iklan iwb

Mengakhiri paruh pertama tahun 2012, AHM berhasil meningkatkan pangsa pasarnya cukup signifikan menjadi 56,8% di pasar sepeda motor domestik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang hanya 51,8%.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada periode Januari-Juni 2012 penjualan sepeda motor di pasar domestik tercatat 3.702.354 unit atau turun 8,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 4.056.075 unit. Dalam kondisi pasar yang melemah ini, AHM tercatat sebagai salah satu produsen yang mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan yaitu dari hanya 2.099.349 unit menjadi 2.101.881 unit.

Penguatan pangsa pasar sepeda motor Honda pada semester pertama tahun ini terjadi hampir di semua segmen. Di segmen skuter otomatik, skutik Honda jauh meninggalkan para pesaingnya setelah meraih pangsa pasar 64,7% melalui angka penjualan 1.409.337 unit, melonjak 31,1% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 1.075.336 unit atau 53,2% pangsa pasar.

iklan iwb

Di segmen skutik ini, Honda tercatat sebagai satu-satunya produsen yang mampu menikmati pertumbuhan pasar yang meningkat 7,6% dari 2.022.228 unit pada semester I 2011 menjadi 2.176.634 unit. Saat ini AHM memasarkan sejumlah model skutik, yaitu Honda BeAT, Honda Spacy Helm In, Honda Spacy Helm In PGM-FI, Honda Scoopy, Honda Vario Techno 125 PGM-FI, dan Honda PCX 150 PGM-FI.

Di segmen bebek, AHM juga berhasil meningkatkan pangsa pasar produknya melalui beberapa model andalannya seperti Honda Supra X 125, Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI, Honda Absolute Revo, dan Honda New Blade. Di segmen ini pangsa pasar Honda tercatat meningkat menjadi 58,3% setelah mengantongi angka penjualan 609.932 unit. Pada periode yang sama tahun lalu, pangsa pasar Honda di segmen bebek hanya 56,1%.

Dominasi Honda di segmen bebek ini jika dirinci dapat terlihat di setiap segmen. Di segmen cub mid low <125 cc, pangsa pasar AHM tercatat 53,7% setelah berhasil membukukan angka penjualan 324.456 unit. Pada Semester I 2011 tercatat pangsa pasarnya hanya 52,3%. Penguasaan Honda lebih besar terjadi di segmen cub high end >125 cc. Pada semester I tahun lalu pangsa pasarnya tercatat 63,5% sementara pada paruh pertama tahun ini tercatat 64,5% setelah berhasil mencatat angka penjualan 285.476 unit.

Di segmen sport, sepeda motor Honda juga mendapat penerimaan yang positif dari masyarakat dengan angka penjualan 82.612 unit atau 17,2% pangsa pasar. Di segmen ini AHM memasarkan Honda New Mega Pro, Honda Tiger, Honda CS1, Honda CBR 150R, dan Honda CBR 250R….(AHM PR/iwb)

126 COMMENTS

  1. Gila Hitungan kasar aj deh ambil rata

    4.056.075 unit x Rp 15.000.000 =……??!!!

    Edyyaaan!!!

  2. 45. yellowduck – Juli 12, 2012
    maaf2 ni ya kalo ada fans yamaha yang kurang sepaham sama pendapat saya?
    salahnya yamaha cuma satu, sombong ketika berada di atas angin. lewat slogan2 dan iklannya yang propokatif justru membuat sebagian kecil orang (termasuk saya pribadi) menjadi tidak simpatik lagi dengan yamaha. padahal dulunya saya care banget sama produk2 yamaha di banding produk honda.
    semakin kesini harga unit yamaha udah terasa over price di banding kompetitor. sementara fitur berbanding terbalik dengan kompetitor.
    harapan saya smoga yamaha bisa kembali fight seperti tahun2 yang lalu biar makin seru, konsumen makin untung.

    Setubuh….. kadang ymh terlalu jumawa klo lagi diatas angin… sm iklan yg kurang mendidik. klo soal plagiat2an dua2nya sama newblade ktnya nyontek jupiter z tpi fino apa ga nyontek scoopy. inttinya biar mereka berjalan bersama dengan persaingan sehat. konsumen yang menilai.

  3. HONDA IS THE BEST…..NSR 150 SP N CBR 150 REPSOL bukti kl Honda gak mw tanggung bikin motorsport…..banter, good looking n mendunia…..eh ada rem cakram belakangnya looh….yg penting image balapx dl n nyenengin FBH dl….kl mslh laba, lwt matic n bebek udh lbh dr ckp…hmm perhatian bgt m konsumenx…gak salah pilih HONDA…..tul gak ?

  4. padahal produk yamaha teknologinya lebih bagus, lebih keren dan kualitasnya lebih ok lho.
    orang pintar pilih yamaha.
    #thole mode on

  5. FBY mah gak liat data kayak ginian, orang beli merk saingan dianggap bodo2 gak tau kualitas bla…bla…bla, yang smart pilih sport yamaha [Sport honda belum keluar kalo keluar trus ternyata meledak gak tau ngomong apalagi]

  6. sambil “ngorok,blethak,coak,tank bocor owor-owor” aja masih menang ck ck ck ck

    ***sambil nglirik tkg BeCe***

  7. Simple aja, Teknologi lebih bagus, desain lebih keren, kualitas lebih ok itu kan kata-kata anda, kata konsumen bisa berkata sebaliknya, persepsi dirubah dengan pengalaman orang banyak khususnya orang-orang dekat bukan statement dari anda-anda yang belum tentu pakai

  8. @pitung kasarung
    Menurut saya, karena
    ROSSI (46) sudah tidak di
    YAMAHA.
    coba kalau masih di
    YAMAHA, yakin 100%
    nyalip penjualan HONDA. contohnya saya sendiri
    pindah dari MX ke Supra
    Helm In cause gak ada 46
    lagi. mau beli ducati
    kantong gak kuat.
    heheheheheheh
    ==========
    Ad benernya jg bro, dlu wktu ane remaja “motor at cumn ad 2 merk YAMAHA & merk lainya”. Tdk lain karena ad abang rossi yg yemplak d M1. N yamaha itu identik dgn kenceng.. Klo skrg ane mlh motor ea brdsrkn spesifikasi ssuae kbtuhn n k’mampuan pastinya,,

  9. Dani Pendosa pada Juli
    12, 2012 pada 3:30 PM
    yang dulu pake Honda,
    lalu beralih ke Yamaha?
    PASTI akan kembali lagi
    ke Honda?
    Udah tah
    kelemahan2nya
    soalnya?
    ————————
    Anda menyindir saya? Hehe….
    Kelemahan umum dari ‘Y’ yg membuat saya tidak merasa nyaman scr fisik n psikologis -tidak perlu saya sebutkan- tapi orang lain bisa saja punya pengalaman berbeda

  10. yamaha sudah mengakui kelemahannya kok…tuh di iklannya jupi fi dah ada; YAMAHA SEMAKIN KETINGGALAN LAGI….. blunderdari dulu… ini tukang advertising yamaha goblognya kok ga sembuh2,,,jengkuwell aku~

  11. Pengalaman pribadi: Saya pake s**l gt, baru beli, kecewa berat, asli…ga ada tenaga..ngos2an, diasepin terus sama motor lain, cuma bisa lbh cepet dari bapak2 yg udah sepuh naik motor lawas. Rencana mau ganti v125 ajalah. Ngorox gpp..yg penting valuenya lebih banyak. Sorry to say..but it’s true.

  12. ternyata bloger2 diatas 99,7 % fans honda berat.ya.dah dibayar berapa ya mereka am ahm 20 milyar kayaknya dibagi2 mereka untuk menjelin merk sebelah.maunnya honda no 1 selamannya sampai sak matine urip siip?terlaris termewah tercanggih yg lain jadul aj?bagus itu.sangat disayangkan piye neh.gak enak bacannya.

  13. Ahahahaha….
    FBH pada kalang kabut…..takut kalo honda makin amble pamornya..
    Nihhh kalo di sirkuit..:
    – Tiger vs scorpio …menang sapa.?? ….jelas scorpio
    – NMP vs vixion …menang sapa.?? …….pasti vixion
    – megapro lama vs vixion …menang sapa.?? ….vixion lahhh…
    – NSR 150 vs TZM 150….menang sapa.?? jelas TZM 150
    – CBR 600 vs R6 …menang sapa.?? …R6 dong…
    – CBR 1000 vs R1 …menang sapa.?? pasti R1
    – CS1 vs F1Zr …menang sapa.?? jel;as F1Zr
    – CB 1000 r vs FZ1 …menang sapa.?? udah pasti FZ1
    – Jupiter vs blade …menang sapa.?? semua tahu jupi juaranya…
    – Jupi MX vs supra 125 …menang sapa.?? se indonesia jg tahu kl MX lah yg menang….
    – CBR 150 vs jupi MX blok vixion …menang sapa.?? liat youtube sono… MXion yg menang…
    – Beat drag vs mio drag …menang sapa.?? MIO is the best.. 201m tembus 7 detik…xixixi…yg mio thailand sono dah 6 detik tuh..
    ………..
    ….mau apa lageee…???

  14. maaf sblmny,jjr kcw dgn honda blade lawas saya.dudukan lmpu besar patah cm krn gntg brang dikiri n kanan fairing menurut mekanik.
    mnrt saya selain material yg krg bgus, designer honda jg malas utk menciptakan sambungan yg kuat dan presisi dmn bru genap setahun saya sudah mdptkn fitur getar di spatbor dpn

  15. marketing kompetitor harus agressive khususnya marketing lapangan
    Jualan produk jangan hanya tawarin produk kasih harga lalu tinggal. Gimana mau laku .kebanyakan Konsumen biasa khusunya pedalaman hanya tahu apa yg dia lihat (fitur,Design, harga). Percuma walaupun motor tersebut punya teknologi canggih tapi masyarakat tidak tahu kan sama aja . Teknologi kan ada di dalam alias gag kelihatan jadi orang melihat hanya dr sisi fitur+ harga doang gag tahu jeroannya seperti apa . jadi jelas harus lebih agreesive dlm menawarkan produk lain halnya dengan orang yg dapat menggali info luas dr dunia internet, jadi dapat memilah-milah mana yg baik dan mana yg buruk .
    Ditambah lagi perang terhadap MINDSET dan BC yg selalu membayangi . Banyak orang tertipu karena BC dan mindset !

  16. Yamaha blunder di MIO J dan SOUL GT

    yg seleranya rendahan aja yg mau beli Mio J dan Soul GT

  17. So jadi harus dibarengi teknologi sebanding dengan harga yg diberikan terutama Kualitas tidak dikurangi Jangan sampai Kualitas dikorbanka hanya untuk mencapai harga yg minimal .
    ingat konsumen jangan mau dijadikan “Pemuas Produsen” karena kualitas di turunkan demi mencapai harga minimal.

  18. Menurut saya, artikelnya mas IWB tentang market share ini cukup bagus, walau pun pembahasannya menonjolkan salah satu merk namun penyampaiannya netral, tak punya tendensi apa-apa, bahasanya enak dicerna dan yang jelas tidak provokatif seperti beberapa blogger lain yg membahas topik yang sama.
    Sayangnya, artikel yang bagus ini dikotori beberapa komentar tidak bermutu dan kurang cerdas dari para fansboy entah itu fansboy A atau B atau yang lainnya, yang ujung2nya saling ejek, hina, dan menjurus kepada perpecahan, dan out of topic.
    Sekedar mengingatkan, untuk para fansboy hormatilah tuan rumah. Yuk saling menahan diri untuk tidak saling menyerang… itu kurang bermanfaat, dan yang jelas tidak bernilai pahala malah mungkin berpotensi mengundang dosa…
    Mari berkomentar yang cerdas…

  19. Daripada ente-ente pada bece gak karu2an mending jualan sono, dibuktikan saja omongan ente-ente kalo produknya paling baik, percuma ngomong aja gak jelas

  20. Bebek honda terbaik ya menurutq Supra X 125 series(kecuali helm in)

    . . . .Taste supranya dari dulu sampe sekarang masih terasa,makanya yamaha ga buat,soal’e konsumen pasti ga akan kelain hati kalo di type moped 125,daripada Blade melulu,Supranya aja di refresh,tapi jangan dihilangkan Tastenya(kasus Supra Helm in),semoga AHM mendengar. . . .

  21. 71. didik – Juli 12, 2012

    Ahahahaha?.
    FBH pada kalang kabut?..takut kalo honda makin amble pamornya..
    Nihhh kalo di sirkuit..:
    – Tiger vs scorpio ?menang sapa.?? ?.jelas scorpio
    – NMP vs vixion ?menang sapa.?? ??.pasti vixion
    – megapro lama vs vixion ?menang sapa.?? ?.vixion lahhh?
    – NSR 150 vs TZM 150?.menang sapa.?? jelas TZM 150
    – CBR 600 vs R6 ?menang sapa.?? ?R6 dong?
    – CBR 1000 vs R1 ?menang sapa.?? pasti R1
    – CS1 vs F1Zr ?menang sapa.?? jel;as F1Zr
    – CB 1000 r vs FZ1 ?menang sapa.?? udah pasti FZ1
    – Jupiter vs blade ?menang sapa.?? semua tahu jupi juaranya?
    – Jupi MX vs supra 125 ?menang sapa.?? se indonesia jg tahu kl MX lah yg menang?.
    – CBR 150 vs jupi MX blok vixion ?menang sapa.?? liat youtube sono? MXion yg menang?
    – Beat drag vs mio drag ?menang sapa.?? MIO is the best.. 201m tembus 7 detik?xixixi?yg mio thailand sono dah 6 detik tuh..
    ???..
    ?.mau apa lageee????
    =================================================
    itulah bodohnya dikau…
    beli motor buat dinaekin di sirkuit apa dijalanan?argumen putus asa…

  22. komentnya kebanyakan sales semua, bikin sumpek aja, lha wong cuma jadi katjung di perusahaan jepang aja bangga ne setengah mati,,,
    dipecat baru tau rasa n
    entar comentne pasti berbalik 180′,,,ckckcjcjcjk

  23. 71. didik – Juli 12, 2012
    ———————————-
    waaakakakakakakakakak..
    masIWB mesem2 ampe gak nyadar burung twet nya keluar baca komenmu bro 😛

  24. No baca tulisan bos2 ente, daripada komen gak jelas mending bos ente dibantu jualannya
    oto.detik.com/read/2012/07/11/144845/1962949/1208/yamaha-mulai-kurangi-suplai-motor-ke-dealer?o9922011208

  25. 71. didik – Juli 12, 2012
    Ahahahaha?.
    FBH pada kalang kabut?..takut kalo honda makin amble pamornya..
    Nihhh kalo di sirkuit..:
    – Tiger vs scorpio ?menang sapa.?? ?.jelas scorpio
    – NMP vs vixion ?menang sapa.?? ??.pasti vixion
    – megapro lama vs vixion ?menang sapa.?? ?.vixion lahhh?
    – NSR 150 vs TZM 150?.menang sapa.?? jelas TZM 150
    – CBR 600 vs R6 ?menang sapa.?? ?R6 dong?
    – CBR 1000 vs R1 ?menang sapa.?? pasti R1
    – CS1 vs F1Zr ?menang sapa.?? jel;as F1Zr
    – CB 1000 r vs FZ1 ?menang sapa.?? udah pasti FZ1
    – Jupiter vs blade ?menang sapa.?? semua tahu jupi juaranya?
    – Jupi MX vs supra 125 ?menang sapa.?? se indonesia jg tahu kl MX lah yg menang?.
    – CBR 150 vs jupi MX blok vixion ?menang sapa.?? liat youtube sono? MXion yg menang?
    – Beat drag vs mio drag ?menang sapa.?? MIO is the best.. 201m tembus 7 detik?xixixi?yg mio thailand sono dah 6 detik tuh..
    ???..
    ?.mau apa lageee????
    ======================================================
    Tiger vs Scorpio = 200cc vs 225cc diatas kertas jg uda pada tau bedanya
    NMP / MP vs Vixion = teknologi mesin aja uda jelas beda…coba bandinginnya ama Byson
    NSR 150 vs TZM 150 = kok bandungin ama yg uzur…kagak berani ama NSR 150 SP bro???
    CS1 vs F1ZR = heloooo 4 tak lawan 2 tak…sekalian F1ZR lawan Tena aja broo
    Jupiter vs Blade = kudu jelas Jupie yg mana nech
    Jupie MX vs Supra 125 = kok kayaknya malahan byk menang Supra 125 lhooo
    Moge2 gak pernah bandingin jd gak komen
    Yaaa semoga lekas sembuh dech :p

  26. selama produk suatu merk sesuai kebutuhan ya saya beli.
    gak tahu neh strategi terselubung yamaha, ngeluarin produk produk baru dg harga lebih mahal, gak kaya honda ngeluarin produk banyak fitur baru, harga sama + bunuh varian lawasnya!
    lifespan spares jadi lebih pendek, kalau varian laris, pabrik pabrik spare kw berani buat, lha kalo laku sedikit kaya suzuki? (dan varian honda/yamaha yg laku sedikit) mana berani bikin.

  27. artikel seperti ini kalau dimuat di media otomotif kok sepi-sepi aja komennya ya. tapi kali dimuat di blog kok ramai n hueboh banget. apa karena blogger dianggap lebih netral n independen? ataukah karena gaya bahasanya yang lebih provokatif?

  28. artikel khusus buat FBH… hehe…. selamat …yach….smoga semakin berkualitas produk2 nya

  29. 71. didik – Juli 12, 2012

    Ahahahaha?.
    FBH pada kalang kabut?..takut kalo honda makin amble pamornya..
    Nihhh kalo di sirkuit..:
    …?
    – NSR 150 vs TZM 150?.menang sapa.?? jelas TZM 150

    ————————————————————————–

    Bro ente alay ababil ya.. apa ngigo! sejak kpn NSR 150sp kalah ma TZM.. power dk boleh kalah dikit tp klo rc valve dah buka alias jerit ga ada apa2’y tuh TZM.. mo bukti di asia tenggara ma asia aja tuh raja sirkuit tuh NSR 150sp… klo mo balap jgn trek pendek mst di atas 1km bru dah tuh di kentutin tuh smua’y… 😎

  30. Weh artikel yang dibuat sangat informatif sekali terkait prosntase penjualan honda yang benar kian meroket. Ini pasti pengaruh Vario baik versi lawas maupun baru dengan 125 cc yang ngacir abis di pasaran tahun ini. 🙂 Dan kami sangat percaya untuk pabrikan mana yang sukses mengeluarkan satu produk di pasaran yang di sengaja ataupun tidak baik dinilai dari segi desain, kwalitas atau performanya, hal tersebut akan sangat penting/berpengaruh untuk mendongkrak pasar all produk dari pbrikan tersebut. Percayalah 😀 orderdesign.wordpress.com

Comments are closed.