iklan iwb

suzuki-smash-fi-malaysia-1Bro dan sis sekalian….. Suzuki sepertinya dalam posisi yang betul-betul pada kondisi sulit. Tidak hanya di tanah air namun cara keseluruhan termasuk Asia pabrikannya yang sebenarnya memiliki produk dengan kualitas bagus ini harus menelan pil pahit. Yang terbaru seperti dilaporkan media Jepang Nikkei, Mereka pun kini harus menyerah dan menutup pabrik perakitannya di Malaysia langkah ini terpaksa tempuh karena penjualan terus terpuruk hingga hanya mampu menjual 8000 unit setahun di negeri Jiran. Ediannn……

Seperti dilaporkan oleh Nikkei, Suzuki akhirnya memutuskan untuk menutup pabrik perakitan mereka di Malaysia karena lemahnya permintaan brand ini. Pabrik awalnya meracik beberapa varian skuter serta bebek. Akan tetapi keinginan untuk bertahan akhirnya Pupus sebab dari waktu ke waktu penjualan Suzuki di Negeri Jiran terus terpuruk. Hingga pada puncaknya di tahun 2015 mereka hanya mampu menjual 8000 unit 1 tahun atau hanya setengah dari penjual di tahun 2013….

iklan iwb

Kondisi tersebut membuat beban makin berat. Untuk langkah efisiensi keputusanpun dibuat oleh Suzuki Jepang dengan opsi terakhir adalah menutup pabrik mereka di Malaysia. Jadi diputuskan untuk Malaysia hanya akan dipasarkan produk-produk import dengan kata lain motor Suzuki yang akan datang di Negeri Jiran adalah hasil CBU (completly built up). Sebagai informasi pabrik perakitan Suzuki di Malaysia sebenarnya menargetkan memproduksi 1,44 juta motor di tahun fiskal 2016. Namun Apa daya mereka gagal mendongkrak penjualan roda 2 di kawasan Asia. Cukup menyedihkan Masbro…..

Last….. Suzuki di tanah air juga tidak kalah sulit dibandingkan dengan di Malaysia. Namun posisinya beda sebab Suzuki di sini menjadi satu dengan 4 wheels sehingga bisa silang subsidi. Apalagi keduanya juga dipegang dalam satu induk perusahaan yakni Indomobil. Kita berharap semoga kejadian yang menimpa Suzuki Malaysia tidak juga terjadi di tanah air. Alangkah tidak serunya jika itu terjadi. Sebab bagaimanapun Suzuki adalah brand yang cukup disegani sebagai pabrikan dengan kualitas cukup baik…bahkan mungkin diatas rata-rata. Namun sayang karena dipegang oleh RND yang kurang cakap serta prinsipel yang terlalu kolot membuat langkah brand ini jadi tersendat. Sangat disayangkan…. (Iwb)

MVAI-Banner-1

122 COMMENTS

  1. mayoritas komentar positif dukung suzuki bangkit, hoeeee kalo petinggi suzuki nda liat n nda baca bloger kawakan lek iwb sungguh TERLALU ,gue bosen sma honda yng built qualitynya ngoh ngoh, bosan sma yamaha yang budeg dan nda berani bersaing , suzuki c’mon ????

  2. Inilah yang namanya kompetisi,, yang kuat akan tetap bertahan, dan yang lemah akan hilang bersama nama besarnya akan tetapi menjadi legenda dihati para pecintanya. Tak ada yang sempurna… hehe

  3. Akibat h..n..a yg serakah semua psr di rebut & dikuasai…ymh smp mati kutu cape2 inovasi di ikuti trs mn yg laris di rebut…hnya karena nama besar bikin matic ngorok lakuu aja..

  4. wajar lek minim produk dan ga ada inovasi

    inget FBS “Bukan konsumen yg matiin pabrikan tpi pabrikan itu sendiri yg membunuh dirinya perlahan-lahan”

  5. Klo dmari cuap2 ini itu kga bkal di baca ato di lirik mngemn szk indonesia…msk aje ke wbste trs eml unek2 trhdp szki… ini sbnrnye mnguntungkn bua indonsia krna jdi basis szk untuk asia… kte org satria 115 kga lku trnya tu barang di expr jg ke vietm malh lars manis .. klo untk indonsia emng djual dikit aje mrp barang lmtd…yg gmong szki motor kwalits buruk ayo siape yg brni taruhan adu kthanan msn tmpa oli ente blh mngunakn motor baru mo supra125 jg gw jbanin klo motr gw klh ambil motr gw klo mtor ente klh mtor ente gw ambl.. kga ade oli msinnye siape brani smpe motr ngnci kga bsa jkn lg..gw pke smash aje mort gw dh 2 x khbsn oli dri grogl ampe cingkareng baru tu motr mati disi lgi oli. jln lgi kga pke ngebul tu motr cma bunyi aga ksar..tu motr khbsn oli krna paking pde bocor.. klo dsain gw akui bnyk jeleknye dri pde bgsnye..

  6. saya pikir ada andil orang india (maruti) yang menjadi penyebab suzuki bangkrut… liat aja nasib bajaj…kemana dealer resmi tuh motor sekarang?

Comments are closed.