iklan iwb

460x110 (10)

cbr-inline-twin

iklan iwb

Bro dan sis sekalian….IWB tahu saat ini banyak kehebohan akibat mesin V-Twin yang diwacanakan berubah menjadi inline. Mindset yang mengatakan bahwa V-Twin lebih superior dibanding inline begitu kuat dihembuskan dari banyak komentar diwarung ini. Apakah seperti itu??…..
blog-460x120-alt

Investigasi tidaklah mudah. Apalagi pabrikan sekelas Honda yang memang super ketat. Dalam perjalanan pengembangan….pabrikan selalu mencari mesin yang pas dan efektif. Beberapa opsi dimasukkan dan ketika proses R & D….maka akan dipilih salah satu opsi terbaik. Final decision inilah yang nantinya dibawa dalam tahap selanjutnya yakni final masspro….

Yang menarik…..diawal bocoran IWB mengantongi informasi akan adanya mesin V-Twin. Akurasinya cukup tinggi dan jarang meleset. Tapi ibarat engine….data juga masih bersifat prototype alias mentah. Kode tersebut ternyata juga terendus oleh majalah Australia yang dishare mz Leo. Monggo pantengin kalimatnya dibawah ini….

Earlier this year, our Indonesian source claimed the bike – codenamed K64 – is a V-Twin with an engine likely derived from the existing VTR250 engine“….lebih kurang artinya “diawal tahun ini sumber kita dari Indonesia mengatakan motor menggunakan kode K64 merupakan mesin V-Twin mirip dengan motor yang sudah eksis yakni VTR250..”. Sumbernya bukan IWB lho kuwi :mrgreen: . V-Twin juga disinggung oleh majalah Jepang Young machine dibeberapa edisi pembahasan mereka bulan kemarin. Artinya apa…V-Twin memang sempat masuk dalam pertimbangan tim R & D Honda Jepang….

Namun pada perkembangannya….Honda menjatuhkan pilihan pada konfigurasi inline. Kenapa??. Tentu bukannya tanpa alasan. Konfigurasi V memang powerfull khususnya soal torsi. Tapi jika putaran atas….pada umumnya inline lebih baik. Jadi plus minus kangbro. Selain itu….inline dipandang lebih murah soal ongkos produksi sebab Honda memiliki seabreg sport fairing dengan konfigurasi serupa. Intip saja dari CBR400 hingga 1000. Semua menganut konfigurasi inline…..

Tidak heran R & D kembali pada konsep awal yaitu inline 2 silinder seperti R25 serta Ninja. Dan yang patut dicatat…tidak benar inline lebih inferior dibanding V. Masing-masing mesin diracik berdasarkan satu kesatuan paket. Kalau tidak bagaimana mungkin Suzuki Motogp meninggalkan mesin GSV-R menggantinya dengan GSX-RR. Dan untuk K64A….isunya mesin paralel twin-nya mampu memuntahkan tenaga hingga 39 HP (Sementara monggo dicatet :mrgreen: ). Piye….masih meremehkan mesin inline??. Untuk detilnya…tunggu ulasan IWB berikutnya. Maklum ki….puzzle-nya ribet tenan rek. Sabarrrr :mrgreen: . Sing penting ojo gegeran wae. Kalau benar kita yang diuntungkan to. Salam juozz gandozzz!!…(iwb)

227 COMMENTS

  1. Secara estetika penampilan juga ga menarik kan kalo semprot firing pake V, orang bakal ketutupan juga. Apalagi cc mini “cuma” 250cc. Beda cerita kalo untuk semprot naked. Pnampilan block mesin salah satu sarat mutlak penunjang pamor

  2. wah inget dlu uler ini pernah jelek2in inline,hehe..

    udah ada kbar gagal mesin v.. lgsung belagak polos :v

    ane bukan fb ato sales ya.. cuman lucu aja inget kOmen fbh ama fby..

  3. Itulah hebatnya ngibulnya FBH, saat masih rumor V-engine, dikatakan type V-engine lebih hebat daripada inline engine.

    Begitu Honda tak sanggup mengeluarkan miss V alih2 malah ikut2an mesin inline, dikatakan kedua tipe mesin ini sama saja. Hadeeehhh.

    Kelihatan banget bahasa dagangnya kan? 😀

  4. Tuolol emang om leo sendiri yg bikin isu vtwin batal?? dia ambil dari data dari majalah ausi. kalau mau salahkan, salahkan majalahnya. atau elo sendiri yg gk tau sendiri terjemahkan b. inggris tong?? dasar pekokkkk kok di pelihara

  5. beli mahal dibilang pekok…..
    beli murah dibilang miskin ….

    lah terus maunya kapan??
    positip thingkingnya kapan??

  6. mesin v masih kabar burung pada ributttt. Fby kejang2. Mesin Inline Kabar burung pada ribut. Fby berulah lagi kejang2. Piye toh. Single silinder jadi raja sirkuit Fby juga kejang2. Motor cbr laku sedikit fby juga kejang2. Lha nti jebule cbr250rr jago sirkuit jago penjualan ngko para FBY gak kejang lagi tapi epilepsi kali ya. Mbok yo pada mingkem diem hikmat aja klo baca artikel… hadehhh…

  7. Mungkin juga ya mbah DARMO, soale kenyataan di Indonesia soal sport HONDA berbanding terbalik dgn prestasi di MotoGP. AHM sepertinya ndak All Out dalam membuat produk sport. Sekarang yg matic saja jadi kelihatan overprice semua. YIMM berani memberikan harga miring.

  8. Bikin ayago aja biar jadi bebek paling kenceng. Kasih harga 20 juta.
    bikin motor ngekor terus, jiplak .terus

  9. honda ga bisa semau gue kayak dulu lahh ..langkah sangat bagus Yamaha taun ini, brojolin ploduk anyar2..ane yakin AHM kena serangan awal berupa flue..meriang ringan..dan kalo AHM tidak ada improvment layaknya Yamaha ..AHM bisa kena DBD ..meriang hebat..gud job yamaha!!!

  10. AHM sudah seharusnya membuat diferensiasi, dengan membuat mesin inline dua silinder dengan crankcase 360 derajat, sehingga suaranya jadi garang seperti Benelli BN250 TNT dan bisa mempecundangi R25 dan Ninja250, ini akan jadi fenomenal, saya jamin!

  11. udh deh fby gak ush mikirin cbr250 twin..nti tambang kejang2…mikirin gmn MS bisa setengahnya Honda ajah..masa 60% dimakan honda dw..gak seru ah…

  12. Yg penting DOHC Nya jangan pake roker arm…! Lihat gambar diatas masih blom direct cam..

  13. Setuju ke mesin inline mas iwan soalnya cbr mosok cm garang torque napasnya mpot2an…jd kyk naked dipakain fairing

  14. Jare sopo mesin segaris lebih kuat seko V? Kodrate yo lebih kuat mesin V to mas torsi/puteran duwure ketimbang segaris.

Comments are closed.