iklan iwb

wpid-460-x-110.jpg

SuzukiBro dan sis sekalian…harapan tinggi kita gantungkan pada Suzuki. Pabrikan yang sempat menjadi pemimpin pasar kedua ditanah air era 1990an…..kini sedang dalam kondisi krisis. Miskin inovasi, market share makin tergerus dan yang paling membuat miris….penyakit sudah masuk tahap mati suri. Gimana nggak mzbro…belum genap memasuki bulan kedua diawal tahun….bukannya kabar gembira yang IWB dengar. Malah sebaliknya yakni…diperoleh rumor bahwa Suzuki memutuskan tidak akan rilis produk anyar setidaknya hingga akhir tahun 2014. Waladalah….460x110-okuk460x110

Yup…dari informasi sumber IWB yang dekat dengan pusat, Suzuki rumornya memutuskan tidak akan rilis produk anyar ditahun 2014. Jadi lupakan Gixxer atau sport lain….semua menguap. Tidak itu saja….diatas isu yang IWB terima….yang paling mengejutkan adalah, mereka hanya akan memproduksi 3 jenis motor yakni Nex…..Shooter dan SatriaFU150. Lainnya discontinue. Hahhh…serius kang??. Yo wis….IWB ulang ya. Selain Nex, Shooter dan Satria FU…..tidak ada lagi produk yang Suzuki pasarkan alias stop produksi. Kecuali yang moge atau CBU lho ya. Kalau produk ini tetap akan hadir mengisi line up SIS.? Alasannya simpel…mereka ingin fokus dan tidak terpecah konsentrasi. Sobek tenan…..

iklan iwb

Jika rumor betul-betul terjadi, sangat disayangkan Suzuki mengambil langkah mundur. Ketika pabrikan lain royal terhadap konsumen….mereka malah sebaliknya. Sampeyan bisa bayangin seandainya Axelo, Hayate, Skydrive, Lets, Thunder 125, dan Inazuma confirm dilengserkan….lak yo sepi tenan. Dodolan koq cuma 3…yak opo rekkk-rek 🙄 . Sebelumnya mereka memang sempat melempar isu mendatangkan Gixxer 150 India. Tidak cuma lewat media sosial…secara internal, Suzuki juga meminta pendapat para dealer cabang atas wacana yang didengungkan. Akan tetapi karena banderol yang dipatok terlalu tinggi (21jutaan) dengan kondisi CKD India yang notabene mempunyai standar kualitas dibawah Indonesia….dealer menolak usul tersebut dengan alasan memberatkan penjualan yang sudah kembang kempis…

Last.….proses discontinue disinyalir setelah April 2014. Pasca bulan yang IWB sebutkan….jangan kaget jika hanya nongol tiga produk didealer Suzuki. Tidak instan namun pelan-pelan. Yah…semua memang masih belum fix. Terbuka untuk direvisi atau review ulang. IWB sendiri berharap, semua isu yang masuk kenewsroom hanyalah rumor angin tanpa bukti. Karena bisa dibayangin mzbro…sedih bener kalau itu terjadi. Sejarah terburuk didunia otomotif INA. Pabrikan dengan nama besar…..plus segudang sejarah positif ditorehkan. Crystal….Tornado….RGR…Shogun…dan masih banyak produk pendobrak yang merubah peta persaingan otomotif roda dua. Suzuki??. Kami rindu “Inovasi tiada Henti” mu……(iwb)

388 COMMENTS

  1. alhamdullillah…ada satu pabrikan jepang yg juntay! udah kebanyakan motor dijalan macetnya minta ampun dah! moga besok2 ada pabrikan mobil yg koit ..apa itu lgcc bikin jalan tambah sumpek!

  2. ya baguslah kalau efisiensi. memang harus begitu sih. setelah kondisi internal beres, baru deh bikin rencana strategis.

    gudlak suzuki roda 2 indonesia, semoga lancar.
    eh, lagian di dealer juga di dominasi FU 150

  3. SUZUKI TORNADO INOVASI TIADA HENTI..SUSUKU TERNODA DISELOMOTI TIADA HENTI…suzuki mati suri dananya dikorupsi setiap hari….mate loh

  4. Suzuli manajemen R2 dan R4 masih jadi satu…secara finansial masih untung jualan mobil…

    Boro2 mikirin jualan mongtor…wong jualan mobil aza kewalahan indentnya kelamaan…. 😆

  5. waduhh… sobek tenan ki …?? tp ya nggak kaget kang, baru sabtu kemarin sy ke dealer Suzuki di belakang pasar Kebayoran Lama, lumayan gede juga kang, tp yg membuat sy heran sepanjang mata memandang hanya ada motor baru si Ayago FU aja, mungkin sekitar 50 an motor dan ga ada satu pun type lain, ws jian ndomblong pora ngeneki ??

  6. Sepertinya pabrikan yg pernah mengeluarkan varian”Suzuku ternoda” ini sedang menimba ilmu di bukit tengkorak untuk menyiapkan senjata andalannya tahun depan untuk melawan si “H” dan “S” #mundur1langkahuntukmaju10langkah.

  7. padahal dulu ane ngeceng shogun sp nya….
    sebelum muncul karisma sama mx bebek 125 duluan…
    matic yg ane suka skywave… sayang dah di ganti skydrive yg body nya nyeleuneh, jadi ane beli vartec 125 yg cuman ane pake 1 thn dan ane jual karena banyak keluhan. ganti GT125 baru ane pake 1bln.
    emang yg nama nya desain body itu no 1..
    karna orang pertama kali liat body nya oke apa kaga..
    setelah liat body nya cakep baru deh kemampuan mesin sama teknologi nya..
    semoga berita di atas tidak terjadi..
    biarpun sy bukan pengguna motor suzuki tp saya tau product suzuki itu bagus dan berkualitas..
    cuman yg kami dengar sebelum meminang suzuki itu adalah service dan part nya yg mahal..
    ayo bangkit suzuki….!!!!

    • iya gan padahal suzuki lagi bangun pabrik besar lho do kawasan delta mas, cuma gak tau tuh produknya gan buat pabrik motor apa mobil

  8. Khusus jualan Satria FU150 aja lah bro, secara penjualan top markotop !
    Itu Shooter dan Nex juga ndak berkutik blas..!

    Suzuki Shooter kelihatan dari belakang seperti motor Entry Level- se Entry-entry nya..(seperti tidak niat desainnya)
    Suzuki Nex juga sebelas dua belas..sepi peminat karena design tidak jelas..

    Padahal kualitas metalurgi Suzuki top lho..kecuali kualitas plastiknya agak mengecewakan pada segmen skutik Nex

    • setuju…cuma FU saja produk yg saya nilai top di jajaran produk suzuki…kenapa?coz produknya tidak setengah hati…tapi FU juga kudu hati2,,dengan harga yg sudah mahal (medekati 20jt)dengan fitur tanpa perubahan berati…kelak FU juga akan tenggelam jualannya
      pesan bt suzuki R2..sempurnakan produkmu,berikan harga kompetitif dan pilihlah sasaran anak muda…dijamin pasar akan diraih…kenapa anak muda?soal anak muda ngerti selera tidak seperti orang tua (walo ad beberapa)..trims

  9. wajar suzuki fokus R4 coz udah jor2an bikin pabrik dgn sumberdaya terakhirnya. gara2 honda ngeluarin mobilio pake mesin jazz yg fenomenal harga murah mulai 150jtan, xenia, avanza,ertiga bakal kocar kacir kalau ngak fokus marketingnya.

      • Yakin bro??mobilio pake mesin berbasis brio??..secara dari cc aja dah berbeda jauh??..mobilio pake mesin berbasis honda new city thailand bro..cek aja kode mesinnya sama2 L15Z1 dan memang mesin L15Z1 ini hasil pengembangan dari mesin jazz dengan kode L15A..jadi kalo ente bilang mesin mobilio berbasis brio ente salah besar bro..kalo dibilang berbasis mesin jazz benar,tapi tidak sama..karna hasil pengembangan,dan identik sama hanya dengan new city thailand..

  10. Sy melihat ini hnyalah strategi suzi mas,…
    Dia diam dl sambil menanamkan keyakinan pd calon konsumen, dg cara; Meyakinkan ke konsumen bahwa nex adalah produk terhebat di kelas matic, shoter, serta fu, lbh baik dr produk2 setaranya. Makanya susi tdk main membabi buta, hnya diam sambil ambil ancang2 keluarin produk jossnya di thn berikutnya. Sy ykn itu,…..

    • strategi yg aneh…sadar ga kalau FU tergerus CB dan NVL?
      pilih mana nex dengan beAT FI ato Mio J(lihat segi Fiturnya)?malah pembeli kadang milih produk 125 matic kompetitor loh,,cz elegan
      Shooter?lebih parah..cz bagi saya ni motor sasaran tua,,saingannya banyak mulai ym force, revo FI..malah bisa nanti supra x125 FI…soale yang beli pasti bapak2 memilih fitur lengkap toh?
      yakin konsumen ngerti?yg ada ni produk suzuki,,dan terbaik cuma gini ini . . paraah

    • di banding shooter ..kyaknya lebih bagusan smash titan…
      shooter kalo di liat dr belakang jelek banget…apalagi senalpot.nya shooter ngilanii elekk pooll….
      kyaknya setelah shogun lengser..
      produk suzuki ndak ada yg beress ..kacau balau bentuk.nyaa
      cuma FU aja yg masih ganteng,,,

  11. secara real suzuki bagusan kualitasnya dibandingkan honda.
    dahulu suzuki jualannya bagus. RGR150, shogun 4tak gen pertama dan kedua. jago nanjak.

    dunia udah terbalik justru yg kurang kwalitas yg lebih laku, miris.

  12. SAMA PERSIS nasib nya SAMA brand Electronik Japan,

    strategimanajemen.net/2012/09/03/the-death-of-samurai-robohnya-sony-panasonic-sharp-dan-sanyo/

  13. sama Persis Nasib nya sama Brand Electronic Japan….
    strategimanajemen.net/2012/09/03/the-death-of-samurai-robohnya-sony-panasonic-sharp-dan-sanyo/

  14. AYO SUZUKI…..semangat..bangkit dunk..masak indonesia cuma di kuasai 2-3 merk aja neh..gak seruuuuuuuu

Comments are closed.