iklan iwb

460x110(3)

yamaha xabre-iwb test (3)

Bro dan sis sekalian…melihat langsung Xabre 150, pasti siapapun gatal ingin nunggangi dijalanan. Tampang galak serta suspensi USD memang menggoda. Begitu pula ketika YIMM nyodorin untuk test ride…IWB sudah tidak sabar ingin betot gas. Sirkuit Sentul kecil memberikan gambaran kepada IWB….bahwa feel riding motor ini memang beda. Yamaha meracik Xabre 150 dengan komposisi bobot yang terasa antep didepan. Efeknya…..ban nancep diaspal saat kita melakukan manuver cornering. Nah…seperti apa impressi diatas Xabre secara keseluruhan??…..
IWB-Banner-Animated

iklan iwb

banner-promos

Ergonomi

Feel yang IWB rasakan adalah gagah. Walau stang tidak menjulang namun Yamaha meracik dudukan raiser cukup tinggi sehingga tangan bisa menjangkau stang dengan santai. Yang unik….ergonomi Xabre sedikit beda dibanding Vixion ataupun Byson sekalipun. Jika stang keduanya terasa jauh…..Xabre sebaliknya. Motor ini menawarkan feel riding layaknya supermoto dimana dada sedikit dipaksa membusung dan maaf…bok*ng rada maju. Lek boso gampange baplang kangbro. Dan mau tidak mau kita akan melakukannya. Yamaha menyebutnya “confidence riding style”. Memang terbukti….entah kenapa sebagai biker kita jadi merasa pede saat nongkrong diatasnya…..

Xabre 150-IWB

yamaha xabre-iwb test (1)

Kemudian untuk kaki…posisinya cukup rileks. Dari sekian feel, yang IWB sukai adalah pemandangan dashboard dan tanki. Moge looks tenan mzbro. Kaki menjepit sempurna dibagian paha sedang atas gambot tenan. Dengan desain kondom berlapis membuat Xabre masuk kategori sebagai motor terbaik soal desain dikelas sport 150cc tanah air (opini pribadi). Desainernya IWB akui jempolan. Kita seperti nunggang motor beda kelas…dengan pernik bak motor besar…..

Hanya saja IWB belum tahu…apakah ergonomi ini tetap nyaman digunakan untuk membelah kemacetan berkendara harian. Harus dibuktikan dulu mengingat sirkuit beda dengan jalanan biasa. Sayang hingga detik ini IWB belum beruntung mendapatkan unit test ride untuk menjawab keingin tahuan? sampeyan semua. Semoga saja kedepan mzbro. Nilai aspek ini IWB beri angka 7,5…

Engine

Nahhh….ini yang menarik. Xabre dibekali mesin basis dari R15. Engine SOHC 150cc LC4V dengan Cylinder Bore 57mm Langkah Piston 58,7mm fuel injection 6 speed. Klaim power pabrikan ledakan tenaga dikisaran 16,09HP@8500RPM dan torsi 14,3Nm@7500RPM. Beda dengan R15…mapping engine katanya memang lebih kearah akselerasi. Terus piye feel saat menaiki diatasnya??…..

Ketika awal mesin dihidupkan…..IWB merasa raungan mesinnya identik dengan R15. Terlalu senyap sehingga suara mesin jadi lebih dominan. Jujur soal suara IWB lebih demen knalpot Vixion yang lebih bulat dan ngebas. Sedang Xabre150…garing mzbro. Yang menjadi nilai plus, vibrasi pada stang lebih minim dibanding R15. Analisa IWB desain raiser serta stang membuat daya redam lebih bagus. Sekarang…mari kita coba geber…..

xabre 150-iwb (1)

Transmisi masuk gear satu….lembut. Shifting bisa dilakukan dengan smooth. Kopling juga empuk membuat semuanya cukup mudah. Masuk aspal sirkuit…..IWB langsung mencoba betot gas. Feelnya??. Dibalik keterbatasan IWB sebagai biker dan bukan pembalap…..hanya pengalaman dan rasa nunggang motor sejak orok (lebay.com)…IWB mencoba meresapi serta menilai. Impressinya??….

Xabre 150 memiliki tarikan bawah diatas R15 namun sedikit dibawah Vixion. Kailan tenaga motor ini terasa rata dengan limiter dipasang diangka 10ribu RPM. Sayang kondisi trek yang basah serta lay out sirkuit pendek dengan tikungan-tikungan melengkung kecil membuat proses gali performa tidak maksimal. Lha piye…..lawong maksimal speed paling hanya bermain dikisaran 75-80 km/jam. Tapi secara umum…..

Untuk mesin 150cc….level akselerasi Xabre berada ditengah-tengah antara R15 dan Vixion. Nggak tahu soal top speed. Dan IMHO untuk berkendara harian…engine ini sudah sangat lebih dari cukup. Kopling empuk…..transmisi minim “miss gear” dan akurasi shifting terkontrol cukup baik sehingga proses perpindahan gigi jarang meleset. Hanya satu yang IWB kurang sukai dari Xabre yakni suara knalpot yang terlalu lembut sehingga raungan engine menjadi dominan saat digeber. Nilai aspek ini IWB beri angka 7,5….

Handling

xabre 150-iwb (5)xabre 150-iwb (2)

Xabre merupakan motorsport 150cc pertama yang menggunakan suspensi USD. Dikombinasikan frame deltabox….komponen memberikan feel antep dibagian depan. Alhasil front tire terasa nancep diaspal. Ketika melakukan manuver cornering…Xabre 150 dengan santai melayani. Dibekali ban depan cukup besar (110)…..handling motor ini IMHO termasuk superior. Kemudian agility….

Ciri khas Yamaha cukup kental pada Xabre. Handling nurut dan ringan. Kemudahan bermanuver menjadi nilai jual tak terbantahkan. IWB yakin motor ini handal digunakan nyelip-nyelip dikepadatan lalu lintas. Lawong lincah kangbro. Sebenarnya IWB sendiri cukup penasaran jajal suspensi saat menghajar polisi tidur atau lubang jalanan. Namun karena berada disirkuit, tentu kita tidak bisa melakukannya. Nilai aspek ini IWB beri angka 8….

Suspensi

yamaha xabre-iwb test (2) xabre 150-iwb (4)

Xabre adalah sport 150cc pertama pabrikan Jepang yang dibekali USD. Kelebihan dari Up side down dibanding teleskopik adalah kekuatannya. Dengan outer tube dibalik diikat dekat yoke…maka secara teknis komponen lebih mampu meredam dengan baik. Pada umumnya stres atau tekanan saat braking berada dibawah yoke. Sebagai gambaran ketika kita menarik tuas rem…sebenarnya saat kita mengerem, motor hanya mengikuti gaya berhenti dari roda. Motor ini akan mendorong garpu depan secara ekstrim…..

Alhasil…dengan diameter tabung lebih besar, maka tekanan bisa diredam dengan baik oleh garpu. Komponen lebih rigid karena triple clamp memegang bagian tabung yang biasa disebut “slider” dibanding teleskopik biasa yang mengikat bagian “stanchion”. Efeknya sangat jelas…suspensi USD meningkatkan kemampuan handling dan feel. Tidak heran….IWB merasakan respon kendaraan anteng dan tidak ada gejala kedodoran ketika melakukan hard braking. Begitu pula masuk dan keluar tikungan……kestabilan handling cukup terasa. Nilai aspek ini IWB beri angka 8,5…

Pengereman

Seperti biasa IWB nggak punya keluhan soal pengereman. Khas motor Yamaha….rem empuk dan pakem walau nihil ABS. Nilai aspek ini IWB beri angka 7,5…..

Finishing dan material

Yamaha Xabre 150 -iwanbanaran (18) Yamaha Xabre 150 -iwanbanaran (27)

Yamaha kembali menunjukkan kelasnya sebagai pabrikan dengan predikat finishing cukup baik pada produknya. Panel perpanel begitu presisi dan solid dengan kualitas pernis cat yang patut IWB acungin jempol. Yang menarik komponen swing arm belakang juga tidak sekasar generasi R15 awal. Entah kenapa lengan ayun lebih halus. Nilai aspek ini IWB beri angka 8….

Fitur

Xabre 150 dibekali fitur unik khususnya bentuk desain saklar engine start…On dan off yang menganut model slide mewarisi klan MT series. Begitu pula untuk headlamp dan stoplamp….Xabre sudah dijejali perangkat LED. Seandainya lampu sein juga LED, pasti lebih juoz. Untuk speedometer juga futuristik dan terkesan high tech akibat terobosan negatif display LED. Apalagi mereka juga berani menyuguhkan swing arm die cast almu model banana. So…walau speedometer nihil pengukur suhu mesin…..namun mereka memberikan satu fitur tambahan yakni brightness level. Dan ini patut kita apresiasi. Nilai aspek ini IWB beri angka 8….

Kesimpulan

Yamaha Xabre 150 -iwanbanaran (4)

Xabre 150 memang mampu membuat kita berkata “wowww” khususnya saat melototin langsung desain sang kuda besi. Handling superior akibat paket yang ditawarkan (USD), desain menawan dan finishing jempolan menjadikan Xabre layak dipertimbangkan. Walau mesin mungkin bukan menjadi nilai jual nomer satu….tapi muntahan tenaga minor fighter ini tidaklah inferior. Ledakan tenaga cukup bertenaga khususnya dikisaran mid end. Sayang….keputusan menggunakan knalpot R15 membuat bentuk utuhnya ternodai. Belum lagi raungannya yang terlalu senyap menjadikan suara mesin lebih mendominasi. Dengan banderol 29,8 juta OTR Jakarta, jelas target market Xabre150 bukanlah Vixion ataupun CB150R. Yamaha sepertinya membidik biker yang ingin tampil eye catching dijalan…suka show off dan tampil beda? lewat desain big bike look…..desain minor fighter tanpa mengorbankan performa. Nah…seperti apa proses testing?. IWB sudah racik videonya dibawah ini. Cekidot kangbroooooo !!! (iwb)

Video test ride Yamaha Xabre 150 Sentul Bogor

HP klik disini

244 COMMENTS

  1. Numpang tanya kang ,kenapa motor matik buatan AHAEM mesinya gampang ngorok+ body geter” ???
    .mksih.

  2. Alamat masuk Gudang lagi di preteli lagi di Daur Ulang lagi… maklum nasib motor Daur Ulang RRRRRRRijekan India SOHC Operstruk suara mesin kasar…

  3. Ini lah jawaban kenapa suara knalpot PigSon di buat keras….???

    buat Menutupi suara mesin khas SOHC Operstruk y Kuasar banget.. ketika knalpot di kecilin suarae ya seperti ini Mat Sabre.. Lebih kenceng suara mesin dari pada suara knalpot..

    Maklum Mesin 1 cam di gandoli 4 klep.. yo getarannya Maut n kasar banget Broo…

  4. Ostosmastis yaMaho Rhoembeng15 RRRRRijekan India Seeeeeeeeeeeeemakin Di Preteli di Daur Ulang buat di jual ke FBY dalam bentuk Rakitan Gado Gado Bhantar Ghebang7..

    Wkwkwkwkwkwkwkwk

  5. ngoahahaha

    sales DOHC MELEDUK kojel kojel lagi
    tiap hari kojel kojel gra2 DOHC MELEDUK nya kagak laku

    ngoahaha

  6. ngoahahaha

    sebelah TELESKOPIKNYA BISA TUKERAN SAMA BEAT
    setangnya juga BISA TUKERAN SAMA BEAT

    ngoahahaha

  7. Sohc 16ps sama fbh di bilang lemot
    Dohc overstruke 16 ps sama fbh di bilang kenceng
    Kbnyakan mkn nasi aking kyanya
    Otaknya ga ada
    Dan mentuhankan honda..
    Tolol

    • Ssstttttttttt,

      Jangan Bully pabrikan sang penguasa dan terlahir sempurna tiada tanding.

      Bisa di sabotase situ mas sama antek-antek-Nya yang menamakan diri kaum ELEGAN (baca; Sedikit Konsleting).

      • ekekekek si pengiring opini muncul lagi…

        sehat din…

        mau tanya din tes real dino mentok 10.3ps kok di tulis 16 ps di buku ngibull

        itu gimana maksutnya din?
        di jwb ya din..
        mlayu bedil ndiassssmu mbu ttttttttttt

        ekekekek

        ngahhh ngahhh ngahhh

        • Power On Wheel Pasti lebih Kecil Dari Power On Crank…

          Ini saja jawabannya, dan salah satu sebab-nya PWR diantara sebab lainnya.

          Udah faham?

          #Kalau belum faham ya saya maklum, ngoahahaha…

      • 1 lagi din kok kg iwb gak tau top speed nya padahal dah tes sendiri

        pa mungkin masih di bekali fitur speedo ngembun din?

        2 dlu aja din di jawab ya om sales betina smart

        ekekekek

        ngahhh ngahhh ngahhh

        • Xabre 150 memiliki tarikan bawah diatas R15 namun sedikit dibawah Vixion. Kailan tenaga motor ini terasa rata dengan limiter dipasang diangka 10ribu RPM. Sayang kondisi trek yang basah serta lay out sirkuit pendek dengan tikungan-tikungan melengkung kecil membuat proses gali performa tidak maksimal. Lha piye?..lawong maksimal speed paling hanya bermain dikisaran 75-80 km/jam. Tapi secara umum?..

          ================

          Makanya di baca dulu secara seksama mas artikelnya, disitu kan Mas IWB sudah menyebutkan bahwasanya trek yang basah serta banyaknya tikungan yang membuat performa tidak tergali maksimal.

          Top Speed kan butuh straight yang panjang mas.

          #hadeh, tepok jidat…

  8. ini buat orng New Segmented sekaligus ala show off Supermoto

    Kalau pengin gaya ala trail = Xabre150 pilihannya
    kalau pengin gaya Urban ride = Xabre150 pilihan
    kalau pengin gaya Touring Adventure = Xabre150 pilihan

    so, Buruan dibeli sebelum harga naik dan indent mengular
    karena harganya lebih murah dr pada ekspetasi harga yg dibayangkan

    • Feel bban da d dpn… Nunggu ntr pgalamn 2-3 konsumen yg prnah jajal kualitas rem dpan & shock USDny dlm kcepatn d ats 100km/j ?
      Skrg hmpir smua d ‘simetris’kn d tengah dmi alasn lbh nyaman & safety… ?

  9. Montore sangarr Tapi bujell Bantet ..montor egois kurang sangat fungsional…lebih fungsional NVA..ketimbang ni montor…montor di pake sehari hari bukan tuk gaya doang tapi lebih ke fungsi ..go gaya tok yo ra ngasilne..yamaha dari dulu kur menang Desain e tok….

  10. Semoga nasibnya ga kaya R15 …rame cuman di inden onlen..selebihnya memang sangarr..serem istilaeh…ki Xabre..kur sayang yo iku BANTET …

  11. OM AGUS TOK ini dari kemaren KAMPANYE INI MOTOR BANTET INI MOTOR BANTET..
    yoo KLO GA SUKA, tinggal beli VIXION atau NCB 150 R… yg menurut sampean LEBIH FUNGSIONAL, atau BEAT skalian.. hehe

  12. Lek, ko ga bahas calon DOHC 150 yamaha yaaa….

    Yg katanya mau pakai pipa paralon……

    Mau nunggu versi ngelesnya dharmo dkk.. .

    #malingteriakmaling…?????

    • Alhamdulilah mang Epi sudah Cas dah tinggal nikmatin montornya dgn bisa menghasilkan…kebutuhan montor saya…matur nuwun saranya..

  13. Duhhhh…gantengnya… keren… tapi
    Setelah d naikin..kok g kerasa tititnya..
    Tuhh.. suranya aja mirip metik.. g bikin berdebar d dada.. mlempem..
    Kalau pilih pilih..
    Mending ambil kawasaki Z250SL second.. harga relatif sama.. tapi soal titit.. njambag banget.. suaranya bikin dada bergetar dengernya..

    • kang iwb seng keren gis motor e paggah elek kyo cem cem an sempax 11/12 ma muka e sadar/darmo..

      ekekekek

      ngahhh ngahhh ngahhh

      • Xixi… aku taku sama om om yg agak brewokan.. xixi.. tu om iwb kan ada brewoknya..

        Xaxa.. mang wajah om sadar n om darmo itu spt itu om.. xixi.. seeerreeemmm..

        • ekekekek

          ngeri….

          minta ama om sadar tunjukin muka aslinya aja gis gk enak klo q yg tunjukin
          takuttttt..
          ngahhh ngahhh ngahhh

          ngerriiiii…

  14. gak tau top speed po sek panggah ngembun to lek speedo e…
    atu motor sempax cam ze m bu ttttttttttt
    nan made in chinane…

    ekekekek

    ngahhh ngahhh ngahhh

  15. OEYYYY……PARA BOS AHM,LUE BUANG DUIT AJA AMPE NGEGAJI TIM SWAT LOE…..MACAM MANA PUN TIM SWAT LOE NGE BC PRODUK SAINGAN LOE SELAGI LOE NYUGUHIN PRODUK ABAL2,DOWNGRADE,COPYAN DLL,LOE GAK AKAN BISA NUMBANGIN LAWAN LOE…..SEBAB ORANG BELI MOTOR 20JT KEATAS BIASANYA ORANG2 YG AWARE KELEBIHAN ATAUPUN KEKURANGAN SUATU PRODUK….BUKAN KAYAK KONSUMEN AWAM YG DENGAN GAMPANG NERIMA INFO HASIL BC BC DARI TIM SWAT LOE…..JADI MENDING LOE PECAT AJA TUH SMUA TIM SEWOT LOE….PADA MAKAN GAJI BUTA……NGOAHAHAHA….

      • Cetek…
        Ayo d borong biar laris, ayo bkin ptinggi2 Ahm klabakn… D bli d bli…
        Udh bnyak yg phm wah d awal tp kmudian brsimpuh jg d kaki kompetitor brbulan2 lamany…
        Udh bnyak yg tw stebal papn lipstikny klw asliny mborok y psti ktahuan jg pnyakitny…
        …& ttep mgkeret jg deh endingny. ?

  16. KOK GA BISA REPLY YA??

    Gimana OM?? PUAS GA pake NVA?? klo GA PUAS tinggal JUAL beli NCB 150 R, atau nunggu cbr150 FACELIFT yg bntar lagi BroJOL…

    • Mang epi alhamdulilah puas om epi….om epi gimna dgn tungganganya..mantepp om..sesuai kebutuhan ga om menguntungkan ga om..

  17. top speed 11/12 ma mbeat gitu aja pake di tutup2in lek lek..

    yo wajar la wong motor daur ulang mesin parut kelapa.. cap chinane…

    ekekekek

    ngahhh ngahhh ngahhh

  18. new cb150 dipakein usd ma diameter ban ditambah dikit jg dah maknyosss bener…tp emang soal tebal body, cat finishing yamaha lebih unggul

  19. YAMAHA XABRE?.This is not about DOHC or SOHC but XABRE will UPGRADE YOUR STYLE??
    ngoahahaha?..
    yg sebelah makin keki?..

    • ngomong zem bu ttttttttttt weki…

      ekekekek

      motor daur ulang penunggu gudang we mbu ttttttttttt

      ekekekek

      ngahhh ngahhh ngahhh

    • Aduuhh om… style ok tapi titit nya segede cabe rawit.. ya d kamplengi cabe cabean om..
      D jalanan realnya begitu om.. kalau konsumen beli motor dgn tujuan style..
      Style for what..?? Pasti mejengin gaya biar dilirik pitik ma cabe2an.. giliran d gertak.. mengkeret..
      Ihhh…

  20. haiyaa cilaka luwaa welas waaa

    kayaknya orang indon blm bs memahami apa itu “minor fighter”. Terlihat dari komenya model bantet, kasian yg dibonceng n bla bla bla… Memang yg namanya minor fighter itu wajib ekor / buritan pendek, justru yg modifan kebanyakan cm jok dpn doang… jd cm satu orang, jd jgn berharap kenyamanan sbb minor fighter adalah motor egois, bengis, antagonis, dunia kegelapan…

    Smoga paham kecuali user motor bapak2

  21. YAMAHA XABRE?.This is not about SPEED but XABRE will UPGRADE YOUR STYLE??
    ngoahahaha?..
    yg sebelah makin keki?..

    • Om asoy… kere yg pent g montor hasil halal jerih payah sendri ga minta Orang tua yow…salam satu aspal ..

  22. ngoahahaha

    SOHC 16 PS dibilang lemot
    n DOHC OPERSTRUK 16 PS dibilang kenceng ?
    PANTES ITU DOHC AHM PADA MELEDUK pas balapan !
    cuma kuat 16ps ternyata si DOHC CUNGKO

    ngoahahahaha

    • 16 pe es ng mbuku asline mentok 10.3 pe es +ngebullll soal ngibull yamahomo emg rajanya…

      ekekekek

      ngahhh ngahhh ngahhh

  23. 82. Chihuahua? – February 10, 2016

    haiyaa cilaka luwaa welas waaa

    kayaknya orang indon blm bs memahami apa itu ?minor fighter?. Terlihat dari komenya model bantet, kasian yg dibonceng n bla bla bla? Memang yg namanya minor fighter itu wajib ekor / buritan pendek, justru yg modifan kebanyakan cm jok dpn doang? jd cm satu orang, jd jgn berharap kenyamanan sbb minor fighter adalah motor egois, bengis, antagonis, dunia kegelapan?

    Smoga paham kecuali user motor bapak2
    ———————————————————
    BIASALAH BRO…..MINDSET WONG KERE,MO BLI APA2 SELALU MAUNYA YG FUNSIONAL DULU….SATU MOTOR DENGAN FUNGSI SERBAGUNA,KLO BISA CUKUP SATU MOTOR BAT NGANGKUT ORANG SERUMAH,ATW SEKALIAN YG BISA DI PAKE BUAT MBAJAK SAWAH…..NGOAHAHA….MINDSET DIDIKAN ngahaem…..

  24. bajol – February 10, 2016

    16 pe es ng mbuku asline mentok 10.3 pe es
    —————

    ngoahahaha

    si bego engga bisa bedain ON CRANK n ON DYNO
    itu DOHC CUNGKO OPERSTRUK lebih parah cuma 9 ps
    bego bego ya kacungnya AHM HONDA CUNGKO

    ngoahahahahaha

  25. Alamat Menemani aka kembali lagi ke gudang Bhantar gebang7 sebagai habitat asli yaMaho Rhoembeng15 RRRRijekan India SOHC Operstruk.. setelah menumpuk di gudang ntar Di preteli daur ulang lagi jadi apa ya…???

  26. Motor Buntung khas yaMAho penuh dengan baut. mAklum motor Daur Ulang Pretelan SOHC Operstruk Rhoembeng15 RRRRRRijekan India y Hora Phayu numpuk di gudang….. kira kira di daur ulang jadi motor ap lagi ya….

  27. Bagi biker yg gak mau Repot repot pakai Fairing. Xabre150 pilihan tepat

    didukung dengan Hi Tech Performa yg efektif terbukti layak dibeli
    1. SOHC 4 katup ( efisien efektif High Performa )
    2. Deltabox frame ( Terkenal rigid chassis )
    3. Shockbreker Upside down by KYB Kayaba ( Moge fork )
    4. Swing Arm Banana ( Arm dgn sudut geometri mumpuni )
    5. Dyasill Cylinder & Forged Piston (part ready Performance)
    6. Big Widht Tires
    7. Liquid Cooled
    8 . Muscle edge Motorcycle

    layak untuk ditambah di garasi bakal jadi trensetter seperti halnya Sport trail yg mulai digemari

  28. t – February 10, 2016

    Yg pnting ga copy paste.. New cebong gmn mas kabarnya ko cuma laku ,5000 unit bln jnuari, pikson saja di atas 20rbu unit
    ———————————————————-
    ha..ha..ha….kl gak ngerti motor ndak usah bicara , MIONG M3 mirip siapa hayoo ?? ha..ha..ha..ha.

  29. 94. rdy – February 10, 2016

    Bagi biker yg gak mau Repot repot pakai Fairing. Xabre150 pilihan tepat
    ——————————————————-
    ha..ha..ha…sales jamu tolak angin..ha..ha.ha

Comments are closed.