iklan iwb

Bro dan sis sekalian……menyambung artikel review singkat tes ride Honda CBR150R, tidak puas rasanya jika kita belum menggali akurasi speedometer? bawaan. Maklum…..sudah rahasia umum kalibrasi penunjuk kecepatan antar merk berbeda. Ada yang menambah 10%…bahkan tidak jarang sampai melenceng 15%. Tujuan memang positif…untuk safety reason. Hanya saja, jika terlalu lebay kadangkala membuat kita merasa tidak nyaman. So……seberapa akurat speedo digital CBR150 FI vs GPS? Mari kita intip sama-sama……..

Perlengkapan yang IWB gunakan persis seperti pengetesan motor lain sebelumnya yaitu aplikasi Runtastic yang diintegrasikan dengan perangkat BB. Hal ini tentu saja bukannya tanpa alasan yakni agar kita bisa membandingkan secara langsung dengan kuda besi yang pernah IWB tes. Sejauh ini…record paling akurat melawan GPS Runtastic dipegang oleh Yamaha Byson serta TVS Apache (speed diatas 110km/jam penyimpangan pada kisaran 7-8%). Sementara yang paling besar penyimpangannya dipegang oleh Kawasaki Ninja 150L (kisaran 20%) dengan kecepatan plus minus sama. Nah…sebagai pendatang baru motorsport fairing Honda yang dibekali speedo digital, kehadiran CBR150R FI mengusik IWB untuk melakukan komparasi dilapangan. Dan inilah hasilnya….

iklan iwb
Kecepatan speedometer 60km/jam CBR150R setara dengan 58,7 GPS

Runtastic start, indikator berwarna hijau tanda GPS connecting…..recording dan motor mulai melaju pelan. Kecepatan sengaja dipanteng mentok 60km/jam on speedometer. Setelah dirasa cukup….menepi ditempat aman, merogoh saku….ngintip layar BB, hasilnya 58,7km/jam. Hhhmm….nyaris akurat. Saving dan tes kedua dilanjutkan. Mengulang prosedur awal….kali ini siDOHC engine IWB geber pada kecepatan 90km/jam on speedo. Stabil pada angka yang disebutkan….melibas jalanan lurus nan lancar, tidak menunggu lama berteduh dipinggir trotoar guna mengintip recording GPS. IWB serasa tidak percaya. Yup, display tertera angka 88,9km/jam. Koq nggak ada perubahan ya 😯 . Lazimnya semakin tinggi speed, penyimpangan makin besar. Tapi CBR injeksi tidak!!. Pabrikan tetap menjaga pada persentase identik. Karena penasaran, IWB bertekad menggali akurasi pada kecepatan yang lebih tinggi…..

Speedometer 90km/jam CBR150R setara dengan 88,9km/jam GPS

Mbetot gas masuk gear 4 upshift ke-5 menuju final gear 6, terus digeber…..IWB panteng pada kecepatan 133km/jam. Bukan hal mudah menjaga speed stagnan pada kisaran yang IWB sebutkan. Deru angin terasa kencang menerpa helm serta badan…..tapi inilah kelebihan fairing bike, anteng tidak ada gejala goyang membuat proses komparasi berjalan santai. Setelah sekitar 2 km…..close throttle, tuas rem ditarik….pelan-pelan minggir ditempat aman. Merogoh saku…stop recording GPS, dan hasilnya??…makin mengagetkan brosis 😯 . Diluar dugaan, display GPS tertera angka 130.5km/jam. Ediannn tenan!! 😕 . Penyimpangan tetap minim kendati pada kecepatan tinggi sekalipun. Artinya….kalibrasi speedometer bawaan Honda CBR150R FI nyaris akurat ketika disandingkan GPS Runtastic pada rentang low ataupun high speed. Maka….jika dikalkulasi, ketimpangan tidak melebihi 2%, record tersendiri yang membuat IWB sempat terbengong-bengong…….

Last….tidak diragukan penunjuk kecepatan Honda CBR150R on speedo hampir sama dengan GPS. So….jika sampeyan melaju diatas jok motor berbanderol 34jutaan tersebut, kudu lebih ekstra hati-hati sebab untuk ukuran kubikasi 150 4 tak, sensasi memang anteng dan menipu. Mesin senyap, jebule akurasi speedo nyaris 100% melawan GPS. Dadine lek pecicilan moro-moro…..duarrrr, entek ceritane :mrgreen: . Kemudian bagi motor lain, kayaknya butuh ekstra speed tuh untuk jejerin sifairing. Karena ketika CBR150R melaju 130km/jam….bisa jadi tunggangan sampeyan harus lari 140km/jam on speedo. Sebuah angka yang cukup berat dicapai motor 150cc 4 stroke standart. CBR150R?? Memang kencang beneran brosis…..(iwb)

Speed 133 km/jam speedometer CBR150R setara dengan 130.5km/jam GPS

601 COMMENTS

  1. @Roy
    memang AHM dulu agak kurang sensitip dengan produknya” yg penting laku di jual”

    tapi kalau kita liat sekarang kayaknya udah mulai berbenah,
    mungkin merasa tersaingi oleh kompetitor,

    kalau ane amati sejak lahir REVO 110 itu sudah menunjukkan perubahan.design cover body yang di bikin begitu,menurut saya sudah bagus untuk kekuatan material plastik agar tidah mudah getar/patah (di bagian buritan).kemudian di segmen matic juga udah mulai berbenah (walau tipis tapi kayaknya di design kuat untuk getaran).di sport juga keliatan sedikit berbenah untuk urusan body plastik udah ga gampang ambrol lagi kayak covernya sport sebelumnya terutama di bagian cover lampu belakang.

    semoga kedepannya bisa lebih bagus lagi terutama di bagian tangki untuk produk sport nya yang udah terkenal tangki bocor.

  2. @Sendal Jepit

    eksistensi gw disini bukan mw mebakar tapi untuk pabrikan supaya memperbaiki kualitasnya… Honda sekarang beda dengan Honda dulu…

    Honda dulu GL 100 aja bisa bejaban ama King untuk touring…
    Win 100 aja cakep buat naek turun gunung, untuk ukuran 100cc lumayan… lha sekarang? apa bagus nya dari NMP n Tiger?

    gitu2 aja gak berubah… CS1 bagus tapi isi bensin masih dibawah jok… padahal tinggal ganti ke depan kek athlete gak bakal jadi blunder itu…

    kualitas plastik CS1 juga bagus kok…

  3. pantesan..waktu ane dibonceng pake motor ini jalan 60 kpj kok kayaknya udah kenceng bgt perasaan..
    beda ama sekupi ane jalan 60kpj on speedo berasa masih kurang kenceng.. :mrgreen:

    btw yang klaim bisa tembus 140-an bener ada nya dong?? serem kayak apa digampar angin dikecepatan segitu..

  4. 99. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – September 6, 2012

    @84

    asli gw paling benci orang yang menghina fisik dan menghina dengan kata kebun binatang?

    paling benci gw? kalo meremehkan motor its ok lah, no big deal tapi pake kata kebun binatang? lu gak menghargai ciptaan Tuhan berarti?

    biar kata lu gede n serem juga gw gak takut sedikit pun?

    …………………………………………………………………………………….

    biarin aja bro,
    nanti juga diem sendiri( emank udah diem :mrgreen:)

    • @ nak muda
      Tidak punya unit testingnya mz. Jadi nggk bisa jawab….
      @ ciaaaa
      Final top gear maksimum belum bisa menggali mzbro soale susah cari trek yang mendukung (wajib nunduk ditanki masalahe). Begitu pula berapa detik….tidak bisa jawab karena minus alat pengukur. Mau merekam pakai video dah diwarning sama nyonya rumah kala ngetes Z1 :mrgreen: . Kalau kira-kira juga kurang afdol rasanya. Mungkin ada penunggang CBR yang bisa membantu dengan didukung data?
      @ qiqiququ
      Tq mzbro…
      @ mantep
      Tahan bro, jangan nafsu hehehe…
      * oh iya, lupa. Untuk CBR yg saya tes pakai bensin super merk kerang mz…
      @ ute
      Mantep share infonya. Btw…berapa meternya saya kurang merhatiin mz, soalnya testing melaju dulu alon-alon. Untuk gear 6 bener mz…nggak ngempos alias tetap nanjak terus. Estimasi pribadi nih motor bisa tembus 140-145km/jam selama trek mendukung (panjang) dan joki nunduk
      @ Roy
      Bro…bener mzbro. Tlng hindari kata-kata binatang “nji**” ataupun nyerang personal. Saya sangat menghargai jika mz roy bisa memilih kata-kata lain. Maturnuwun supportnya mzbro. Tanpa sampeyan semua, Blog ini tidak ada artinya. Tq
      @ all
      Kembali saya ingatkan brosis sekalian….debat boleh. Nyerang produk monggo mawon. Tapi tolong jangan nyerang personal, menggunakan kata-kata toilet ataupun binatang serta kata tidak senonoh lain. Mari kita adu debat secara cerdas. Maturnuwun dan monggo dilanjutken :mrgreen: ….

  5. busset sih roy rider tua bangka bau bangke ada aja yang di BC gak dimana-mana cuma cari permusuhan dan perselisihan kasihan nih orang punya gangguan jiwa kali yah sama seperti rekan rekannya

  6. @ciaaaaa

    dia pikir punya N250 dia berarti gagah apa… dia berarti orang lama… pake nick baru, gak berani pake nick asli… dan ini nick gw… dan ini lah gw… gak perlu ganti nick aneh2…

    orang yang gonta ganti nick = pecundang…
    cuma pecundang yang gak menghargai dirinya yang gonta ganti nick…

    @84

    ini gw, dan ini nick gw…

    😆

  7. kadang2 gw kasihan ama old piksen owner, motor semprot udah radiator, injeksi kok rem tromol yah ? gak ky new mx dan bebek kompetitor udah pada dbl disk brake. andai ada yg pke jg variasi..sungguh kwaci….syukur ada new piksen pelek lebar dbl disk…tapi kapan kluar…?

  8. Roy (X-Road Wannabe – Trellis Edition) – September 6, 2012

    @ciaaaa

    kalo dibawah 17 detik berarti lebih kencang dari pada Z1, kalo diatas 17 detik, berarti dibawah Z1 aksel nya.

    ————————————————————————–

    ya ile lg ngmongin mongtor semprot… msh smpt2’y bhs bebek, susah jg klo kls’y cmn bebek dah gitu paling berisik lg…. :mrgreen:

  9. @roy
    bagus roy nawaitu lu …. semoga di dengar oleh petinggi” ATPM.

    back to topic.
    nah ini juga ane ga abis pikir,kenapa HONDA WIN yang notabene motor yg di design untuk angkut hasil panen dari sawah ke pasar kualitas tangkinya masih lebih bagus di banding SPORT produk AHM yang lain.
    ane juga demen banget ama desig WIN yang sederhana tapi elegan.

    semoga dengan kemajuan teknologi dan perkembangan jaman ga menurunkan kwalitas produk
    walau produk lokal kwalitas harus bisa bersaing sama produk global.

    jangan cuma ngambil untung ajah di gedein.

  10. @Sendal Jepit

    thats why I Love Honda Win n GL 100 but not Tiger n NMP…
    Win 100 itu sederhana, simple tapi bertenaga, eksistensi nya bukan untuk kebut2an tapi untuk commuter dan naek turun gunung tanpa perlu kehilangan napas…

    GL100, motor paling bandel dijamannya… sekarang ini tidak ada padanannya pula

    cmiiw

  11. 115. Sendal Jepit – September 6, 2012

    @roy
    bagus roy nawaitu lu ?. semoga di dengar oleh petinggi? ATPM.

    back to topic.
    nah ini juga ane ga abis pikir,kenapa HONDA WIN yang notabene motor yg di design untuk angkut hasil panen dari sawah ke pasar kualitas tangkinya masih lebih bagus di banding SPORT produk AHM yang lain.
    ane juga demen banget ama desig WIN yang sederhana tapi elegan.

    semoga dengan kemajuan teknologi dan perkembangan jaman ga menurunkan kwalitas produk
    walau produk lokal kwalitas harus bisa bersaing sama produk global.

    jangan cuma ngambil untung ajah di gedein.

    ……………………………………………………………………………………………….

    ia juga yaaaa,
    jarang ada kabar honda win tanginya bocor,,

    ane sering dengar keluhan dari pengguna tiger, megapro, GL,

  12. @84
    disinyalir loe lagi ngumpet diketek emak loe gara2 takut ma si roy..
    Dasarrr benconggg.,motor ma bacot aj yang lo gedein cong cong…pakai hotpants sana naik ninin250nya…
    Ninin karbu aja loe banggain..motor jadull..
    Dasarr kere belaga sombong..
    Punya ninja250 aj bangganya minta ampun..

  13. wuih mantap. . .
    Bisa bejaban ma ninin r nui. . .

    Mas usul kalau uji top speed sertain juga data aksel dan panjang treknya.
    Supaya pembaca bisa meraba si kuda besi lebih dalam lagi.

  14. @om tigong69
    AHM impor diubah dikit om
    yang versi IU di tangkinya ada penangkap uap bahan bakar kalo yang versi AHM ga ada
    ECUnya juga dirubah biar bisa nenggak premium kalo versi IU pasti ancur dikasi premium
    dapet dari forum kaskus :mrgreen:

  15. tau gak CBR150 ini komponen IACV (iddle air control valve) nya digaransi!!! letaknya kalo ga salah di throttle body (CMIIWW)!!! IACV = klep udara (mengatur flow udara)!!! mosok si iwak tempe berkata IACV = choke!!! khan choke itu mengatur flow minyak!!! mana dikata ada tuasnya kayak choke ini!!! di mana yach letak tuasnya??? 😆

    sepertinya nick iwak tempe ga bakal nongol lagi!!! :mrgreen:

  16. saya sebagai fbyahomo terganteng dan tersmart mewakili gitar f310 saya tidak suka dengan artikel ini

    dengki dan iri hati saya

    ============

    salam new kaleng klingon vikison ver 2.0

    ?Mau ngebut di mana sih??
    ?Motor retro udah ketinggalan jaman?
    ?motor fairing tidak cocok di indonesia?
    ?isu dari mana bakalan ada mio soul baru??
    ?Yamaha Byson dari Thailand Banyak yang Tidak Lolos Standar?

    (tertanda eko si tokai lover) :mrgreen: ?.

  17. vixion & satria F adalah motor yg punya value tinggi mas bro…..mas IWB kan dah pernah bahas, kalo mereka yamaha ma suzuki gak keluarin to mungkin AHM masih santai jual tiger & megapro lama juga mungkin gl max….gak ada ceritanya cs 1 atau si K15 teralis…..,yg salah bukan HONDA tapi AHM yg mata duitan,…..korup melulu,…..motor di kebiri demi dpt untung gede……..BBM aja juga di kebiri….. bandingkan ama thailand yg BBM dah lebih bagus, padahal negara kita ini kaya tapi orangnya mental korup semua…..,

  18. @roy
    wah..loe sok jagoan bgt bro..
    Komen santai aja.,kaga usah ditanggepin..
    Orang2 kyk tadi cuma bacot doang.,palingan gw yakin .,dia sempaknya pink gambar hello kity.,bancii gt lohh..
    Ato kalo gk dia naksir ma elo bro..
    Wkwkwkwkkwkw

  19. simpangan baku 1-2% an kayak gini cuman bisa ditemuin di mongtor CBR150 ini!!! mongtor AHM mah terkenal lebay speedonya!!! kecuali CS1!!! 🙄

  20. Spt di forum cysers dan mx rider, mx dan CS1 yg lari dgn speed sama, di CS1 nunjukin angka 105 kmpj, di MX udah 120 kmpj lebih.
    biar keliatan kenceng kali ya?
    padahal lemot

  21. motor_gembel_tapi_bangga_selangit_seakhirat – September 6, 2012

    @roy yg motornya gembel tapi bangga?nya selangit
    Wahahaha..dibandingin sama Z1..goblok banget,sekalian aja bandingin sama motor sampah 2tak lo yg suka lo bangga2in bisa libas ninja 250..mana motor 2tak lo njing..gw tantang pake ninja 250 gw jarak 100meter aja..jangan omong doank lo njink..ketemu sama gw dikawasan sabtu mlm jam 9..miskin aja belagu lo njink,pantes aja hidup lo miskin..bruakakak
    Inget gw tunggu lo njink..gw pake ninja 250 biru..ga dateng banci lo njink..sumpah kalo ketemu pengen gw tabrakin motor gw ke motor sampah lo..

    ===================

    dulu agen saya ini kalo ga salah namanya itu Roy Terasi juga nantangin balapan anak ninja er6n balikpapan sama motor 2 taknya

  22. 134. CS1 – September 6, 2012

    Spt di forum cysers dan mx rider, mx dan CS1 yg lari dgn speed sama, di CS1 nunjukin angka 105 kmpj, di MX udah 120 kmpj lebih.
    biar keliatan kenceng kali ya?
    padahal lemot’

    …………………………………………………………………………………………

    ini lagi bahas motor batangan sob,,,
    😉

  23. @mas iwb

    komeng saya di hapus deh gpp… sorry kalo saya nyampah dimari…
    maaf banget…

    @briptu

    orang nya gw tungguin gw dateng, gak ada KING, gak ada Vixion apalg alfa…

    cmiiw

    @jimmy

    sorry, kalo masalah itu. cuma kalo menyerang fisik gw suka gak terima. kalo sifat masih ok lah. sebab sifat itu dibentuk oleh individu sedangkan fisik itu terlahir seperti itu.

    cmiiw

  24. Roy (X-Road Wannabe –
    Trellis Edition) pada
    September 6, 2012 pada
    8:18 AM
    60. tiger 26 ? September 6,
    2012
    somplak ente klo ngemeng
    kyk gt?smua produk honda
    itu global,kualitas dan
    material sdh sesuai standar
    baku honda jepang?yg
    pnting honda mau imporin
    ni si cibi?yahomo?boro2
    rusak 15,tuh ckp ksh piano
    asli jepang!
    ????????????
    ????????????
    ?
    quote of the month?
    tengki bocor = std global
    Honda jepang?
    ###################
    selama 8 taon plus 4taon ane pny tiger…skalipun ane tdk prnh mrasakan kebocoran tangki…yg ane rasa malah bibir ente plus grombolan,bro yg bnyk ngupas bocor ttg tangki…ente sdh nanya 1per1 pengguna tiger d indo?
    @@@@@@@@@@@@@@@@@@@

    jimy pada September 6,
    2012 pada 8:19 AM
    @tiger26
    yang pastinya CBR bang..gk
    tiger kyk punya loe..mesin
    haw2,tangki bocor.,masak
    kalah ma piksen yg 150cc
    SOCH.,yg sering di BC ma
    kutanger kutanger kyk anda
    ##########################
    mslh mesin relatif lama krn mesin era kaizen…tp kualitas mesin tak ada banding,uda bnyk kok rekan dan kwn ane sesama penggemar turing,…si pixie ngowos alias lost power klo d ajak brlama2 turing…ane awali dr bnyuwangi mau k jkt…apa yg tjd?uda smarang…tarikan mulai berat buat pixie,tiger….ooo…joss,bro…gmn klo kyk gt?

  25. baru tau ninja L on speedo nyimpang jauh …20% bro,,, pasntesan banyak yg ketipu,,. ngakunya 150 kpj, padahal on gps cuma 120kpj…
    weleh2 😀

  26. roy @ manteb gl bro, penah iseng ngedrag ma gl black engine tandem ma 2 tak butut ane, ampe nyendal2 gitu, tampangnya crosser street banget, kangen ma tu orang kapan ya ketemu lagi :maho 😆

    eh tadi bau sangit ya disini ampe ada yang songong ngebanggain ninin 4 taknya, awas di atas langit masih ada langit ga usah hard feeling deh debat aja ampe berantem gt, beda class bung saling hormat aje ye :mrgreen:

    salam 2 tak bung roy, tringgg

  27. @whitesmile

    GL Max aja ada yang sanggup ngembat Ninja L…
    dijabodetabek, daerah jateng gitu ada mekanik spesialis GL engine. bisa membuat mesin 4 tak > 150cc 2 tak yang powernya 30ps… gilaaa.

    eniwei, ninin 4 tak yang gw embat itu di kemacetan jalan cibitung, salip2 an diantara truk kontainer n bus AJK.

    bawaanya boleh Ninja 4 tak 250cc tapi nyali nya mental tempe… dipikirnya gw gak pernah ikut bali apa…

    😆

    salam 2 tak never die…

Comments are closed.