iklan iwb

460-x-110-rev460x110(5)

Bro dan sis sekalian…walau sudah lahir, ternyata masih banyak biker yang masih bingung dan ragu akan kekuatan CBR150R lokal. Mencoba membandingkan dengan versi CBU…..bro Yus Ginting adalah salah satu yang mumet dan bertanya keIWB. Nah….kira-kira bagus mana sih antara K45 vs CBR150R CBU??…….

iklan iwb

460x110(4)

Pertanyaan doi simpel namun dalam….

“Halo mas Iwan salam kenal…saya sering baca2 blog mas iwan..saya mau tanya tentang cbr 150 mas. kalo menurut mas Iwan lebih bagus yg lokal ato cbu. saya masih rada galau untuk memilih. hehee. thnx….

Nah…..mantep to pertanyaane. Dan jawabannya tergantung dari sisi mana kita melihat. Jika pertanyaan bagus menyangkut performa serta handling….tak ragu IWB akan jawab vote untuk CBR150R. Motor ini adalah penyempurnaan dari generasi sebelumnya baik dari sisi accelerasi, manuver serta performa. Mengejar tarikan…..K45 begitu mudah mengail torsi saat kita didera macet ataupun rute stop dan go. Makanya konsumsi BBM cukup istimewa. Begitu juga segi handling…..

Mungkin inilah motor fairing paling gampang diajak zig zag atau menaklukkan tikungan sempit. Wheelbase pendek dipadu frame yang ringan membuatnya mumpuni disektor pengendalian. Gesit serta ringan. Makanya Mazped serta kang Eno yang memiliki CBR lawas dan jajal K45 ngiri tepuk jidat. Lawong lebih nampol serta enteng. Tapi satu yang memang menjadi sisi kuat CBU yakni…..

Material. Harus jujur IWB katakan….versi CBU memiliki material yang lebih solid serta tebal khususnya bagian tanki. Kendati tidak signifikan….mungkin itulah poin plus yang dimiliki sang kuda besi. Yang kedua sisi visual. Karena versi Thailand menganut frame model deltabox…kesannya lebih padat aja. Selebihnya….K45 unggul mutlak baik feel berkendara ataupun kailan tenaga untuk betot-betotan. Responsif kangbro. Wis…kalau masih ragu jajal wae dua-duanya biar nggak botak sariawan. Apa malah makin mumet habis baca artikel ini :mrgreen: …..(iwb)

rpms-bannerPost by IWB. Follow us on?.

Post by IWB. Follow us on?.

Twitter : @iwanbanaran
FB Fanspage : Iwanbanaran.wordpress.com
Email : [email protected]
Youtube channel : Iwanbanaran
Path : Iwanbanaran
Google+ : Iwanbanaran
Blog Author : IWBspeed.com | Iwanbanaran.com

188 COMMENTS

  1. betul banget kang IWAN ulasannya…bagaimanapun di rpm 12.000 lebih DOHC semakin joss..kalau SOHC ngk kuat bro (ngedrop)…sekedar share aja aq punya CBR 150 REPSOL ori ’04 masih bisa meraung sampai 12.000 rpm jauh meniggallkan AAL SPORT YaHMO 150-125 …FBY yg ngk terima boleh dicoba aq di bumi bung karno..

    • Masih ada aja orang yang kemakan paradigma DOHC lebih joss di atas dan SOHC lebih joss di bawah. Daripada ane cape jelasin panjang lebar, mending ente buat percobaan deh.

      Percobaan pertama ente mukul samsak atau batang pisang dari 30cm. Maksudnya jarak antara tangan ente hingga itu batang adalah 30cm. Ente pukul yang cepat dan berkali2 tapi jarak harus tetap 30cm.

      Kalo udah ngerasa cape, ente istirahat dulu sampai bugar lagi.

      Percobaan kedua sama mukul samsak atau batang pisang tapi jaraknya lebih jauh, yaitu 60cm. Jadi jarak antara tangan ke batang itu 60cm. Ente pukul yang cepat dan berkali tapi jarak harus tetap 60cm.

      Ente amati pada percobaan mana yang lebih cepet cape? lalu mana yang lebih kuat mukulnya? Simpulkan sendiri tapi harus jujur ya. Kalo ga jujur ya tanggung sendiri dosanya.

      • percobaan orang guooblok ini ya, motor kok dibandingin sama percobaan ginian
        kpala mu yg pekok aja yg pekok

        • Halo bro ravie….
          Nampaknya mas bro masih kurang paham. Padahal kalau setidaknya mas bro paham minimal prinsip kerja motor bakar maka mas bro tidak akan asal bicara saja. Ane jelaskan dengan bahasa gampangnya ya.

          Tapi ada baiknya mas bro praktekin dulu deh percobaan yang ane bilang. Kalo sudah, harusnya sih mas bro akan mendapatkan kesimpulan bahwa mas bro tidak akan terlalu cape memukul dengan percobaan yang pertama sehingga mas bro bisa memukul berkali2 dengan jarak yang sama dalam waktu yang lebih lama. Tapi mas bro juga akan merasakan bahwa kekuatan pukulan pada percobaan pertama tidak akan sekuat percobaan kedua.

          Percobaan tersebut hampir sama dengan pergerakan dalam menghasilkan tenaga. Ane ga akan jelasin panjang lebar mengenai proses menghasilkan tenaga karena nantinya malah bakalan panjang lagi dan ane khawatir ente malah keblinger. Ketika mas bro bersiap memukul, itu hampir sama seperti piston yang sedang dalam posisi Titik Mati Bawah. Kalo mas bro belum tau maka itu posisi pistonnya lagi di bawah. Lalu tangan mas bro bergerak dari posisi tadi ke arah sasaran(batang atau samsak tapi yang jelas bukan ortu ente ya). Piston yang tadi di bawah akan bergerak ke atas, mulai memadatkan campuran udara dengan bbm. Dan ketika tangan mas bro mencapai sasaran, besaran kuatnya ente mukul juga dipengaruhi oleh seberapa jauh jarak memukul. Sama seperti seberapa panjang stroke untuk membantu piston bergerak menuju tumbukan. Makanya jangan heran bila motor yang punya stroke lebih panjang akan mempunyai torsi yang lebih besar.

          Semakin panjang jarak untuk memukul maka tingkat kecapean tangan juga akan lebih cepat. Hal yang sama juga terjadi pada stroke. Berhubungan juga dengan piston speed. Bila melewati angka aman di 21 m/s maka piston bisa melintir yang bisa berakibat piston nyundul klep dan akan berefek domino. Makanya mesin yang strokenya panjang akan punya limiter yang lebih rendah dibandingkan dengan mesin yang strokenya pendek. Untuk contohnya sudah ane jelaskan di atas.

          Kalau mas bro masih belum paham, saran ane coba praktekkan percobaan yang ane bilang di atas lalu bandingkan dengan animasi gif di bawah ini. Oke Amigo?

          upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a6/4-Stroke-Engine.gif/94px-4-Stroke-Engine.gif..

      • percobaan gublok ini ya, masak mesin di samakan ama percobaan gini
        dasar kepala mu pekok dan guoblok

    • Itu masalah nya bukan pada sohc-dohc, tapi pada overbore dan overstoke nya, saudara, kalo pun sohc tapi overbore semisal model mesin P200NS, rpm atas nya tetap nampol lah,,, jgn sesat sama dohc sohc nya,

      • Lebih tepatnya lagi tergantung dari panjang stroke bro. Makanya di atas ane share percobaan mukul dari dua jarak yang berbeda. Untuk pembuktiannya mari kita lihat spek Tiger, bore x stroke Tiger adalah 63,5mm x 62,2mm. Lebih mengarah ke overbore tapi performanya lebih enak dari bawah hingga atas. Apalagi limiter Tiger hanya ada di 10.000rpm.

        Bukti lainnya adalah Ninja RR Mono yang punya spek bore x stroke di angka 72mm x 61,2mm dan jelas2 overbore. Performa putaran atasnya tidak sedahsyat ninja 250 fi yang strokenya pendek. Apalagi limiternya kepentok di 10.500rpm yang notabenenya sama kayak limiter V-ixion series.

        Jadi buat kawan2 semua, intinya adalah bukan masalah DOHC atau SOHC yang menentukan performa suatu mesin bagus di putaran atas atau bawah. Tapi lebih ke panjang stroke. Ane khawatirkan pada orang2 yang masih kemakan paradigma “DOHC joss di atas dan SOHC joss di bawah” tar malah pada syok kalo ngelawan motor yang tanpa pakai noken as tapi bisa mengalahkan motor andalan kawan2 semua yang joss di atas ataupun joss di bawah.

        • Maaf ralat dari
          “Lebih mengarah ke overbore tapi performanya lebih enak dari bawah hingga atas. Apalagi limiter Tiger hanya ada di 10.000rpm.”

          menjadi

          “Lebih mengarah ke overbore tapi performanya lebih enak dari bawah hingga menengah. Apalagi limiter Tiger hanya ada di 10.000rpm.”

  2. mksh kang IWB untuk bahasan nya…tapi yo kyok’e kudu jajal sek si lokal kang,ben ngerti langsung..hahaha

  3. ermablas mah dah pasti banyak dijalan lawong samaja kaya piksen make pering…mongtor sprot tangkine kecil…apa bedanya sama yg modipan…wkwkwkwk

  4. bagus cbu gan , , sering liat yg cbu modif painting , rata2 keren mecing buat di m0dif kyk apapun

  5. Sudah bukan rahasia lagi jika produk buatan AHM alias Honda lokal itu material tankinya masih tipis sehingga dipastikan gampang bocor.
    Sudah ciri khas AHM jika tanki memang gampang bocor,material seperti dari seng.
    Mulai dari Tiger si macan ompong,Megipret,Versa,Cebong dan CBR lokal.

    Yang masih bela-belain tanki produk AHM tidak gampang bocor adalah para sales dan FBH.

    • kalo udah bicara kwalitas, langsung lah fby membuli dgn ganasnya, padahal mereka gak liat kwalitas yamaha sendiri, asal kecelakaan gak pernah cuma rusak, asli langsung protol shock depannya, velg nya rompal. malu sama mulut ngomong kwalitas tong, kwalitas honda yamaha masih 12-11. jd bacot gak usah panjang lebar. tiger tangki bocor, lang scorpio shock amblas parah. imbang kan. jd selo aja muncung ente coment. semut di sebrang lautan nampak, tp taik di depan mulut, hitung dan mukak ga nampak. malah di rada enak. #sadeesss

      • Hadeeeuuuhhhh… klo ngomongin kecelakaan pasti ente cuma ngambil hasil akhir tnpa tau kronologis kejadiannya kayak apa… motor tabrakan sama sepeda aja bisa lebih ancur motor bahkan ridernya sampe meninggal, ente mo bilang sepeda lebih kuat? Be smartlah bro… klo mo ambil rujukan yg lebih validlah… ngambil keuntungan dari kejadian naas orang lain itu kejam bro…

  6. Yang lokal kayaknya lebih bagus, walaupun qc ahm kadang2 masih payah. Mesinya yang lokal lebih kencang dari yang cbu

    • yakin mesin kencang?? klo mesin bisa di oprek bos lah klo material body tipis tebel mw ente tambahin viber????

      ttep CBU yg josss rangka jdi nilai +

  7. rencana juga saya mau ambil bulan ini, kemarin sudah coba ergonimi & liat-liat material + bobot cbr150 lokal ini, pas sih buat postur kita khas asia. material kelihatan pas-pasan untuk uang 28,5jt, mana sambungan fairing ketanki nggak rapat, gimana ya,

  8. rencana juga saya mau ambil bulan ini, kemarin sudah coba ergonimi & liat-liat material + bobot cbr150 lokal ini, pas sih buat postur kita khas asia. material kelihatan pas-pasan untuk uang 28,5jt, mana sambungan fairing ketanki nggak rapat, gimana ya,…

  9. kok ada yang nge bahas R15 ya.
    padahal dari judul hingga isi artikel gak ada sama sekali.
    R15 dibawa bawa komentator tanya kenapa….?
    sales lagi lesu…?
    😀

  10. Ane vote cbr150r muka slempak di banding cbr150r muka vario lama, coz pernah liat langsung jd bisa ngebandingin, terus dari segi sasis cbr ahem lebih lincah kekurangan’y area tengah keliatan kopong & cbr thai sasis kokoh terlihat padat tp kurang lincah (masih bisa diakalin swap swing arm cbr ahem)

  11. ditempatq malah gak laku…yg laku malhan produk sbelah yg nungging bingits, buat dag dig dug kalau ngekor dri blakang…yg digonceng gk nahan liat tabungan

  12. cbr lokal = knalpot ala revo (katrok) terkesan murah masih bagusan “knalpotnya cbsf”, “truss frame kurang rapi”, mesin >cukup harian, “unggul tenaga” (di dyno 15,5 hp-an dngn cbu tapi “boros” konsumsi bbmnya, ada yg ngetes cuman dapat 28 km/liter, fairing cukup bagus mirip fire blade 1000 (cbr 1000)
    cbr cbu = overal bagus “finishingnya”, “knalpot bagus modelnya dn cukup halus mesinnya”, konsumsi >irit dari cbr lokal, tenaga on dyno, kisaran 15 hp-an, cbr cbu ada yg ngetest konsumsi bbmnya, kisaran 33-34 km/liter, fairing kurang modelnya agak simpel

    • Goblok banget qm cuk… lihat konsumsi bbm hasil tes kang iwan sama r15 masih iritan cbr 44km an… dpat 28km cuma versi otomotif koplak…

  13. cbr lokal daerah ane dah banyak kok r15 malah jarang kliatan y??beda daerah x y, ane jaktim…cbr lokal moge look bgt,,jujur r15 cungkring bgt palanya bagol mungkin r15 kurang diminati daerah ane…

  14. Verza CBU aja lah..
    Lebih safety n be fun 😀

    Skali naek verza..
    Verek,zanda langsung ngikutin

  15. kl top speed mgkn lbh bagus yg lama. sementara yg New harus turun kasta ngejar akselarasi. bahkan agar top speed terasa tidak turun drastis harus. mggunakan sensor speed yg punya deviasi besar (entah karena ngirit atau memberi kesan besar)

  16. tampilan depan bagus CBR lokal, dari tengah sampe belakang, bagusan CBU….
    BTw sebaiknya perlu diukur juga durability mesin dan materialnya, itu juga penting, krn motornya masih baru (CBR lokal) ya kembali ke masing2 deh..

  17. Bagusan yang cbu om..
    tau sendiri lah kualitas ngahaemm gimana.?

    Deltabox vs kandang ayam
    cawet vs kutang

    Ngohahahahahah

  18. Mesin thailand emang joss ..
    Kualitas material hrc punya

    Lokal ngahaem..?
    Material walal-wala bin rompal

    Nghahahhahahaa

  19. kalo di mana dulu neh???

    liat di jalan bagusan cbr lokal
    liat di deler bagusan cbr cbu
    liat di got bagusan r15

    • Nghahahha ada kambing embekha bilang r15 bagus digot?? Parkir kalee deket got
      Nah kalo cebeer lebih pantes di liat dibantar gebang. Nghahahhahaa

  20. itu ko bnyak amat yang bacot. belaga mlih lokal ato CBU padahal punya saja kagak.
    anehhhhh…..
    klo misal CBU lbih oke napa dlu gak lu beliiii ????
    alasan harga selangit ? ya emang overpret harga nya .
    bandingin aja mana lbih laku antar CBU sama Lokal ?
    yg diaini pada omong doank. punya jga kagak. kebnyakan sales gak mutu…

    • Fakta dilapangan R15 lebih banyak keliaran di jalanan.cbr cbu juga mayan..nah k45 masih sepi sepi amat..numpuk digudang kali ya ngohahahah

  21. CBR150R Lokal adalah motor yg terpaksa dibuat karena AHM gak mau melokalkan CBR150R Thailand dengan harga wajar (30jt an).

  22. Para FBY klo mau ngumpul jgn disini
    Tuh di blog nya pertamax7
    Blog ternakan YIMM sekaligus sales

    Jd gak bikin onar disini

    Apa mau sekalian nyales R15 n R25 yg gak laku

    Jadi penunggu gudang versi Rseries

    Ngoahahahaha

  23. Hahaha..embekha kambing kalap..mongtor sesembahan di caci..ngapain lah bawa2 si ipan toh kalo lek iwan bikin artikel yimm kampret2 embekha juga juga ngoproll..hak asasi dong!!
    Harap dMklum lah yang penunggu gudang tuh cbr seriess..nghahahhaha

  24. Bacot aja gede.padahal aslinya pke bit blethak dor.. Maklumm..sales pekok jago dangdutan. Ngohahhaahahha

  25. Mau CBU apa lokal sama sama bagus broh

    Asal jgn rongsokan15 n rongsokan 25 aja

    Calon penunggu gudang yg baru

    Tahun 2015 tahun baru penunggu gudang baru

    Rongsokan series

    #sepet rekkk

  26. Mau CBU apa lokal sama sama bagus broh

    Asal jgn rongsokan15 n rongsokan 25 aja

    Calon penunggu gudang yg baru

    Tahun 2015 tahun baru penunggu gudang baru

    Rongsokan series

    Beruk beruk silahkan koprol

    Ngoahahahaha

  27. klw body fairing vote for r15 klw speed dn durabilitas mesin vote for cbr 150 cbu (dlm keadaan standart), review cbsf yg sdh ane beli masih bisa mimik premium tenaga lumayan putaran atasnya kompensasi tenaga gk ngedrop gara2 ron 88 pkai busi iridium denso 125rb

  28. Hi bro…rame bngt nih forum…tp sayang komenya saling menjelekkan satu sama lain (smoga yg komenya bukan pesenan). Menurut logika ane, cbr cbu pasti lebih bagus karena produk global dimana secara quality control sangat diperhatikan. Ane sendiri pernah head to head ngebandingin kualitas materialnya dan cbr cbu jauh lebih ok, silahkan kalo ga percaya bandingin sendiri. Untuk akselerasi yg cbr lokal sedikit lebih oke sih tp kalo ngomongin akselerasi kan bisa di adjust/dibuat/diakalin sementara kalo kualitas part ga bisa toh dan kualitas part ini pasti berhubungan sama durability yg lebih ok. Mengenai harga yg 29jtan yah ga beda jauh ane rasa, mungkin di thailand cbr cbu nya diharga 30jtan n karena import jd cbr cbu dijual 40jtan. So silahkan agan agan yg ada di forum ini pasti bisa menyimpulkan sendiri 😉

  29. wooo…ono rame2 mlh telat, dr pagi kerja smp hampir pagi lg.
    Yo wis gk po2, mugo2 bsk ra telat maning.

  30. misi gan, ente yg koment ngejelek”in R15 atau CBR lokal udah pada punya emang? udah pada nyoba emang? jangan asal bicara ! semuanya sama” ada plus minusnya gan ya wajar saja lah dengan harga segitu masa ente mau motor yg sempurna? :v

Comments are closed.