iklan iwb

460-x-110-rev460x110(5)

2010519macet-jakartaBro dan sis sekalian….kedepan sepertinya nasib motor mirip dengan becak yang dilarang beroperasi diibukota. Sinyal begitu kuat datang dari gubernur DKI yang menegaskan cita-cita tersebut didepan para jurnalis saat diwawancarai di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa kemarin. Lemes wis……
460x110(4)

iklan iwb

Menyambung artikel sebelumnya…..kemarin Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Ahok kembali menegaskan cita-cita mereka untuk menyetop eksistensi kendaraan bermotor dijalan-jalan protokol skunder DKI. Perluasan zona lambat atau cepat akan segera diberlakukan. “Tunggu busnya cukup. Kita sih pengin seluruh jalur protokol distop untuk motor,” kata Ahok seperti dilansir detik. Artinya…..

Pelarangan akan diperluas hingga keJalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, hingga ke Jalan Sudirman, Jakarta Selatan dari sebelumnya hanya di Medan Merdeka Barat hingga Jalan Thamrin. Pak gubernur berdalih….lalu lintas Trans Jakarta kini sudah semakin cepat yakni per 1 menit ada…..”Kita mau terusin sampai ke Ratu Plaza. Kan bus koridor 1 sudah baik, ini mau tambah lagi bus tingkat, TransJ juga tiap 1 menit sudah ada,” tuturnya. Rasa optimis semakin besar karena menurutnya percobaan membuat jalanan lebih sepi tanpa kehadiran motor…

Sudah pasti lebih kosong,” tuturnya. Adapun jalur yang masuk target mereka setelah jalur yang telah di sebutkan yakni protokol Rasuna Said, Jakarta Selatan. “Nanti baru diperluas sampai ke Kuningan kalau bus sudah cukup. Kita tunggu busnya siap. Hitungannya menurut polisi siap, kita jalan,” tambahnya…..

yuddy-chrisnandi-sambangi-ahok-di-balai-kota-v0RCukup sulit bagi IWB memahami opini yang mengatakan motor adalah biang kemacetan. Kemungkinan pendapat lahir dari sosok yang memang belum pernah merasakan naik motor atau memang tidak tahu betul kondisi jalanan. Kebijakan yang ingin menerapkan pelarangan motor keseluruh jalan protokol juga sukar dimengerti. Kenapa?. Kendati memiliki alat transportasi masal handal……diJepang sendiri motor masih melenggang bebas dijalan-jalan besar Tokyo. Malah mobil pribadi cenderung minim. Dibebani pajak super nggilani….mobil akhirnya mundur teratur. Bagaimanapun motor dipilih karena ketepatan waktu, kondisi, serta efisiensi…..

Yup…..IWB ada mobil dan motor. So secara pribadi tahu banget dan mengakui…soal efisiensi mobil jauh dibawah roda dua. Body yang memakan jalan membuat IWB lebih demen mengendarai motor jika tidak terpaksa sedang membawa keluarga. Lawong lebih lincah dan luwes. Apalagi mobil juga boros. Seliter bensin cuma bisa untuk 10-13 km. Bandingkan motor yang rata-rata bisa tembus 40km. So…heran aja jika ada sosok yang kekeuh pakai mobil pribadi hanya untuk kepasar. Ada lho. Dan walau sampeyan mau ngotot sampe dower membela diri….mobil memang seringkali membuat jalur jadi tersendat. Dan itupun terjadi dipasar yang IWB maksud…..

Last…..Satu yang IWB takutkan…ketika DKI dianggap sukses, kebijakan ini akan dicontoh dan diikuti daerah-daerah lain. Persis seperti AHO yang awalnya diterapkan diJawa Timur saja. Wis….bisa sampeyan bayangin betapa makin berat beban keuangan yang harus kita tanggung untuk angkutan umum. Ongkos parkir…..biaya angkot….plus waktu yang banyak terbuang tentunya. Yah…semoga seluruh ketakutan kita tidak terbukti dan pemprov DKI bisa menyediakan angkutan umum yang aman, murah serta tepat waktu. Jangan hanya menjadi kelinci percobaan tanpa hasil yang membuat kita jadi lelah. Aminn YRA…..(iwb)

rpms-banner

Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

294 COMMENTS

  1. Saya sangat setuju dengan pak ahok.”LArang saja motor lewat protokol.biar gak bikin macet..

  2. bikin aja peraturan,MOBIL MINIMAL BAWA 5 ORANG KALO KURANG DARI 5 ORANG PER-ORANG DENDA RP.100Rb jadi misal bawa mobil sendirian dendannya RP.400Rb atau cabut SIM biar sama rata…
    hahahaaa….

  3. satulagi tindakan aneh pemimpin
    – katanya jangan parkir di jalan, dibuatkan parkiran malah di bongkar.
    – katanya PKL nggak boleh jualan, malah nyuruh ngasih space buat pkl.

    news.detik.com/bandung/read/2015/01/07/133057/2796381/486/langgar-aturan-parkir-basement-mal-pvj-dibongkar-besok?9922022

  4. mau dibikin kayak singapur, lengang, motor jarang, dan emang gak macret sih kl disana.
    ya tp kl sampe soal penghapusan sepeda motor sih ane gak setuju. lbh setuju kalo peraturan ganjil genep. masa iya, sepeda motor diapus. yg ada malah makin gede pengeluaran.

    • klo mo diterapkan ganjil genap, bisa bisa jereng tuh mata polisi liatin plat nomor, belum lagi ngejar buat nilangnya…… coba deh sampeyan seharian aja liatin plat nomor ganjil genap… pusing ga?

  5. Gulingkan aja kalo memang mahluk yg sekarang jadi gubernur DKI itu membuat kalian sengsara.

    Setiap perbuatan tentu ada balasan nya.
    Suatu hari dia akan tertolong nyawanya dgn yg namanya biker dan sepeda motor nya.
    Di saat orang2 mengejar2 untuk menghancurkan mobil mewah nya, dia akan ngibrit tunggang langgang naek sepeda motor.
    Saat itu dia akan sadar kekhilafan nya.

  6. Pemerintahe wis muyek dwe2 kwi kang.
    ra reti rekosone wong cilik…demi ngejar gengsi negara….

  7. saya tunggu realisasinya aja jgn cuma bacot doang,pengen liat aku roda ekonomi macam mana dgn tidak adanya motor dijln protokol.trus yg jd pertanyaan knp jl.gajah mada/hayam wuruk sampai st.kota g pernah masuk wacana ya,suudzon SARA kan jdnya aku.

  8. Wes wong cilik do mlongo , dah yg merasa miskin ga usah. Hidup di Jakarta,,, mending hidup di kapung aja. Mudah”an pak gub AHok, bisa lebih lama bertahan jadi gubernur DKI biar makin banyak peraturan ngawur. Biar nanti bajaj apa metro mini di larang beroprasi……

  9. bentar lagi gubernur mati ditabrak kontainer.
    yang gantiin wakilnya, jarot yang hobi motoran.
    peraturan dibatalkan.

  10. Pengen tau gimana metode ngitungnya motor gak ada, jalanan makin lancar? Jadi selama ini pengelola tol itu pembohong kalau bilang jalan tol macet….

  11. jgn pada cepat menyimpulkan apalagi sentimen politik, ini semua usaha pemerintah utk memperbaiki, apa kt ga tau selama ini kt tdk berubah dan makin terpuruk. kok pakai bawa2 kafir segala, lalu yg sblm ini bgmn perkembangannya? sebuah keputusan pasti tdk bs memuaskan semua pihak, dan sebuah keputusan hari ini pasti disebabkan kondisi pemerintahan sebelumnya, dan toh pelarangan ini hanya di jalan protokol yg bs dibandingkan dgn luas jalan 1 kota. sy bknnya membela membabi buta, tp perubahan mental msg2 pribadi kadang diperlukan. skrg saja byk yg sara, tlg mas IWB diperhatikan krn blog ini cukup dibaca oleh masyarakat “pintar” dan “tdk”. Terimakasih. salam.

  12. Kalo AHO sih saya setuju lek.. coz memang berasa bagi pengendara laen untuk mengenali kendaraan/motor di depannya..
    Tapi klo pelarangan motor ini.. walah.. Aseli saya juga belum ngerti alesan dan maunya pemprov DKI.
    Kalo masalah mental, sama aja, mobil juga ada yg urakan..
    Motor memang mungkin banyak urakan, tapi inget, itu terjadi juga karena populasinya yg banyak..
    Lebih baek yg urakan gitu ditindak tegas, mulai penilangan sampe sita motor.. daripada melarang semua motor yg blum tentu urakan semua..

    Salam,

  13. Jumlah pemotor di jakarta kan banyak, mulailah kumpulkan massa seluruh pemotor jakarta datang ke dprd minta batalkan peraturan pelarangan motor, jgn cuma koar2 tanpa aksi nyata, menurut pengamatan gw yg kontra thd pelarangan tsb jauh lebih byk dr pd yg pro, sudah waktunya suara mayoritas diwujudkan dlm bentuk tindakan.

  14. Kalau di Tokyo mungkin wajar wak mobil jarang di jalanan.
    Orang Transportasi disana udah mumpuni kok, buat apa beli mobil mahal2 kan ?

    Motor disana banyak tapi ga bikin macet juga kan ?
    Titik macet nya tidak sebanyak yang ada di Jakarta juga kok.

    Entah kenapa saya dukung program ahok, dipikir2 pegel juga bawa kendaraan sendiri.
    Apalagi yang jarak tempur nya jauh, dan medan perang nya berat hehehhehe

    • Sampean pake mobil / motor pak?kl cape & ga terlalu ga butuh kendaraan pribadi silahkan gunakan angkutan umum tp jgn larang yg butuh motor untuk kerja (kurir contoh’a ) dengan mendukung berarti anda ikut melarang motor.

  15. hehehehe…kalo gini FBY ama FBH 1 suara yah….untung saia kerja dah pindah ke utara…dan kelak bakal tinggal di luar bumi (bekasi)….jadi PP bisa lewat gargantua ( nonton interstelar yg belom tau)….aman deh…mudah2an gak melebar kemana2 deh pelarangan motor….tapi saya ikut temen2 biker supaya jalan sudirman tidak dilarang…biar nengok ponakan gampang……tapi semoga ini jadi “CAMBUK” !!!…..agar teman2 bisa keep safety dan gak banyak2 melanggar – setidaknya mengurangi …biar area laen gak diganggu gugat….

  16. Aslmlkm…wr.wb
    Kali ini gw gak sependapat ama Ahok, biang kerok macet tuh mobil karena makan banyak ruang sementara penumpangnya cuma satu dua orang. Motor ekonomis, tepat waktu dan gak makan tempat, harusnya Ahok nyoba brgkt ngantor naik motor jangan pake pengawalan biar bisa ngerasain juga bahwa gak semua yang hidup dan bekerja di jakarta tuh orang kaya semua dan punya mobil semua. Satu lagi rencana penghapusan APTB saya pribadi gak sependapat, karena saya adalah salah satu pengguna yang tinggal di Bogor. Gak bisa dibayangkan kalo semua penumpang APTB dipaksa naik kereta atau kendaraan pribadi masing2 untuk menuju ke Jakarta. Siapa bilang Busway tiap 1 menit ada, sy turun dr APTB untuk nyambung busway sering 30 menit baru ada. Silahkan anda coba dulu untuk menjadi rakyat dan merasakan apa yang kami rasakan sebelum anda menentukan kebijakan. Jangan sampai kebijakan yang anda buat hanya berpihak pada sekelompok masyarakat atau golongan saja. Saya sendiri pengguna Motor, Mobil, KRL, APTB, Busway sampai Ojek. Wasalam…wr.wb

  17. Halah kyk ga tau aja, anget2 ta* ayam
    Kalo mau kompak terobos aja kyk jalur busway,kl yg nerobos ratusan ga mungkin ditilang kl cm 2-3 org ya lgsg di priit lah.jadi monggo diterobos rame2 OK 🙂

  18. Udah salah dr awal…pdhl udh diingetin sm alim ulama tp dibilang mcm2 skrg kl udh bgni ga mau terima…dikata 5taun itu waktu yg sebentar? :v

  19. ALHAMDULILLAH…… Peraturan yg baik spy bikers KAPOK krn selama ini bikers klo dijalan susah diatur jd gak usah heran klo skr merupakan IMBAS DR PERBUATANNYA.
    Silahkan kita liat para PAHLAWAN KESIANGAN MENCARI DUKUNGAN BIAR KATANYA DIBILANG BROTHERHOOD LAH, SALING BANTU LAH, SESAMA BIKERS HARUS SALING BANTU LAH.

    Btw jgn heran klo org2 dibawah gw pasti TERSINGGUNG/MARAH dgn komen gw yg bersifat REAL krn dianggap komen gw GAK DUKUNG BIKERS. Jd komen disini maunya HARUS DAN WAJIB BELA BIKERS.
    Yukk kita budayakan KOMEN ATAU BELA BIKERS DAN TOLAK DRIVERS BIAR DISENEGIN BIKERS DAN KOMENTATOR2 ckckckck

  20. Iki pancen otake ora beres kok. Sing do gunakke motor mbok yo ojo do meneng wae. Didemo po piye ngono lho siji iki, opo rame2 do nerobos lewat jalan sing dilarang. Nek mung do meneng suwe2 makin ngawur iki. Dipidak2 kowe kabeh.

  21. Ahok for Presiden 2019 on
    January 7, 2015 at 8:25 am
    Kalau anda bicara islam, pindah
    negara saja sana jadi TKI TKW
    diArab, tiap hari bisa naik onta.
    ? Reply

    mmg bkan ngra islam. tp lhat lah wkt yg akn menjawb siapa kalian n gmn akhr kalian.

  22. W nyesel nyoblos pemilu n milih dy……
    W kira dy beneran mau pro rakyat sm orng kecil ampe ikut blusukan wktu calonin jd Wakil gubernur tp ternyata hasil’a begini……
    Orang kecil pada di gusur tanpa di kasih lokasi pengganti, motor ga boleh lewat n gaji PNS mau di taekin lagi……
    Bener salah pilih ane……..

    • Pajak mau di taekin, jalan raya pada ancur, motor di salahin tnp ada solusi yg jelas…….
      Adeuh pusing ane sebagai rakyat kecil yg g punya apa2……
      Dulu ane salut sama beliau berani sama orang2 yg maenin uang rakyat n anti korupsi tp lama kelamaan kebijakan’a ga jelas n bikin sensasi mulu…….

  23. Bro, seperti gubernur DKI bilang, tidak ada yang mengalahkan enaknya naik motor. Tapi coba pikir, transportasi umum (Trans Jakarta) sudah ada dan cukup memadai. Kalau bukan mulai dari pengguna motor yang pindah, gimana Jakarta mau bebas macet? Jangan cuma mengeluh ingin enaknya sendiri, giliran susah ngga mau.
    Jalur Trans Jakarta HARUS Steril, jadi bebas macet. Silahkan yang masih mau menggunakan mobil pribadi macet?an. Tapi eks pengguna motor ga kena macet. Enak kan?
    Kalau mau jalan kaki atau naik sepeda sih silahkan 🙂

  24. Setuju lek!!! motor kok disalahin, lawong beli juga duit2 kita sendiri mau beli dua tiga motor pajak dibedain jg kita bayar, makenya juga satu-satu kok, infrastrukturnya(jalan) aja yg sempit dan gak juga dibenahin. Udah jalan sempit, diisi mobil-mobil yg segede hotel bintang 5, kursi berjejer supermewah eh isinya cuman 1 orang! Bocah lagi yg masih pakai seragam sekolah, wtf! belakang motor udah toet2 aja dikejar waktu demi memenuhi kewajiban kerjaan yang kalau telat absen kena sanksi. Ok, naik angkot yg gak kalah kerennya karena full AC, 20% elektronik 80% alami, pembayaran cukup dengan gesek-gesek kartu keren tanpa ribet ambil recehan dlm saku. 5 menit, 10menit and finally 25menit doi dateng dan mulai dengan sedikit jurus ‘ndusel, nyepak, njejeki disik’ baru bisa masuk kedalam dan berdiri, ya berdiri huft. Sampai dikerjaan turunlah dan musti olahraga sehat sekira 2Km untuk bisa sampai ke tempat kerjaan. Ojek? sorry mending buat beli nasduk bs buat sarapan. Sampai pintu kantor, absen dan.. ahh sudahlah, endingnya peringatan 1,2, dan PHK. Kesimpulanya pikir sendiri ye..

  25. Mas IWB, mari kita analisa lebih jauh. Penyebab kemacetan itu bisa dipisahkan menjadi beberapa faktor. Skill driving / riding, kesadaran pengguna jalan untuk berbagi (sabar dan tidak seenaknya sendiri apalagi petantang-petenteng) adalah beberapa faktor dari internal driver / rider. Untuk faktor eksternal dapat diambil contoh seperti berikut: kesigapan pengelola tempat usaha / kantor / institusi dll untuk menyediakan lahan parkir dan mengatur arus masuk keluar dari lahan parkir tersebut sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya bottleneck, kesadaran masyarakat untuk menghindari atau seminimal mungkin agar tidak menambah beban pada jalan raya seperti menutup sebagian jalan untuk hajatan dll. Pada prakteknya, kesadaran ini jika dihitung menggunakan persentase bisa dibilang sangat kecil to none! Semua ingin cepat, semua ingin duluan, ego tumbuh seketika yang menyebabkan kemacetan semakin menjadi-jadi. Haram hukumnya untuk melihat kondisi sebelum memutuskan untuk bertindak, konyol mas! Kontributor untuk kekonyolan ini? Driver dan rider, dan oknum-oknum yang merasa jalan itu milik keluarga buyut?. Hal ini bukan di DKI only, hanya saja mungkin yang terparah ada di DKI. Telor atau ayam duluan? Hehehe… Yang jelas kondisi saat ini adalah benang kusut, kenapa? Lihat saja, mobil berusaha menutup setiap celah yang possible, walaupun pada persimpangan berikutnya akan belok arah pada sisi yang berlawanan dari posisinya sekarang, motor karena lincah dan praktis malahan melakukan stunt yang kurang lebih juga mencengangkan karena “i think I can” dan juga disisi lain karena pengendara mobil yang membuat buntu semua jalur yang possible. Yang harus ditertibkan adalah mental, jauh melenceng dari text book anak SD! Tenggang rasa, mana tenggang rasa? Malu berbuat salah, mana ada? Asal ngga kena tilang, ora masalah. Ya to? Kusut ini sudah kronis, mungkin inilah kenapa diuji coba peraturan no bike di jalan protokol, kenapa motor? Kenapa bukan mobil aja dilarang melintas? Lha mas, ra mungkin to pejabat resmi numpak motor menghadiri acara resmi kan? Mau bawa barang / logistik berukuran relatif besar pada kantor yang berlokasi di jalan protokol pakai motor? Keputusan baru yang kontroversial seringkali diperlukan untuk mengatasi masalah yang kronis begini – yang berawal pada masalah mental, namun sebagus-bagusnya suatu keputusan, pasti ada yang puas dan ada yang tidak, ada yang diuntungkan ada yang dikorbankan, typical side effects. Jujur mas, saya prefer motor, SkuTik to be precise. Lincah, praktis, irit BBM, biaya parkir lebih murah tapi ngga termasuk naik trotoar dan stunt lainnya yang konyol, tapi ke pasar kadang-kadang saya prefer mobil kalau belanjaan banyak – ngga safety riding kan kalau belanjaan tumpuk tumpuk ngga aturan. Mau mobil mau motor, semua balik lagi ke faktor internal dan eksternal, jangankan mobil dan motor, sepeda gowes wae iso gawe macet kok…
    CMIIW…

  26. Pemerintah sendiri yg bikin macet

    Gak semua pemotor gak punya mobil
    Mereka males make mobil seperti yg iwb rasakan
    Adanya peraturan gitu bikin mobilnya pada keluar kandang

  27. AYOOO KELUARKAN MOBIL KALIAN SEMUA PARA BIKER… ISI MOBIL KALIAN HANYA SATU ORANG SAJA UNTUK MENAMBAH KEMACETAN.. AGAR PEMERINTAH DAN ORANG ORANG SOK TAU ITU JERAH… WAHAI PARA BIKER SEKALIGUS DRIVER.. JALANKAN MOBIL KALIAN DI JALAN LARANGAN MOTOR MELINTAS WALAU KALIAN SEDANG LIBUR KERJA. WALAU SEDANG ADA WAKTU SENGGANG, MUMPUNG BENSIN TURUN HARGA. WKWKWKWKWK
    SUMPEL MULUT ORANG ORANG SOK ITU PAKAI MOBIL MOBIL KALIAN.. WKWKWKWK

  28. img.antaranews.com/new/2013/08/ori/2013081172.jpg

    mungkin gambar ini akibat motor :v wkwkwkw (kata ohok) wkwkwk

  29. bos iwan, kalo mau bandingin jangan ke jepang..

    itu penduduknya khan ga banyak.. secara fasilitas juga lengkap banget di sana..mau mrt/shinkansen juga ada. motor juga mahal sih izinnya, apalagi parkirnya di sono bisa ratusan ribu rupiah per jam kalo di kurs kan.

    nah coba bandingin ke china, di sana motor sudah di apus kan.. tidak ada lagi motor di jalan selain polisi,
    semuanya pake speda /skuter listrik. itu pun kecepatannya sepertinya ga lebih dari 60km / jam
    motor cuman boleh di desa/perkampungan.

    nah jakarta, memang kalo mau selesaikan macet pertama MRT dan bus tingkat.
    bus2 semacam kopaja itu musti di ganti semua dengan bus tingkat, artinya okupasi jalan tidak bertambah tapi kapasitas penumpang bertambah kurang lebih 1.5x lipat.

    mengurangi akses sepeda motor ke jalan protokol memang akan sedikit membantu mengurangi kemacetan (terutama saat hujan) kita pengendara motor suka seenaknya berteduh di bawah jalan layang or jembatan layang… nah itu bikin macet juga..

    hal lainnya yg sangat sulit di ubah adalah polantas..

    itu banyak banget motor/angkot parkir tepi jalan ataupun ngetem tetap aja belum di bersihin..

    di jalanan banyak sekali motor yang lampu belakangnya ga nyala, tapi ga di tangkap, bahkan di jakarta sekalipun, banyak sekali motor tidak ber plat nomer belakang tetap aja di biarin…

    yg tilang adalah yg memang jalur JEBAKAN BETMEN..

    Bahkan satu lagi, negri ini kalo pake motor pake helm ga standar bisa di tilang tapi
    kalo pake kopiah warna putih meski sambil bawa bendera gede ataupun tongkat2, ga di tangkap…
    konvoi lagi rame…

  30. Yg terhormat bpk gubernur, jika bpk memang seorang pemimpin yg baik dengarkanlah aspirasi kami rakyat jelata. Jgn cuma rakyat Jeckardah (read:kaya)

    Peraturan yg hendak bpk buat terasa sgt memberatkan kami, karna kami blm mampu/gk akan mampu beli mobil. Terasa sangat diskriminasi (lbh baik dikiriminasi) peraturan ini.

    Jika memang bpk ingin memberlakukan pelarangan motor ke jln protokol, berikan kami solusinya. Jgn beri kami Busway yg mogok/gk on time/kebakaran, jgn biarkan nyawa kami melayang diatas metro mini/k*paja yg lg race di sirkuit jalan raya, belum resiko kecopetan/dijambret, berikan kami transportasi publik yg layak dan nyaman.

    Jika sarana transportasi sudah layak+nyaman sy kira masyarakat tanpa disuruhpun dgn sendirinya akan beralih dr kendaraan pribadi.

    Mohon ditinjau kembali kebijakan yg sudah ada dan yg akan diberlakukan. Jika memang bpk adl peminpin yg baik mohon ditinjau kembali dr segala aspek. Mintalah saran kepada para ahli dibidang terkait. Kami lelah pak, beban hidup kami sudah sgt berat jgn ditambah dgn kebijakan yg memberatkan.

    Buktikan kalo Bapak emg pemimpin yg baik. Jgn cuma pencitraan. Oke gw dah berusaha bicara sopan, gw harap lo dengerin aspirasi dr gw, coz suara gw yakin senada dgn rakyat kecil lainnya.

    Lo sih enak tiap hari naik boil dikawal pula. Gak semua biker kurang ajar, memang gw akuin bnyk rekan biker yg kurang disiplin. tp klo plokisnya tegas negakkin aturan gw rasa gk bakalan kyk yg selama ini kejadian

  31. BULLSHIT per satu menit ada bis, BULLSHIT bis semakin lowong, gua naik busway dari le meridien ke ratu plaza aja ampe 15 menit nunggu pas jam makan siang JING, sekalinya dateng bis dah desek desekan,ni orang matanya picek apa ya, ga bisa liat realitanya kayak apaan, klo ketemu pengen gue sumpel tuh mata pake pentolan korek, biar bisa liat kondisi lapangan kek apaan
    FAK lah BULLSHIT bgt omongan lu hok.

Comments are closed.