iklan iwb

m1 meledak mugello

Bro dan sis sekalian….jarangnya mesin Yamaha M1 meleduk saat dipakai race membuat kejadian Rossi di Mugello menjadi pusat perhatian khalayak. Lha piye mzbro…..disaat Vale sedang pada kondisi perfect shape untuk mengejar poin dan kalahkan Lorenzo dikandang sendiri….doi harus mendapati tunggangannya meleduk. Asap putih menjadi pertanda kegagalan kerja komponen. Pertanyaannya…..apa sih yang terjadi??. Berikut 3 teori yang lahir dari investigasi serta analisa yang dishare oleh Motorsport…..

Dari sumber yang dishare oleh internal Yamaha Movistar team, kemungkinan meleduknya dua engine mereka di Mugello disebabkan oleh beberapa hal. Yang pertama….

iklan iwb
  1. Lay out sirkuit Mugello yang memiliki lintasan lurus yang panjang dan tidak rata. Pada saat itu ban belakang M1 mengalami selip pada kecepatan 380 km/jam….melayang diudara beberapa inch sehingga membuat teriakan engine atas permenit meningkat. “Dengan itu, dikombinasikan dengan elektronik tahun ini membuat semuanya makin parah. Elektronik yang kurang rumit dan presisi mempengaruhi terputusnya pembakaran..”seru salah satu sumber diinternal Yamaha….
  2. Mesin kurang pasokan udara segar. Menurut teori lainnya….bisa jadi aksi Rossi yang menggunakan slip stream terus menerus saat berusaha menyalip Jorge membuat radiator M1 tunggangan Vale kurang pasokan udara segar untuk mendinginkan mesin. “Kamu harus ingat bahwa Valentino geber motor dibelakang Jorge secara kontinue. Dan mungkin tindakan tersebut menjadikan motor kurang pasokan udara segar untuk mendinginkan mesin. Selain itu dengan mengandalkan slip stream berarti motor Rossi mencapai kecepatan yang tidak bisa diladeni mesin..”tambahnya. Dan memang saat geber M1, Lorenzo mencapai top speed sedikit lebih rendah dibanding Vale. Top speed terbaik yang bisa diraih Jorge pada lap 22 dengan 340,9 km/jam. Sedang Rossi sudah torehkan angka 343,2 km/jam dilap 7…..342,9 dilap 4….342,7 km/jam dilap 6…..342,9 km/jam dilap 9….
  3. Isu defect pada mesin yang dikirim dari Iwata. Dua mesin meleduk dihari yang sama memunculkan teori adanya cacat mesin yang dikirim Yamaha. Sebagai informasi mesin Rossi masih menempuh jarak sekitar 500-550 km/jam. Sebuah jarak tempuh yang masih sangat jauh dari limit. Oleh karena itu Yamaha sedang berusaha keras menyelidiki mesin tersebut di Iwata Jepang….

Last…..terakhir mesin Yamaha meleduk terjadi pada Ben Spies tahun 2012. Saat itu Spies sedang berjuang dalam race. Setelah itu pabrikan garputala tidak pernah membuat mesin racikan mereka meleduk. Dan baru 4 tahun setelah itu atau tepatnya di Mugello 2016…..bencana itupun terjadi. Terlepas dari segala teori memang sudah seharusnya Yamaha menyelidiki secara tuntas agar tidak terjadi lagi kejadian serupa. Sebab harga yang dibayar sangat mahal pakde….ora oleh poinnnn cakkk, coba bayangin. Opo ora nyesek sampeyan. Apalagi Marc Marquez dengan strategi serupa dengan mengandalkan slip stream saat berusaha mengejar Jorge-pun tidak mengalami nasib serupa alias baik-baik saja hingga race berakhir. Biarlah misteri ini Yamaha sendiri yang memecahkan. Ora usah melu mumet….iyo ora :mrgreen: ……(iwb)

rossi_fumovalentino-rossi-berasap_20160523_203246

 

205 COMMENTS

  1. 3 point menyimpulkan unsur penyebab:

    1 sirkuit
    2 riding style rossi
    3 qc iwata atas defected mesin

    Tapi penjelasan dari tiap point diatas menjelaskan kalau kesemuanya itu CUMA faktor masalah dimesin 😀

    • Sirkuit mugello dari dulu jg uda begitu, riding style rossidin jg uda cirinya ky bgitu, qc defected mesin pun disebut jg pdhl qc sblmnya ga mslh

      Point masalah dari faktor external dgn penjabaran mslh internal mesin hahaha

  2. Mas IWB, apakah mungkin utk mengejar top speed di Mugello Yamaha diam2 menaikkan limit maximum putaran mesin yg diperbolehkan oleh peraturan mengingat mesin sudah disegel dan tak bisa dioprek lg shg daya tahan mesin terlampaui ???

  3. meleduk it wajar.karena mesin tdk ad yg sempurna. manusiapun tdk ad yg sempurna.pasti ad kelbhn dblik kekurangan.
    belajar mendamaikan.oj lok2an

    • dan yamaho pun menyempurnakan segala issue sohc M E L E D U K ? dgn statement NORMAL!!

      Itu artinya ga ada lagi celah produk yamaho itu tidak sempurna, harap paham sepahamnya 😀

      • Normalnya dimana? Dan apakah kate2 yg dipakai adalah MELEDUK untuk mendefinisikan kenormalan tsb?

        Sepertinya elu hebat menjabarkan, jadi jelaskan pertanyaan ane?!

        • Nahh u aja bingung sendiri kan kenapa issue vikysen ngebull alias berasep (m1 rossi meleduk berasap jg n vikysen jg berasap tp dlm skala yg lbh sedikit klo yg ai lihat) yg jelas-jelas asalnya dari mslh jeroan mesin dan ada cost tuk solusinya tp beban cost itu malah di tanggung user dan bukan pabrikan, dan demi amanin image bisnis skala nasional issue itu di respon dgn statement simpel yaitu NORMAL! 😀

          pertanyaan ai yg sama jg “itu normalnya dmn??” hahahaha 😀

      • M1 adalah kata jamak yg mewakili n merefleksikan seluruh motor produksi yamaha..seperti halnya saat fbh bilang “pantes vixion dlsb. Ngebul”

        Jadi, nyatanya walau ngebul tapi tetap juara…mau yg motogp atau balap lokalan.

        • M1 Jolor juara emang fakta, tp M1 rossidin dnf di lap 15 jg fakta gegara ngebull

          Klo ai bilang “yg ngebul koit cuma sampe lap 15” berarti jg fakta tak terbantah toh

          Tp ada fakta lain klo juara yg diharapin sesuai bisnis yamaho itu justru yg dnf di lap 15 n disitu lah justru paradigma n kepentingan marketing yamaho dan bukan di jolor apalagi di fbeyey dgn pemikiran u yg taunya m1 aja 😀

          • Memang benar secara spesifik m1 rossi yg meluduk. Tapi secara umum tetap m1 yg juara dibanding rcv.

            pemikiranmu itu adalah nilai perspektif sempit dari sebuah pola pikir yg tak berkembang.

            Mau rossi atau lorenzo tetap m1 yg finish duluan.

            Lain halnya dg rcv, walau tak terjadi masalah yg berarti toh nyatanya tak mampu mengimbangi m1

            Ane rasa alasan2 elu hanya pengkamuflase dari inferiornya rcv terhadap m1.

            Ane berbicara pada garis besarnya.

          • Good, secara spesiifk u setuju n membenarkan opini ai n itu uda cukup 😀

            klo secara garis besar itu porsinya fbeyey silahkan di kunyah2 n nikmatin yg garis besarnya itu hahaha… race blm selesai dan msh pjg tuk ambil kesimpulan skrg apalagi menjudge ..selama msh ada yg spesifik itu 😀

  4. Tanpa baca kolom komentar pun, masyarakat udah pada tau gimana kualitas & durabilitas mesin yamaha.

    Makanya ditutupin dgn plastik & cat sebagus mgkin, biar gak kelihatan gimana dalemannya.
    Toh konsumen beli motor gak akan bongkar2 sampek daleman mesin segala.

    Good Job Yamaha!!

  5. jiangkrik isine komen kacung hondut tok ki
    mana komenya gk berbobot lg….

    kita ouwlang kasih smart comen waaa:

    klo menurut kita ouwlang, kesalahan mugello merupakan murni dari mekanik Yamaha itu sendiri, karena ngebul itu terulang lagi. jd motor Rossi dan Lorenzo itu mengalami Engine Seize.
    itu gara?nya karna banyak bagian-bagian mesin yang mengalami kehilangan pelumas , akibatnya pergesekan yang panas dan membuat mesin rusak waaa

    jd sudah jlz kan penyebabnya

    Smoga Faham

    • Udah kayak bancaan dirubung kawanan fbh kelaparan ..wajakakaka

      Tapi sependapat dg elu cuy..

  6. bantu fbh juga. m1 mesin ngebul coy. makanya tahun kemaren jurdun.
    sekarang juga ngebul sampe bisa overlap motor dewa dan menang drag race menuju finish.
    jadi, itulah bosoknya mesin ngebul yamaha.

    ekekekek. uteke fbh ya ngunu.

  7. fbr n fby akui m1 rossi memang kurang kompetitif saat di mugello, namanya jg buatan manusia tak luput dari kekurangan. Buatan Tuhan saja banyak kekurangan, contohnya kita2 ini sebagai manusia.

    Go rossi..Tetap semangat, mendatang geber m1 mu jgn nanggung2 namanya jg adu jecepatan..bila mleduk lagi memang mesin m1 mu buruk…bila kompetitif ke depan, berarti yamaha benar2 sudah belajar dari kekurangan mereka.

    • Damn! Di pengalaman n profesionalitas rossi klo ktemu trouble lalu dpt jawaban ky yg ente bilang ky kalimat pertama ente diatas ai yakin dia bakal ketawa ngakak 😀 😀 😀

      Dan klo pemikiran ky gitu diterapin ke hubungan produsen dan konsumen apalagi misal yamaho dan fbey SMART wuihhh pantess ga pernah ada solusi SECARA OFFICIAL (alias betah merawat fby) di indo tuk produknya yg trouble karena toh ga pernah ada tuntutan dari konsumennya alias nrimo waee “yahh namanya buatan manusia pasti ada salahnya toh kita manusiapun ga luput dari mslh jg” atau “yahh apess gw dpt produk jelek atau reject mana hrs ganti ini itu lg” wuasemmmm… gmn mau maju produk or konsumennya gara2 saling menjaga “ikatan pembodohan” style macam itu heh sangat konyollllll …dikira produk yamaho ada unsur ideologi or dogma nya kali hahaha 😀 😀

      • Biasa lhaaa yaaa…..utak kampreters gak bakalan mudeng dgn komen mas bro….. wlw sdh di “njlub-njub in berkali2 padahal…. paling melipir ke blog fitnes sebelah….Giring opini buuzzzuukkk sana-sini….si sdh yakin sekali lha……Monggo…lanjutkan…..

  8. meh kayak apa itu cuma faktor luck teknis saat balapan sangat wajar
    positifnya Yamaha di Moto GP sangat Kencang
    Carl crutclow sempat Mengungkapkan Yamaha Balance Honda beruntung pakai jasa Marques .
    Kawasaki Ducati di wsbk aja bisa meleduk
    Honda di balapan.Kejurnas Meleduk
    apalagi di event besar Moto GP dengan tikat resiko besar

    • Kalo yamaha dibilang motor ngebul, honda motornya raja ngibul udah itu saja..
      Riset sejati mencintai motornya bukan merknya

    • Benar sekali, handling n akselerasi rcv paling buruk…dan beruntung punya marc n pernah punya stoner bahkan rossi…

      Dan m1 adalah motor netral yg siapapun ridernya mudah jdi juara..walau terdapat masalah di m1 saat seri mugello, saya rasa kedepannya m1 akan lebih kompetitif.

      • M1 mudah juara??rossi aja zonk 4 tahun berturut turut ??? kalah sama marq yg naik rcv.dulu rossi naik rcv gak ada lawan bro ???

        • Itulah mengapa roda bundar n berputar, ane tak memungkiri itu…tetapi kalau mau banding2 kan, pedrosapun dg kharakteristiknya yg smooth susah tuk jurdun dg rcv..

          Rossi mmg sudah tak jurdun sementak 6 tahun lalu, tapi ia 3x beruntun jurdun dg m1 di gp.

          Banyak faktor yg membuat rossi melempem, tapi secara keseluruhan m1 mmh lebih mumpuni n netral dri motor lain yg ada di gp.

  9. Selamat Black Campaign ria para Sales Honda dan FBH.. ?
    Biar para pembaca Netral makin tau tingkat kecerdasan dan mental kalian..

    • Sudah terbiasa mereka menanggalkan sportifitas n jatidiri mereka, jadi tak perlu kaget, woles aja sembari ditimpali dg pemikiran2 yg cerdas ala fby..saya yakin toh mereka sebenarnya malu, walau mereka pandai menutupinya. Maklum mereka fbh lihai dalam mengkamuflasekan masalah.

      • Sdh lha bro……gak usah di buat serius kali lha……. anggap saza hanya humor belaka…..banyak jg lho si komandan by yg tersinggung dgn opini u di atazzz…. kecuali you “sales”….ya Monggo….lanjutkan saza lha….haha haha….

  10. ekekek..
    episode 20 artikel m1 njebluk by. WanPlop

    # efek dipecat tranzz7

    ????

  11. inilah hebatnya yamaha
    tanpa yamaha permotoran hambar
    kalo meleduk fbh senang
    kalo menang fby yg senang
    tanpa yamaha honda tak akan berinovasi
    ingat kata vale tahun 2004 honda sangat percaya diri bahwa motor mereka paling terdepan sehingga minim inovasi jd salut buat yamaha
    Gooooo Vale 46

  12. ekekek…

    rasain dipecat tranzz 7

    dibalezz artikel BC ..

    “WanPlop” ?

    ????

  13. Analisa Pertama karena Udah Rahasia umum Material Mesin yaMaho sangat buruk aka rendah..

    Kedua Mesin SSG Jiplakan dari honda emnag gk sebagus Aslinya

    Ketiga Statement resmi pabrikan yqaMaho yang Bilang mesin Ngebul itu Wajar aka Normal…

    itu yang bener Kang… gk percaya tanya FBY..

  14. hal wajar…
    motor digeber rpm 8000 ngebul asap kan wajar…
    nah ini motogp digeber smpe belasan ribu rpm
    ngebul bin jebol yah jgn heran…

  15. Mesin yamaho di awali dengan Ngebul dan ujung ujungnya Mleduk itu kata FBY normal kang…. gk percaya tanyya Pabrikan yamaho kang.. Pk Abidin pasti mangut mangut jas jes jos ae……

  16. new vixion anti main stream.jadilah pusat
    perhatian, beli yamaha new vixion
    advance malah jadi pusat perhatian
    anak-anak kecil di kampung #
    pengalaman ane pribadi#. Bangga coy
    punya motor ganteng tamvan seperti yamaha nvl???.serasa pakai motor
    2 tak coy jempolan deh performanya
    nvl ane cepat sekali mengapai top
    speed. bagaikan m1nya vale
    343,2km/jam.

  17. Dan hasil klasemen OtongGP sementara:
    – Rider championship = Marquez
    – Team championship = Repsol
    – Constructor championship = Honda

    Yamaha cuma jadi ampaZ

  18. Buat bayar komisi rosimin yg mahal,
    Penjualan motor merk garpu yg kian mengkeret,
    Buat bayar pasukan bc dijagad blogsphere
    semua itu perlu biaya besar,untuk mengatasinya maka paling mudah adalah mengurangi biaya produksi dgn mendowngrade semua tipe produksi,termazuk Ye Zet Ef Em Wan….
    Enzlubbb…

  19. Rdy
    yeess gitu bro
    pasti ada bug sistem, lucky menjauhi vale dan Yamaha

    Yah fby, Nulis luck aja lucky
    Wkwkkw Hak paten fby
    Punya otak? Dipake mikir gak? Atau itu Otak hnya buat pajangan / aksesoris aja.
    Utk Hal sderhana sprti mnalar kalimat, Membedakan luck (noun) &lucky (adjective) sj msih ndlongop. Sok komentar adopsi bhs asing, malah jdi ajangi nunjukin Ke doe ngoe an nya
    Gak heran lah market share yamaha yimm terjun bebas
    Lha anggep aja simpatisan yamaha di RI ada 10 jt orang, terus yg seterbelakang rdy ada 10 %
    Maka akan Ada 1 jt orng doe ngoe, 1 jt orng mblo doe ngoe smua,
    Ya tepuk pramuka.
    PAHAM,,

  20. Komen d-u-n-g-u Fbeye bertebaran.

    tolong di luruskan. .bahaya itu buat kemaslahatan bangsa Indonesia.

    • Husssss…..jgn kuat2 lha…..ntar you di sambit pakek buntut kuda lho sama kampreters…..ha-ha-ha…yg punya warung saza bolak-balik kena sambit gagang pacul kok…..maklum ….wong ngganteng…..hati para fby pda canat-cenut…..apa lg klw yg di bahazzz soal hondut….langsung kebakaran zemmmbbb****ttttt lhaaa….. munyukers gitu lho…..hahaha

  21. guyonan…rossi ngajak kembali moto gp ke era 2tak.untung bukan di sirkuit sepang,bisa2 dikira asap kebakaran hutan.

  22. setelah rossi membuat kejutan di motogp musim 2015 dengan aksi spektakulernya “YAMANCAL” di musim ini kembali membuat gebrakan berita terhit dengan “YAMADUOOOOR”….makan tuh the legent MELEDUG,,WKWKWKWK,,,yamaha gitu lho,,,semua orang juga tahu kualitas dan ketahanan motor yamaha,,gk yang prototipe atau produksi masal ngebul,,,,,,

  23. Hoammzz… -_-

    ini sih udah jelas kalo mesinnya emang ada cacat.
    Nggak mama Loren, nggak kak Ros, Meleduk semua.

    Memang dari dulu Yamama udh akrab sama istilah meleduk.
    Ngg?k ada yg bisa jamin eM1one gk meleduk lagi.

  24. Mesakne jane aku mbi mbah Rossi ..pingin jurdun ko yo abottt mennnn …
    Jo ne wingi ning mugello nasib mesin montor Ayamaha bosookkkkkkkkk….nang kandang e Rossi nehh ..ngisin ngisinke sang LEGENDA bossssoookkkk ancene montor YAMAHA sedino mleduk loro pisan piye arep membanggakan produksi masale yamaha montore , wong montor Dewane Meleduk ngono…

  25. Apalagi Marc Marquez dengan strategi serupa dengan mengandalkan slip stream saat berusaha mengejar Jorge-pun tidak mengalami nasib serupa alias baik-baik saja hingga race berakhir.

    Makjleb tenan lek :v

  26. kelihatan jelas mana mesin yang kualitas daur ulang, sampah, ampazz, rongsokan…

    zlubb..zlubb..zlubb..

    ngeri ngeri sedap…

  27. Yang jelas pingson shincan komstirnya gampang oblak.mesin downgrade jupiter z series. Blok silinder tipis sehingga gampang ngebul & bocor olinya.
    Salam SOHC haus oli
    Salam dracula penghisap oli
    Salam mesin ngeden
    Salam mesin ngebul
    Salam komstir rawan oblak
    Salam lampu rem cepat mati
    Salam lampu depan pating pecotot ndas lele
    Salam model culun kepala shincan ya bro 🙂

  28. kata pak ngabidin petinggi yakaampret bilang: NGEEEBUULLL itu wajar ?? Ngoahahahahah 😀 #vixion contohnya geber limit 8000rpm langsung kemebul layaknya Rx king# maklum vrooh haus oli……

  29. ring piston kualitas abal #colek sohc yamaha nva# salam mesin mleduk kemebul ya bro# #vixion motor kualitas bantar gebang#

  30. tanpa di Bc pun fby udah kejang kejang duluan, nggak kuat membaca artikel di atas, rasanya sakit dan nyesek di dada, melihat motor sesembahannya ngeluarin asap limbah pabrik tahu… wkwkwk

  31. JL dipermalukan VR saat di jerez spain ( masih trhitung kandang spaniard baik JL MM atau DP)
    VR mempermalukan diri sendiri di kandang nya di mugello

    bagaimana anda itu

  32. MT_Rider – May 28, 2016
    Sudah terbiasa mrk mnanggalkan sportifitas n jatidiri mreka, jd tak prlu kaget, woles aja sembari ditimpali dg bla bla bla
    ..saya yakin toh mereka sebenarnya malu, walau bla bla,.
    Maklum mereka fbh lihai dalam mengkamuflasekan masalah.

    pernah liat ninja? ninja yg biasa jadi pasukan bayaran by the ruling kaisar/shogun yg melegenda di jepang? brgerak dlm senyap, dan saat kabur apakah yg digunakan oleh para ninja utk kamuflase ngilangin jejak-kabur?
    yak dengan bantuan asap, persis mesin meleduk mirip Yumaho.

    sbagaimana kejadian mugello yg notabene katanya kandang dan oleh komentator moto GP live disebut seolah sdh dianggap mnjadi rossi’s backyard (ibarat halaman blakang nya VR.)

    faktanya engine yumaho meleduk, terjadi 2 kali
    JL luckily bukan saat race, VR unfortunately saat race shga DNF.

    yet you say FBH lah yg berkamuflase,
    Dude, otakmu pasti cuman pajangan/ paling2 skedar aksesoris saja
    sbagaimana Fansboy yumaho yg lainnya

  33. MOTOR YAMAHA ITU MEMANG UDAH NGEBUL DARI DULU KANG,,JADI SEMUA MASYARAKAT INDONESIA JUGA UDAH TAHU KUALITAS YAMAHA

Comments are closed.