iklan iwb

460x110(3)

Yamaha R15 (2)

Bro dan sis sekalian…..spyshot R15 ditanggapi dengan heboh oleh para pengunjung warung hingga Blogsphere.? Beragam respon dilontarkan termasuk analisa-analisa yang menggiring pada satu harapan…..R15 pada gambar merupakan versi DOHC. Apakah memang demikian??…..
IWB-Banner-Animated

iklan iwb

banner-promos

Banyak Blogger yang mengulas dan percaya R15 dalam spyshot merupakan kamuflase YIMM dalam mengembangkan mesin terbaru yang mengusung dobel cam. Bahasan tersebut cukup gencar sehingga surel pertanyaan tema yang sama mampir ke IWB. Rata-rata mereka mempertanyakan kebenaran berita tersebut. Pertanyaan…benarkah isu diatas??….

Jujur IWB belum mendapatkan bukti sahih untuk memperkuat prediksi ini. Walau teman-teman Blogger sangat yakin Yamaha sedang ngetes mesin DOHC untuk next R15 facelift….IWB hingga kini belum menemukan bukti kongkret. Artinya apa?. Spyshot diatas diduga masih menggunakan current engine namun dengan sedikit penyesuian…..

Yamaha MT25 (43)

Entah kenapa mesin DOHC serasa seperti magnet yang membuat posisinya superior. Padahal praktek dilapangan dikeseharian….khusus mesin 150cc ini memang tidak terlalu signifikan perbedaaanya. Lawong digeber top speed paling cuma beda 5-8 km/jam dibanding SOHC. Lha…tapi tetap kalah to?. Yah….memang sih dengan racikan seimbang dobel cam memiliki potensi lebih dibanding single. Dan diluar urusan performa….pride masih memegang peranan penting ketika kita memiliki motor DOHC. Hayooo…ngaku hayooo….

Last…..Yamaha sendiri hingga detik ini masih percaya…untuk sport 150cc, SOHC dianggap paling efisien dan mumpuni. Dengan komponen lebih sedikit maka efiesiensi maintenance bisa dicapai secara maksimal. Baik saat turun mesin ataupun perawatan berkala. Tidak heran hingga detik ini….global produk sekalipun termasuk MT125 ataupun R125 juga menganut mesin yang sama dengan kakaknya yakni single cam. Nah…apakah karena tekanan pasar Yamaha akan berubah pikiran?. Bisa jadi. Tapi jika yang kita bicarakan R15 diatas….koq IWB masih ragu ya kang. Piye menurut sampeyan?. Punya bukti kuat tentang prediksi Yamaha racik DOHC untuk R15?….(iwb)

299 COMMENTS

  1. Ngak mungkin dohc. Sohc aja udah superior. Katannya dohc cc kecil ngak ngaruh

  2. tmcblog.com/2014/12/12/plant-4-ahm-diresmikan-plant-4a-sang-gunung-api-dalam-laut-segmen-sport-sudah-bersiap-menyembul/

    78deka.com/2016/02/07/ketika-gunung-bawah-laut-ahm-gagal-meletus/

    Ketika Gunung Bawah Laut AHM Gagal Meletus

    Yola dulur yang budiman?.. ditahun 2014 (cmiiw) kita mendengar bahwa ahm sedang membangun plant baru untuk memperbesar output produksi. Dari info yang beredar, ahm dengan plant sebelumnya dirasa kerepotan untuk memproduksi semua line motornya sesuai target produksi. Dengan plant baru ini, nantinya akan fokus untuk produksi motor sport. Plant baru ini dianggap sebagai gunung bawah laut jika meletus akan meluluhlantakkan dunia bisnis motor kompetitornya. Namun sejauh ini, letusannya belum heboh, masih gagal meletus.

    Gunung bawah laut memang istilah atau julukan yang menyeramkan. Pada awal muncul istilah ini juga terdengar menyeramkan, dalam pikiran akan muncul kalau ahm bener-bener akan menggila, menghabisi pasar motor nasional. Dengan plant atau pabrik baru jelas kapasitas produksi mereka akan menyeramkan. Tapi ingat?. kapasitas produksi dalam bisnis adalah langkah dibelakang langkah utama, bagaimana membuat demand meningkat, marketing.
    Disinyalir, ahm membaca potensi kelas sport ( motor laki ) mereka belum maksimal, karena selama waktu itu penguasanya adalah yamaha. Dengan plant baru ini, mereka akan fokus untuk produksi motor laki agar bisa mengalahkah yamaha. Jejaknya sangat jelas?? sekarang begitu royalnya ahm menggelontorkan motor-motor laki baru dengan cycle life produk relatif singkat. 2-3 tahun cut?. ganti produk baru.

    Jika sesuai rencana, maka gunung bawah laut akan berefek fenomenal, meluluh-lantakkan bisnis kompetitor. Tapi sayangnya fenomena yang lebih besar dari planning strategi kumpeni terjadi. Demand atau pasar motor nasional 2015 menurun, cukup besar?. 24% dari pasar 2014. Kumpulan magma di dalam gunung bawah laut menjadi sia-sia jika meledak sekarang?.. siapa yang mau beli???

    Justru dalam kondisi sekarang, gunung bawah laut ahm menurut deka menjadi beban tersendiri abgi ahm. Pertama?. jelas pembuatan plant butuh modal besar, dan modal ini dari uang milik astra grup, bukan cuma astra honda. Jelas ahm harus mengembalikan modal tersebut ke grup astra, membayar darimana? ya dari hasil jualan produk yang dibuat di plant-plant mereka.

    Nah? dengan kondisi pasar yang malah menurun sekarang, jelas hal ini bukan yang diinginkan oleh ahm. Karena harapan mereka ada tambahan pemesukan dari dibuatnya plant baru tersebut, otomatis yang diinginkan adalah pasar motor mereka berkembang. Kondisi mereka sekarang jualannya menurun karena kondisi pasar, walau secara nasional masih juara jualan motor.

    Bahkan rumor yang beredar, bakalan ada pengurangan jumlah tenaga kerja kontrak mereka. Ini juga akan kontradiktif dengan fenomena gunung bawah laut. Kalau SDM-nya berkurang, gimana produksi akan meningkat? padahal plant baru dibuat agar produksi meningkat. Gunung berapi bawah laut sampai sekarang masih gagal meletus. Namun itu tetap menjadi cadangan senjata yang bagus?. sejauh ini masih berupa ? potensi membahayakan musuh ?. Namun bicara potensi, berarti kita juga bicara syarat dan ketentuan berlaku.

    Yang jelas, akan terjadi implikasi yang tidak diinginkan dalam tubuh ahm sendiri karena gunung bawah laut gagal meletus ini. Implikasi apa? hanya mereka yang tahu dan para orang ahm yang mengalami sendiri??.

    Ini hanya sekedar tulisan terawangan, deka bukan orang dalam lingkaran ahm atau para kompetitornya.

    Semoga bermanfaat

  3. Sanghyangasmara
    on February 7, 2016
    at 6:32 pm
    Aq sih nyantai ja..
    Mesem2 dw mlh
    Opo sing tk lebokno
    nang guyonanq iku
    jane level?e coro d
    kasanah ilmu
    Islam?
    Dg kjadian iki aq
    mlh kasihn dg yg
    mgaku2 muslim &
    brlagak tw akn slrh
    Islam? G sdar jk
    mreka sndrilh yg tlh
    mgkerdilkn btpa
    luasny ilmu Islam.
    Pura2 g tw pa emg
    g mmpu mlihat btpa
    tdk trbatasny pa yg
    terendap d ssi Sang
    Ilahi
    ———

    welehhhhh2 fbh

    • Nek aq ngaku coro yo cenane iku levelq.. Hehe…
      Ndak prlu aq sok bijak & mumpuni kyk yg lain, ndok kene akeh sing ‘dungdeng’… Iso d icak lan2an aq ?

  4. Untuk memenangkan pasar ya harus gitukan… Harus mengikuti permintaan pasar, susah kalo pengen merubah mindset yg udh tertanam slama 1 dekade.. Lihat hondai yg udh berhasil sma tagline irit awet dan gmpang servis pada motornya yng saat ini jadi pilihan utama masyarakat dln mmilih motor,.. so.. Yamahai.. Which way will you through??

  5. Ikut kasih opini kang
    .

    Mungkin r15 lagi “menemani” si mio z yg sedang tes velg baru. Masih suka geal geol atau si mio mau update shock belakang yg lbih stiff mungkin biar semakin atos

  6. Weleh blogger-nya malah nanya pembaca , mana gelang-gelang, serat jiwa sama cipta dewa-nya yang njengking mlumah mengkurep jenggot sariawan, cape deh lek

  7. kalau mau laku banyak ya performa harus unggul walaupun praktek sehari-hari gak dipake, horsepower sell motorcycles torque win races

  8. Yg lama aja di disen and dibuatkan orang italy, yg dual noken mw pesen orang mana yach…….. ? , scara teknology smua ada hak paten-nya .emang yamaha mw kembangkn dual noken yg gimana ,Hon-hon aja mpe nambahin rocker arm biar gk kejeduk tekno sujiki yg direct noken. Jd mikir

  9. Kesian sales kacong fBH0M0 mau di pecat massal

    78deka.com/2016/02/07/ketika-gunung-bawah-laut-ahm-gagal-meletus/

    Bahkan rumor yang beredar, bakalan ada pengurangan jumlah tenaga kerja kontrak mereka. Ini juga akan kontradiktif dengan fenomena gunung bawah laut. Kalau SDM-nya berkurang, gimana produksi akan meningkat? padahal plant baru dibuat agar produksi meningkat. Gunung berapi bawah laut sampai sekarang masih gagal meletus.

    ??????

    sales kacong fBH0M0 mendadak haid berjamaah.

    ngeriiii

    MAH00 MAH000 MAH0000NDAA

  10. YAMAHA kurang berani mngubah bore x stroke sang SOCHnya.
    kalau berminat mengubahnya menjadi overbore dngan hasil 149,99cc lah.
    yakin kompresi bkal setara dengan kompetitor dngan mapping ulang pasti power jossh.
    kerugiannya mungkin bbm agak boros part2 yg pkai harus lebih baik.

      • yahh dri yg saya rasakan sampai saat ini.
        sepertinya itu sudah hal wajib yg akan di lakukan YAMAHA kurang thu mesin.masih misteri
        moga aja harga bersahabat

  11. bakalan jd dohc asalkan udah ga laku lagi. kan sekarang aja perbedaan cbr sama r15 ga nyampe setengahnya. kecuali sudah 0 unit kaya cbr250 baru deh rombak total.

  12. buat dohc 250cc aja bisa….tentu saja buat dohc 150cc jg bisa,cuma yimm msh kalkulasi alat dan hrg otr bisa berapa yg bingung posisinya….kira2 gitu kang

  13. Ngikut2 sebelah dong bikin dohc,, apa itu ga menyakiti kaum sohc-sport-premium-cicilan-bensinpremiumnya wrekekekek 😀

  14. Ngumpett di mana yaa kalo benar R15 mesin DOHC…para FBy…..xexexe soale fby wes Terkezima dgn SOHC…yg enggilani dari R15 cara ku iku…TERLALU menungging bngt nyiksane, montor EGOIS…go montor ngono ndino ndino yo Ngalamatt…

    • Tong inget … Tuhan … Ekeke jangan brand motor loe samain smaa Tuhan

      Ngah ngah ngah … Selamat anda mendapatkan mesin daur ulang dari Pabrikan Minervah … Viar kelasnya diatas honhon ekekeke …

  15. Kalau smpe beneran dohc.. Itu pukulan telak buat ahm, misal dohc psti power 18an ps kek fu fi. Soalnya sohc sja 16an ps..

  16. Ngipi o dohc 150 . Arep gawe mesin opo ? Yamaha g duwe 150 soal e wes kejebak sohc superior e . Arep gawe dohc sak jane iso . Tp eman . Sohc ae payu . Gawe opo gawe dohc . Eman duwite . Ngipio fby duwe dohc 150cc

  17. pada minta dohc 150cc? berarti dohc yg sekarang apaan tuh?
    stok dohc kurang? lah pabrik gunung meletus gak sanggup bikin banyak?
    jangan blunder ikut2an dohc yg udah kelihatan permintaannya.
    sebelah sukses karena faktor bodi. lihat aja yg naked sama yg fairing sama mesinnya tapi kok … hehe.
    paling congor fbh aja yg masih menyalak pengen dohc.

  18. Yakin dah Yamaha ga akan bikin R15 DOHC ngelawan kebijakan international nya.. Biarpun pasar Indonesia besar, tp investasi buat ngerancang dan bikin mesin baru dari awal itu gak murah.. Ujung2nya harga jual musti lebih tinggi atau nungguin BEP lama. Mana udah ketinggalan berapa tahun dari Honda sama suzuki. Ngejar sekarang juga percuma, wong jualan SOHC masih laku kok.. Ngapain nyapek2in diri sendiri.. Orang sini khan dikasih mesin standar2 asal bodynya bagus juga beli.. Kasih gimmick shock upside down, velg lebar, lampu LED.. Laris manis. Wong pada doyannya produk kayak chicki.. Gedean bungkus daripada isi.

  19. Klo sampe kejadian YIMM bikin dohc, berarti salah seorang top management mereka bakal nelan air ludahnya sendiri

  20. Lgpula agak percuma jg klo pake dohc

    Beresiko susah lakunya karena susah set harga jual yg untungnya lumayan, mirip rongsok25 yg ga laku karena emang alasan segment image-nya motor fairing yamaho kalah kelas sama tetangga

    Jd biar aja tetep main di sohc, selain jualnya msh menguntungkan toh mslh fakta mesin yg emang kelasnya “low-end” alias ketinggalan itu tinggal manage marketnya aja alias doktrinnya yg lbh diperkuat dan manage “fby-smart” loyal hrs tetap terpelihara selalu,, superrrr 😀

  21. Daripd riset keluar biaya yg ga sedikit jauh lbh cost-saving manage salesnya plus “fby-smart” spya terus loyal karena itu jauh lebih menguntungkan… So pasti toh wrekekekek 😀

    fby “smart” itu adalah modal yamaho berulang ai bilang 😀 😀

  22. pasar otomotif diprediksi menurun,pabrikan melakukan efisiensi baik ahm maupun yamaha alias phk padahal sdh kredit br-v nih

  23. Jangan kayak CBR 250 CBU yee brayyy, sejak ada R25 si CBR CBU pernah kaga laku seekorpun sampai dibalikin ke negara asalnya. juga kayak PCX 150 CBU cuma laku 7 unit dihajar NMAX.

    Makanya AHM0CIN Jardine Chino Singapura kapok jualan motor premium import Lan saiki cuma ngandelin mentok 150cc.

    Monggo fBH0M0 ngumpet neng kelek Ninja 250 sedapp.

    ekekekekkkk

    ngeriiii

    MAH00 MAH000 MAH0000NDAA

  24. enaknya jd fbypekokcurut
    dari dulu ttp bisa mimpi dibikinin dohc 150cc

    ekekekek

    jd ngiri… kapan fbh bisa mimpi pya dohc 150cc

    ngahhh ngahhh ngahhh
    ekekekek

  25. selamat mimpi indah.. fbypekokcurut..
    buat kamu mah150cc cukup sedotwc ngebull daur ulang mesin parut kelapa udah manggut2 ..
    fby fby…

    ekekekek…
    mimpi mimpi mimpi basah lagi…

    ngahhh ngahhh ngahhh

  26. Hasil Indonesian Track Day 150cc tanggal 07-February-2016 di sentul. Yamaha R15 semuanya menguasai podium sedang geng cbr150 semua terpuruk di belakang.

    Gmn Yamaha bikin DOHC tambah Jadi ampaz tuh cbr150

  27. ngoahahahaha

    tahun ini lek DOHC 150cc YAMAHA keluar
    paling lambat akhir tahun
    n sales DOHC OPERSTRUK siap2 GULUNG TIKAR
    plant BANTAR GEBANG siap2 JADI GUDANG

    ngoahahahahaha

  28. ngoahahahaha

    kenapa komen ai nyebut AHM HONDA selalu dihapus lek?
    takut AHM MARAH KAH BUSUKnya dibongkar sama ai ?

    ngoahahahahaha

    • Bkn gtu, krn aq td sempat reply… Tk ‘jumbulno’ Rabiah Al Adawiyah, aq ykin y pstilh panjenengan kenal Beliau ?
      Blm d muat krn kena trasi eh d hpus smuany… Y udh ?

  29. On stock Dohc 150cc honda cuma 16ps vs Sohc yamaha 16ps perbedaan antara keduanya cuma dibedakan 0, sekian tapi dengan jumlah chamshat 2pcs vs 1pc power 11 12?malah sekarang dua2nya sama2 overstroke?.jelas terlihat yg dohc honda menyesuaikan permintaan pasar yang kebanyakan diperkotaan yg stop and go tidak terlalu membutuhkan rpm atas.

    Kalau masalah siapa yg kencang kan udah ada wadahnya kejurnas 150 yg membawa nama bengkel dan pembalap pro masing2 dan bendera pabrikan?Malah ahm dengan tim ART pake OCB dohc overbore dan tim suzuki FUkarbu yang sudah lebih lama riset kalah lawan mx king yang baru tahun 2015 lahir dan bisa langsung juara kejurnas150cc. Benar om Leopold motor itu dilihat satu kesatuan mx king juara bukan hanya karena mesin sohcnya kuat gebuk 29hp tapi karena materialmesin bagus dan rangkanya yg enak ditekuk sirkuit kecil maupun sentul besar..coba bandingkan sonic tim kawahara dohc overstroke baru gebuk 24hp saja pada ambroll alias DNF.
    Lihat R15 berani loh ikutan kejurnas 150 sentul besar walau lawan batangan, ayam jago dan bebek, tapi R15 selau bisa rebut pdium race 1 dan race 2. Dan kenyataanya yg ngaku DNA motogp cbr150 k45 pake dohc overbore cuma beraninya main OMR di alun alun pembatas karung goni..

    So don?t judge bahwa sohc 4 klep yamaha itu inferior

    • yo gek ti tuku… ben ojo numpuk ng gudang mosok naik in ms gur nggo hadiah…
      kualitas dewa po kualitas motor rapayu gratisan
      ekekekek

      ngahhh ngahhh ngahhh

  30. ngoahahahahaha

    sohc yamaha bukan overprice
    tapi FBH NYA AJA KERE KAGAK MAMPU BELI MOTOR BAGUS
    sanggupnya cuma beli KW aka MOTOR COPY

    ngoahahahahaa

  31. Kok malah fBH0M0 yang ribet pengen DOHC 150cc Yamaha???

    Padahal knsmen mah woles ae kagak ribet

    Mau motor batangan 150cc SOHC pilih Vixion/R15/Xabre/Byson atau NMP/Verza

    Mau motor batangan mentok 150cc DOHC opercrut tinggal pilih Cebong Lan Cebong Racing

    Mau naik kelas ke motor batangan 250cc 2cyl DOHC pilih Yamaha R25/MT25 atau jajaran sport 250cc Kawasaki.

    Kan knsmen murni jadi banyak pilihan!!!

    Apa kaga yakin sama mesin salomean mentok 150cc punya AHM0CIN???

    ekekekekekkk

    MAH00 MAH000 MAH0000NDAA

  32. Klo sport-premium-cicilan-bensinpremium tetep di sohc toh artinya itu segment blue ocean alias bebas pesaing..

    Ya eya toh pabrikan lain semua udah migrasi pengembangan base mesin “high-performance” 150cc ke dohc

    Antara ketinggalan-di-belakang dan ga-sanggup jadi ga beda HAHAHA 😀

Comments are closed.