga dengan?8.104 unit, Suzuki keempat diangka 4,857 unit dan terakhir TVS dikisaran 130 unit…

iklan iwb

Untuk best top ten produk terlaris dibulan tersebut, Beat masih merajai diangka 203,438 unit….kedua 122,658 unit lalu ketiga Scoopy 52.261 unit. Ditempat keempat…Yamaha Mio M3 ternyata lumayan bagus dipasaran dengan 29,044 unit. Dan seperti biasa…sang maxi skuter NMax 155 laris manis direntang 26.826 unit. Angka ini bahkan naik dari sebelumnya yang berada dikisaran 24 ribuan. Welldone buat NMax155….

Yamaha kembali nongol diurutan 8 lewat Fino dengan penjualan 12,466 unit. Namun selebihnya dikuasai Honda termasuk segmen bebek dan sport. Untuk sport CB150R sanggup terdistribusi?15.129 unit. Sebuah angka sangat baik mengingat saingan terdekatnya Vixion terlempar dari top ten. Sedang moped….Supra X125 ternyata tetap disukai konsumen menutup posisi terlaris 10. Dengan seluruh gambaran diatas, maka dibulan November 2016….

Market share grup Astra ini mencapai 78,9 %….dengan tren terus naik. Sedang Yamaha sebaliknya mengalami tren dengan kecenderungan menurun dan kini hanya mengisi porsi 18,9 %. IWB sendiri lumayan mengerutkan dahi….apa ada yang salah dengan Yamaha?. Kalau boleh jujur, mereka sebenarnya memiliki produk ciamik. Nyaris semua line up ganteng dan rupawan…..

Namun strategi ditahun 2016…IMHO mereka cenderung kurang masif akibat kecurigaan yang berlebihan tanpa sudi berkomunikasi secara elegan. Diperparah dengan tindakan “mengkotak-kotak” untuk melakukan publikasi. Jadi?seolah-olah sekarang ada blok Rusia vs Amerika. Sebuah tindakan yang sebenarnya nggak perlu karena kita bukanlah politikus. Blogger adalah penulis yang menulis apapun yang ada didepan mata…dilakoni dan fakta dilapangan tentang motor diterjemahkan untuk dishare kepembaca. Itu saja…..

Dibutuhkan marketing secara dewasa, yang tidak memandang media online atau Blogger sebagai alat. Tapi pandanglah mereka sebagai partner.?Ingat…partner cak. Arti partner disini adalah…tidak ada arogansi diantara mereka karena saling membutuhkan. Media butuh berita, pabrikan butuh publikasi. Sudah membuang filosofi tersebut…..siap-siap makin dlosor sebab produk tidak akan terpublikasi secara maksimal…..

Blokade informasi yang rugi bukan medianya lho pakde. Tapi sebaliknya. Lha piye……kita ban bocor aja bisa jadi berita…iyo ora. Baut wae bisa menjadi bahan….bener kan (ngelirik bocoran :mrgreen: ).?Contoh simpel….IWB aja yang Blogger otomotif baru tahu ada Vixion SE setelah produk wira-wiri didealer selama sebulan lebih. Kuwi Blogger otomotif lho. Piye dengan konsumen….lak yo makin ngaplo……

Last….kritik memang kadang terasa pedas. Namun lewat?kritikan kita makin dewasa dan maju. Dengan catatan kritikan tersebut diterima secara dewasa bukan buruk sangka yang langsung direspon negatif. Mungkin publikasi tidak dianggap penting. Tapi diakui atau tidak berkat publikasi yang super masif pula, Honda di 2016 bisa mencapai pada titik sekarang. Artinya IMHO publikasi sangat vital dalam sebuah produk…komponen penting agar?biker aware atas kehadiran dan keunggulan produk itu sendiri. Semoga Yamaha bisa bangkit sehingga kompetisi kembali seru seperti masa lalu. Menguasai seluruh kanal digital dengan strategi cerdas ciri khas dari pabrikan garputala. Semoga saja kangbro…..(iwb)

Penjualan 10 motor terbaik November 2016

1. Honda BeAT Series: 203.438 unit

2. Honda Vario Series: 122.658 unit

3. Honda Scoopy: 52.261 unit

4. Yamaha Mio M3: 29.044 unit

5. Yamaha NMAX: 26.828 unit

6. Honda Revo: 17.963 unit

7. Honda New CB150R: 15.129 unit

8. Yamaha Fino: 12.466 unit

9. Honda Supra X 125: 12.060 unit

10. Yamaha Soul GT: 10.345 unit

 

279 COMMENTS

  1. kalau kata darmo yahaha lbih suka kipas2 dolar,
    coba itu darmo dinaikkan jadi -pejabat teras- sekalian nyapu dan nge pel
    ekekek

  2. Ini salah satu dampak karena leasing yamaha terlalu banyak mem black list wilayah penjualan sepeda motor..
    Termasuk wilayah tempat tinggal saya

  3. jos lek (y) jujur produk yamaha sbnre luwih keren2 lek. cuma ya itu publikasi nya kurang di bandingkan pabrikan H
    pabrikan H terbuka untuk media, gk prlu bayar mahal untuk ngiklan sdh di ulas di bikin artikel secara gratis oleh blogger & media (y) jd setiap mnggu nya pasti ada berita tentang honda dan itu menurutku cukup signifikan krna masyarakat kita skrng lbih terbuka di media sosial. yamaha akhir2 ini jrang bget nemu berita nya jd gmna mau di kenal produknya pdhal produknya keren2
    andai yamaha ngk b*deg kyk skrng (y) produknya pasti bisa naik lgi

    • Produk keren itu relatif, siapa yg melihat. Dan terbukti honda lebih bisa diterima oleh masy luas yg notabene gak usah/pernah liat media ini itu. Mungkin sejak dulu sudah ada mindset; sebutan motor itu “honda” sampe sekarang, hondamu merk opo?

    • Joss itu relatif mas bro
      keren bagimu mngkin engga keren bagiku atau sebaliknya.
      bukti lapangan yang berbicara.

  4. Smoga data ini mnjadi cambuk pnyemangat pabrikan utk mnghasil kn produk sesuai ekpetasi konsumen tanah air ..
    # Kami Butuh Keyamanan Bukan Kemewahan Apalagi Kemahalan ..

  5. Ini salah satu dampak karena leasing yamaha terlalu banyak mem black list wilayah penjualan sepeda motor..
    Termasuk wilayah tempat tinggal saya..

  6. Ini salah satu dampak karena leasing yam*** terlalu banyak mem black list wilayah penjualan sepeda motor..
    Termasuk wilayah tempat tinggal saya..

  7. Belum pernah beli motor yamaha. Dgn harga yg sama, saya kira motor honda lebih value for money. Kecuali nmax dan aerox, setuju lebih value for money, dibanding vario 150. Pingin nanti xmax 250, jadi motor pertama saya merk yamaha, semoga max 46 jeti. Aamiin

  8. ekekek?

    motor plastik kiwir2 dan getas ngohaemm?
    dilarang mengaspal di ngeropah brooo ..
    maklum kalo nekat langsung dibuakaarr

    byuuhh seremm cak ?
    kuwi motor po begal ..

    ????

  9. ekekekek?

    knapa ploduk ngohaemm ditolak ngeropah????
    karna kalo rusak gak direcalll ..
    tapi diupdate pakai voucher zaza

    org ngeropah gak doyan voucher cukk..

    HAHAHA

    ????

  10. Produk joss apa engga tu tergantung pandangan masing” konsumen.
    konsumen yamaha bilang produk mereka jos ,, begitupun dengan konsumen honda.
    kata” joss itu cuma opini sodara”,, IMHO nyaman , brand + harga bersahabat masih jadi nilai +

  11. kan bisa saja anda tidak membeli produk yamaha karna dibohongi oleh statement orang orang kalo produk yamaha jelek.
    wkwkwkwk

  12. Tampaknya pengaruh menjauhnya YIMM dari Blogger berpengaruh sekali terhadap nama besar mereka. Masyarakat sekarang lebih percaya kepada blogger (yg punya integritas) dalam menentukan pilihan mau beli motor apa. Review dari media massa seperi motorplus dan otomotif kini setara dengan hasil uji harian suatu motor yg pabrikan titipkan utk direview. Semoga YIMM dan juga pabrikan lain sudi menjalin kembalik hubungan baik dengan para blogger

  13. Kesalahan Yamaha:
    1. Petingginya baperan (khusus wakil dari Indonesia)..
    2. Media dimusuhi tanpa adanya solusi cerdas..
    3. Gak mau dengerin kritik dan masukan mayoritas konsumen, bukan cuma dari FBY tapi juga dari konsumen netral..
    4. Tenaga marketingnya kurang pembinaan, kurang sigap dan cekatan mencari dan mendapatkan kepercayaan konsumen..
    5. Distribusi produk kurang merata terutama di kota” kecil..
    6. Dll
    Selama itu gak ada pembenahan, jangan harap MS naik signifikan.. Ekspor emang bisa menyelamatkanmu sesaat, tapi MS dalam negeri bisa menghancurkan perusahaanmu selamanya..
    Contoh mirip liat aja PT. SIS gimana sekarang, semoga petinggi YIMM baca..

  14. .. produk2 ganteng dan rupawan?

    Sampeyan ki nyindir opo piye, kang? Kita semua tahu YIMM kedodoran di design and build lini2 bawah mereka. Dan mereka lambat mengantisipasinya. IMHO.. ini salah satu yg bikin pangsa mereka tergerus.
    I love Yamaha, I own a Yamaha. But they gotta do something about it.

  15. Yamaha merasa marah mgkn sm bloger yg dicap pro k honda, pdhl yg tukang fitnes itu dharmo kecoak dan kroco2nya….dasar kampret!!!
    C’z u must to know…..

    >> Honda adl takdir
    >> Honda adl kenyamanan
    >> Honda adl jati diri
    >> Honda adl kekuatan
    >> Honda adl kemapanan
    >> Honda adl keniscayaan
    >> Honda adl kemenangan
    {{{{{ CHOICE OF THE CHAMPION}}}}}

  16. Heheeheh
    Garda depannya diisi orang2 payah haus duid bukan loyalitas penuh!
    Liat orang mo beli cash gak ditanggepin, pdhal kalo cash disamperin genjot terus penjualan.

    Garda depannya harus di training dulu itu biar pada gak haus duit, kasian kan pada gak dikasih makan siang, rokok ama kopi doang.

    Kasih oplosan bonus ama duit lah. Biar semangat jualan bukan dari finance gak jelas

  17. Pecat tuh orang2 gak kompeten, rekrut orang2 fresh berjiwa muda dan fighter!

    Ajak rekreasi orang2 yang pinter nyari solusi penjualan!, kasih reward! Jangan nasi kfc mulu

    Produk yamaha gak jelek-jelek amat kaya honda lah tapi masih jauh dibawah suzuki, produknya lebih beragam! Tapi jiwa marketingnya pada bloon2

  18. Jangan kasih ampun para penjilat yang menjauhkan dari fakta kenyataan bahwa penjualan makin menurun!
    Bandingin tahun 2008-2010 saat jaya2 nya yamaha hitung ada berapa jumlah produk tersebut bandingin ama tahun 2016!

    Ms 44,9% vs Ms 18%

    Hitung sendiri jumlah produknya

    2010 yamaha pernah menggilas honda dalam satu bulan, dan menempel terus tiap bulan!

    Intropeksi
    Ralat semua produk reject
    2017 kasih all new!
    Perbanyak gimmick dan direct selling!

    Buang sdm mahal gak guna

  19. Daftar peringkat di atas bersifat final dan mengikat dan tidak dapat di ganggu gugat, Kecuali sampai ada peningkatan produksi dari masing-masing peserta untuk menarik hati konsumen sebagai juri . .Wis ngono ae
    #suarahatibiker
    *Kami Butuh Kenyamanan Bukan Kemewahan Apalagi Kemahalan*

  20. blok mazapahit ini pasti maksudnya… Wkwkwkwk salah sih yamami coba sales marketing e darmo dan kawan khawinnya di jamin ga sampe satu Bulan…… Tutup… ? “yang penting kipas kipas dolar coy” (menghibur diri mode on)

  21. Sampean jg turut ikut andil lek iwan.moso pas artikele yamaha ono kalimat mbrodhol jenggote.maksudnya sampean mbrodhol jenggote pak masykur yimm gt ?..wah ngawur sampean..hehehe..jgn salahin yimm klo jd baperan gt sama sampean

  22. Liat komen2 sebelumnya

    Vixi gak perlu dohc karena sohc dah advance
    Gak salah, tapi liat market donk dul!

    Liat honda dohc wala-wala laku kan padhal rasa sohc belom aja ketemu ama real dohc 19,9

    Kenceng dikertas gak kenceng dijalan
    Mang orang peduli

    Liat noh hape sekarang gede2 pixelnya padhal aparaturnya kecil- kecil, alias zonk gak bisa disamain ama hp high level padhal sama2 16mp

    Tapi orang berbondong2 beli! Hp china/korea/taiwan dengan mp yg besar

    Harbolnas padhal harga sama aja cmn mainan gimmick harga! Ama bonus gaje
    Tapi orang berbondong2 beli

    Kalo yang pinter pasti tau maksud gue kecuali para penjilat2 bodoh yang gak ngerti karakter market indonesia!…

  23. Liat komen2 sebelumnya

    Vixi gak perlu dohc karena sohc dah advance
    Gak salah, tapi liat market donk dul!

    Liat honda dohc wala-wala laku kan padhal rasa sohc belom aja ketemu ama real dohc 19,9

    Kenceng dikertas gak kenceng dijalan
    Mang orang peduli

  24. Liat noh hape sekarang gede2 pixelnya padhal aparaturnya kecil- kecil, alias zonk gak bisa disamain ama hp high level padhal sama2 16mp

    Tapi orang berbondong2 beli! Hp dengan mp yg besar

    h a r b olnas 1212 padhal harga sama aja cmn mainan gimmick harga! Ama bonus gaje
    Tapi orang berbondong2 beli

  25. Kalo yang pinter pasti tau maksud gue kecuali para penjilat2 bodoh yang gak ngerti karakter market indonesia!?

        • Lo beli dengan harga yang sama pilih mana?, dapet 1 atau dapet 2

          1 bungkus atau 1 bungkus extra piring/minyak 1 lt

        • Kalo fitur sama bonus udah seharusnya kali…

          Kalo cuman modal jualan gimmick, paling laku 3 bulan doank, selebihnya udah pasti kembali ke habitatnya…???

          nah sekarang mana yg cuman jualan gimmick…??

          • Lah lo pikir dohc yang selevel sohc yamaha bukan gimmick?, doch mustinya powernya bisa lebih gede!

            Lo liat led ama bohlam fungsi sama tapi lebih keren mana- itu masuk gimmick bos

            Yah lepas dari itu pan dah gw bilang tadi, garda depan garda depan!, satu kesatuan lah, kaya tombak
            – ada gagang ( produk )
            – ada mata tombak ( sales )
            – ada ikatan tombak ( strategi )
            – ada pewarna tombak biar seram

            Kalo salah 1 gak kuat yah buyar!

          • Ya ngapain jualan gimmick doank sekarang..?
            Emang sekarang konsumen gampang dikadalin..?? ??

            Ya dipikir lah, nantang ya nantang selevel, ntar kalo g selevel ngeles mulu..??

            Dikasih lawan selevel mana yg sukses..????

            Gimmick itu harus normal/standart lah, bukan gimmick macam jembatan roboh/baju compang camping…???

  26. ane nambahin ya..
    emg bener komen2 yg di atas. sebagai pelanggan (karena ane pengguna nmax) pelayanan servis di yamaha jaaaaauuuh banget kualitasnya kl dibandingin honda. dl ane nyeplak old cb150r, kalo servis pelayanannya super. fasilitas tempat servis enak. nah begitu gabti ke nmax trs servis, puter2 tempat servis di jogja yg bisa kasih pelayanan yg paling gak mendekati ahass gk pernah nemu. di dealer yamaha jg motor dipajang ala kadarnya. cari sparepart ori susahnya mibta ampun, janjiin seminggu ini udah sebulan kagak dateng2. pantesan konsumen banyak yg gk nglirik yamaha.
    masukan buat yamaha, kuping budeg karena banyak kopoknya mah gpp, asal jg lupa rutin dibersihin ya. itu omongan konsumen banyak benernya

    • Gue dr dlu udah bilang .pelayanan sales Yamaha itu gebleg ,pengalaman beli x ride dulu,kalo dteng ke Honda dah ketahuan mau masuk dsmbt dgn senyum nawarin enak pokok nya ramah,berbnding kebalik dgn Yamaha kt dateng liat2 mtor nya g ada yg peduli,gliran nanya mtor nya harus ada uang jd ,apalagi mo beli cash ya dicuekin ,makanya udah pd males k Yamaha!

      • Oh, pantesan Honda lbh laku dari yamaha kalo bgtu cara perlakuannya.

        Di yamaha, konsumennya sendiri yg udah berjasa beli produk dia dijutekin & dicuekin.

        Di Honda, disambut ramah penuh perhatian & kepedulian.

        Orang2 anggep produknya keduanya 11-12, sama aja, ya mending pilih yg bisa ramah & baik sama konsumen.

        Semoga Suzuki tiru Honda soal cara melayani konsumen ini

  27. hmmm. . .dgn produk yg ad skrg aj ahm udh bgini…apalagi jika HONDA REBEL 150 jdi di bikin ahm…hmmm moga ahm mengerti tulisan ini …
    Note no Quote : “pikiran orang tidak ada yang tau, namun tingkah laku dapat mempresentasikan pikiran mereka”

  28. makanya jangan cuman jas jos doank…
    tapi beli kaga… 😆 😆

    emang pabrikan jualan jas jos doank gitu… 😆 😆

  29. mantab kang..sebenarnya bukan urusan kita2 mana yg lebih unggul..cuman sekedar pemberitaan saja..cumn kadang miris klo sampe tutup..trs yg dah trlanjur beli produknya akhirnya bingung mau nyervis di dealer resminya..(semoga aja nggk sampe segitunya..wkwkwkwk).ea udah lah..selamat buat AHM udah terkabul keinginanya merajai si semua sigmen..

  30. Intinya YIMM harus berubh ,dengerin keinginan konsumen,kalo msh budeg ya siap2 ajach d salip ama yg lain.

  31. Maaf…
    Peduli amat market”
    Yg untung mereka.. Yg kaya jg mereka
    Kamu bisa apa??
    Ngurusin hidup sendiri aj blm becus…
    Lbh baik bahagiakan org tuamu dan keluargamu..
    #silentrider

  32. Kalau di kota saya di Jawa Timur. Kalau mau beli cash Yamaha, harus traveling 100km ke kota sebelah dulu baru bisa ketemu dealer yang bisa cash dan harga normal. Soalnya kalau di kota saya, semuanya minta kredit. Kalaupun mau cash harus upping price. Beda sama Honda, walau masih satu kota, kalau misal di dealer A gak bisa cash, tinggal saja ke dealer kecamatan sebelah yang mau terima cash. Pembeli kok dipersulit.

  33. Cuma share, pernah ke dealer yahama beli tunai dibilang stock gk ada, tp kalo kredit di bilang ada ,mau gk mau konsumen harus kredit, utk kenal owner dealer… Kepala marketing nya langsung di tegur ..-akhir kata gue senyum manis si sales senyum sinis.*based on true story*
    (Nb; motor udah kejual durability ancur )

    • Beli metic Sales mepetan,, bawa brosur!!! Pas bilang cash!!! Bubar dh hahahaa,, Kalimantan ya ini, ga tau daerah Laen ?

      Plat no, 1 stgh TAON baru keluar gile bener,,, tak sumpahi kebakaran tuh diler ?

  34. kalo di lihat tren turun nya penjualan yamaha itu sejak bubar nya ymki, dan di satukan dengan yimm, marketing ymki dulu tuh bebas mau masuk jam berapa aja terserah yg penting target penjualan tercapai, bonus pun besar jika melebihi target pnjualan tapi setelah gabung yimm aturan jam kerja pun di berlakukan masuk jam 8 pulang jam 16:30 ga ikut aturan siap kena sanksi, bonus pnjualan pun di tiadakan, jadi mau jualan banyak atau dikit itu sama aja ga ada bonus, dan menurutku itulah yg membuat marketing yamaha memble, akibat nya pnjualan pun tiap tahun nya terjun bebas

    • Bener bro,,, sekarang sanksi pun sangat bnyk,, uang bonus pun bnyk dikurangi bahkan ditiadakan, sama kasian yg kampasing uang mkn ga ad, padahal seharian tuh Sales keliling2,, mang mobil aj yg perlu mkn,,,

      Ikut berbela sungkawa saya?

Comments are closed.