iklan iwb

wpid-460-x-110.jpg

Bro dan sis sekalian…seperti yang kita tahu, wak Haji Taufik sudah membocorkan sinyalemen hadirnya fitur remote pada versi update skutik Scoopy FI. Selain sang retro…indikasi Honda melengkapi fitur serupa pada varian lain tetap terbuka. Praktis jika fitur colokan charge HP (new SupraX125 FI) dan remote sukses dibenamkan…..jelas Honda dalam kondisi diuntungkan. Kenapa?. Walau bukan hal baru, konsumen akan menilai mereka adalah first mover pabrikan Jepang untuk fitur yang telah kita sebutkan….uk460x110460x110rev(1)

Suka atau tidak…image tersebut akan tertanam dengan sendirinya. Padahal jika sudi mengintip keluar negeri….Yamaha sendiri sudah membekali remote untuk klasik Fino Thailand. Namun…dengan alasan kurang cocok bagi konsumen Indonesia, fitur tersebut dilengserkan. Survei menjadi pegangan para R & D keputusan dibuat. IMHO IWB yakin, alasan sebenarnya bukan itu. Pricing-lah biang mereka kurang bebas berkreasi. Ngotot memberikan fitur komplit??. Resikonya terlalu tinggi karena banderol akan terkerak naik….

iklan iwb

Uniknya…beda dengan Yamaha, Honda mengambil jalan yang enggan dilewati kompetitor. Jika bocoran terbukti maka bisa kita raba, Honda terlihat lebih lepas menentukan jalan. Hal ini beda dengan sang rival yang terkesan hati-hati. Kenapa hal itu bisa terjadi??. Tidak bisa dipungkiri….resource grup Astra memang susah dijabanin lawan. Dana melimpah….dukungan vendor, koneksi tak terbatas hingga kekuatan masspro. “Core” sebagai pabrikan besar mampu memangkas pricing dalam taraf yang membuat siapapun bergidik….

Udah gila-gilaan sekarang. Ibaratnya buntungpun mereka nggak masalah yang penting market share” ujar salah satu kolega IWB mengomentari bombardir AHM. Bukannya tanpa alasan mzbro. Masih ingat nggak kita dibikin bengong dengan banderol Vario 125 yang dipatok pada angka 15jutaan saat pertama kali keluar. Kubikasi lebih besar, ESP engine, plus segudang fitur yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu….namun pricing lebih murah. Hantaman Vario sontak mengejutkan Yamaha sebagai kompetitor. Produk skutik premium pabrikan garputala…Xeon langsung merasakan dampaknya. Terkesan overprice, YIMM akhirnya harus menyeting ulang strategi dengan merilis Xeon RC yang notabene lebih murah dibanding versi karbu. Emang nggak mumet mereka?. Ngelu rek……

Nah…jurus tekanan kembali dilakukan Honda. Loyal memberikan fitur pada konsumen namun banderol tidak naik signifikan. Percayalah….mereka pasti mampu melakukannya. Sedang Yamaha??. Sepertinya akan susah mengikuti irama lawan yang terlalu tangguh sumberdayanya. Tidak heran market share semakin tergerus…respon juga terkesan lambat karena masih memegang prinsip “prioritas”. Mana yang lebih dahulu digarap alias tidak bisa jalan beriringan. IMHO…jika bukan karena kuatnya DNA, nyawa dan karakter sport Yamaha….mungkin mereka sudah tumbang dari dulu disegmen ini. Untunglah satu hal itu sudah tertanam kuat sejak sama King Kobra. Hingga kini mereka masih mampu memelihara dengan baik…

Last…tidak gampang mengikuti gerak AHM secara ototnya juga beda. Hal ini disadari oleh Yamaha bahwa kekuatan mereka tidak sebanding. “nggangguin wae wis seneng om” ujar kenalan IWB saat ngobrol-ngobrol ringan. Sebagai satu-satunya rival yang dianggap Honda paling alot….Yamaha memang sedang diuji. Tekanan terus diberikan agar lawan benar-benar takluk. Edian tenan!. So….berusaha melawan Honda??.? Kudu njengking lan dlosor bener-bener kayaknya bro. Duite ora on serine je :mrgreen: ....(iwb)

249 COMMENTS

  1. Ya emang uda sepantasny pabrikan s@mp@h kya yimm nyadar diri, biar bangkrut aj lah i2 pabrikan miskin melarat

  2. YIMM=Yamaha Itu Miskin Melarat, sama kya Suzuki, 2-2 s@mp@h otomotif R2, bisany cuman nyampah doank di Indonesia

  3. Saya Smakin di depan utk mengatakan r n d yimm gak peka dg keinginan konsumen indonesia yg udah melek internet, tau produk bagus, dan mampu membeli barang bagus n berkualitas.
    Coba pemirsa hayati lebih dalam, di jaman skrg ganti warna saja 7 WONDER! Hahaha

  4. Hal yang sama menurut saya terjadi di Verza yang dibanderol sangat murah, sehingga kalau bukan perusahaan besar, mengeluarkan Verza dengan harga segitu akan terkesan “Kamikaze”.
    Sekali lagi uang berbicara, dengan dana yang melimpah, mereka dengan leluasa memainkan psikologis kompetitor.
    Sehingga benar apa yang dikatakan lek IWB, bahwa Yamaha sudah bisa “mengganggu” pasar Honda aja sudah merupakan suatu prestasi bagi YIMM.

  5. yamaha hruz ganti slogan…”smakin lelet.”
    ..kawasaki pabrikan kecil a brojolin ninja aj cepet…lah yamaha …udah setahun lebih..andalannya cuma brojoliin ..SPYSHoot…doangg…gloodaakkk.

  6. Manteb, jdi mkin safety klo pke remote…
    H makin gila fitur nih,
    joss.,.
    emank bner2 gx sebanding jika di lihat dri sumber daya nya H & Y
    tpi yamaha slalu paling top di design nya yg sporty abis,
    tpi salut buat yamaha bisa konsisten di lini mtor sportnya…

  7. @ All
    Ini sifatnya diskusi bro. Jadi monggo share opininya tanpa menggunakan kata-kata mengandung asusila. Suwun atensinya

  8. Pabrikan yg loyal sih keliatan bgt..
    jelas dong, diliat dari niat dananya, SDA-SDMnya, inovasi makin tambah.. (bukan cuman ganti striping ma warna loh) :mrgreen:

    mungkin sudah saatnya bikin tetangga sebelah sama kek nasib susiku 😆

  9. kang saipul.. eh.. kang iwan…

    bukanya untuk motor lokal jepun dimari yg pale remote itu satria FU… ???

    koreksi ane kl salah kang.. soalnya ini kan sifatnya diskusi…

    • Weleh…sampai nggak kepikiran Suzuki. Bener kang. Tapi daya gempur komunikasinya kurang sih jadi banyak yang nggak ngeh :mrgreen:

    • ente yek,

      itukan klas semprot ayago yek..

      inikan beda klaster..

      lah produk susiku kan dah mewacanaken out dari dunia persilatan tanda klo remotnya krg nampol.. :mrgreen:

      drpd ganti striping ma warna loh.. kan yg laen jg ada yg duluan ganti warna ma striping.. bkn cuma yimm

      sekedar opini aja yek :mrgreen:

      sruputtttt…. mari kopi susu..ki :mrgreen:

      • jebule podo sama2 bebek2…
        Wong kang iwan wae was ngakui kok…
        bagi ane wis cukup.. nek nurutin cangkemu.. ora cukup2.. 😆

      • intinya yg FU fighter pke remote blm distribusi mas broh, it jg cm seuprit g’dbuat massal cm 1000unit ajah scr nasional dgn asumsi 1juta satria dgn FU fighternya, mo bukti??cb deh cri FU pke remote skrg brp unit yg udah nongkrong didealer???gak akan ada klo gak pesen dlu..,krn jateng-DIY aja blm distribusi mas broh…mgkn bulan depan bru mulai distribusi setelah pertemuan nasional jaringan dealer bahas R2 2014

  10. tapi di sini harus tahu, bahwa ahm sampe kayak gini jg karena yamaha memberikan tekanan dgn model dan mesin yang lumayan memikat konsumen, otomatis ahm mau tidak mau harus mau melawan dgn konsekuensi untung ahm berkurang, karena dalam bisnis gak ada namanya kawan walaupun itu saudara, karena berbisnis adalah kompetisi mencari keuntungan

    • yg namanya inovasi tuh ya hrs berkembang to..

      salah yimm sendiri to..

      buktinya ahm mampu tuh pelan tapi pasti belajar dari kekurangannya..

      yimm mending gak usah kasih tekanan klo gak mau bernasib kaya susiku.. :mrgreen:

      *cuma opini.. sambil ngopi susu..ki :mrgreen:

      • yamaha ga ngasih tekanan mungkin sekarang kita masih pake megison, tiger 2000, sama karisma ::mrgreen:

        ga lupa juga matic mungkin flagshipnya itu vario 110 😆

      • intinya memang bgtu mas broh, ben yamaha jg gak cekoki konsumen motor bagus diplastik doanx…, dgn bgtu akan tambah maju & bagus produk yg brojol dimarih jgn kaya dithailand yg MS honda nyp 70%

  11. g ada critane konsumen d untungkn kcuali soal keiritan, coz konsumen uga bli, ada uang ada barang, g ada critane produsen bgt aj d ngsih fitur” bgus tnpa mmpehitungkn brpa keuntungannya,… dsni malah konsumen yg sring jd korban,…..

  12. yang jelas perang iklan nanti jangan ngaku2 motor pertama menggunakan colokan charger hape… ingat ada TVS DAZZ yg sdh mendahului.. oke.. sukses buat honda..

  13. yamimpi pabrikan

    lagian juga ngapain jualan pake jurus bc…
    makin ketinggalan kan… 😆

    iklannya aja udah sering pake jurus ngejelekin produk tetangga, gak koran, gak brosur ampe tv pake jurus bc semua…
    lagian konsumen dimari apa bisa dibodohi lagi gitu???

    udah pemikiran lelet, selelet pan boynya….
    miskin fitur lagi…. 😆

    salam tukang mimpi

  14. kayaknya om iwan hampir sama kyk ane nih..
    suka sama Y tapi kecewa sm strategi produknya…
    heheheheeee……………

    • Kalau saya apa aja produknya suka nggak karena merk bro. Tapi mana yang paling sreg dihati dan mampu menawarkan yang terbaik…bungkus wis :mrgreen:

  15. Menurut ane sih,kalo liat motor Yamaha tampangnya sport semua, maticnya, mopednya, apalagi sportnya ibaratnya motor lagi parkir az seperti lagi ngebut ! Sementara kalo motor kenceng di jalanan identik dengan kurang” meureunah” sementara orang jawa,sunda,khususnya punya slogan “geunah,meureunah,tumaninah”coba lihat sport Honda, sekaliber CBR gak galak seperti Kawasaki atau Yamaha, makanya sport Honda penjualannya kurang gereget seperti kedua merk diatas. Intinya di negara kita masih banyak orang Yang biasa aza, tapi kalo mau apa-apa bisa.mau bawa kantong kresek,mau bawa karung, atau botol gallon aqua bisa. Seperti iklan Mobil kijang, mertua,adik ipar, anak, istri bisa dibawa. Wasallam…berangkaaatttt !!!!!…..oh hampir lupa makasih kang iwaaaaaannnn !!!!!!….

  16. Urun rembug,kalo dana ymha pas2an,kudunya ymha tetp fokus ke kwlitas,kencang dan irit,disain ok =

    Disain=yG TAMPANGKEREN/CANTIK,bkal slalu di lirik,
    kwlitas=na ini yg bkin konsumen puaas,punya tunggangan nggak gmpang kena penyakit,ora ngreweli.
    kencang=tiap mtor yng punya performa di atas rata2,yg bisa di ajak lari akan jadi incaran utama khususnya kwula muda,
    TetepFOkUS=KWALITAS,DISAIN,kENCANG
    *maaf kalo kurang brkenan,

    • kenyataannya…

      Disain=yG TAMPANGKEREN/CANTIK,bkal slalu di lirik,
      ==============================
      cuma dilirik aja lo ya :mrgreen:

      kwlitas=na ini yg bkin konsumen puaas,punya tunggangan nggak gmpang kena penyakit,ora ngreweli.
      ==============================
      produk glodax eh global standar premi swingarm aluminium diecast?? :mrgreen:

      kencang=tiap mtor yng punya performa di atas rata2,yg bisa di ajak lari akan jadi incaran utama khususnya kwula muda,
      ==============================
      dengan modal mesin lemot?? :mrgreen:

      TetepFOkUS=KWALITAS,DISAIN,kENCANG
      ==============================
      INOVASI makin ketinggalan :mrgreen:

  17. moga2 para fby sadar diri :mrgreen:

    trus salesnya klo jualan jgn pake jurus bc dikoran2 kayak nawarin jasa sedot ##### saza..

    inget bukan tandingan 😆

  18. jika mengikuti nalar artikel ini yg menitik beratkan ke mass production power, kerancuan trjadi segmen sport.
    byson vs nmp, dgn kelebihan fitur dimenangkan nmp tp penjualan yg relatif sama maka ongkos produksi lebih mahal nmp dan profit keuntungan dimenangkan byson.
    cb vs nvl sangat timpang penjualannya, disini nvl dimenangkan oleh kekuatan semakin banyak semakin murah ongkos produksi.
    tiger vs scorpio angka penjualan ga perlu dibhas karna mungkin sebagai pelengkap saja.
    dgn menguasai 70% ms sports seharusnya Y bisa dgn leluasa mendikte sports H dgn kekuatan mass sportsnya dgn bermain dari segi harga maupun fitur hingga merapatkan line up sports hingga tidak memberi celah bagi sport H.
    kekuatan mass prod itu memang vital, tp semurah murahnya suatu produk jika tidak mengena ke konsumen sama aja rugi.

    prinsip dasar dagang, beri banyak pilihan dan biarkan konsumen menentukan apa nanti yg kita utamakan (jumlah) untuk di jual.

Comments are closed.