iklan iwb

460x110(1)

test dyno ultraspeed (1)

Bro dan sis sekalian….buanyakkk email dari pembaca yang mampir keIWB menanyakan kebeneran hasil pengukuran power on dyno oleh Ultraspeed antara Satria F150 FI melawan Sonic 150R. Sodoran data yang dianggap beda dibanding beberapa hasil uji dyno yang dilakukan beberapa media ataupun rumah racing lain. Emang hasilnya piye??…
Yamaha_GIF_440x100_rev

iklan iwb

banner-promos

Konsen pembaca ada pada Satria FI vs Sonic 150. Karena hasil dianggap mengejutkan. Seperti diartikel sebelumnya…IWB sudah pernah membahas uji teman-teman diOtomotif yang mendapatkan angka 14 sekian untuk power Satria F150 Fi dan 12 sekian HP untuk Sonic 150. Namun dari pengujian terbaru oleh Ultraspeed….hasil ternyata berbeda….

Ultraspeed menggelandang Sonic diatas mesin dyno terbaru mereka Dynomite EddyCurrent USA. Semua dijamin dalam kondisi standart ting-ting habis tidak ada ubahan apapun. Baik gear atau mesin semua bawaan pabrikan. Hasilnya diperoleh power on wheel sebagai berikut…

1. Honda Sonic
Result: Peak power 12.99whp@9300rpm
Peak torque 11.3Nm@6900rpm

2. Suzuki FU injeksi
Result: peak power [email protected]
Peak torque 9Nm@9100rpm

Nah…selain menguji kedua motor ayago diatas, Ultraspeed juga ngetes power Yamaha MX King diatas mesin yang sama. Hasilnya….

3. Yamaha MX King
Result: peak power 11,76whp@8500RPM
Peak torque 11Nm@6600rpm

Nah….dari sodoran data diatas bisa disimpulkan Satria FI kalah tipis dibanding Sonic 150. Jika Sonic tembus 12,99whp (wheels horse power)….maka Satria nangkring diposisi 12,88whp…..nyaris tidak terasa. Pertanyaannya….gimana hasil bisa berbeda dibanding beberapa tes lain?. Apakah ada yang salah saat pengujian ??….

Soal ini tentu Ultraspeed lebih berpengalaman dibanding IWB. Dan IWB yakin pengujian tidak ada rekayasa atau dibuat-buat sebab nama besar Ultraspeed menjadi taruhan. Image yang dibangun dari nol tidak mungkin dicederai dengan hanya sebuah hasil uji buatan. Artiinya apa??….

Jika pengujian dengan term dan kondisi yang sama…..di-jam yang sama…ruang yang sama…suhu yang identik maka dipastikan testing sahih. Terus kenapa hasil bisa berbeda dengan beberapa tes dyno lain?. Apakah ada yang salah?. Nah…IWB ingin share sebuah fakta menarik buat pengetahuan kita semua sebagai biker…..

test dyno ultraspeed (2) test dyno ultraspeed (3)

Percaya nggak sampeyan jika power tiap unit motor produksi masal belum tentu identik antara satu dengan lainnya. Fakta ini pernah terjadi saat teman-teman melakukan testing salah satu produk dimana hasilnya anjlok tidak sesuai ekspetasi. Kondisi tunggangan gres baru turun dari pabrik….dilalah dengan motor lain dengan tipe dan brand yang sama pula, hasil kembali berbeda ketika dites dimesin dyno tersebut. Lho koq bisa??….

Itulah fakta dan yang jelas bukan salah mesin dynonya. Lek ora percoyo sampeyan kumpulin setidaknya 10 motor anyar gres sampeyan tes bareng-bareng diatas mesin dyno. Jika sama rata taruhlah nangkring di 28HP semua….berarti pabrikannya hebat juozzz gandozzz. Ini berlaku pada semua brand dan pabrikan…..tidak memandang merk kangbro….

Logis sebenarnya karena ketika masspro, unit tidak ada pengujian horse power saat akan dilempar kepasar. Tidak ada uji power on wheel yang jika tidak sesuai klaim dibongkar ulang….iso-iso produksi tersendat kangbro. Masuk quality kontrol yang dicek adalah kinerja mesin, kepresisian casing, perangkat dan sistem kelitrikan bekerja normal atau tidak. Muntahan tenaga sesuai klaim….tidak masuk mzbro……

So…dari sisi kita akan lebih baik tidak usah pusing dengan perbedaan power diatas mesin dyno. Tiwas brodhol jenggote sampeyan :mrgreen: . Mending kalau ingin puas….adu wae keduanya secara head to head dilapangan, baru semua akan terjawab secara lugas. Sayang hingga detik ini cukup sulit mendapatkan unit Sonic dan Satria FI supaya bisa diadu langsung. Moga-moga ada sosok yang sudi tunggangannya digeber-geber baik pemilik Sonic ataupun Satria FU dengan kondisi standart ting-ting. Piye…..ada yang mau jadi sukarelawan? :mrgreen: …..(iwb)

415 COMMENTS

    • Blog mana bro?kasih link nya..
      Yg dites fu karbu apa fi?
      Udah ubahan apa standart?
      Berapa power satria fi yg akurat bro?
      Berapa konsumsi bbm nya?
      Tolong dijawab bro..

    • Bloger dagelan… Ga trma gue fu fi di bilang tenaga cuma sgtu… Demi menyelamatkn sonik yg hmpir mati kgak laku smpe hrs pncintraan ..

  1. kAYAKNYA UNTUNG UNTUNGAN Mak King dapet sample y paling bagus.. itupun masih di urutan paling buncit.. secara Fakta buat balapan mesin yaMaho SOHC Operstruk butuh Ganti mesin ratusan Juta Import jepang.. maklum buat pencitraan iklan jualan motor y notabene cuman laku di Indinesia

  2. fbs mah woles ajah….
    ni malah fby tuoloool kebakaran jenggott…
    memang fb semacam ini perlu dilindungi karena termasuk mahluk langka dan cuma ada diindonesia
    wkwkwkwkwk.

  3. Cma ama usr ini safi klh bang tpi diwarung wak haji mdia trnma otmf ma otoplus satri fi unggl di media trnma aceh ato mdia aceh satri fi drag dlm ke adaan std tinting dgn jarak drag 100 mtrn membukn wktu 5,58 dtk mmchkn rekor mtr stdr tecept… gw mrsa aneh ko cma usr aje yg bda.. mmm ada apenye ne..

  4. Itulah sales yamama
    Gak terima produk kompetitor mempunyai keunggulan
    Dan harus dijatuhkan apapun caranya
    Mereka itu hatinya sudah penuh iri dengki mengingat MS mereka tergerus terus oleh honda yg mencapai 70%
    Sebenernya sales yahama ini munafik
    Bagi yg mau membeli motor jangan baca komentator disini
    Baiknya baca isi artikelnya saja
    🙂

    • Soalnya klo baca komennya KONSUMEN YANG AWAM YG LAGI NYARI MOTOR AKAN TAU KUALITAS HONDA SEBENARNYA GIMANA -PENCITRAAN DOPRENG NAMA BESAR HONDA YANG DULU”

  5. mampus, kena giring opini lagi suzi produksi kaga bagus, QC gak jaminan, motor bisa beda”, tentu motor pasti gak ada yg sama persis realnya, cmn klo selisih mpe 2hp yo kebangeten dari hasil test lainnya,selisih nol koma seh wajar, kecuali udah dire-set or re-map, dari peak power aj mlenceng jauh bener gesernya 1500rpm, dan torsinya itu lho 9Nm?wow brani diadu beneran neh suzi pake tantangan 0-100m dlm 7dtk (koq ad yg bs y?)

    • Liat di blog tmc blog bro,satria fi yg dites dah diubah sproket belakangnya.pakai gir dan rantai kuning emas.sekedar info

  6. udah gini aja. USR suruh gelandang sonic dan satria ke aspal.
    setelah dyno ke aspal. cukup adil kan
    tpi ya percuma saja klo yg ngetes susah netral.
    nunggu Videonya KARS TV aja deh 😀

  7. Mergane la melu ngetes
    Coba dijajal ngono ambi sonic.
    Banter endi.
    Lek banter sonic tak ngombe uyuh aku

  8. Kalo diliat dari pic nya sih itu bukan eddycurrent tapi inertia dyno, soale eddycurrent dyno ngga sekecil itu. Dan ada mekanis sistem di samping roller

  9. ngoahahaha

    ngajak adu argumen
    sory ai ogah adu argumen sama fbh t0lol
    ga level sama sales AHMinerva

    ngoahahahaha

  10. ngoahahaha

    USR itu yg ngetes PAK BAMBANG jongos AHMinerva
    pimpinan sama kacung SAMA2 TUKANG TIPU

    ngoahahahaha

  11. FBS woles Tapi FBY pada KEJUL KEJUL….

    KOPLAGGG.

    Mau sonic top speed tinggi tinggal turunin gear belakang. Karena sensor speednya gak sinkron sama speedo. Biar lebih safety. Honda konsen safety. Lama2 kayak anak ingusan rebutan permen yang komen disini.

    SAMPAH . Hehehee

  12. buset selisih 2 hp itu suzuki satria dyno pertama ama yg ini, 2 HP cuy, gak mungkin sama2 standart selisih 2 hp cuy, wahhhhh

  13. ngoahahaha

    kojel2 teriak kojel2
    SAMPAH NGOMONG SAMPAH
    makan tuh MOTOR AMPAS PENYAKITAN

    salam PENIPUAN PUBLIK
    ngoahahahahaha

    • NGOAHAHAHHAHAHAHAHAHHAHAHA

      PERNAH DAPET PENGALAMAN APA CUNG DRI MOTOR HONDA?

      NGOAHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHAH

      CARI KERJAAN GIH SONO DARIPADA KOMEN GAJELAS, GA MUTU,
      AMPAS, KUALITAS SAMPAH DI SINI TERUS DARI KEMARIN

      KAYA’ DPET UNTUNG AJA LO DRI KOMEN TOLOL GITU DARI KEMARIN

      DASAR LAKNAT, GOBLOK. BEGO, IDIOT, FB BADUNG

      NGOAHAHAHHAHAHAHAHAHAHHAHAHAHA

      GUE BUKAN FB DAN JUGA STALKER,
      KENYATAANNYA MEMANG BEGITU

      MANUSIA HINA

      NGOAHOAHOAHAOHAOHAOHAOHAOHAOHAOHA

  14. Mantapppp kang bro, infox lumayan tambah pengetahuan. MotorQ tk coba test.. Test harga jual kembali hehehe ?

  15. halah cm motor kelas teri saza kok diributin
    dasar alayyy waaaa

    aku penunggang Z800 kales saza brayyy

    haiyyaa cilaaka luwaa welas waaa

  16. Dulu Kobayogas yang dicecar dikata2in blogger amplop AHM. sekarang IWB kena juga.. Padahal khan cuma blogger, ngelaporin hasil yg dia liat di USR. Kalo pengen liat sendiri kenapa ga ke USR aja langsung.. Yg punya sonic standar sama FUFI standar tinggal bawa.. Bayar 400rb an / motor.. Langsung jalanin dyno..

    Oh iya lupa.. Konsumen dan sales kelas 150cc emang banyakan gede bacot.. Dompet mah tipis.. Modelan yg ganti oli 2 bulan sekali pake kelas oli 50rban. Tapi pengen motor kenceng.

    Terus itu sales senior Yamaha si Darmo jangan asal bacot nuduh USR bengkel kaki tangan AHM.. Tau ga klo USR itu turun balap pake R25?
    Kalo aja situ disuruh ngomong langsung pake identitas asli terus main tuduh.. Gw yakin ga bakalan berani.. Nyali gede dibelakang keyboard doang

  17. Cukup jawaban yang mudah, simple serta mudah di fahami.

    ” SONIC KALAH PENJUALAN DARI SATRIA FU FI ”

    Silahkan di artikan oleh pribadi masing-masing dan menurut pendapatnya sendiri.

    Tidak usah menebar fitnah serta iri dengki, sesungguhnya kita tidak luput dari kesalahan.

    #indonesiamasakini

  18. yg laku yg gk sampe 2rb unit..pilihan pemirsa,,real operstruk,,real overbore….klw sonik struk bneran..wkkwwkwk.mnum wajib pertamax merah,kompresi tggi, tnaga se-esohacean..wkwkkwkwk…

  19. Menurut ane USR kurang teliti,
    Masa power n torsi Fufi kalah sm Fu euro 3?
    Seharusnya biar gak ketauan manipulasinya, ya power FuFi diatas Fu euro 3 dikit lah
    . Jd biar gada kejanggalan manipulasinya

  20. bukan masalah sales gan, itu selisih 2 HP, pernah modip mesin gak? naikin 2 HP tuh butuh part2 seharga 2 jutaan, ini sama2 standart, kalo kurang 2 hp brati rugi 2 jutaan dunk, gak mungkin ukuran cc sama piston sama crankcase sama beda 2 hp

  21. tapi kalo pernah beli motor suzuki sih, ada juga kemungkinan itu, dari orang bengkel dielernya tuh keknya

  22. Ternyata motor Sujuki random banyak y gk sesuai spek klaim pabrikan ya.. maklum motor Photo Copy dari Sonic… Harusnya di jual setengah harga…

  23. Yang penting mexking paling laris berdasarkan pr yimm….
    Ekrkkrkkkk……
    Dasar budeg akut……
    Nguuuuukkkkk…….
    #efbeyekbaumodeOn

  24. Lihat dulu jeroan Fufi, Pelajari n Hitung baru berkoar…
    Silinder Fufi Nikasil, Klep gede2, Knalpot 3 step, venturi TB 32mm forged piston, overbore, lsa lebar
    .
    Silinder Sonic tu Besi Cor.. Overstruk, Piston Berat hanya dilapisi molly. Venturi Tb 30mm, klep kecil

    secara gamungkin fufi powernya lbh kecil dr sonic

    • Apa yg g mungkin buat honda
      Lihat sejarah motor balap honda
      Dari masa ke masa.kalo buat mesin 150 cc power diatas fu sangat mudah.
      Nama kok dibuat sama sama ane,kagak ada nama lain tah?
      ???

  25. sekarang lek iwb dah beda banget, kelemahan motor ga pernah di kupas. senengnya nyanjung2 motor baru mulu mpe jenggot sariawan. klo kupas kelemahan motor kan jga bisa bahas solusi perbaikannya jg. contoh tuh di blog mang kobay, irpan, lek ari. bahas kelemahan n solusi perbaikannya jg.

  26. Parah IWB…..

    Gak nyangka.
    Blogger yg gue anggap adil.
    Ternyta sperti ini.

    Mulai skrg sy berhenti baca blog IWB titik

    • Yg adil blog mana?yg menguji satria fu fi vs sonic dalam keadaan standar keluar dealer.dan dites waktu yg sama.blog mana mbak dina yg cantik??

      • Bhsa simpelnya:
        Cuma orng dungu dan gk ngerti mesin yg prcya klo dohc overbore bs kalah sama dohc overstroke tnpa modif mesin dan parts..
        Udh gt aja, udh ketetapan hukum fisika di otomotif..

  27. wah kok ora pecoyo aku kang soalle diatas kertas dan di atas jalan fu fi lebih unggul dari sonic. sesuk tuku waelah gek dites dewe.

    • Maksudnya diatas kertas.klaim pabrikan 18 hp tah bro?di artikel mana fu fi unggul dari sonic.sama2 standar apa ubahan.

    • Ada data yg lain g bro?yg sama2 standart belum ubahan dari dealer langsung tes.kalau yg euro 3 memang kalah segala hal dari sonic.tabloid otomotif dan motor plus dah uji di dynotes.ini yg versi injeksi biasanya unggul mana sama yg karbu?

  28. Strategi y sama di pake yaMaho Kasus Rhoembeng Plastik25 koar koar Power gede Bla bla bla… ndilalah Depan gudang Pabrikan buka acara hajatan sunatan Masal.. yaMaho Jadinya broo..

  29. Haiyah FBYaMaho Berebut tempat gandolan rambut di Ketek Si Juki…

    Wkwkwkwwwkwkwkwkkw Lanjutkan FBY….. Ketek sijuki emang Asin asin Gurih enyoi buat FBY….

  30. Ada yg percaya satria fi power 18 hp sesuai klaim pabrikan?
    18 hp on crank apa on wheel?
    Berapa konsumsi bbm satria fi?

  31. Menang klotok klotok sama tek tek kotek kotek….
    Dynotest masih bisa dicroootpulasi…
    Hasil test real yg diadu dijalan yg kliatan mana yg cina mana yg jepang..

    Mikir cung mikir….

    Ekekekekekekke

    • Jadi terbukti power satria fi g ada 18 hp
      Sonic kalah penjualan g masalah.tapi power sonic diatas satria fi tanpa ubahan apapun ada yg bisa bantah gak??

  32. Fby dungu dan fbs sempak tak terima kenyataan bahwa sesembahan busuknya kalah lawan sonic, dan mereka menyebarkan bc sampah untuk menutupi kekalahannya tersebut. Cuma orang goblok dan tolol yang bilang iwb nerima amplop, semua orang tau kalau iwb adalah blogger yang paling adil & dipercaya. Berarti cuma fansboy & seles miskin dungu yang menyalahkan iwb, wkwkwk.

    Fbs dan seles susurti harus menerima kenyataan, gak perlu lah membela diri, malah dongonya makin keliatan. Kalo buat fby pekok dan seles yamahmud, mending sampeyan swap engine rongsok25 ke mbeking150 kalo gak mau malu saat papasan dengan sonic, kalo gak ya siapin besek aja buat tahlilan. Ngoahahahah…

    #SalamSochNgebul!
    #SaveKacungYamaho&Susurti

  33. Diatas kertas.sesuai klaim pabrikan.g semua pabrikan kasih data yg valid.ada yg dilebihin banyak jg ada yg dilebihin dikit.ada yg nulis power on crank jg ada yg nulis power on wheel.terlalu dini jika percaya 100% klaim pabrikan adalah 100% benar/akurat.

  34. ga usah banyak dower
    klo ga percaya sana bli sonic ama fufi
    di coba/bandingkan sendiri
    klo embeking y ga perlu di uji udh jelas lemot
    buakakakakak……!!!! B-)

  35. Kalo ada yg lebih valid
    Dari dynomite eddycuttent USA
    motor dalam keadaan standar ting2
    Tanpa ubahan apapun mohon
    Di share??
    Biar nambah ilmu..g usah menghujat
    Tunjukkan diskusi yg baik kalo pinter..

  36. Mari Gak usah pada ribut. kita lihat data aisi 3 bulan ke depan saja…klo penjualan mbak sonic naik dan stabil berarti “iklan”-nya berhasil….tapi klo tetep suram…ya tinggal lihat lelucon atau lawakan tim gaswat selanjutnya.

    • G perlu penjualan bro.sonic g laku dibanding satria fi jg g masalah.tapi tes mesin sama2 standar ting ting,tanpa ubahan mesin dan sproket.diwaktu yg sama tapi unggul sonic.
      Perlu konsumen ketahui..itu aja.
      Semoga biker pada pinter..

Comments are closed.