iklan iwb

460x110_tire

cb150r-pertamax-turbo

Iwanbanaran.com – Wis cak….ibarat dongeng IWB ingin tuntaskan ceritanya sampai klimaks. Pokoke tuntas-tas biar komplit. Makanya jika artikel kemarin hanya satu motor…kali ini IWB brojolin testing menggunakan bensin Pertamax Turbo untuk 5 motor sekaligus yakni Honda Vario 150, Satria FU (lansiran 2007), X-Ride, Vixion dan CB150R. Nah….seperti apa saat keempat motor tersebut ketika diasupin bensin RON 98??. Berdasarkan review dan testimoni pembaca….berikut hasil detil kelima produk…..

iklan iwb

IWB harus ucapkan buanyaaakkkk terima kasih pada para reader yang sangat antusias ngeshare pengalaman mereka menggunakan bensin terbaru dari Pertamina berlabel Pertamax Turbo. Nah….seperti yang pernah IWB jabarkan sebelumnya, PTurbo ini selain memiliki oktan tinggi juga dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF) yang diklaim membuat pembakaran makin sempurna…..

Secara singkat paling tidak ada 3 keunggulan utama yang diutarakan Pertamina. Pertama, Pertamax Turbo memberikan sensasi driveability, kendaraan menjadi lebih responsif. Kedua, akselerasi lebih terasa?..pembakaran sempurna torsi kendaraan menjadi lebih tinggi. Ketiga, mendukung kecepatan maksimal, adanya teknologi Ignition Boost Formula (IBF) membuat bahan bakar lebih responsif terhadap proses pembakaran. Kuwi teorine. Tapi gimana saat dijajal dilapangan??….

Sudah dua motor yang IWB share pada artikel sebelumnya yakni Mio GT dan NMax. Nah….untuk melengkapi testing dimotor berbeda IWB melibatkan para reader yang begitu antusias ngeshare feeling mereka ketika jajal Pertamax Turbo pada tunggangan kesayangan. IWB sudah mendapatkan 5 motor sebagai referensi sampeyan yaitu Honda Vario 150, Satria FU, X-Ride, Vixion dan CB150R. Kita langsung pada testimoni reader berikut ini….

New Vario150_esp (5)

Testing Pertamax Turbo pada Honda Vario 150 (bro Indra)

Assalamualaikum gan.. kenalin nama ane indra gan asal pontianak yang sekarang berada di jakarta selatan gan.. tepat nya di kuningan. Ane pembaca setia warung agan tapi gak pernah komen (males ane gan..). Ane mau ngeserrrrr pengalaman ane make PERTAMAX TURBO (efek keseringan baca ripiw di blog agan haha) yang kerjasama sama pabrikan mobil idaman mbah ane gan.. *LAMBORGHINI* hehe. Motor ane VARIO 150 ISS gan… waktu itu saya coba beli si turbo dispbu kuningan kagak tau dah ape name tu sepebeu Terus langsung isi dah tuh full tankkkk se tank tank gan…kondisi isi tangki kurang lebih setengah literan gan…

Impresi pertame tuhhh gan… wiidiih.. ni mesin alus bener yak katang tepung beras R*SE BR**D.. wkwk.. pas ane gas tuh mbeb *nama motor ane* seddap bener dah. Kebetulan waktu itu kondisi jalan agak sepi gan.. ane langsung coba ngibrit dah… dan alhasil si mbeb bisa tembus ampe kurang lebih 125kph. Padahal kalo biasa nya mentok di 110kph gan dengan premium tapi hehe… untuk tingkat konsumsi bensin nya sih ane gak tau gan….karna sering ngibrit gan… hehe..

Sekian ripiw pertanax turbo dari ane yah gan… oh ya gan ane mau tanya juga nih gan.. kalau ane sering make si turbo buat si mbeb bakalan ada resiko yang bahaya gak gan??… makasih gan.. hehe salam otomotif Indonesia gan..

-Yudi-

pilihan-warna-new-vixion-advance-20161

Testing Pertamax Turbo pada Yamaha Vixion (bro Gesang)

Selamat pagi kang iwan, saya bisa dibilang iwabaholic soalnya selalu dan makanan tiap hari baca warung kang iwan. Awalnya saya baca postingan kang iwan soal pertamax turbo, dilalah kebeneran motor saya NVL bensinne telas. Yowis skalian nyobain deh pertamax turbo

Spek motornya : mesin standar habis, keluaran 2013, jarak tempuh baru 16000km, pakai oli yamaha supersport, belum diservis sudah 2 bulan (jarang dipakai soalnya). Sebelumnya saya pelanggan setia shell, males antrine kang kalo melipir kepertamina. Nah saya isi full Rp 80.000 kedalam tangki NVL dapet 9.2liter. Langsung saya pakai seperti biasa, selang 10 menitan motor baru kerasa banget kang bedanya….

Biasanya ya, saya berkendara dalam waktu 1 jam tangan udah kesemutan karena getaran NVL itu berasa banget. sengaja juga kang motor belum diservis karena biar terasa bedanya, kalo udah diserviskan enteng2 aja. Nah Setelah 2 jam saya berkendara, berasa banget motor saya getarannya halus. Blass gada getar2 geli2 bikin kesemutan tangan. Terus ini tenaganya, enteng tenan kayak abis diservis…

Tapi bagian paling saya suka ya itu kang, getarannya alus tenan. Padahal kemaren2 mau tak selipin karet diantara pegangan stangnya, dilalah pake pertamax turbo alus tenan. Tenagane juga mantep kang. Kepanjangan ya kang ? maaf kang, semangat ceritainnya. Terima kasih kang iwan. Sukses selalu warungnya. *ngambilpisanggoreng

– Gesang-

x-ride-pertamax-turbo

Testing Pertamax Turbo pada Yamaha X-Ride (bro Iqbal)

Ass, kang iwan ikutan testimoni nih dari kemaren mau kirim ga sempet mulu banyak kerjaan, jadi gini kang kemarin hari selasa ane isi pertamax turbo full tank nih (sombong dikit) wkwkwk, dan hal hasil irit parah om sampe hari ini (kamis) masih ganteng di atas mulu ini kaga turun-turun, padahal jarak rumah ke tempat pkl lumayan jauh Dramaga – Semplak, dan bawa motor selalu kencang diatas 60km/jam dan tarikan si x ride makin ringan, ya meski dengan bantuan roller dan per cvt yg diubah….

Namun over all menurut ane PERTAMAX TURBO buat motor jenis x ride irit varahh om. tu opini saya om mengenai turbo di x ride, kalau menurut saya sih segitu keitung irit soalnya jarak tempuh dan di sini termasuk daerah yg rawan akan macet om, sebelumnya saya pakai plus emang irit juga tapi tetep aja dibanding dengan turbo tetap irit turbo. Sekian om lanjutannya yang tadi kepencet sending om hehe. Sekian om semoga d posting di blognya biar hitz motor ane wkwkqk matur nuhun om..

-Igbal-

cb150r-pertamax-turbo

Testing Pertamax Turbo pada Honda new CB150R (bro Iqbal)

Apa kabar kang iwan, Saya Dimas Wizz Lazuardi pembaca setia tulisan mas Iwan dan pembesut All New CB150R. Mau sekedar sharing aja nih kang rasanya All New CB150R pake pertamax turbo. Pertama kondisi bensin pertamax tinggal 1 strip kedap-kedip langsung saya isi full Pertamax Turbo sampe tumpeh-tumpeh :D. Motor saya aja muter-muter 1-2 Km an kang malah kurang itu udah kerasa banget perubahanya. Saya mau cerita performa aja yah kang soalnya baru ngisi jadi ga ngitung irit engganya hehehe….

Secara performa itu akselerasi motor jauh meningkat blas blasan kang dari pertamax biasa. responsif banget. Terus untuk top speed seyakin yakinnya cukup meningkat saya ga meratiin top puncak berapa tapi itungan saya untuk mencapa angka 120 itu gapake waktu lama kang dibanding pake pertamax. Makanya saya gatel deh itu tangan buat mlintir gas kalo lagi harus pelan, soale nikmat kang buat explore power. kalo untuk vibrasi mesin sesungguhnya memang lebih halus kang tapi ga begitu signifikanlah tapi tetep kerasa kok perbedaanya. Segitu aja kang yang bisa saya share hehehe makasi yah kang 😀

– Dimas lazuardi-

fugw

Testing Pertamax Turbo pada Satria FU 2007 (bro Rossi)

Siang mas Iwan, Salam kenal. Sy Muhammad Rossi pembaca setia warung mas Iwan. Berdomisili di Bintaro. Nah, setelah membaca tentang artikel mas Iwan tentang Pertamax Turbo di Mio GT. Saya jadi tertarik turun ngaspal lagi. Biasanya kerja pakai KRL. Rute kerja Bontaro-Merdeka Selatan. Motor sy Suzuki Satria 2007. Waktu di Jogja sempat naikkan kompresi (disesuaikan dengan ron 92), Porting Polish jg di bengkelnya Doni Tata (Ring Road). Balik lagi ke topik.

Semalem pulang maen basket di daerah Tebet, isi Pertamax Turbo di Pom Bensin setelah Radio Dalam sebelum Pondok Indah Mall. Awalnya saya sedikit kaget ketika melihat warna cairannya merah. Jangan2 masih Pertamax Plus (curiga dalam hati). Walhasil sy coba di Alteri pondok indah. Yang saya rasakan untuk stop & go lebih enteng. 0-100 km/jam itu bisa lebih cepat didapat. Selisih 1 detik dari Ron 93 Pertamax Plus). Begitupula 60-100 km/jam.

Sejauh ini masih sebatas test performa. Belum test konsumsi bbm nya. Setelah mencoba Pertamax Turbo, sy jadi menikmati riding kuda besi lagi. Hehe. Entah hanya sugesti atau apalah. Demikian mas Iwan saya sampaikan pengalaman pribadi. Terima kasih mas Iwan.

-Muhammad Rossi-

Juozzzz gandozzz sampe bledhozzz cakkkk. Empat jempol deh (jempol sikil melu ki xixixi) buat para pembaca yang luar biasa antusias ngeshare pengalaman untuk para pembaca lain ketika menggunakan Pertamax Turbo pada tunggangan kesayangan. Asli…IWB sampe mringis milin kumis saking serius bacanya. Lha piye…gaya bahasanya keren-keren. Ada yang dikit-dikit “gannnn”…ada lagi yang menyebut “varahhhh” :mrgreen: ….pokoke juozz gandozz para reader ki. Nah….dari sekian penjabaran bisa kita pastikan….

pertamax-turbo-truck

Hampir semua mengatakan….Pertamax Turbo memang membuat kendaraan makin ngacir. Kalau soal irit atau nggak mungkin masih ngambang ya kang sebab pengetesan memiliki hasil berbeda-beda tergantung gaya pengendara. Tapi yang sudah bulat dan kompak…oktan 98 ini sukses membuat akselerasi motor makin ngacir dan enteng. Lalu soal efek negatif sesuai pertanyaan bro Indra apakah membahayakan tunggangan atau nggak?…

Secara teknis tidak mzbro. Oktan tinggi tidak akan membuat kerugian, kecuali satu….kantong sampeyan cepet bolonggggg. Lawong Rp. 8700/liter :mrgreen: . Selebihnya justru keuntungan yang didapat sebab aditif yang dijejalkan pada Pertamax Turbo termasuk terbaik dikelas Pertamina. Efeknya??….pembakaran bagus, karbon atau kerak minim dan periode servis besar seharusnya bisa lebih panjang. Nah….piye, wis dapat gambaran to. Semoga bisa dijadikan bahan referensi buat para pembaca setia warung ini. Sayang sementara kota kecil mung dlongop ki lawong mbah Turbo belum nyampe kesana. Sabar-suburrrr pakdeeeee :mrgreen: …...(iwb)

94 COMMENTS

  1. Ane barusan nih gan nyoba pertamax turbo, awalnya sih ane mau isi pertamax biasa, eh ternyata pertamaxnya udah pindah dipojokan, pas ane liat “kok pertamax turbo” pas mau puter balik udah antri lumayan, ada mobil juga dibelakang ane, makanya ya udahlah isi aja 😀 ane isi di revo ane, motor baru 2 bulan sih belum pernah servis, habis ane isi, ane langsung coba, kaget ane, rasanya motor enteng banget kaya baru pertama beli, padahal sebelumnya kerasa berat, dijalan ane ngomong sendiri “anjir pertamax turbo” baru tarik gas dikit udah kerasa agak kewalahan 😀 suara mesinnya alus semuanya kaya serba baru 😀 ane mampir kesini ga sengaja karena lagi searching google eh ada review 😀 masalah irit, ane belum coba gan masalahnya baru tau dan baru pertama ga sengaja beli 😀

  2. Opini atau pun argumen dsb akan lebih sahih bila disertai dengan data bukan cuma feeling supaya ada buktinya dan bisa dimanfaatkan. Maaf bukannya saya tdk percaya.
    Selain itu utk motor karburator yg menjadi unit test apakah ada penyesuian lagi pada air screw atau pj mj nya stelah berganti bbm oktan tinggi ?

  3. “””””””Padahal kemaren2 mau tak selipin karet diantara pegangan stangnya,””””””

    getarannya mana tahannnnn… SOHC Operstruk broo…

  4. Ane semalem coba di supra 125 yg kompresinya cuma 9.. pertama kali ane kaget bet spion ane kan retak jadi suka bunyi ndeleder.. itu suara biasanya dari N juga udh nyaring.. nah pas pake Pturbo suaranya ilang pas di N dan bunyi pas jalan aja itupun kalo udh high rev.. ghoib bet kan.. yang ane rasain sih emang aksel nambah trus juga motor smooth abis.. tapi putaran atasnya kaya kedodoran gimana gitu.. beda pas pake pertalite.. entah ini sugest aja atau gimana yg jelas semalem motor ane pake high rpm mulu efek saking smoothnya jadi lupa gasnya mentok.. wkwk
    menurut ane sesuaikan aja dengan kebutuhan kalo motor ane sih motor rakyat, kompresi kecil kayanya pertalite atau shell super(ngincer point wkwk :peace) udh cukup..

    NB: Hindari gaya hidup hedon beli sesuai kebutuhan

  5. data terakurat mengenai perbedaan power motor sebaiknya bisa dilihat dari uji dynotest.
    semoga bisa lekas terlaksana & ada artikel gamblang dari hasil grafiknya.

  6. PERTAMAX TURBO DI VESPA SPRINT 150-FULL UPGRADE RACING:
    +AKSELERASI SEDIKIT MENINGKAT
    +PUTARAN ATAS TERUS NGISI
    -MESIN SEDIKIT KASAR DIBANDING V-POWER
    -KNALPOT NEMBAK

    Akhirnya ane balik ke V-Power lagi deh karena knalpot sering nembak saat pake Turbo.

  7. kang, lebih bagus mana sih performa motor kita. Pakai shell V-Power atau Pertamax Turbo ya ? Dark banyak segi maksud nya sepertj dari segi suara, tarikan, bahkan top speed. Apakah semua unggul pada pertamax turbo atau ada keunggulan lain dari V-Power yang tidak dimiliki pertamax turbo ? Mohon bantuannya makasih

  8. Pertamax turbo emang jempolan Kang…. Ane Pake CiBieR K45A pas tarikan 10rb – 11 RPM enteng gak kerasa vibrasinya. Biasanya pake RON 92 di RPM tersebut kerasa getaran mesinnya…
    Di daerah ane Solo di pasarkan Rp 8.800,-, saya rasa harga Pertamax Turbo (Ron 98) masih bersahabat dan sebanding dengan performanya.
    dulu ja pertamaX Plus (Ron 95) pernah tembus harga Rp 10.500,-, mungkin jg lebih…
    hehe…

  9. Bener sekali.. saya nyoba di supra gtr 150 yg kompresinya 11.3 : 1, hasilnya :
    1. Tarikan tambah enteng bgt
    2. Suara mesin lebih halus
    3. Getaran mesin lebih berkurang
    4. Kayaknya getaran setang makin minim.
    Td nyoba narik gas agak dalam, hasilnya gigi 5 sudah tembus 108km/jam, rpm sekitar 9000 dan throttle gas belum penuh, masih mau nambah lagi tenaganya. Sayang track habis.
    Soal beda kecepatan top speed, saya blum bisa bedakan.. motor masih baru. Blum nyoba top speed pake pertamax dan pertamax turbo..
    Catatan : motor standard, pakai windshield aksesoriesnya supra gtr, pake hand guard aksesoris supra gtr, yg pastinya akan memperlambat karena hadangan angin makin kuat.
    Sekian pengalaman saya..

    • Setelah ane review lebih jauh pakai supra gtr 150, 1 liter pertamax turbo bisa untuk jarak 55km. Penggunaan motor untuk harian di dalam kota medan. Stop and go lampu merah. Kadang sendiri kadang boncengan. Berat saya 73 kg. Berat yg dibonceng 60 kg.
      Secara feeling, saya kira pakai pertamax turbo lebih irit sekitar 12 km dibandingkan pakai pertamax 92. Tidak ada bukti otentik sih kang. Tapi itu berdasar uji pribadi aja.. semoga review saya berguna.
      Demen dah saya ama pertamax turbo.

    • Lanjut review lagi kang. Untuk pertama kali saya bawa supra gtr ke arah penatapan berastagi. Masih dengan bensin pertamax turbo. Sensasi yg saya dapatkan benar2 puas. Tidak ada tanjakan yg dilalui dengan berat. Benar benar enteng si gtr diajak nanjak di gigi 3 dan 4. Sebagai biker yg pernah punya supra x 125 thn 2015, 150 karbu thn 2005, dan yamaha scorpio 2013, saya lebih senang mengendarai si supra gtr + pertamax turbo ke tujuan. Singkatnya, tak perlu tenaga berlebih untuk melibas tanjakan dan ngelewatin mobil dan truk yg biasanya lebih lambat ketimbang biker.
      Top dah supra gtr. Memang pantas julukannya sebagai bebek adventure.

    • Revisi sedikit pengalaman pakai pertamax turbo dan pertamax 92 di mesin supra gtr 150 setelah lebih 1 bulan pemakaian … Fuel consumption benar benar saya perhatikan dengan metode full to full. Saya selalu mengisi setiap habis satu bar bensin/hari. Pengisian bbm selalu menghabiskan 10 ribu rupiah yang mana di tripmeter berbeda tiap harinya karena tergantung cara bawa,terkadang trip meter menunjukkan angka 64 km, 62, 65, 70, dan terakhir yang terbaik saya dapat adalah di angka 74km. Harga pertamax 92 (8.050 dan pertamax turbo 9.150).

      Setelah bener2 saya uji antara pertamax turbo vs pertamax 92 secara lebih teliti, ternyata tidak ada perbedaan di angka fuel consumption pake turbo dan pertamax.
      Rata-rata konsumsi per hari kedua jenis bbm bermain di skitaran 55 km/ liter. Hanya saja kelebihan pertamax turbo menang di tarikan gas yang lebih ringan sedikit dan suara / getaran lebih halus.
      Metode pengujian adalah dalam kota medan sehari-hari.
      Karena itu saya sarankan ke pengguna mesin k56 honda sebaiknya sih pakai pertamax 92 saja karena perbedaan cuma sedikit tetapi secara fuel consumptionnya sama. Bahkan kemaren (20 februari 2017) saya dapat di angka 60 km/ liter pertamax 92 dengan berkendara eco riding (tidak lebih dari 6000 rpm/gigi).

      Semoga sharing pengalaman saya berguna untuk yang berencana meminang supra gtr 150..
      sekian kang iwb..

  10. Aseli akselarasi nampol bgt cepet raih top SPEED tapi bikin fuel dilution bau nyengat bahan bakarnya di knalpot tandanya pembakaran kurang sempurna di MX King ane, sebelumnya pake Pertamax 92 bau knalpot cuma bau oli mesin gak ada bau bensin, cuma ganti busi iridium. Isi 20ribu dpt 2.2liter, jarak tempuh Kranji – Tangerang PP dapet 112km isi empty to empty, sisa 100ml kayaknya sebelum isi Pertamax turbo. Joss banget lah buat kebut2an kaget baru pertama kali pake berasa banget bedanya. Tapi balik lagi ke pertamax92 khawatir oli mesin gak bertahan lama karena Fuel dilution. Sekian pengalaman MX King standard saya

  11. Motor saya kompresi rendah dan harga murah di kelas bawah. Testing pake pertamax turbo, hasilnya= mesin panas & susah langsam. Suara mesin yang udah kasar jadi tambah kasar.

Comments are closed.