iklan iwb

Bro dan sis sekalian….sopo sih yang nggak penasaran dengan performa asli siayago bike. Gaungnya dijalanan begitu kuat membuat banyak biker mengagungkan Satria FU. Engine DOHC namun banderol dikisaran 19jutaan tak ayal menjadikan kuda besi besutan Suzuki ini laris manis. Nah….saat membahas performa mega sport 200-225cc, jebule pihak Otomotif juga melakukan testing varian anyar Satria FU. Asyiknya metode testing mirip dengan sport yang pernah kita bahas diartikel sebelumnya. Sebuah test yang akan menjawab rasa penasaran kita atas performa asli siSuzi. Check it out….iwb460x140AHM Oil IWB (460x150)

Sebelumnya nyuwun sewu buat bro Aan DKK (team Otomotif)…..IWB numpang sharing hasil test sampeyan. Sekali-sekali nggak opo-opo yo…..ora bedino koq :mrgreen: . Jadi testing ini bukan dilakukan oleh IWB melainkan hasil tes rekan jurnalis Otomotif. Lha piye…arep ngetes dewe nggak ono unit tese je (mau uji sendiri tidak ada unit test-nya red). Oke….lanjut kepokok bahasan.

Dalam sejarahnya…SIS merombak Satria FU sebanyak 2 kali. Yang pertama desain asli dari Raider 150 Thailand, kedua batok lampu mekar dengan paruh diujung dan ketiga perombakan ulang ditahun 2013 dengan shape headlamp lebih kotak (2 revision). Basis engine sama….gen kedua hanya dijejali fitur eco riding switch untuk menekan komsumsi bahan bakar. Sedang yang terbaru (versi 2013)…..kendati identik pihak Suzuki? sedikit memberikan sentuhan pada bahan filter…naiknya main jet dari 110 ke 112,5 plus starter jet dari 25 ke 17,5. Terus gimana setelah ditest??….

iklan iwb

Seperti karakter engine overbore pada umumnya…..menurut tim Otomotif, power new Satria FU tidak galak diRPM rendah menengah. Gas dibejek dalam hanya mringis tanda minta kailan putaran mesin lebih tinggi. Benar saja….lengkingan tenaga baru terasa setelah masuk direntang 6000 RPM….hingga melewati 11,000RPM. Dengan tenaga 15,84hp ditunjang bobot super ringan yakni 107kg…..dilintasan trek berjarak 1 km, gas mentok gear enam posisi nunduk……top speed tembus 131km/jam on speedometer. Weleh…kencang juga ya bro. Tapi gimana setelah diintip dengan alat racelogic??.

Alat pengukur menunjuk 121,6km/jam. Yup….walau dibekali speedo digital…..penyimpangan kalibrasi termasuk besar. Hasil tersebut sebenarnya tidak mengagetkan mengingat IWB juga pernah komparasi akurasi speedometer Satria diartikel lawas. Tidak puas hanya menggali kecepatan puncak…tim media Otomotif mengeksplorasi akselerasi tiap kecepatan dan diperoleh hasil sebagai berikut….

Satria0 – 60 km/jam : 4,3 detik

0 – 80 km/jam : 7,3 detik

0 – 100 km/jam : 12,8 detik

0 – 100 M : 7,2 detik

0 – 201 M : 11,3 detik

0 – 402 : 18,3 detik

Top speed : 131 km/jam (racelogic 121,6 km/jam)

Pengetesan tidak afdol tanpa diukur komsumsi bahan bakar Dengan mematikan fitur shift light, seliter Pertamax bisa menempuh jarak 34,4km. Weleh…lumayan irit ya bro. Yup…banderol 19jutaan performa 25jutaan. Ora percoyo?. Monggo intip tabel terlampir….

Duke 200

Pulsar 200NS

Scorpio

Tiger

Satria FU

0-60 km/jam

3,6 detik

3,7 detik

3,7 detik

4,5 detik

4,3 detik

0-80 km/jam

5,3 detik

6,3 detik

6,3 detik

7 detik

7,3 detik

0-100 km/jam

8,5 detik

10,1 detik

9,6 detik

12,6 detik

12,8 detik

0-100 M

6,6 detik

6,9 detik

7 detik

7,1 detik

7,2 detik

0-201 M

10,3 detik

10,8 detik

11 detik

11,2 detik

11,3 detik

0-402 M

16,5 detik

17,3 detik

17,3 detik

18,2 detik

18,3 detik

Top speed

136 km/jam

133km/jam

125km/jam

130km/jam

131km/jam

Racelogic

132,8 km/jam

129 km/jam

116 km/jam

119,2 km/jam

121,6km/jam

Konsumsi BBM

30 km/liter

30,84 km/liter

30km/liter

33 km/liter

34,4km/liter

Kendati jauh menurun dibanding gen pertama….terlihat performa new Satria masih bisa bersanding dengan beberapa sport tanah air. Tidak heran motor ini laris manis bak kacang goreng. Desain masuk disegala lapisan…..engine juga mumpuni. Sayang….untuk akselerasi hingga 100km/jam…..Satria kalah tipis dibanding Tiger sekalipun.? Hanya top speed dimana siSuzi hanya bertekuk lutut melawan Duke 200 serta Pulsar 200NS.? So…new Satria FU 150??. Piye bro…performa sudah sesuai ekspetasi belum??…..(iwb)

212 COMMENTS

  1. Motor Super buat Alayers….kasih ban cacing tipissss…..pengen banget nabrakin liatnya wkwkwkwk

  2. Ane rada” ragu ama hasil top speednya soalnya ane pernah nyoba ini motor punya temen ane keluaran lama, walau sesama dohc tapi ini motor termasuk lemot klo diajak rpm tinggi malah bagusan di rpm menengah ama akselnya, itupun barangnya masih baru dan std sekitar keluaran 2012 akhir lain hal klo yg keluaran 2006 / 2007 klo yg itu keluar banget karakter dohcnya, itupun ane tes cuma nyampe 123 kpj dan butuh trek panjang bangett, bb ane gak beruang” banget cuma 69 kg tapi bisa lah buat ngentutin Shincan teknology sotogp ama cebong klotok” 😆 😆

    Oohhh iya ini kan ngetestnya pake racelogic ya, koq sekelas majalah otomotif gak ngasih bukti foto ya kaya mas taufik, diphoto gitu?????
    Hehehehehehe :mrgreen: :mrgreen:

  3. si fu tu menurut ane gak pas buat komuter
    motor kecil gt haruse mengedepankan akselerasi atau rpm bawah

    coba bayangin aja, fu bs keluarkn tenaga baru pada rpm tinggi, sedangkan pada rpm dan kecepatan tersebut fu dah gak stabil, trus mau diambil apanya coba?

  4. Aslinya Yang di Bahas otomotif itu FU, nah mas Iwan menambahkan sendiri ke tabel perbandingan sport 200cc yang Sudah di tes sebelumnya……nah ternyata para fby Dan para salesnya yimm pada nga terima….kenapa?? yang mencolok mata itu Scorpio wkwkwk…. Udah paling gede ccnya tapi paling lemot Dan boros…nah pada protesnya disini bukannya ke otomotif 😆 …

    Dan Sudah jelas di otomotif di beritahu kalo tuh Klingon Kilimanjaro Kiriman dari yimm…masih Aja pake Alasan kalo yimm ngetest otomotif lha wkwkwk …oooi sales Yamaha .kalo mau ngeles cerdas dikit lha wkwkwk :mrgreen:

  5. Harus saya akui ada yg aneh ttg penilaian scorpi d sini. saya bukan si kalajengking riders. saya hanya penunggang GSX 250 biasa. tp masak kecepatan dan torsinya cuma segitu. saya pernah beberapa kali bersaing di jalan ma ni mtor dan ini motor ane akuin kenceng banget. begitupula beberapa testimoni beberapa teman.

  6. Dari segi keterbukaan kayanya masih lebih bagus blogger sekelas mas iwan dan mas taufik dibanding majalah otomotif, bahkan mreka berdua sampai merekam video hanya untuk menunjukkan keaslian tulisannya, dibanding majalah otomotif yang hanya mengasih data berupa tulisan dan tabel tok, yahh menurut ane klo cuma begitu anak SMA juga bisa :mrgreen: :mrgreen:

    Sorry soalnya ini ada kejanggalan ditambah dengan isu kenaikkan bbm, yahh tau sendirilah siapa dalang dibalik naiknya itu bbm 😆 😆

  7. Banyak yg di down-spec si Suzy FU, mmg klau urusan safety mah aman, body kecil tenaga diturunkan,cb kalau spec FXR di adop, body kecil minimal output tenaga 21 HP opo rak medeeeniii, juambak nguacirrr, lum kalau diupgrade bisa tembus 35 HP,tambah manyuzzz medeeniii, bokong blkg ngesooottt beraaat….hihihiiii,

  8. memang seharusnya satria FU harus d atas tiger. mesin dohc kompresi tinggi dengan bobot super ringan kalau gk salah pernah nimbang bobot kosong cuma 95kg. ya jg dlihat dr cc doang, technologi yg lbh penting.

  9. percaya atw tidak tp ane pernah adu drag sama tiger revo bisa menang 1 body lho pake safu 2011 standar..jd semua tergantung joki

  10. kok saya lebih suka kalo yang nge-review motor baru itu bloger independent ya….mas iwb kapan ngetest FU ini? trus jangan lupa sekalian test kawasaki bajaj pulsar yahhh… saya nunggu-nungguin artikel itu loh mas iwb… om tmc kayaknya udah mau dapet unit test PNS tuh.. ntar mas iwb ngetest juga kan????

  11. apakah scorpio yg di testing adalah versi waras???

    otoradians.blogspot.com/2013/07/perbedaan-ekonomi-yg-sakit-sakitan-dari-pemerintahan-soekarno-hingga-sby.html?m=1

  12. Kobay Z250 pada Juli 16, 2013 pada 11:57 AM@
    Motor Super buat Alayers?.kasih ban cacing tipissss?..pengen banget
    nabrakin liatnya wkwkwkwk
    ============================================
    nggak boleh gitu bro….mentang2 motornya besar…wkwkwk…saling menghargai aja!

  13. satria seksi bgt kalo yg naek cewek dgn tubuh biola,
    tdk cocok utk laki2 sejati,
    subjective
    but trust me,,,
    it;s true

  14. Terbukti bahwa ban cacing sangat membantu.
    Coba kalau berani ganti ban Satria FU ini dengan ban gambotnya NVL,pasti si Satria FU bakal diasapi sama NVL. Masalah konsumsi BBMnya pun masih irit NVL juga.

  15. Fbh pada kegirangan topspeed tiger lebih tinggi dr pd pio padahal jelas2 testernya bilang pio mbrebet di rpm tinggi dan terbukti dari grafik dyno. Tapi gak papa lah kan baru kali ini pio kalah sama tiger jadi nikmatin aja fbhahaha…

  16. Top speednya mampu mengalahkan motor yang ccnya paling besar sekalipun. Kenapa bisa begitu ya, ini termasuk PEMBODOHAN OTOMOTIF ga yah? Cc paling besar tapi tidak berbanding lurus dengan top speed, masak kalah dengan motor yang ccnya jauh di bawahnya? (Ini logika orang yang tidak melek otomotif seperti saya lho..)

  17. Jiaaaakakak banyak klonengan2 fby ngaku ngaku kalo bukan Scorpio rider or fby (biar keliatan netral) membela kalo hasil test scorpio lemots dan boros tsb salah :mrgreen: malah mengalihkan Isu utama dari Scorpio yang lemot ke tiger vs FU (ngarep dapet bantuan dari fbsuzuki 😀 )

  18. Om td diatas disebutkan ada penurunan dibandingkan suzi satria gen 1 kira2 berapa penurunannya juga bagaimana konsumsi bahan bakarnya.. Akhir kata ditunggu komparasi satria lama vs baru.. Hehe

  19. kalo menurut saya scorpio masih d atas Tiger..
    Lah saya pernah melihat pengetesan yg d lakukan oleh pihak bajaj karena mereka promo pulsar 220 nya di departemen teknik mesin Universitas Sumatera Utara, Medan Tahun 2012 kmaren..
    scorpio sangat mudah tembus 150 km/jam
    tiger rata2 d kisaran 144 km/jam
    CBR 150 (Old & New) dikisaran 142 km/jam
    satria Fu 141 km/jam
    megapro primus 128 km/jam
    dan OLd vixi cuma 122 km/jam

    percaya atau tidak ya begitu Lah adanya..
    kaLo saya sih percaya,,
    🙂

  20. ini majalah otomotif dg nama besar kog, mau testing ama motor mbrebet..
    Bloger aja kalo testride aja pake yg fresh ama sehat,. .

  21. motor seleksi alam cocok buat 165cm kebawah…..
    170cm++ ya honda Yamaha atau Kawasaki sekalian

  22. Setara tigi ternyata…
    tanurblog.wordpress.com/2013/07/16/hasil-tes-otomotif-adakah-yang-kecewa-dengan-performa-200ns-bisa-diakalinkah/

  23. ki Salim pada Juli 16,
    2013 pada 10:10 AM
    itu datanya valid g
    mas?? kok seakan2
    mengunggulkan FU.
    masak scorpio top
    speed cuma 125 km/
    jam sekelas HSX 125
    donk. ane sendiri
    pernah ngetes top speed
    scorpio punya kakak
    ane nyampe 135 km/j
    itu pun gas belum
    sepenuhnya kebuka?

    —-

    demi amplop semua bisa terjadi….
    wkwkwkwk…
    bloger jg manusia bung.. !

  24. jaos_konsumen biasa
    pada Juli 16, 2013 pada
    8:02 AM
    RIDICULOUS SILLY
    TEST
    again??..hahahha.
    monggo fbh silahkan
    debat kosong dan
    pembodohan otomotif
    kembali?..tabloid anda
    mensupport data2
    konyol anda fbh.
    hahahah hahah

    —-

    benar bro tabloid otomotif kan kitab suci nya para kutang…
    hahahahahah..

    motor lemot jadi kencang ya cuma ada di kitab ini….

    hahahahahah….

  25. Kok ada ya org bego ngasih statment gitu…. bndingin 130/kpj nvl sama pulsar y jlas lah kencengan zoons di atas kertas aja 23 hp vs 16.5 hp biar kata top speed sama performa di jalan tetep beda hahaha jgn2 ada yg trsungging gara komen ae kmren la wong ane ngatain tigong eh yg punya klingon ngamuk *orang bego silahken nyolot*

  26. Kok ada yg pitnah saya fbh…. saya kan fby kalo ngomong pake otak om jgn pake dengkul nuduh org seenaknya aje punya akal di gunain jgn nafsu di gedein hohohoho

  27. unggul power to weight ratio IMHO
    coba mesin FU ditemplokin ke rangka motorsport, blm tentu performanya kayak skrg

  28. 60. Ki – Juli 16, 2013

    Lihat tuh si qwerty karyawannya yimm lagi mencak mencak kabaka ran jenggot?.Dari sini keliatan siapa dia aslinya sbg sales garpu sendok wkwkwk?kebuka juga kedoknya tuh 😀
    —————-
    kayaknya ga mungkin deh ada sales disini,,
    sales mah uda cape ma kerjannya , pulang kerja ya langsung bobok,
    yg penting dpt gaji, bisa mkn,
    dpt bonus buat liburan
    ato bwat beli satria vixion ato cb 150,
    kalo sales pulang kerja trus disuruh debat lagi disini aduw, apa sih untungnya nyanjung2 honda ato yamaha, ga ada untung nya,
    kalo menurut ku lebih ke arah fans boy atau semacam analisa yg fair,
    silahkan dinilai sendiri ke arah yg mana,

  29. 87. Raito yagami – Juli 16, 2013

    CB150R=135 kpj
    NVL=132 kpj
    Fu=131 kpj
    di pilih- dipilih
    —————
    enak ya bisa kebut2 an,,
    gue sendiri bingung kebut2 an dimana,
    susah nyari track yg bisa tembus 100kmh+
    jadi percuma juga bisa top speed 200kmh, tapi dlm sehari2 ga pernah dipake,
    mending cari mtr yg nyaman putaran bwh nya macam cb 150 atau byson, ingat cb 150 bukan cbr,
    tapi ntah juga yg selera pembrani , kebut2 an di kota no problem hehe,
    ur choice

  30. 86. cbr 150 – Juli 16, 2013

    Wahh cbr 150 penyimpangan nya sdikit sperti ulasan kang IWB (133km/h = 130km/h) wktu itu, dan mengingat topspeed bisa tembus 157km/h satria jauhhhhhhhhh]
    ==============

    kalo bisa bahas cbr150 lagi kang,
    lagi butuh solusi utk stang getar yg tdk dpt diselesaikan bengkel ahass,
    masalahnya bedaiin bengkel ahass yg grade a ama grade c sulit,
    tapi denger2 ninja 250 stang nya juga ada yg getar. itu solusinya gimana?
    semcama pakai bandul pemberat?
    kayaknya ga ngefek sih,
    getaran di karenakan mesinnya yg over getar, trus nyalur ke stang,
    baut mesin uda di kencengin, masih geter,

  31. @Iwak banaran
    ===================================
    motor ente CBR Minerva kali…
    😀
    😀
    😀

  32. kq tambh rame koar2 para fby mcam ja0s, qwerty dll, tmbh akeh anggotae, tmbh rame gra2 jualane yamahmud tmbh berkurang, kalah ama h0nd0ng0, makanya krjanya dialhkan jd sales skaligus ngeBC merek yg lge laris biar THR makin bnyak, mas-mbk byasae gak sah ngeyelae, kalem ae 0ke br0o krj0 seng halal, netral tnpa ngeBC it indah, Punya bnyk tman lbh baek dr punya bnyak msuh.

  33. dari zaman Shogun 125, FU, Thunder. anehnya suzuki nyekek pilot jet dngan ukuran sangat kecil yaitu 12.5

    apa karna ingin dibuat irit ya, tapi menurutku malah jadi cepet panas ke mesin.

  34. 144. New Vikong Lorencong? – Juli 16, 2013

    @Iwak banaran
    ===================================
    motor ente CBR Minerva kali?
    ——————————————————————————–
    kyakx sih benar adanya bro,, cbrnya mungkin pake mesin minerva ato klo ga stangnya pake stang mio yg super getar,, hahha,,, ckckck mana ada coba cbr yg stangnya getar kyak gtu,, hihihi,,

  35. @iwak banaran
    Kasian banget kamu….udah ngeluh soal cbr150mu ….eh mulai dituduh fbh kalo itu minerva….bahkan sampe dibilang GAK ADA cbr150 yg stangnya getar….konyol banget tuh fbh…..hahhahah

    Mgkn krn kamu ngeluhnya berulang2….jadi bikin aktivitas jualan dan pembodohan otomotif fbh jadi terganggu…sampe tukang hoaxnya aja mulai gatelan komenin mtrmu itu.

  36. kenceng sih iya, ringan gitu, coba aja ngebut dijalan bergelombang sama trek banyak tikungan. udah pernah coba diadu jg kan di sentul. jauh dah dibelakang.

  37. DOHC paling LEMOT di
    dunia kang !!! @_@ Lah
    wong 150cc, bobot
    cuma 107, top speed
    cuma dapet 130an??
    Weleeehhh?..
    ??????????????-
    namax juga dohc abal-abal. byzon kenceng juga klo pake body bebek.
    cuma org bego blg satria 150 kenceng (pembodohan otomotif)
    ————————————————————————————-
    agree..

Comments are closed.