iklan iwb

460x110(1)

2209203pertamina22780x390

Bro dan sis sekalian….masih ingat Pertamax Turbo kan?. Bensin yang akan diposisikan diatas Pertamax ini sepertinya sudah mulai matang untuk dirilis ditanah air. Mengusung bensin oktan 98….pertamina bahkan mengungkapkan….produk terbaru ini siap diluncurkan bulan depan jika secara strategi dan moment dipandang pas….
Yamaha_MIO-Z_Iwan-Banaran

iklan iwb

440x100 yml rosi

Pertamax Turbo kabarnya sudah diuji di Eropa tepatnya di Italia dengan hasil cukup memuaskan. Oleh karena itu Pertamina memandang secara produk Pertamax Turbo yang mengusung nilai oktan cukup tinggi ini (98) sudah siap dirilis. Bocoran dilontarkan…bisa saja bulan depan dilakukan jika tidak ada halangan….

Waktunya tidak lama lagi, ditunggu saja, jika tidak ada halangan bulan depan sudah bisa diluncurkan. Pokoknya nanti harganya diantara Pertamax Plus dan Pertamax Racing. Kita belum bisa putuskan karena semuanya harus diselesaikan termasuk pengujiannya di Eropa. Tidak kita sebarkan merata, tetapi bertahap karena di daerah pasti masih memiliki stok Pertamax Plus, jadi kita menggunakan cara pemasaran Pertalite dan Dexlite? kata Jumali, GM Pertamina Marketing Operation Region III seperti dilansir Kompas….

Dari informasi diatas sepertinya Pertamax Turbo memang sudah serius akan dipasarkan ditanah air mzbro. Sayang kehadirannya disinyalir akan menghapus eksistensi dari Pertamaxplus oktan 95. Artinya kedepan setelah Pertamax biasa (oktan 92) langsung lompat ke oktan 98. “Jadi dari RON 92 (Pertamax) akan langsung lompat ke RON 98 (Pertamax Turbo). Jadi tidak kebanyakan produk, pusing juga kami. Lagipula untuk rata-rata grade RON 94-96 punya kemiripan, jadi langsung saja disatukan pada RON 98,? ujar Ahmad. Nahhh…bener to…

Last…..gap antara oktan 92 ke 98 memang lumayan jauh. So…IWB yakin komsumsi Pertamax oktan 92 kedepan bakal meningkat drastis. Apalagi banderol Pertamax Turbo disebut diantara Pertamaxplus dan Pertamax racing….jadi cukup tinggi mzbro. Kalau untuk motor harian kita sih IWB kurang merekomendasikan karena mengintip nilai oktan yang diusung, Pertamax Turbo hanya cocok untuk motor high compression. Bukannya tidak baik…hanya saja jika diintip dari requirement engine…..oktan 95 maksimal sebenarnya sudah cukup. Selebihnya malah pemborosan mzbro. Sebagai gambaran…berikut IWB lampirkan tabel bahan bakar ideal dipandang dari nilai oktan dan rasio kompresi mesin. Semoga bisa dijadikan acuan. Pertamax Turbo?. Motor korek baru cocok ki…(iwb)

Jenis Bahan Bakar Nilai Oktan / RON Rasio Kompresi Ideal Penggunaan
Premium 88 7-9 : 1
Pertalite 90 9-10 : 1
Pertamax 92 10-11 : 1
Pertamax Plus 95 11-12 : 1

 

74 COMMENTS

  1. motor kompresi seadanya diminumin pertamax turbo bakal nembak nembak, kecuali pengapiannya bisa menyesuaikan maju mundur secara otomatis
    FYI Vario karbu temen gue diisi pertamax aja nembak nembak padahal doi rutin servis dan pemakaian sangat santai. dan jg mio gw dulu suka nembak nembak pas diisi pertamax

    • Mungkin setingan karbu nya ga pas masbro… Batuk2 bisa dari setingan angin yg kurang pas.

  2. sing seneng yo sing nduwe mobil sport berturbo koyo nissan gtr, mitsubishi evolution,subaru impressa, motorsport ducati pannigale, suzuki hayabusa, dkk. rak ngelu mikir oktan ben mobile iso mlayu.

  3. coba baca di forum ron 95 vs 98,yangg mobil standar pun bilang 95 apalagi punya Shell itu jelek disana
    – – –
    Minta linknya dong.

    Sejelek-jeleknya apa lebih jelek daripada pertamina premium?
    Masa bensin reguler standar EU masih dibilang jelek. Ane masih paham dah kalo ente bandingin di zona APAC.

Comments are closed.