iklan iwb

Bro dan sis sekalian….isu tentang suara ngorok pada produk Honda Vario 125 PGM FI nampaknya semakin kencang. Bisa dilihat dari forum WeloveHonda yang membuka tread khusus membahas perkara ini. Setelah coba IWB baca….dari sekian pembahasan, ada satu yang menarik perhatian yakni ulasan dari seseorang bernick name Hasibuanirfan tentang keberhasilannya menemukan pangkal permasalahan ngorok yang ternyata bersumber dari bearing, crankshaft dan crankcase…..

Secara gamblang doi menjelaskan langkah-langkah kongkrit untuk menghilangkan suara yang timbul. Berikut cuplikan yang bisa IWB copas dari Welove Honda…..

“Pada tanggal 7-6-2012, kami berhasil lagi menghilangkan suara ngorok yang berasal dari engine vario techno 125 PGM-FI. Rencananya besok (tanggal 8-6-2012) kami akan buatkan laporan Kualitas Honda (LKH)-nya ke AHM. Hari ini (tanggal 7-6-2012) merupakan unit yang ke lima yang bisa kami hilangkan suara ngorok nya. Masih ada tiga unit lagi yang harus di selesaikan. Data ukur sudah kami dapat, permasalahannya pun jadi jelas berada di mana. Salam satu hati….”

– Astra Motor Plaju/Ahass 11548 Modern Plaju-

Setelah itu, secara terperinci sang sumber melanjutkan sharing pengalamannya kepada para pengunjung forum……

iklan iwb

“Masalah suara ngorok di Vario 125 PGM-FI berada pada bearing, crankshaft dan crankcase. Prosedur mengatasinya yaitu dengan bongkar bagian drive pully, kemudian dorong as crankshaft ke arah radiator dengan menggunakan case puller kurang lebih 1mm. Kemudian drive pully dirakit kembali, ditambahkan bahwa dengan cara ini, dapat menghilangkan ngorok pada Vario yang baru berjalan dibawah 100km. Sementara yang sudah menempuh jarak lebih dari 500km…..ngoroknya sudah tidak bisa dihilangkan karena clearance crankshaftnya dengan crankcase sudah terlalu besar. Dengan ini harus dengan klaim C2 dengan mengganti crankcase sebelah kanan.”…

-WeloveHonda/forum-

Tujuan sang sumber jelas sangat mulia yakni ingin menginformasikan temuannya agar bisa berguna bagi yang lain. Maklum mzbro….menganalisa lebih berat ketimbang memperbaiki. Dan…mereka sudah melakukannya dengan sempurna. Namun konfirmasi bahwa biang ngorok berasal dari 3 komponen yang saling berhubungan (bearing, crankshaft dan crankcase) tak ayal menimbulkan pertanyaan….apakah benar ada yang kurang sempurna pada produk Vario 125 PGM-FI??. Dan kenapa Honda berdiam diri??…..

Bisa dipastikan ngorok tidak akan mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan. Tapi…tingginya keluhan dan desakan terhadap suara yang bagi beberapa konsumen lumayan mengganggu, seyogyanya ditanggapi secara serius oleh Honda. Yah…..untuk mencegah simpang siurnya informasi yang malah akan merugikan image sayap mengepak itu sendiri. Last…..bagi penunggang Vario 125 PGM-FI, bener nggak sih ada suara ngorok yang timbul pada motor sampeyan. Dan kalau iya….apakah demikian mengganggu??. Monggo berikan jawaban dan sharing pengalamannya. Maturnuwunnn…..(iwb)

Sumber : Welove Honda

822 COMMENTS

  1. sabar2 nanti kalao vario dateng saya coba periksa, apa penyebab ngorok?
    filter udara atau crankcase atau yg lain

  2. @masterxeon

    oke, bsok sabtu gue ke sono cari yang namanya masterxeon sekalian ngetes elu ngibul kagak,,

  3. @scnk
    Kalo ai make kata2 tadi, itu gunanya buat ???? udah tebal butanya macam fanboihongkong terkini…kagak bisa pake ???? lembut2.
    Jika ai bilang ai cuma konsumen biasa, kan percuma jg u g?? bakal percaya. Kalo cuma jadi kuli atpm apapun, ya mana berduit la..ok? Yes.

    Salam one heart

  4. ini bukti omongan begawan jaos, bahwa motor sampah itu lebih laris daripada motor bagus, contoh;
    1. beat, si startek bletak
    2. vario 125, ngorok,

    berarti mio-j sekarang kualitasnya lebih baik dari mio lawas, karena penjualan mio lawas lebih banyak dari new neng mio-j,

    artinya konsumen mio lawas dah tambah cerdas dan smart

  5. @joni
    sebaiknya supaya ngak ribet2 saat claim dan langsung di proses awal , tolong sebutkan no rangka dan no mesinnya vario125nya

  6. joni;masterxeon
    solo nya dmn coy, gw deket kl dr jogja mah, bawa mobil sejam nyampelah, gw blh ikot gk neh wkwkwkkw

  7. @thole
    bolehlah … monggo mas …penasaran gua pengen ketemu yang namanya thole 😀

  8. jadi inget pas para blogger KW1 test ride Vario 125…kuping mereka pada budeg kali ya?? kok pada gak tau ada bunyi aneh di unit yang mereka tes

    OOOooo..jadi begini ya blogger?

    ngakunya menyuarakan suara rakyat biker, tapi kalo mulutnya sudah disumpelin amplopan pada mingkem kabeh..
    ckckckc….

  9. wakakakakak.. gara2 motor berantam.. untung in cuman di dunia maya.. coba kalo dunia nyata, keknya udh ada pertumpahan darah..
    kalo masalh ngorok bikin urung membeli motor, yah monggo ga usah beli.. beat yang katanya bletak menggelegar aja tetap laku kok..

    kalo masalahnya menyangkut keselamatan, yah monggo adu argumen ,misalnya remnya ga fungsi, mesinnya bisa terbakar, mesin tiba2 mati.. biar produsen bisa melakukan recall..

    nb. suara ngorok dapat mengurungkan niat anda membeli motor.. waspadalh.. waspadalh..

  10. Sementara yang sudah menempuh jarak lebih dari 500km?..ngoroknya sudah tidak bisa dihilangkan karena clearance crankshaftnya dengan crankcase sudah terlalu besar

    gila…….!!!!!!!!!!!
    segitu cepatkah keausannya???

  11. Sama gk sih kasusnya seperti Supra X125 Helm-in yang oake Resonator, kn sama sama buat atasi ngorok juga, dapet dari Baca :

    motorplus.otomotifnet.com/read/2011/09/28/323859/33/12/Fungsi-Resonator-Pada-Filter-Udara-Honda-Supra-X-125-Helm-In

  12. 168. hendra – Juni 14, 2012
    ————————————————————————
    suaranya ngak serem bang, lebih serem motor ducati kali yach

  13. heran suara ngorok aja pada ribut, kalian semua juga kalu kecapean tidurnya ngorok, kaya baru denger suara ngorok

  14. emang iya juga ya
    kebetulan tadi ane nyalip v125 di jalan agak nanjak asli ngoroknya stabil banget
    maskud ane ngoroknya ga ilang ilang saat berakselerasi.
    kalau szk skw ngoroknya pas tarikan awal trus ilang
    tapi bodynya emang mantap neh v125

  15. Yg ngomong MX ngorok biasa itu bro..
    Ane pake MX sdh setengah thn tidak ada yg masalah tu alias emng karakter mesinnya kali..

  16. didunia ini gak ada yg sempurna bro,,,smua motor pst ada kelebihan n kekurangannya,,,gak yamaha gak honda gak suzuki gak gak kawasaki smua pst ada kelebihan n kekurangannya,,,anggap aj tu sbuah ciri khas dr sbuah produk,,,kdg aj yg pny motor gak mempermasalahkan kok kenapa jd pd jelek”in produk org???emg lu bisa bikin motor yg sempurna(tanpa cacat apapun)????gak bisa kan???? Heran dah sama sales” yg jualannya kurang laku pst bisa nge’BC mulu,,jgn ngurusin mslh org,,,urusin aj tu jualan lu biar laku

  17. Wow…fanboihongkong g?? ada ???? cerdas. Larinya selalu ke jualan laku, di bc, bla bla bla.

    Kagak ada ???? nge bc di sini, malah lg dikasi masukan, diketawain, di wc….makanya laku kaan? Yes? Yes…tp resiko tetap ditanggung konsumen ???? rata2 g?? cerdas di segmen ini. Krn ???? cerdas cuma dikit koq…banyakkan ada di segmen sprot. Upss…duh minyak tumpah lg, bakar sekalian.

    Bye bye sampah
    Salam one heart

  18. Vario WANTUVAIV ane kok gak ada bunyi ngorok ya?
    malah bisa dibilang nyaris tak terdengar

  19. 182. RC212V – Juni 14, 2012
    ————————————————————————-
    staternya kali om

  20. 178. jaos_one heart – Juni
    ——————————————————–
    atasi masalah produk khan bagian dari penjualan, masa om lupa sich

  21. Waktu kmrn gw bahas tentang ngorok di cerita si yusuf, si jaos bilang gw sampah, trus ada yg jawab selang pipa angin kasih busa 2 ato 3,, skrng malah ke bearing cranksaft crankcase, hadeuh payah dah. Gak ada yg bner…

  22. 178. jaos_one heart – Juni 14, 2012
    Wow?fanboihongkong g?? ada ???? cerdas. Larinya selalu ke jualan laku, di bc, bla bla bla.

    Kagak ada ???? nge bc di sini, malah lg dikasi masukan, diketawain, di wc?.makanya laku kaan? Yes? Yes?tp resiko tetap ditanggung konsumen ???? rata2 g?? cerdas di segmen ini. Krn ???? cerdas cuma dikit koq?banyakkan ada di segmen sprot. Upss?duh minyak tumpah lg, bakar sekalian.

    ————————————————————————————
    konsumen vario 125 kurang cerdas? berarti kang taufik tmcblog, ridertua, dan blogger lain yg membeli vario 125 ini kurang cerdas dong. Padahal mereka itu blogger ternama lho ?

  23. Udah gw coba sendiri dan sukses. Beruntung vario 125ku baru jalan 88km. Terima kasih infonya.

  24. semakin di BC smakin laku,,,smakin byk diomongin org smakin terkenal nih motor,,,liat aj MS nya bulan” besok meningkat ato terjun bebas cuma gara” ngorok,,,kan udah di bilang klo ada kelebihan pasti ada kekurangannya,,,,gak mungkin perfect 100%,,,

  25. walaupun blogger kalau beli mahal2 dan bermasalah yo tetep mangkel,masih kinyis2 sudah bongkar mesin haduh rasanya gimana gitu loch

  26. wah…klo sy sndri,mas.ga da mslh,ngorok ato apa itu khan da dperhitungkan sm honda,ga da mslh yg pnting irit,,,,toh klo ada ngoroknya jg bs jd ciri khas mesin itu sndri,,,,lgpula jg ga da bedanya kyk mesin 2 tak…cm vario khas spt iti bunyinya

  27. tapi ngoroknya itu keren lho.. 🙂
    saya aja tertarik sama suara ngoroknya, ada sensasi tersendiri.
    jangan dibenerin dulu ah sebelum saya bawa ke rumah satu buah… 😀

  28. @bdt
    Benar, tp kan sayang kali kalo begini kejadiannya krn kena ke semua tnp kecuali.

    @fanboihongkong
    Oi…jgn membual yah dgn mengatakan ‘silahkan di bc terus biar tmbh laku’. 0u mesti tau konsumen di segmen ini beda dgn di kelas sprot, makanya umggas dan skutik kalian tetap laku dan tmbh laku krn acara pembodohan gampang dilaksanakan.
    Lihat, ai koar2 white camp./wc di kelas sprot 250cc. Apa ???? terjadi? Ai bahagia ikut andil pencerdasan dgn mudah krn konsumen2nya memang udah banyak ???? cerdas. Hasilnya jualan chickenbrutu 250 K.O.

    Jadi bisa lihat bedanya kaan.? Jadi buat segmen unggas skutik ya lumayan la bisa bakar2 walau mgkn g?? pengaruh. Any questions? No? Good.

    Salam one heart

  29. Wah sepertinya bro masterxeon bakalan kebanjiran order memperbaiki komplain masalah ngorok ini la. Ai doakan Semoga pelayanannya bagus dan masalahnya cepet kelar la.
    Buat para pemakai vario125 yg ingin claim silahkan hubungi bro masterxeon la. Mantafff ini respon cepat dan tepat sasaran. Ai salut banget la.

    Ok? Yes
    Bye-bye fanatik merk
    Salam one heart / semakin didepan / inovasi tiada henti / bagian hidupku.

  30. mulai lg si tukang sampah jaos dan konco konconya….wah,gmn cr komen sampah bs hilang…artikel hnya berisi komen2 yg m’bangun….awas,provokator bs ada d artikel bloger….waspadalah!!!!waspadalah!!!!

Comments are closed.