iklan iwb

Luis died

Bro dan sis sekalian…..Luis Salom secara tragis meninggal setelah Crash pada saat latihan bebas kedua di Moto2 Catalunya Spanyol. Detik-detik video ketika jatuh terekam dengan jelas. Di sana terlihat Luis pada kecepatan tinggi tidak mampu mengendalikan motor sehingga terjatuh dan meluncur sangat kencang di tikungan 12. Tanpa ada gravel, badan serta motor menghantam tembok pembatas. Dan inilah yang saat ini menjadi sorotan pihak komisi safety……

Pembalap 24 tahun kehilangan kendali SAG Kalex tunggangannya dan meluncur dengan kencang di T12. Tanpa ada Gravel atau penahan…..motor dan tubuh dengan deras menghantam tembok pembatas. Hal ini menjadi sorotan dan cukup disayangkan. Keputusan menggunakan “aspalt runoff” bukan gravel menjadi pertanyaan besar sebab seandainya gravel mungkin cedera berat bisa diminimize…..

iklan iwb

Untuk menghindari kejadian serupa menimpa pembalap lain…..akhirnya pihak safety commission memutuskan akan berubah lay out Catalunya pada bagian T12 agar kecepatan kendaraan jauh berkurang akhir pekan ini. Untuk mengurangi speed…..mereka memutuskan mengaplikasi lay out? Formula 1 dimana ada modifikasi yang membuat kendaraan tidak terlalu kencang.? Tikungan 12 sendiri merupakan penultimate Corner….lengkung ke kanan dengan kecepatan tinggi. Sementara lay out F1 mengadopsi tikungan yang lebih sempit dengan chicane sebelum tikungan terakhir…..

Revisi ini praktis akan memperpanjang waktu latihan bebas agar para pembalap bisa melakukan settingan-settingan yang diperlukan. Dan atas seizin keluarga Luis Salom…..balap Catalunya tetap diteruskan. Hingga detik ini belum ada konfirmasi apakah ada tindakan lain diluar revisi lay out karena seperti yang kita tahu tanggung jawab komisi safety sangat besar untuk untuk memastikan tiap jengkal tikungan aman bagi pembalap….

Last…..video tragedi kecelakaan yang menimpa Luis sudah tersebar di YouTube. Disana terlihat bagaimana kencangnya benturan sehingga kabarnya Louis mengalami cedera leher yang sangat parah. Bisa kita simpulkan bahwa olahraga balap merupakan olahraga yang penuh dengan resiko. Walau pengaman sudah di-setting semaksimal mungkin….tapi jika badan membentur suatu objek semuanya akan percuma. So….RIP Luis Salom. Dunia akan selalu mengenangmu kawan…..(iwb)

Revisi Lay out baru Catalunya

catalunya revised

Video kecelakaan Luis Salom

Hp klik disini

 

95 COMMENTS

  1. RIP…mangsaku eneng 3 wong wassalam berjamaah, Luis Salom, Muhammad Ali, Soerjadi

  2. R.I.P Salom…. mas iwan tolong dong yg komen atau nge bc nggak jelas atau yg menghina dihapus aja, saya sih gak masalah bc2an tapi paling gak tahu dong topik artikelnya lagi berdukacita. jadi buat para fb kagak usah bc atau ngehina ridernya gara2 motornya, toh kalian kan juga sesama manusia kagak ada untungnya juga kayak gitu

Comments are closed.