iklan iwb

460x110(3)

yamaha xabre-iwb test (3)

Bro dan sis sekalian…melihat langsung Xabre 150, pasti siapapun gatal ingin nunggangi dijalanan. Tampang galak serta suspensi USD memang menggoda. Begitu pula ketika YIMM nyodorin untuk test ride…IWB sudah tidak sabar ingin betot gas. Sirkuit Sentul kecil memberikan gambaran kepada IWB….bahwa feel riding motor ini memang beda. Yamaha meracik Xabre 150 dengan komposisi bobot yang terasa antep didepan. Efeknya…..ban nancep diaspal saat kita melakukan manuver cornering. Nah…seperti apa impressi diatas Xabre secara keseluruhan??…..
IWB-Banner-Animated

iklan iwb

banner-promos

Ergonomi

Feel yang IWB rasakan adalah gagah. Walau stang tidak menjulang namun Yamaha meracik dudukan raiser cukup tinggi sehingga tangan bisa menjangkau stang dengan santai. Yang unik….ergonomi Xabre sedikit beda dibanding Vixion ataupun Byson sekalipun. Jika stang keduanya terasa jauh…..Xabre sebaliknya. Motor ini menawarkan feel riding layaknya supermoto dimana dada sedikit dipaksa membusung dan maaf…bok*ng rada maju. Lek boso gampange baplang kangbro. Dan mau tidak mau kita akan melakukannya. Yamaha menyebutnya “confidence riding style”. Memang terbukti….entah kenapa sebagai biker kita jadi merasa pede saat nongkrong diatasnya…..

Xabre 150-IWB

yamaha xabre-iwb test (1)

Kemudian untuk kaki…posisinya cukup rileks. Dari sekian feel, yang IWB sukai adalah pemandangan dashboard dan tanki. Moge looks tenan mzbro. Kaki menjepit sempurna dibagian paha sedang atas gambot tenan. Dengan desain kondom berlapis membuat Xabre masuk kategori sebagai motor terbaik soal desain dikelas sport 150cc tanah air (opini pribadi). Desainernya IWB akui jempolan. Kita seperti nunggang motor beda kelas…dengan pernik bak motor besar…..

Hanya saja IWB belum tahu…apakah ergonomi ini tetap nyaman digunakan untuk membelah kemacetan berkendara harian. Harus dibuktikan dulu mengingat sirkuit beda dengan jalanan biasa. Sayang hingga detik ini IWB belum beruntung mendapatkan unit test ride untuk menjawab keingin tahuan? sampeyan semua. Semoga saja kedepan mzbro. Nilai aspek ini IWB beri angka 7,5…

Engine

Nahhh….ini yang menarik. Xabre dibekali mesin basis dari R15. Engine SOHC 150cc LC4V dengan Cylinder Bore 57mm Langkah Piston 58,7mm fuel injection 6 speed. Klaim power pabrikan ledakan tenaga dikisaran 16,09HP@8500RPM dan torsi 14,3Nm@7500RPM. Beda dengan R15…mapping engine katanya memang lebih kearah akselerasi. Terus piye feel saat menaiki diatasnya??…..

Ketika awal mesin dihidupkan…..IWB merasa raungan mesinnya identik dengan R15. Terlalu senyap sehingga suara mesin jadi lebih dominan. Jujur soal suara IWB lebih demen knalpot Vixion yang lebih bulat dan ngebas. Sedang Xabre150…garing mzbro. Yang menjadi nilai plus, vibrasi pada stang lebih minim dibanding R15. Analisa IWB desain raiser serta stang membuat daya redam lebih bagus. Sekarang…mari kita coba geber…..

xabre 150-iwb (1)

Transmisi masuk gear satu….lembut. Shifting bisa dilakukan dengan smooth. Kopling juga empuk membuat semuanya cukup mudah. Masuk aspal sirkuit…..IWB langsung mencoba betot gas. Feelnya??. Dibalik keterbatasan IWB sebagai biker dan bukan pembalap…..hanya pengalaman dan rasa nunggang motor sejak orok (lebay.com)…IWB mencoba meresapi serta menilai. Impressinya??….

Xabre 150 memiliki tarikan bawah diatas R15 namun sedikit dibawah Vixion. Kailan tenaga motor ini terasa rata dengan limiter dipasang diangka 10ribu RPM. Sayang kondisi trek yang basah serta lay out sirkuit pendek dengan tikungan-tikungan melengkung kecil membuat proses gali performa tidak maksimal. Lha piye…..lawong maksimal speed paling hanya bermain dikisaran 75-80 km/jam. Tapi secara umum…..

Untuk mesin 150cc….level akselerasi Xabre berada ditengah-tengah antara R15 dan Vixion. Nggak tahu soal top speed. Dan IMHO untuk berkendara harian…engine ini sudah sangat lebih dari cukup. Kopling empuk…..transmisi minim “miss gear” dan akurasi shifting terkontrol cukup baik sehingga proses perpindahan gigi jarang meleset. Hanya satu yang IWB kurang sukai dari Xabre yakni suara knalpot yang terlalu lembut sehingga raungan engine menjadi dominan saat digeber. Nilai aspek ini IWB beri angka 7,5….

Handling

xabre 150-iwb (5)xabre 150-iwb (2)

Xabre merupakan motorsport 150cc pertama yang menggunakan suspensi USD. Dikombinasikan frame deltabox….komponen memberikan feel antep dibagian depan. Alhasil front tire terasa nancep diaspal. Ketika melakukan manuver cornering…Xabre 150 dengan santai melayani. Dibekali ban depan cukup besar (110)…..handling motor ini IMHO termasuk superior. Kemudian agility….

Ciri khas Yamaha cukup kental pada Xabre. Handling nurut dan ringan. Kemudahan bermanuver menjadi nilai jual tak terbantahkan. IWB yakin motor ini handal digunakan nyelip-nyelip dikepadatan lalu lintas. Lawong lincah kangbro. Sebenarnya IWB sendiri cukup penasaran jajal suspensi saat menghajar polisi tidur atau lubang jalanan. Namun karena berada disirkuit, tentu kita tidak bisa melakukannya. Nilai aspek ini IWB beri angka 8….

Suspensi

yamaha xabre-iwb test (2) xabre 150-iwb (4)

Xabre adalah sport 150cc pertama pabrikan Jepang yang dibekali USD. Kelebihan dari Up side down dibanding teleskopik adalah kekuatannya. Dengan outer tube dibalik diikat dekat yoke…maka secara teknis komponen lebih mampu meredam dengan baik. Pada umumnya stres atau tekanan saat braking berada dibawah yoke. Sebagai gambaran ketika kita menarik tuas rem…sebenarnya saat kita mengerem, motor hanya mengikuti gaya berhenti dari roda. Motor ini akan mendorong garpu depan secara ekstrim…..

Alhasil…dengan diameter tabung lebih besar, maka tekanan bisa diredam dengan baik oleh garpu. Komponen lebih rigid karena triple clamp memegang bagian tabung yang biasa disebut “slider” dibanding teleskopik biasa yang mengikat bagian “stanchion”. Efeknya sangat jelas…suspensi USD meningkatkan kemampuan handling dan feel. Tidak heran….IWB merasakan respon kendaraan anteng dan tidak ada gejala kedodoran ketika melakukan hard braking. Begitu pula masuk dan keluar tikungan……kestabilan handling cukup terasa. Nilai aspek ini IWB beri angka 8,5…

Pengereman

Seperti biasa IWB nggak punya keluhan soal pengereman. Khas motor Yamaha….rem empuk dan pakem walau nihil ABS. Nilai aspek ini IWB beri angka 7,5…..

Finishing dan material

Yamaha Xabre 150 -iwanbanaran (18) Yamaha Xabre 150 -iwanbanaran (27)

Yamaha kembali menunjukkan kelasnya sebagai pabrikan dengan predikat finishing cukup baik pada produknya. Panel perpanel begitu presisi dan solid dengan kualitas pernis cat yang patut IWB acungin jempol. Yang menarik komponen swing arm belakang juga tidak sekasar generasi R15 awal. Entah kenapa lengan ayun lebih halus. Nilai aspek ini IWB beri angka 8….

Fitur

Xabre 150 dibekali fitur unik khususnya bentuk desain saklar engine start…On dan off yang menganut model slide mewarisi klan MT series. Begitu pula untuk headlamp dan stoplamp….Xabre sudah dijejali perangkat LED. Seandainya lampu sein juga LED, pasti lebih juoz. Untuk speedometer juga futuristik dan terkesan high tech akibat terobosan negatif display LED. Apalagi mereka juga berani menyuguhkan swing arm die cast almu model banana. So…walau speedometer nihil pengukur suhu mesin…..namun mereka memberikan satu fitur tambahan yakni brightness level. Dan ini patut kita apresiasi. Nilai aspek ini IWB beri angka 8….

Kesimpulan

Yamaha Xabre 150 -iwanbanaran (4)

Xabre 150 memang mampu membuat kita berkata “wowww” khususnya saat melototin langsung desain sang kuda besi. Handling superior akibat paket yang ditawarkan (USD), desain menawan dan finishing jempolan menjadikan Xabre layak dipertimbangkan. Walau mesin mungkin bukan menjadi nilai jual nomer satu….tapi muntahan tenaga minor fighter ini tidaklah inferior. Ledakan tenaga cukup bertenaga khususnya dikisaran mid end. Sayang….keputusan menggunakan knalpot R15 membuat bentuk utuhnya ternodai. Belum lagi raungannya yang terlalu senyap menjadikan suara mesin lebih mendominasi. Dengan banderol 29,8 juta OTR Jakarta, jelas target market Xabre150 bukanlah Vixion ataupun CB150R. Yamaha sepertinya membidik biker yang ingin tampil eye catching dijalan…suka show off dan tampil beda? lewat desain big bike look…..desain minor fighter tanpa mengorbankan performa. Nah…seperti apa proses testing?. IWB sudah racik videonya dibawah ini. Cekidot kangbroooooo !!! (iwb)

Video test ride Yamaha Xabre 150 Sentul Bogor

HP klik disini

244 COMMENTS

  1. haiyaa haiyyaa cilaka luwa welas waa

    Patut diacungi jempol, ymh kali ini berani membuka jln tren baru dg lahirnyya Xabre… motor anti mainstream minoritas mgkn dlm – 6 bln akan melenggang sendiri sbg raja 150 dan seperti biasa saat Xabre laris manis ahem pst copas dan menunjukkan bhw ahem sbg real follower dg alih2 memanjakan konsumen (prett).

    hmmm sudah kuduga ;D

  2. Ini motor yg byk keganjilannya:

    – buntutnya ganjil
    – knalpotnya ganjil, setuju dgn kang iwb
    – giginya ganjil
    – usd-nya, antara harga, brand, reputasi, produk asal jg ganjil
    – harga motor 30jt jg ganjil, mgkin 20anjt pantesnya
    – impressi ganjil, klo berasa keren sendiri ya maklumin

    Ckckck.. That why perlu fbeyey “smart” yg meng-genapkan keganjilannya 😀

  3. Hare gene masih jual motor Jadul SOHC Operstruk jaman GL PRO jaman Kegelapan ngaku ngaku SPORT… wkwkwkwkwkwk yaMaho jadinya broo

  4. Alasan mengapa area test di sirkuit sentul kecil mungkin karena sirkuit sentul besar sudah keburu di booking suzuki untuk pengetesan satria injeksi di tanggal yang sama kali ya lek

  5. Ane mau komen buat smua anggota SWAT AHM….

    Satar Dukun alias Slamet Bajol…
    Fifauzi Pekok alias Bruud…
    Margondes alias Alex….
    Motogokil alias Ocol

    Mau BC ngebul… mau BC SOHC loyo… mau BC USD 15 jt.. buat Xabre gak bakalan mempan…..

    Selama AHM cuma jadi follower….bdan melakukan pembodohan otomotif

    Salam One Hurt….Salam Sakit 1 Hati

  6. Kesalahan Yamaha adalah memakai mesin 150 cc, harusnya dg body seperti itu memakai mesin 200 cc ato 250 sekalian

  7. bukan 150cc pertama yg pake usd kang, kan produk lokal juga ada yg usd lebih dlu dr pd xabre, sedikit koreksi sih…

    • sport 150cc Jepang kang kalimat saya. Klo non jepang banyak kang mulai dari minerva hingga Viar kan udah :mrgreen:

  8. 100. vampire ringsek – February 10, 2016
    Ini motor yg byk keganjilannya:

    ? buntutnya ganjil
    ? knalpotnya ganjil, setuju dgn kang iwb
    ? giginya ganjil
    ? usd-nya, antara harga, brand, reputasi, produk asal jg ganjil
    ? harga motor 30jt jg ganjil, mgkin 20anjt pantesnya
    ? impressi ganjil, klo berasa keren sendiri ya maklumin

    Ckckck.. That why perlu fbeyey ?smart? yg meng-genapkan keganjilannya ?

    ******************************************************************************

    1 lagi yg ganjil … otak loee bro ,, ganjil bgt !!

  9. Kang iwb .. kabar scorpio ada egk nie .. adem ayem aja ,, krn mesin scorpio bagus tinggal di buat injeksi .. lagian cc di atas 150 tanggung beli motor harga 30 juta .. bagus beli motor 200cc pakai mesin scorpio !!

  10. bagi yg teliti ama isi artikel ya..
    kesimpulannya ni motor untuk area engine ga ada yg dibanggakan racikannya….asselerasi masih di bawah nva dan di atas r15.
    mau selip selip di tengah kota kalah torsi n kegedean body.
    mau adu power di jalan lintas ngos ngosan. (untuk kelas 150 batangan ya)

    nilai plusnya mungkin ya…bisa upgrade tampang ridernya ke level yg lebih baik buat narik cabe cabean di parkiran….di parkiran ya…

  11. oh…ia tentang style.
    ada yg berkomentar seakan berwawasan luas bilang ni motor punya menganut style minor figter.
    apa ente lupa minor fighter identik dgn blayer blayer dan torsi badak??

    eit hampir lupa…minor figter juga pamer visual mesin loh….hihihihi.

  12. klo buat bahan modif
    usd tanpa merek 5 juta??? wtf. ambil untung berapa ratus % itu?
    mending ambil usd limbah moge/SE

    *usd thai 3 jutaan baru…mending dari pada usd ga jelas asal usulnya.

  13. ati2 difotokopi!!! FBH disinyalir akan jilat ludah di aspal episode ke-10. akakakakaka lirik nmax, mxking, dll. memang nikmat spruput ludah di aspal plus eek kuda hhhhhhhh.

  14. Ini yang komen pemakai vixion lawas, rx king dan mx cw semua?
    Gimana rasanya ditampar pabrikan sendiri dengan r15 dan xabre? Gondok?
    Ganti motor lah, apapun itu asal baru keren kok… gaya….

    Kere ndeso, padu dewe… wkwkwkw…
    Nabung bro, trus kredit

  15. Para penunggang vixion bela diri…
    Yamaha semakin didepan, vixion semakin ketinggalan…

    Ganti, gantiiiiii….
    Ngoahahahahahahaha

  16. Ada yang berani jujur soal vixion nih…
    Terkenal kok di blog2 dan forum, pemakai vixion bela diri dimana2, pake r25, r15 dan sekarang xabre buat bela garpu tala

    Maksudnya biar pigsenya naik pangkat… sekennya banyak banget di toped….

    Vixion bukan r25, r15, atau xabre masbro, satu merek beda kelas dan #harga…

    Nabung ya..

  17. 117. Briptu Norman Kamaru – February 10, 2016

    Ane mau komen buat smua anggota SWAT AHM?.

    Satar Dukun alias Slamet Bajol?
    Fifauzi Pekok alias Bruud?
    Margondes alias Alex?.
    Motogokil alias Ocol

    Mau BC ngebul? mau BC SOHC loyo? mau BC USD 15 jt.. buat Xabre gak bakalan mempan?..

    Selama AHM cuma jadi follower?.bdan melakukan pembodohan otomotif

    Salam One Hurt?.Salam Sakit 1 Hati
    ——————–

    Serius tuh daftar di atas?

    Jadi benar ya kalau blogger ternakan menyamar jadi komentator di blog besar kayak tmc & iwb.

  18. mendapat sebutan motor terburuk tahun lalu di thailand……….gak laku……trus di lempar ke indonesia……..awas jangan tertipu…

    • CD String alias Swat AHM

      Ente lupa apa2 pura2 bodoh… Yamaha Thailand Produksi Xabre pakai kandungan lokal Thailand… makanya VIN or no registrasi produksi nya beda dengan Indo.. yg punya VIN dari Indo… jadi ini project Indo dan Thailand untuk dalam negeri masing2 negara juga ekspor ke ASEAN dan negara2 Asia lainnya…

      “melawan lupa”

      Kalau produksi motor AHM… cuma di pakai di Timor Leste

      Segitu parah kah Produksi AHM indo

      Semoga Fans Honda semakin Pintar

      Stop pembodohan ala AHM

  19. Lah ming Deltabox, Banana Arm, + USD kok bangga ketok le ndeso wekekek, kayane durung tahu weroh LH44 , wekekekk FBY Kampungan

    Mesin 11 12 sama Kebo, tikung dari belakang sama Saep + Sonice gas separo wekekek

  20. Lah ming Deltabox, Banana Arm, + USD kok bangga ketok le ndeso wekekek, kayane durung tahu weroh LH44 , wekekekk FBY Kampungan

    Mesin 11 12 sama Kebo, tikung dari belakang sama Saep + Sonice gas separo wekekekkk

  21. Saya dah beli xabre inden kemaren, dah dateng dan langsung cobain. Overall mantab lah, design itu yg jadi keunggulan utama, mesin sama kayak vixion, tapi 6 percepatan. Masih reyen jadi jalan santai saja sambil jadi iklan yamaha secara terselubung wkkwkw…terbukti waktu lampu merah langsung pada liatin…sekian info dari saya, bagi yg gak suka xabre atau fans ahm silahkan beli cb150r dan buktikan kalau anda mampu beli dan gak banyak bacot nyacat xabre wkwkkwkw…

  22. Permisi mw berbagi sdikit cerita saya punya yamaha xabre belum ada smpe 500KM tpi pada saat berhenti dengan kecepatan rendah kira2 15-25 km/jam motor trasa ada getaran yg cukup terasa di bgian kaki dan stang,, tpi ketika berhenti dgn mndadak tidak ada getaran sdikitpun,, itu knp yah, mhon pencerahannya ?

    • Dibawah 10 km/jam penyakitnya muncul…katanya pengaruh ban besar, diatas kec itu nggk ada masalah

Comments are closed.