iklan iwb

460x110(1)

test dyno ultraspeed (1)

Bro dan sis sekalian….buanyakkk email dari pembaca yang mampir keIWB menanyakan kebeneran hasil pengukuran power on dyno oleh Ultraspeed antara Satria F150 FI melawan Sonic 150R. Sodoran data yang dianggap beda dibanding beberapa hasil uji dyno yang dilakukan beberapa media ataupun rumah racing lain. Emang hasilnya piye??…
Yamaha_GIF_440x100_rev

iklan iwb

banner-promos

Konsen pembaca ada pada Satria FI vs Sonic 150. Karena hasil dianggap mengejutkan. Seperti diartikel sebelumnya…IWB sudah pernah membahas uji teman-teman diOtomotif yang mendapatkan angka 14 sekian untuk power Satria F150 Fi dan 12 sekian HP untuk Sonic 150. Namun dari pengujian terbaru oleh Ultraspeed….hasil ternyata berbeda….

Ultraspeed menggelandang Sonic diatas mesin dyno terbaru mereka Dynomite EddyCurrent USA. Semua dijamin dalam kondisi standart ting-ting habis tidak ada ubahan apapun. Baik gear atau mesin semua bawaan pabrikan. Hasilnya diperoleh power on wheel sebagai berikut…

1. Honda Sonic
Result: Peak power 12.99whp@9300rpm
Peak torque 11.3Nm@6900rpm

2. Suzuki FU injeksi
Result: peak power [email protected]
Peak torque 9Nm@9100rpm

Nah…selain menguji kedua motor ayago diatas, Ultraspeed juga ngetes power Yamaha MX King diatas mesin yang sama. Hasilnya….

3. Yamaha MX King
Result: peak power 11,76whp@8500RPM
Peak torque 11Nm@6600rpm

Nah….dari sodoran data diatas bisa disimpulkan Satria FI kalah tipis dibanding Sonic 150. Jika Sonic tembus 12,99whp (wheels horse power)….maka Satria nangkring diposisi 12,88whp…..nyaris tidak terasa. Pertanyaannya….gimana hasil bisa berbeda dibanding beberapa tes lain?. Apakah ada yang salah saat pengujian ??….

Soal ini tentu Ultraspeed lebih berpengalaman dibanding IWB. Dan IWB yakin pengujian tidak ada rekayasa atau dibuat-buat sebab nama besar Ultraspeed menjadi taruhan. Image yang dibangun dari nol tidak mungkin dicederai dengan hanya sebuah hasil uji buatan. Artiinya apa??….

Jika pengujian dengan term dan kondisi yang sama…..di-jam yang sama…ruang yang sama…suhu yang identik maka dipastikan testing sahih. Terus kenapa hasil bisa berbeda dengan beberapa tes dyno lain?. Apakah ada yang salah?. Nah…IWB ingin share sebuah fakta menarik buat pengetahuan kita semua sebagai biker…..

test dyno ultraspeed (2) test dyno ultraspeed (3)

Percaya nggak sampeyan jika power tiap unit motor produksi masal belum tentu identik antara satu dengan lainnya. Fakta ini pernah terjadi saat teman-teman melakukan testing salah satu produk dimana hasilnya anjlok tidak sesuai ekspetasi. Kondisi tunggangan gres baru turun dari pabrik….dilalah dengan motor lain dengan tipe dan brand yang sama pula, hasil kembali berbeda ketika dites dimesin dyno tersebut. Lho koq bisa??….

Itulah fakta dan yang jelas bukan salah mesin dynonya. Lek ora percoyo sampeyan kumpulin setidaknya 10 motor anyar gres sampeyan tes bareng-bareng diatas mesin dyno. Jika sama rata taruhlah nangkring di 28HP semua….berarti pabrikannya hebat juozzz gandozzz. Ini berlaku pada semua brand dan pabrikan…..tidak memandang merk kangbro….

Logis sebenarnya karena ketika masspro, unit tidak ada pengujian horse power saat akan dilempar kepasar. Tidak ada uji power on wheel yang jika tidak sesuai klaim dibongkar ulang….iso-iso produksi tersendat kangbro. Masuk quality kontrol yang dicek adalah kinerja mesin, kepresisian casing, perangkat dan sistem kelitrikan bekerja normal atau tidak. Muntahan tenaga sesuai klaim….tidak masuk mzbro……

So…dari sisi kita akan lebih baik tidak usah pusing dengan perbedaan power diatas mesin dyno. Tiwas brodhol jenggote sampeyan :mrgreen: . Mending kalau ingin puas….adu wae keduanya secara head to head dilapangan, baru semua akan terjawab secara lugas. Sayang hingga detik ini cukup sulit mendapatkan unit Sonic dan Satria FI supaya bisa diadu langsung. Moga-moga ada sosok yang sudi tunggangannya digeber-geber baik pemilik Sonic ataupun Satria FU dengan kondisi standart ting-ting. Piye…..ada yang mau jadi sukarelawan? :mrgreen: …..(iwb)

415 COMMENTS

  1. kalo berita begini mah ga bakal di angkat sama wak haji. wak pernah cobain langsung soalnya… wkwkw

  2. Kang I-one:
    “o?dari sisi kita akan lebih baik tidak usah pusing dengan perbedaan power diatas mesin dyno. Tiwas brodhol jenggote sampeyan . Mending kalau ingin puas?.adu wae keduanya secara head to head dilapangan, baru semua akan terjawab secara lugas. Sayang hingga detik ini cukup sulit mendapatkan unit Sonic dan Satria FI supaya bisa diadu langsung.”
    _______________________________
    lha berita kejurda pamekasan kemarin kemana kang?

  3. Lha, kemarin ada berita Sonic dihabisin sama FUFI juga dimuat kok sama IWB. Namanya blog khan beritain apa yang dia liat. Liat FU menang dia ceritain, liat FU kalah dia ceritain..

    Kok pas IWB cerita sonic keok diatas dyno ga ada tuh yg bilang disuap amplop, ga independent, dll.. Giliran cerita klo FU kalah diatas dyno USR skrg pada ribut nuduh macem2.

    Ngerasa berita di manipulasi? Samperin aja USR di jalan panjang.. Cari si Freddy.. Minta liat hasil dynonya. Masih ga percaya? Ya bawa aja FUFI standar, sonic standar.. Bayar, naikin dyno, jalanin.. Apapun hasilnya, udah test depan mata.

    Lah kok blogger yg cuma ngelaporin apa yg dia liat malah dikata2in.. Situ kalo disuruh nuduh orang manipulasi dll, di dunia nyata berani ga? Klo cuma sambil ngumpet dibelakang keyboard mah anak bocah bau ketek juga bisa mas.

  4. Ada tes dyno yg lebih valid
    Dari dynomite eddycurrent USA
    Dg kondisi motor standar ting ting
    Tanpa ubahan mesin,sproket,
    waktu dan suhu yg sama gak???
    Antara fu fi dan sonic

    • BANYAAAK!
      Tp krna elu pekoknya kebangetan psti elu bkln ngeles klo diksh hasil test di tmpat lain.
      Coba gw tny balik sevalid apa hasil Dynomite EddyCurrent USA itu? Elu psti juga gk tau, lu cuma trima aja asal hasilnya bgs buat motor Honda..
      Mknya prcuma klo ada yg ksh argumen ama elu krna elu itu emg dsrnya pekoknya kbgtn..
      Jd brhnti nanya hasil test di tmpat lain klo elu gk obyektif, udh gt aja mksh..

      • Sebutin satu aja bro?
        G bakal ngeles lah bro,kalau memang sonic kalah juga g masalah asal data valid.dan tanpa ubahan apapun.
        Apa klaim pabrikan yg lo anggep valid bro?
        Sama2 makasih..bro salam biker bro

        • Elu gk jwb prtnyaan gw..
          Jd sorry gk ada jwbn jg buat lu.
          Gw gk akn nuduh ini hasil palsu, Ultraspeed dpt amplop dsb..
          Yg cm mau gw tekankan dsni adlh fakta di jlnan.
          Pembuktian paling realistis adlh ketika test ride di jlnan umum dan sirkuit dgn 2 rider yg pny skill sama, keduanya independen, sama” rider anti amplopan, dan ditonton langsung bbrp orng yg gk ada hbgn sama skali dgn pihak pabrikan dan perusahaan bersangkutan + hasilnya berupa video asli tnpa editan.
          Nah mslhnya skrg ada gk yg mau bkin test itu?
          Udh ngerti lu?

  5. masih jg diributkan yg gini ginian,wkwkw.saran gue jangan mau di adu domba sm berita yg ginian,jangan jangan nanti ketemu dijalan,lain merk motor langsung baku bacot..kasian banget anak negeri ini.mau kencang beli yg 250,kurang puas beli lagi yg 300,kurang puas lagi ada yg 400 sampai diatas 1000cc,ada uang ada motor kencang,wkwkw…….wassalam.

  6. Sonic motor gagal produk niru niru produk orang…cm orang miskin gak kebeli bbm yang milih sonic

  7. Siiik… tak ngakaaaaaak, anda belum tau, USR pegang Gacoan Sonic 150, silahkan cek….. di bengkel… Soooo… simpulkan sendiri data diatas…….!!!!!

  8. Ngomong-ngomong yg komen dsini udah pernah main ke Ultraspeed tak ??

    150cc aduh bukan mainan disitu.,

    Di jl panjang kebonjeruk.

    main main lah kesitu,apalagi yg baru beli sonic,Satria FI,. di test bayar sekian ratus ribu.. biar di test sm gak kyk klaim power pabrikan. sapa tau motor yg ente baru beli jauh turun powernya..

    Note: Jangan nuduh orang lain macem2

    Ente komen bisa Bebas tp ngomong lgsung berani tak ? jgn2 kelingkingnya ngetril kalo ngomong cyiin.!! maklum dsini bnyak Maho LGBT,

    • Makanya drtd ane juga suggest gitu bang.. Kalo ga salah di USR khan dyno cuma 400rb.. Kalo beli ECU / piggyback disana lebih enak lagi.. Bisa gratis.
      Masa duit kecil gitu aja ga mau keluar sih, demi jawab rasa penasaran…
      Tapi ya gitu deh.. Kelar 150cc dengan kapasitas dompet yg kecil juga.. Hobby nya adu bacot

    • Gak usah rame2, yg domisili semarang, silakan kalau mau adu riil motor, ane py sendiri fufi, baru jalan 773km, plat nomer sudah ada. Ada yg py sonis mau diadu? Sesama standar thing-thong tentu. Hidup itu realitas, bukan cuman tulisan doang mewakili mulut.

  9. gak usah gegeran mas bro…wong sama” orang indonesia…kok bela” in prodak negara lain…

  10. 26whp kn ada kang
    Si 2tak ninja

    dibuletin jd 13whp brrti ya
    Not bad not good lah utk 150cc, diubek2 msh bs lah 30whp maybe
    Utk gmbaran aja di kls 2tak bnyak yg dynotest berkisar 20whp-44whp yg ane tau (ada perbedaan antar mesin dyno itunglah 2whp)

    Tp paling nggak balik kyk jmn jaya2nya 2tak dulu, saling bersaing di klsnya

    Di tahun2 2000an agk lesu persaingannya hehe

  11. Halahhh… Intinya mo ngerek jualan sonice yg nyungseb blass..

    SATRIA FUFI.. The real DOHC sejati. That is !!

    • Berapa power satria fi bro??
      Bengkel mn yg ngetes,ada yg tahu?
      Apa 18 hp sesuai klaim pabrikan?
      Dohc sejati,beda berapa hp sama yg abal2 bro?

  12. Ituah hebatnya ahaem….ga cuma bisa klaim power gede produknya aja, tapi juga mampu pangkas power kompetitor….hehehehe

  13. Masih aneh dengan test ini..
    Dari spec jeroan mesin sonic dan fu fi saja sudah berbeda ( kalian sudah tau lah )
    1. Sistem dohc sonic msh menggunakan rocker arm dengan roller dan fu injeksi ini menggunakan sistem dohc tanpa rocker arm, dsni saja sudah bisa diliat lebih rugi siapa dalam menyalurkan tenaga yg diakibatkan gesekan noken as saat menonjok payung klep.
    2 ukuran klep yg lebih besar fu injeksi dari pada sonic.
    3 throtle boddy lebih besar fu injeksi dibanding sonic.
    4 kompresi yang lebih tinggi fu injeksi dibanding sonic, sehingga motor terasa lebih bertenaga dalam setiap putaran mesin.
    5 radiator lebih besar fu injeksi dari pada sonic, sehingga dalam proses menjaga suhu mesin lebih optimal.
    Itu baru segitu perbedaannyaa aj dah terlihat bagaimana hasil seharusnya..
    Power on the wheel biasanya hanya turun kisaran 2hp, disini jelas harusnya, sama” ayam jago, berat kedua motor yg g beda jauh, jarak sumbu roda yg beda tipis diantara keduanya.. Jika sonic bisa unggul tipis dari satria fu karbu euro3, masa ia satria fu injeksi bisa dibawah sonic sedangkan dari segi spec aja satria fu injeksi ini bisa dibilang beda jauh, lebih bagus satria fu injek dibanding fu karbu.

    #mencoba berfikir keras tentang hasil test ini

    • Ngga usah dipikirin mas bro, lha wong test ini cuma lawakan aja kok…. 😆

      Suskes deh buat kang iwan, langsung njengat hits-nya. :mrgreen:

  14. Harus itu bro,,kita gk benci motornya,tapi,cara kotornya itu yg bikin muakkk,,tes di aspal aja bro,,,apa sonis cuma berani lari di dyno ultramen aja.
    Xixixi

  15. Perbedaan yg gak umum hahahha.apapun bisa dilakukan pabrikan besar sekelas hondot.ga berbuat apa apa sama aja 3 motor andalan nya yg pake mesin sama mencret jadi apapun berapapun bisa saja.hehe.tapi banyak faktor seperti yg iwb terangin sih tapi karna gak umum dari kebanyakan itu yg jadi tanda tanya (?)

  16. Waduh, jangan kebangetan donk ngibulnya karena Sonice penjualannya jatuh diangka 1000an.
    Kalo utk menghibur para FBH sih boleh” aja, tp jangan menjatuhkan merek lain dengan melakukan pembodohan otomotif.
    Bagaimana bisa Satria FU FI selalu unggul di tes di:
    – Otomotif.
    – Otoplus.
    – Tes drag di Aceh yg disaksikan puluhan ribu orang tembus 5,58 dtk (setara 250cc).
    Dari kemampuan limiter yg 13000 RPM aja kita sudah tau kualitas mesin Suzuki spt apa. Mungkin kalo irit sonice menang, tp please, sportif donk dalam menulis artikel.
    Boleh” aja menghibur para FBH, tapi dengan meninjilkan kelebihan Sonice. Misalnya BBM yg irit, cocok utk anak muda yg modal cekak, yg beli rokokpun ketengan.

  17. Marquezz, ente sibuk bilang Satria FU Fi Sproketnya udah diubah, itu khan yg dites Dyno. Coba ente baca yg dari OTOTMOTIF dan OTOPLUS. Mereka ngetesnya dalam kondisi standard pabrik.
    Masih ragu sama kredibilitas OTOMOTIS dan OTOPLUS dibandingkan Ultraspeed yg baru ane dengar di artikel ini?

  18. iya bukan anak muda yang omongin irit, kelihatan yang omong mikir motor tanpa mikir irit gak tahu hukum ekonomi bih, masih nodong ortu ya bos pengangguran permanen

  19. bisa jadi memang segitu hasil dynonya,
    tidak direkayasa, mungkin operatornya yang kurang profesional,
    kondisi gesekan ban ke roller mesin dyno, harusnya kondisinya sama. misalkan yang satu diberi beban operator 60 kg, yang lain juga dikasih beban 60 kg. jika bebannya beda, kemungkinan beda loss power antara roda dengan rollernya.
    silahkan simpulkan sendiri.

  20. Terlepas dari ubahan sproket yg jelas di tes jalan otomotifnet top speed masih unggul fu 10 km/jam lebih racelogic. Dan 402 meter lebih unggul fu 1 detik (skitar 35 meter). Mau anggap inferior fu terserah tp fakta di jalan sonic kalah telak

  21. Berita ga penting begini diblow up, giliran mx king menang kejurnas pura2 gatau. Mau giring opini nih ceritanye? Hwehwehwe.

  22. Demi mengangkat penjualan sosis sonice yg mengkeret,
    ahm rela cari rumah dyno baru yg bs nerima amplop, cari blog yg bs promo lbh heboh,
    maklum dana riset mesin hellokitty belum balik modal, liat ntar supriXnya bs tembus brapa km/j
    *disinyalir test di ultramilk lg biar si supri bs jaaaauuuuh lbh njengat d banding fu fi

  23. Ni knapa fby tiba2 jd laskar jihad ya?….ngoahahahaha

    Ayo yg butuh bantuan tenaga bacot call team A.S.U

    • Dari artikel ginian bisa taukan mana kaum yg suka njilat?…klau artikel lg nguntungin Y mereka mesam/em kayak cewek cabe2an abis disiulin cowok ganteng.

  24. jadi ceritanya overbore keok lawan near square… aneh?

    tp jgn salahkan iwb tp klo emg ragu yg patut dipertanyakan tuh ultraspeed tentang independensinya

    haiyyaaa cilaaka luwaa welas waaa

  25. Masih Ragu sama Satria injeksi…????

    Selamat sore, update sementara hasil Kejurda Road Race Jawa Timur di Pamekasan, kelas BH8 alias 150 cc standard injeksi, hayoooooo pada penasaran yaaa..
    Suzuki All New Satria F150 Fi, menjadi satu satunya motor FU injeksi dikepung Sonic dan MX king. Dan hasil balapnya adalah Satria FU Fi berhasil meraih podium 1 meninggalkan smua lawan nya , jauuhhh.. Sampe saat scrutinering pun si FU Fi dimintain scrut rasio karna saking penasarannya lawan dikira pake rasio close, padahal busa filterpun masih kepasang. Kesimpulan akhir, podium 1 dah mewakili smua kata kata. Ga perlu dijelasin lg ya. Wkwkwkwkw. Foto print out hasil balap menyusul. Sekian dan terimakasih

    • Pernah tahu king menang
      Lawan ninja g bro??
      Di balap drag race.
      Berapa power king standar????
      Dan power ninja standar?????
      Unggul mana bro???
      Kalo standar unggul ninja,
      Kok bisa king yg menang bro??
      Itu aja dulu,motor race tuh banyak faktor
      Kalau mau juara.dana,riset,ubahan,skill pembalap.ada yg di ubah extrim demi juara
      Walau motor cm bisa dipake beberapa race aja.habis itu turun mesin.ini g nuduh.cuma ada yg kayak gitu.lorenzo juara 1,rossi kok juara 4.motor sama kan.

  26. Mbok ya kyk mas ari, plus minus produk ttp d suguh kan, berita komparasi keluar paling bontot, tp paling aneh

  27. Motor jantan harus di buktikan di sirquit balapan kejurnas ketimbang hanya koar2 hasil dyno tes dan buanyak omong sampai hina sana hina sini?.kalau motor sesembahannya kalah jangan sampai mengkambinghitamkan pembalapnya?kasihan bro?kalau motor sesembahannya kalah akui dengan jantan?.walaupun kekalahan itu suangat menyakitkan?..

  28. fbh sama fbs lagi bertengkar hebat ngeributin masalah hasil tes motor fu dan sonik di atas dyno tes….dua2nya koar2 banyak omong bahwa motornya lebih unggul dan lebih besar powernya….eeeeee di sirkuit balap yg juara malah mx king…..lucu…wkwkwkwkwkwkw…..yg lebih lucu lagi ada orang dungu bilang koplak sama orang lain…..wkwkwkwkwkwkwkwk

  29. Jangan menghayal untuk terbang terlalu tinggi karena di sa’at jatuh pasti sangat menyakitkan…..wkwkwkwkwkwkwkwk

  30. kepada fbh sama fbs jgn ribut terus….mending kalian berdo’a supaya motor sesembahan kalian laku dan juara di ajang balap kejurnas nanti….he he he he he …….

  31. saru eh seru
    ongolongol.com/2015/04/30/suzuki-impulse-125-harusnya-ini-buat-lawan-vario-125/

  32. lagi lagi kalap
    pnggiringan opini
    dynotest jadi korban

    saya akan percaya bila sudah menjadi juara kejurnas roadrace

    • Kejurnas road race mx king juara bro
      Tapi dites di dynotes manapun
      Mx king standar paling kecil powernya
      Juga top speed paling rendah.
      Artinya apa bro??

      • Klau yamaha jual mx king versi kejurnas gw siap minang bro…da siap celengan 100jt buat dp

  33. sama2 mesin standar pabrik.. cuma nih kmungkinan sonic dah d lepas radiator.y.. jadi lebih bertenaga n lbih panas.. hahahaha..

    lgian ngapain motor jalanan kok pada heboh ngunggulin power n top speed.. emang jalanan buat balapan yak.. toh kalo d bawa k sirkuit jga masih banyak yg d rubah.. makin ngebut makin susah buat d kndalikan.. makin bnyak resiko kecelakaan..

  34. Yg valid tes didynotes mana bro?
    Ada info gak bro?
    Standar apa ubahan fu fi nya?
    Kalo di tmc blog fu fi unggul
    Tapi sproket dah diubah.
    Ada g yg sama2 standar unggul fu fi
    Bukan klaim pabrikan,pabrikan biasanya
    G ada yg akurat.

Comments are closed.