iklan iwb

Harga sebuah motor terdiri dari tetek bengek berbagai pajak, biaya distribusi hingga keuntungan dealer. Makanya jangan heran per-daerah akan ditemui perbedaan cukup signifikan. Kita ambil contoh Honda CBR250R pada awal peluncuran. Jika wilayah Jakarta dilepas pada angka 39,9juta, ternyata Surabaya sudah nangkring diangka 42jutaan. Disaat itu IWB malah sempet membatin dalam hati, byuh cik larange Jawa Timur ki…beda koq dua jutaan. Tapi jebule propinsi timur pulau Jawa tersebut tidak ada apa-apanya dibanding Papua….

Price list kirim oleh sobat IWB yang berdomisili dipulau Papua, Honda CBR250R disana ternyata tembus 53,850 juta….harga yang bikin kita semua dijamin mules :mrgreen: . Berturut-turut CBR250R tipe non ABS 46,850 juta dan adiknya CBR150R mencapai 39,800juta…modiar tenan!!. Padahal dengan angka tersebut diJawa kita sudah bisa memboyong CBR250R….lha diPapua, hanya sang CBR150R. Melas tenan. Apakah hanya Honda?. Tidak mzbro, menurut infonya, seluruh motor disana rata-rata bisa beda 2-3 jutaan dibanding Jawa. Dan bagi penduduk disana kondisi adalah hal yang sudah biasa….

iklan iwb

Ketika disini ribut masalah harga, bagi penduduk Papua tidak ada pilihan lain selain tetap menerima berapapun banderol yang dipasang. Jauhnya lokasi pulau dari pusat pabrikan yang berada diJabodetabek membuat pihak pabrikan juga tak kuasa menekan harga jual. Lha biaya distribusi mahal je…nyebrang laut yang jaraknya ratusan kilometer. So…kita patut mensyukuri lokasi tempat tinggal yang masih dekat pusat.

Last…Jawa memang tidak bisa disamakan dengan Papua. Kebutuhan sembako, transportasi, alat rumah tangga serta pernik-pernik lain cenderung lebih tinggi. Untungnya sahabat-sahabat kita disana mendapatkan standar gaji lebih bagus ketimbang disini. Tapi melihat Honda CBR250R dibanderol 53,850juta…koq ya tetep mules ya bro :mrgreen: . Coba kalau harga tersebut dipasang disini, bisa dimaki-maki orang sekabupaten (bukan sekampung lagi hehehe). Btw…berapa harga diDOHC seperempat liter ditempat sampeyan? Monggo share infonya…(Iwb)

119 COMMENTS

  1. Untuk masalah beda harga pada motor di kelas tersebut dirasa tidak terlalu menjadi masalah karena segmentasinya untuk menengah atas. Namun jika terkait 1 hingga 3 jeti pada motor bebek atau di kelas ekonomi pasti akan sangat terngiang – ngiang difikiran 🙂 orderdesign.wordpress.com

  2. jiahhh kalau Pricelist Papua mah, yah wajar2 aja…emank biaya hidup dsana tinggi…!
    Double Premium bro..!!! hehehe…

  3. di tempat ku daerah medan, sumatera utara:
    Ninja 250 Rp. 53.950.000
    Kalau CBR 250 non-ABS lupa2 ingat, mungkin sekitar Rp. 43jt-an

  4. kurang adil..

    pantesan klo banyak penduduk sana tidak kenal presiden Indonesia xixixixxixixixi..

    sorry pak be ye ada tidak terkenal di papua..

    #klo bisa cari juga perbandingan harga merk lain masbrow.. 😀

  5. Honda mo kasih harga brapa aja tetep murah
    kalau Yamaha berapapun tetep mahal

    *FBH Mode ON 🙂

  6. wesssss mending pake yamaha Perexxxxx Alias (yamaha 75) Enak murah gak neko neko hahahahahaha……………………

  7. cbr 150 di tempat gw dijateng 35 jutaan itupun laris manis,malah sang kakak yang lebih value enggak dilirik
    Kemaren sempet nanya sama salesnya kalo cbr 250 dalam sebulan cuman laku 2 unit,hal ini berbanding terbalik dengan adiknya dalam sebulan bisa laku 30an unit dengan enteng
    Ga heran sih wong tetangga gw aja ke sawah naiknya cbr 150

  8. Ane di lampung..
    Kalo seandanya di lampung harganya sampai segitu, paling ane cukup ngomong.
    ” heleh ngeladen “.
    Tuku mobil je nggenah.. Mobil seken saiki regone sakmunu kui wes intuk sing apik.. Lan awet….

  9. yg bilang harga semen sampe sejuta lebay amat bro,
    ini ane domisili timika, papua, 90-100rb lah semen, & buat yg bilang harga bensin 2x lipat dari jawa/ 50rb perliter ngaco tenan, faktanya harga bensin normal di spbu rp.4500/liter, nah kalo bensin susah baru eceran jual 30-50rb/liter
    CMIIW

  10. ane pernah tinggal lama di papua, dari harga barang2 lain aja beda kok kalo dibandingin di jawa, yah.., wajar lah beda.., tapi disana cari duit 1-2 juta mah enteng aja bro..

Comments are closed.