iklan iwb

kunci-aerox

Iwanbanaran.com – Cakbro….kemarin IWB sudah membahas cara kerja Keyless pada all new Suzuki GSX-R150. Dilalah teknologi tersebut juga diperkenalkan oleh Yamaha pada new produk Aerox 155…..dan jelas ora kalah canggih. Justru Aerox dalam penjabaran kali ini lebih lengkap karena juga dibahas tentang kondisi ketika kunci hilang dalam perjalanan. Nah…seperti apa??….

Yamaha membekali fitur Keyless pada versi S atau premium dari Aerox 155. Nah…seperti halnya GSX-R150, keyless Aerox 155 mengandalkan remote yang bisa sampeyan kantongi dalam baju. Jika range GSX-R150 dikatakan 1,2 meter maka jarak jangkauan remote keyless matic ini adalah 1 meter….

iklan iwb

Dibawa aja remotenya….tekan ini (knob) keyless dalam jarak 1 meter. Kalau udah pencet speedometer akan mendeteksi dan “recognize” artinya cocok. Selebihnya tinggal putar aja (knob). Kalau SSS-nya aktif tinggal gas. Kalau belum bisa pencet starter distang…”seru kang Ridwan (service division PT YIMM). Hhmm…mirip dengan GSX-R150…

Hanya saja untuk Aerox 155, karena motor ini sudah dibekali fitur SSS (Start Stop system) maka sampeyan tinggal gas jika kondisi mesin sleep. Tapi start awal sih pasti tetap kudu pencet starter dipanel stang. Jadi cara kerja simpelnya…..pencet knob untuk aktifkan kunci, langsung putar kekiri setelahnya….kelistrikan ON, pencet starter…hidup. Kuwi selama romote dalam jangkauan ya cak….

Fitur canggih lain dari Aerox adalah hadirnya indikator baterei atau aki. Jadi kalau ada penurunan kinerja alias soak sistem akan ngasih alert ke pengendara dengan sinyal lampu berkedip. Btw….kalau pengen ngunci stang langkahnya sama….yakni pencet knob, arahkan stir kekiri lalu putar knob kekanan. Wis ngunci cak. Pertanyaanne….piye kalau remote hilang??….

aerox-155-keyless

Mirip dengan sistem keyless Suzuki GSX-R150…tiap konsumen nanti mendapatkan ID number. “Satu kunci ada nomer rahasianya. Jadi hidupinnya pakai nomer itu. ID inilah yang akan digunakan untuk menghidupkan mesin saat emergency. Remote bisa beli lagi dan ID akan berubah. Kita register ulang dan tidak perlu ganti knob keylessnya untuk mengkoneksikan ulang ECU serta Receiver..”tambah Ridwan. Makin menarik ki. Pertanyaan lain…piye kalau saat berkendara remote jatuh dijalan?. Apakah mesin akan langsung mati??….

Ternyata tidak kangbro. “Dalam jarak 1 kilometer dia (Aerox) akan ngasih alert. Ada gambar kunci disini (speedometer) yang terus berkedip. Mesin tidak akan mati alias tetap hidup. Namun sekalinya dimatikan…sistem akan mematikan kelistrikan setelah 30 detik. Makanya kalau terjadi hilang kunci mending jangan dimatikan mesinnya. Cari remotenya kalau nggak ketemu langsung dibawa kedealer….”tambahnya lagi. Canggihhhh….jadi ngono cak….

Last…Yamaha Aerox 155 juga dibekali unlock button bagasi serta tutup bensin yang terintegrasi diarea keyless. Jadi kontrol semua diarea sana kangbro. Nah…seperti apa sih cara kerja keyless pada new Yamaha Aerox 155?. Intip wae video penjabarannya berikut ini. Canggihhhhh…!! (iwb)

yamaha-aerox-155-iwb-3

Video cara kerja keyless Yamaha Aerox 155


HP klik disini

111 COMMENTS

  1. Pertanyaan berikutnya kang, klo remote hilang, apakah motor harus dibawa ke dealer utk regis id baru?

  2. Kemungkinan masih bisa dicuri tuh kalo malingnya canggih n ngerti sistem hack elektronik,., wkwkwk

  3. Lek, mau nanya. Kalo BC yamaha emang dikasi apa sam honda? Kalo ngeBC honda dikasi apa sama yamaha? Kok seru banget ya lek mereka. Kalo mereka sales apa dapet point khusus dari atasan mereka setelah nge BC? Tmn2 ane pemilik yamaha n honda biasa2 aja kalo kopdar. Warunge lek iwan ancem sakti

  4. Wkwkwkwk.. Denger-denger pengen nyaingin Vario neh.. ternyata lebih muahal dari vario, terbukti dari dulu jual motor murah tanpa fitur ngejek-ngejek fitur komplit sekarang NGIKUTIN tapi harga ga bersaing cuy… apa mau dikata

  5. fitur keyless nya sangat bermanfaat, gak repot colok cabut anak kunci lagi, gak ada lagi cerita kunci ketinggalan nyantol di motor , jadi mirip mobil, salut buat YIMM.
    kalau remote hilang ada PIN cadangan untuk nyalakan motor. kalau di mobil pakai anak kunci cadangan, eh di motor pakai PIN..CANGGIH EUY…

  6. sekaligus bikin mumet begal. udah dapat motornya eh sampai di sarang begal tu motor dimatiin, eh mau dinyalain gak bisa nyala lagi. kira-kira begal bakalan kapok gak ngebegal motor keyless ?
    tips buat begal : kalo ngebegal motor aerox 155 jangan lupa sekalian minta remotenya…ngoahahah…

  7. TEKNOLOGI REMOT jadul Yg udah ada di mobil :v ,, TEKNOLOGI Stop&start yamaha = teknologi Nya IDLING STOP HONDA ,, HEADLAMP MIRIP HONDA DN 01 & VARIO 150 ,,,,, parahhhhhhhhhhhh :v

Comments are closed.